PDA

View Full Version : mandi malam bahaya ??



_jackdan1els_
18-09-08, 10:21
byk org bilang klo mandi mlm g baek bwt tubuh. kata ny bsa kena reumatik gtu. bnr g?

mgkn klo mlm kn dingin, jd g baek bwt tulang/tubuh. nh klo misal ny mandi pagi kn dingin jg. apa g bahaya jg bwt tulang/tubuh??

gw dah 4-5 thn mandi malam. gw takut da apa2 ma gw.

help. . . . . .

Warlock
18-09-08, 10:28
Bener, klo mandi malam bs kena rematik. Dan gw jd korbannya @_@. gw suka mandi malam sktr 7 thn akhir ini. karena perkejaan ak. tp kenapa mandi pagi gpp?. karena angin malam angin nya bikin org sakit, klo angin pagi, angin buat kt menjadi sehat. itu ga tau mengapa, tp gw dah mengalami nya sdr.

doubledoank
18-09-08, 13:14
kalau memang terpaksa mandi malam2 usahakan mandi air hangat... terutama didaerah yang agak dingin......

hitLer
18-09-08, 13:45
Hal ini bener2 jadi mitos yah... nah gw kasi tau bahwa dari ilmu kedokteran mandi malam TIDAK BIKIN REMATIK. tapi akan MEMPERBERAT REMATIK YANG SUDAH ADA.
kenapa bisa gitu?
karena mandi pada malam hari akan menyebabkan penurunan suhu tubuh, sehingga pembuluh darah akan menyempit dan aliran darah ke sendi2 berkurang dan rematik akan kambuh --> nyeri. makanya orang rematik ga boleh mandi malem apalagi air dingin, tapi kalo orang sehat gapapa mandi malem cuma resiko masuk angin aja.. abis dingin.so, mandi pake air hangat yah..
bahayanya mandi malem tu kalo mati lampu.. ntar kepleset benjol kan runyam wkwkwkwkwk:p
so ga sah takut mandi malem kl sehat. that's all

myldz
18-09-08, 20:25
weeee...
ge juga sering mandi malem, ga kenapa2 sih, paling parah cuma masuk angin dan ujung2nya di kerokin..
wakaka...

[D]eath_Seeker
18-09-08, 22:44
gw sering mandi malem tp gk ngepek...apa2.......

luna_croz
18-09-08, 22:56
ntar men..
u mandi malam setiap hari ga berasa.. tapi tunggu ntar pas uda tuaan dikit penyakit mulai nongol baru ketauan..

Lyc4ns
19-09-08, 14:21
Weleh jadi mana yang bener nih? Memang mandi malem kalu dah tua kenapa? Rematik? Mang terus batas malem itu jam brp??

kucinkz
19-09-08, 16:53
1. Mitos: Rematik disebabkan oleh cuaca dingin, seringnya mandi malam, terlalu sering mandi dan sering berada dalam ruangan dingin atau ber-AC. Mitos ini memang amat populer. Namun, tidak terbukti kebenarannya, karena secara patologis tidak ada kaitannya antara mitos tersebut dengan timbulnya penyakit rematik.

Fakta: Air atau udara dingin akan menyebabkan kapsul sendi mengkerut. Hal ini tentunya bisa menambah rasa nyeri penderita rematik yang sendinya memang sudah sakit. Sebaiknya, penderita rematik memang mandi air hangat hingga mengurangi nyeri pada persendiannya.

sumber: http://www.kompas.com/read/xml/2008/06/27/09311427/mitos.rematik.

semoga makin jelas :P

Antasari_Azhar
20-09-08, 13:04
Hal ini bener2 jadi mitos yah... nah gw kasi tau bahwa dari ilmu kedokteran mandi malam TIDAK BIKIN REMATIK. tapi akan MEMPERBERAT REMATIK YANG SUDAH ADA.
kenapa bisa gitu?
karena mandi pada malam hari akan menyebabkan penurunan suhu tubuh, sehingga pembuluh darah akan menyempit dan aliran darah ke sendi2 berkurang dan rematik akan kambuh --> nyeri. makanya orang rematik ga boleh mandi malem apalagi air dingin, tapi kalo orang sehat gapapa mandi malem cuma resiko masuk angin aja.. abis dingin.so, mandi pake air hangat yah..
bahayanya mandi malem tu kalo mati lampu.. ntar kepleset benjol kan runyam wkwkwkwkwk:p
so ga sah takut mandi malem kl sehat. that's all

Ya, hal ini sudah lama menjadi urban legend, mesti diluruskan.

awan_setiawan
20-09-08, 16:32
kalo uda malem en males mandi, biasanya gw cuci muka en ganti baju doank :D

Lyc4ns
24-09-08, 13:31
Ow berarti mandi malem itu cuman urban legend doank yach... Berarti secara ga langsung ga ada efek mandi malam kalo ga ada rematik... wah bagus nih soalnya gw biasa pulang jam 1 pagi terus baru mandi...

swtdahwa
24-09-08, 14:01
Ow berarti mandi malem itu cuman urban legend doank yach... Berarti secara ga langsung ga ada efek mandi malam kalo ga ada rematik... wah bagus nih soalnya gw biasa pulang jam 1 pagi terus baru mandi...

Iya Ga Sampe Rematik Paling Cuma Kena Masuk Angin

Lyc4ns
24-09-08, 14:13
Hehe, kalo masuk angin tinggal dikerok atau ga minum jamu hehehe... Yang penting ga reumatik..

Veronica
25-09-08, 15:30
oooowh jadi sebenernya ga efek ya

soalnya nyokap suka marah kalo gwe mandi malam-malam

SeiLi
25-09-08, 22:02
alah.. yg penting ga mati yo wes ga pa pa.. mandi kek nda kek bukan masalah..

<<< org yg kehidupan na kacau

LoLz
25-09-08, 23:26
pantes...kl ak udagh kena reumatik sejak 5 thn kaki g bs d grakin kalo kumat...tp semenjak mandi nya anget trus...jade lbh enteng...:psmile:

Lyc4ns
26-09-08, 10:16
Iya lah kalo dah kena rematik kena air dingin pasti berasa banget.. Temen gw kesian pas banjir kaki dia sampe ga bisa digerakin gara2 kerendem air banjir sedangkan dia ada penyakit rematik.. :(

_jackdan1els_
29-09-08, 02:38
jd intinya aman yah

kolor_perak
29-09-08, 14:31
ga aman lah madi malem bisa nyebapin masuk angin dan paru-paru basah..lagian kenapa harus mandi malem2..?klo ga sempet mending cuci muka dan siakt gigi aja..

luna_croz
02-10-08, 21:45
pantes...kl ak udagh kena reumatik sejak 5 thn kaki g bs d grakin kalo kumat...tp semenjak mandi nya anget trus...jade lbh enteng...:psmile:

umur berapa u uda kena rematik?
rematik itu pnyakit org tua lho..


ga aman lah madi malem bisa nyebapin masuk angin dan paru-paru basah..lagian kenapa harus mandi malem2..?klo ga sempet mending cuci muka dan siakt gigi aja..

cukup bener ini..
apalagi yg malem2 keramas belom kering rambut lsng tidur aja.
aer resap mpe masuk kepala bisa sakit kepala hebat u

banana
18-12-08, 01:36
trims threadnya menolong sekali.. :nod:

fatnir
18-12-08, 08:30
umur berapa u uda kena rematik?
rematik itu pnyakit org tua lho..



cukup bener ini..
apalagi yg malem2 keramas belom kering rambut lsng tidur aja.
aer resap mpe masuk kepala bisa sakit kepala hebat u

ga jh, gw jg kena rematik..
ada 1 penyakit yg disebut AS singkatannya apa gw lupa
bisa diterjemahin rematik remaja...
klo kambuh ga bisa jalan, karena kaki ga bisa digerakin

dan klo ga diobatin (klo parah) bisa menyebabkan kelumpuhan (kata dokter ahli lho) waktu itu gw aja ampe disuntik di slangkangan, pantat + infus... T_T

Matriach
18-12-08, 10:33
Hal ini bener2 jadi mitos yah... nah gw kasi tau bahwa dari ilmu kedokteran mandi malam TIDAK BIKIN REMATIK. tapi akan MEMPERBERAT REMATIK YANG SUDAH ADA.
kenapa bisa gitu?
karena mandi pada malam hari akan menyebabkan penurunan suhu tubuh, sehingga pembuluh darah akan menyempit dan aliran darah ke sendi2 berkurang dan rematik akan kambuh --> nyeri. makanya orang rematik ga boleh mandi malem apalagi air dingin, tapi kalo orang sehat gapapa mandi malem cuma resiko masuk angin aja.. abis dingin.so, mandi pake air hangat yah..
bahayanya mandi malem tu kalo mati lampu.. ntar kepleset benjol kan runyam wkwkwkwkwk:p
so ga sah takut mandi malem kl sehat. that's all

ini udah kejawab :)
se7

Maxterz
19-12-08, 10:52
wew
mang bener gpp ??
soalnya gw takut mandi malem gara2 takut kena penyakit neh ..
tpi katanya klo mandi malem efeknya kagak sekarang ..
tapi nanti klo dah tua ..

Matriach
19-12-08, 15:56
ada juga prediksi yg sama seperti di atas. Bisa juga membuat tulang kaku kalau keseringan (tergantung cuaca juga)

foc_m7r_didi
19-12-08, 19:57
mandi pada malam hari itu enak juga....

abis mandi malam kita kan bisa tiduran langsung apa lagi tidur di ruangan ber"AC"

malah lebih enak^__^dan tambah seger....

<<OrangBaru

LuckBringer
19-12-08, 21:30
Mandi malam Menurut gw si emang bahaya soalna kata ortu gw
kalo mandi malem Itu bikin rematik.... jadi gw gak suka mandi malem

tapi kakak gw suka mandi malem gpp tuch mungkin dia emang kalong kali ya :llaugh:

kakak gw emang Suka mandi malem jadi dah kebal

Kalo gw sih mandi paling pagi2 siang sore malem mah ngeri rematik

Soal na di keluarga gw bannyak yg rematik jadi gw gak mau rematik

flame_madoka
19-12-08, 22:05
Hal ini bener2 jadi mitos yah... nah gw kasi tau bahwa dari ilmu kedokteran mandi malam TIDAK BIKIN REMATIK. tapi akan MEMPERBERAT REMATIK YANG SUDAH ADA.
kenapa bisa gitu?
karena mandi pada malam hari akan menyebabkan penurunan suhu tubuh, sehingga pembuluh darah akan menyempit dan aliran darah ke sendi2 berkurang dan rematik akan kambuh --> nyeri. makanya orang rematik ga boleh mandi malem apalagi air dingin, tapi kalo orang sehat gapapa mandi malem cuma resiko masuk angin aja.. abis dingin.so, mandi pake air hangat yah..
bahayanya mandi malem tu kalo mati lampu.. ntar kepleset benjol kan runyam wkwkwkwkwk:p
so ga sah takut mandi malem kl sehat. that's all


weeee...
ge juga sering mandi malem, ga kenapa2 sih, paling parah cuma masuk angin dan ujung2nya di kerokin..
wakaka...

hahaha :llaugh:
ada" aja kalian ber 2

Almighty
20-12-08, 15:27
Dimana-mana mandi malem2,,
Dari smua jaman tuh bilang bakal REMATIK ~_~"!!

swt kk Hitler.. kok bisa bilang enggak...

sevenfold
20-12-08, 16:34
kalo mandi malem2 ni ye kk

usahain pake air anget

gpp buang gas dikit

daripada loe kena rematik

susah lho nyembuhinnya

/GG

hitLer
20-12-08, 22:33
kok ga percaya si. mitos ga selalu benar. gw dulu juga percaya tp pas kuliah gw tanyain ke dosen gw yanng konsultan rhematologi di amerika. jawabannya tidak, bis itu dia jelasin panjang lebar. Mandi malam itu bukan faktor yang MENIMBULKAN tapi MEMPERBERAT rematik. masalahnya orang ga tau kl dia itu rematik.

abcx
23-12-08, 22:28
klo sekarang maish muda, belum terasa efek nya..

tapi nanti klo dah tua, baru dah kerasa efek na..

kan malam udara na dingin tuh, & menusuk ke tulank, sehingga menyebabkan rematik..

angin malam tuh bukan OČ, tapi COČ..
kan di IPA diajarin kan ?

C M i I W !

luna_croz
24-12-08, 07:10
ya seperti rematik dari sedikit masa kita muda.. ditabung lah tiap hari sedikit demi sedikit tiap malam mandi air dingin.. pas kita uda tua nah baru berasa..
mau sehat mau nga.. batasin lah mandi malam itu jam brapa.. maks jam 10 aja udah ga sehat..
apalgi yg jam 12malam masi suka mandi

mahar_6743
24-12-08, 09:47
ga jh, gw jg kena rematik..
ada 1 penyakit yg disebut AS singkatannya apa gw lupa
bisa diterjemahin rematik remaja...
klo kambuh ga bisa jalan, karena kaki ga bisa digerakin

dan klo ga diobatin (klo parah) bisa menyebabkan kelumpuhan (kata dokter ahli lho) waktu itu gw aja ampe disuntik di slangkangan, pantat + infus... T_T

kk.. ku tau nya penyakit yang nyerang sendi thu RA(rhemathoid arthritis), OA(osteoarthritis), Fibromyalgia(rematik yang nyerang jaringan lunak sekitarnya), Gout, dll.

tapi klo AS kekna ku lum pernh denger, tar deh ku pelajari lagi yaw kk...

oiya.. yang bahas mandi malem jadi rematik thu ga efek kk..

mandi malem ga bikin rematik. mitos belaka aja tuh. HiTler dah jelasin ithu.
ku mo nambahin aja. rematik thu punya 2 fase, remisi dan exacerbasi. klo remisi thu gejala ma tanda2 nya agak berkurang, tapi masih ada penyakit dalam tubuh. exacerbasi tuh kambuh lagi, kambuhnya thu lebih parah dari awalnya.

semoga isa menjawab,,

superfabian
02-02-09, 22:46
gini,
brarti klo misalnya dari kecil kita mandi malem" terus... misal subuh terus...

abis gitu ntar umur 50 gak mandi malem..
70 kena rematik gak ?

New_Dudutz
02-02-09, 23:13
byk org bilang klo mandi mlm g baek bwt tubuh. kata ny bsa kena reumatik gtu. bnr g?

mgkn klo mlm kn dingin, jd g baek bwt tulang/tubuh. nh klo misal ny mandi pagi kn dingin jg. apa g bahaya jg bwt tulang/tubuh??

gw dah 4-5 thn mandi malam. gw takut da apa2 ma gw.

help. . . . . .

bahaya untuk jangka panjang nya.........efek nya nanti di rasakan ketika kita sudah memasuki umur 30 - 40 ++

biasakan mandi malem pake air hangat......

Black Zero
03-02-09, 07:24
Sekeluarga gw pada sewot klo gw mandi malem2... Tapi gw ga peduli, mereka cuma ngomong mitos ga jelas, padahal gw dah jelas tau klo rematik itu bukan gara2 mandi malem. Bikin kambuh sih ya, tapi bukan penyebab.

nebraska
03-02-09, 09:09
sbnerny klo mandi malem pk aer hangat jg gk masalah!

intinya itu suhu yg menurun drastis gk bagus buat tubuh ,, bisa kena gagal organ!

and ada lagi nh yg suka tidur2an d lantai gk pk alas [tiker to karpet] ,, bisa rematik jg tuh!

Matriach
03-02-09, 21:47
apapun bentuk kondisinya kalau mandi saat malam hari, tetap tidak baik utk tubuh, entah itu air hangat ataupun air dingin. Tapi memang, kalau mandi air hangat efek sampingnya jadi lebih minim, krn menyesuaikan dengan suhu tubuh.

Kalau misalnya kena air, tah bagian apapun, kalau terkena angin pasti tetap dingin (kcuali klo memang airnya air mendidih --")

Saia setuju ama kk Hitler, kalau mandi malam itu tidak menyebabkan rematik, tapi memperparah rematik "yang sudah ada"

Tapi tetap saja ada efek sampingnya kalau memang tidak memiliki rematik.
Bagi anda2 sekalian yang sering mandi malam, pasti pada bagian tubuhnya entah di bagian manapun, warnanya akan membiru.
Itu karena penyumbatan, yang terjadi karena faktor suhu. Berapapun suhu air yang menyentuh kulit anda, jika dipicu oleh angin malam, tetap saja tidak baik.

Pembekuan darah itu bisa saja berbahaya, tergantung orang itu juga, entah ia rajin makan daging kambing (sebetulnya bukan daging kambing saja, tapi kebanyakan pada kasus ini. Namun "tidak semua orang mengalami masalah saat mengonsumsi kambing")
atau ia sedang masa pengobatan, menggunakan obat/jarum suntik (BUKAN NARKOBA) yang zat kimianya bercampur dengan darah.

Kalau terjadi penyumbatan pada kondisi spt di atas, banyak akibat yang tidak bisa ditebak. Spt :
1. Tiba2 badan menjadi kaku, tidak bisa bergerak, bahkan pada kasus terparah dapat menghentikan aliran darah yang menuju ke jantung.
2. Kepala menjadi pusing sewaktu akan istirahat/duduk/berada dalam posisi yang statis
(Statis=berada dalam kondisi yang sama dalam waktu yang relatif lama)
3. Sesak nafas, karena angin dan darah yang tersumbat, akan menghimpit paru2. Kalau tidak ditanggapi segera, angin itu akan terus menekan paru2 dan bisa berakibat fatal

[ScR]EvoZeruel
03-02-09, 22:00
wah untunglah, gw sering mandi malam sih

Black Zero
03-02-09, 22:56
sbnerny klo mandi malem pk aer hangat jg gk masalah!

intinya itu suhu yg menurun drastis gk bagus buat tubuh ,, bisa kena gagal organ!

and ada lagi nh yg suka tidur2an d lantai gk pk alas [tiker to karpet] ,, bisa rematik jg tuh!

Aduh jadi inget temen gw di kost2an sono, dia ga ada kasur buat tidur jadi geplok di lantai dia.

Dhani21
04-02-09, 07:35
sebenar nya mungkin saja efek skrg lom ad buat yg sering mandi malam

ntar klo dah tua pasti ngerasain...........

soal nya klo malam pohon mengeluarkan karbondioksida bkn nya oksigen jd udara malam itu tidak baik apalagi ditambahin mandi air dingin........

percaya ga percaya ????

gw lebih milih nasehat ortu

mahar_6743
04-02-09, 08:50
kekna dah dijelasin panjang lebar ma matriach deh...

g10v4nd1
04-02-09, 12:56
g sering mandi malem .. skrg tulang2 g aga2 ngilu gitu apa itu efek dr mandi mlm?

Matriach
04-02-09, 21:39
g sering mandi malem .. skrg tulang2 g aga2 ngilu gitu apa itu efek dr mandi mlm?


apapun bentuk kondisinya kalau mandi saat malam hari, tetap tidak baik utk tubuh, entah itu air hangat ataupun air dingin. Tapi memang, kalau mandi air hangat efek sampingnya jadi lebih minim, krn menyesuaikan dengan suhu tubuh.

Kalau misalnya kena air, tah bagian apapun, kalau terkena angin pasti tetap dingin (kcuali klo memang airnya air mendidih --")

Saia setuju ama kk Hitler, kalau mandi malam itu tidak menyebabkan rematik, tapi memperparah rematik "yang sudah ada"

Tapi tetap saja ada efek sampingnya kalau memang tidak memiliki rematik.
Bagi anda2 sekalian yang sering mandi malam, pasti pada bagian tubuhnya entah di bagian manapun, warnanya akan membiru.
Itu karena penyumbatan, yang terjadi karena faktor suhu. Berapapun suhu air yang menyentuh kulit anda, jika dipicu oleh angin malam, tetap saja tidak baik.

Pembekuan darah itu bisa saja berbahaya, tergantung orang itu juga, entah ia rajin makan daging kambing (sebetulnya bukan daging kambing saja, tapi kebanyakan pada kasus ini. Namun "tidak semua orang mengalami masalah saat mengonsumsi kambing")
atau ia sedang masa pengobatan, menggunakan obat/jarum suntik (BUKAN NARKOBA) yang zat kimianya bercampur dengan darah.

Kalau terjadi penyumbatan pada kondisi spt di atas, banyak akibat yang tidak bisa ditebak. Spt :
1. Tiba2 badan menjadi kaku, tidak bisa bergerak, bahkan pada kasus terparah dapat menghentikan aliran darah yang menuju ke jantung.
2. Kepala menjadi pusing sewaktu akan istirahat/duduk/berada dalam posisi yang statis
(Statis=berada dalam kondisi yang sama dalam waktu yang relatif lama)
3. Sesak nafas, karena angin dan darah yang tersumbat, akan menghimpit paru2. Kalau tidak ditanggapi segera, angin itu akan terus menekan paru2 dan bisa berakibat fatal

Keterangan lebih lanjut, bisa baca page sebelumnya
Kk kalau mau post, sebaiknya baca dulu post sebelumnya :psweat:
Untuk menghindari post yang bertujuan dan berisi hal yang sama. Banyak thread yang kk udah isi, itu rata2 sama dengan segala macam post sebelumnya --
Maafkan saia kalau kata2 ini agak kasar.

Valdarez
05-03-09, 23:47
numpang tanya ,rada OOT dikit gpp yah
kenapa kalau gw mandi pake air anget mo pagi mo malem suka jadi pusing terus jadi pengen tidur ,untuk saat ini solusinya biar gw gak kek gitu abis mandi aer anget gw banjur kepala gw pake air dingin dulu dan jadi ga pusing pengen tidur lagi
bisa di jelaskan kk matriach

MrHanz2nd
06-03-09, 09:05
klo waktu muda lu mandi malem sih ga ngaruh .......

tp pas tua, nyaho dah .......

rematik lu kambuh trus ........

klo bs jgn mandi malem kk .....

abis kerja smp malem ??? lgsg tdr paginya baru mandi ......

kaya gw klo lg kerja ga pernah mandi malem ......

Matriach
06-03-09, 12:21
numpang tanya ,rada OOT dikit gpp yah
kenapa kalau gw mandi pake air anget mo pagi mo malem suka jadi pusing terus jadi pengen tidur ,untuk saat ini solusinya biar gw gak kek gitu abis mandi aer anget gw banjur kepala gw pake air dingin dulu dan jadi ga pusing pengen tidur lagi
bisa di jelaskan kk matriach

Mungkin keseimbangan terganggu, atau bagaimana, saia kurang jelas. Saia coba cari tahu lebih lengkap y....
Jarang2 kejadianny ini. Tunggu pendapat dari dokter2 lain aj dulu, daripada salah informasi saia. Maap kurang membantu

Valdarez
06-03-09, 19:04
thanks kk
di tunggu pencerahan yg lebih dalam

SyLa
06-03-09, 19:58
wahh...
klo mandi pake aer anget terus gmna nih??
ky saya =P

tp biasanya klo saya pulang malam biasana cuci muka..
trus ganti baju..
duduk2 d kasur smbil smsan/baca2..
tiba2 tidur deh..
bangun2 pagi..
hahaha...

Matriach
06-03-09, 21:36
thanks kk
di tunggu pencerahan yg lebih dalam

Saia mau tanya....
Rambut kk panjang atau tidak ?
Dimisalkan, si A berambut panjang.
Saat mandi air hangat, temperatur tubuh akan mengikuti temperatur air.
Setelah mandi, tubuh menjadi sedikit dingin saat bersentuhan dengan angin.

Jika rambut tidak benar2 kering, (bagi beberapa orang) air hangat yang masih tertinggal di rambut itu membuat perubahan suhu antara badan dan kepala, jadinya pusing.


Sering kena AC y ?
Setelah mandi, kalau rambut yang basah terkena AC, temperaturnya akan berubah jauh juga.
Maap, mungkin ada informasi yang salah, masih itu yang saia dapatkan.
CMIIW

Apakah ada hubungan antara rokok dan AC.
Atau ada hubungan dengan sesuatu yang sangat kecil/sepele, akan saia cari tahu lagi.

djockeyz
07-03-09, 00:46
sebaiknya jangan sering2.. mungkin efeknya bukan sekarang ini.. tp nanti 10 -15 taun mendatang. kalo gk pas umur lo nyetuh di pala 5. ^^

Valdarez
07-03-09, 17:38
Saia mau tanya....
Rambut kk panjang atau tidak ?
Dimisalkan, si A berambut panjang.
Saat mandi air hangat, temperatur tubuh akan mengikuti temperatur air.
Setelah mandi, tubuh menjadi sedikit dingin saat bersentuhan dengan angin.

Jika rambut tidak benar2 kering, (bagi beberapa orang) air hangat yang masih tertinggal di rambut itu membuat perubahan suhu antara badan dan kepala, jadinya pusing.


Sering kena AC y ?
Setelah mandi, kalau rambut yang basah terkena AC, temperaturnya akan berubah jauh juga.
Maap, mungkin ada informasi yang salah, masih itu yang saia dapatkan.
CMIIW

Apakah ada hubungan antara rokok dan AC.
Atau ada hubungan dengan sesuatu yang sangat kecil/sepele, akan saia cari tahu lagi.
Ic2 iya saya sering sekali kena AC ,pokoknya tiap tidur ato di kamar nyalain tuh AC
terimakasih pencerahannya

Matriach
07-03-09, 20:27
Ga semua orang seperti itu, karena sifatnya relatif.
Coba biasakan kalau mau mandi, matiin AC dulu. Jadi wkt masuk kamar, dinginnya dah ilang. Kalau dah rasa2 kering, baru idupin lagi. Saia setiap hari seperti itu....