PDA

View Full Version : Cara Menghitung Total Damage (di Status)



fendy_acien
15-04-09, 13:46
Mungkin masih ada beberapa orang masih binggung bagaimana sih cara menghitung damage kita yang di status itu ?

Di thread ini coba gw jelaskan secara bertahap semoga dapat dimengerti dan berguna.


A) KOMPONEN DAN RUMUS PERHITUNGAN

1. Cari tahu faktor apa saja yang dapat menambah damage kita seperti buff, elemental, jumlah igno senjata, efek armor/senjata, buff bangsa dll.

2. Hitung total penambahan damage yang kita punya dan bagi dengan 100%.

3. Cari tahu damage polos senjata yang kita pakai, damage polos bukan damage++.

4. Hitung dengan rumus berikut:

Total Damage di Status = (Damage Senjata Polos) * (Total Penambahan Damage + 1)


B) CONTOH KASUS

1. Char Templar Saya Dulu
- Faktor Penambah Damage

* Buff Wild Rage = +30%

* Buff Profesi Templar = +30%

* Elemental 25% 3pcs dan 20% 1pcs = +95%

* Senjata Int hora Spear+5 = +80%

* Adv. Burst Potion = +40%

- Jadi total tambahan damage templar saya adalah 275% / 100% = 2.75

- Senjata yang saya gunakan adalah jenis Int Hora Spear dengan damage atas polos 2980

- Hitung dengan rumus yang ada maka:

Total Damage di Status = (Damage Senjata Polos) * (Total Penambahan Damage + 1)
Total Damage di Status = (2980) * (2.75 + 1)
Total Damage di Status = 11175

Bagaimana bila senjata templar adalah SI Hora Spear+6 bukan Int Hora Spear+5 ?
Upgrade Talic Ignorant +6 memberikan 135% damage dan senjata type Strong memberikan 10% tambahan damage jadi total tambahan damage senjata menjadi 135% + 10% = 145%.

Total Faktor penambah damage sekarang berubah dari 275% menjadi 340% dan tentu saja damage-nya pun berubah menjadi;

Total Damage di Status = (2980) * (3.4 + 1)
Total Damage di Status = 13112


2. Char Bersek
- Faktor Penambah Damage

* Buff Wild Rage = +30%

* Buff Profesi Berserk = +40%

* Elemental 20% 4pcs = +80%

* Senjata Relic Armor Killer+0 = +0%

* Adv. Burst Potion = +40%

- Jadi total tambahan damage berserk saya adalah 190% / 100% = 1.9

- Senjata yang saya gunakan adalah jenis Relic Armor Killer dengan damage atas polos 3981

- Hitung dengan rumus yang ada maka:

Total Damage di Status = (Damage Senjata Polos) * (Total Penambahan Damage + 1)
Total Damage di Status = (3981) * (1.9 + 1)
Total Damage di Status = 11545


C) DAFTAR FAKTOR PENAMBAH DAMAGE
- Buff Wild Rage = +30%
- Buff Profesi Templar = +30%
- Buff Profesi Berserk = +40%
- Buff Profesi Warlock = +30%
- Buff Might (Spritualist Cora) = +30%
- Buff Profesi Adventurer = +30%
- Siege Mastery = +50%

- Aura Ketua Guild = 5% 10% ...
- Aura Tim Serang = ?
- Aura CB = +40%
- Aura Archon = ?

- Elemental = Bervariasi
- Burst Potion = +20% atau +40% atau +55% (IM)

- Ignorant Senjata = +5% +13% 25% 50% 80% 135% 200%
- Efek Strong Senjata = +10%
- Efek 2pcs Armor Archon = +35%
- Efek 5pcs Armor Palmas/Daidolos/Knight Walker = +20%
- Efek Leon Hora Spear = +15% +20% +25%

D) DAFTAR DAMAGE SENJATA POLOS
- Int Hora Spear = 1960 - 2980
- Int Hora Sword = 2244 - 2806
- Int Hora Axe / Hammer = 2092 - 2699
- Int Spedona = 1699 - 2153
- Int Field Lance = 1484 - 2280
- Relic Unsealed Armor Killer = 2847 - 3981
- Relic Unsealed The End = 2405 - 4271
- Leon Hora Spear = 1568 - 3576
- Pedang PvP 55 = 3069 - 3806


E) KESIMPULAN
- Damage di status dipengaruhi oleh besar damage dasar senjata, bukan besar damage senjata setelah di-upgrade.
- Semakin banyak dan besar jumlah faktor penambah damage makin besar jumlah total damage di status.


Pelan2 kita update datanya bersama2 sebab banyak data2 yang sampai sekarang belum gw ketahui.

-rafael-
15-04-09, 16:28
oouw gitu toh
i see2

klo armor gimana???
gw prnh bandingin armor int +3 lvl 55 ama armor normal 55 +4
klo dr data equip nya sie gedean int +3
tp begitu dipake dan diliat di status yg pencet C malah lbh bagusan pake normal +4
apa perhitungan nya sama kyk damage senjata di atas?

fendy_acien
15-04-09, 17:20
Kalau tidak salah dulu gw pernah hitung Total Def itu didapat dari penjumlahan def semua piece armor termasuk perisai, nah kalau yang rata2 def itu gw belum pernah tes gmana cara hitungnya.

Tapi pernah baca2 kalau rumus Rata2 def itu:

Rata2 Def = (Total Def 5pcs Armor) / 5 + Total Def Perisai

AI_Normal
15-04-09, 18:01
Nice info... Tapi ada cara ngitung damage yg masuk ke musuh ga?

fendy_acien
16-04-09, 09:16
Wah kalau ngitung damage yang masuk ke musuh belum tahu deh hahaha...

fendy_acien
24-04-09, 08:50
Sekarang kita bahas tentang pemilihan senjata.
Ketika bertarung dengan lawan kita terkadang kaget kok bisa ya damage musuh yang memakai senjata Leon Hora Spear lebih besar dari kita yang memakai Int Hora Spear+5 ??? Jangan2.....cheat >,< ...tapi sebelum kita men-judge terlampau jauh kita cek dulu.

Kelas Berserker
1) Leon Hora Spear High
* Elemental = 80%
* Buff Wild Rage GM = +30%
* Buff Profesi Berserker = +40%
* Burst Potion = +20%
* Efek Leon High = +25%
-------------------------------------
Total = 195% / 100% = 1.95

3576 (1.95 + 1) = 10549

2) Int Hora Spear+5
* Elemental = 80%
* Buff Wild Rage GM = +30%
* Buff Profesi Berserker = +40%
* Burst Potion = +20%
* Senjata+5 = +80%
-------------------------------------
Total = 250% / 100% = 2.5

2980 (2.5 + 1) = 10430

Dari perhitungan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa:
1. Damage total Leon Hora Spear High dapat lebih besar dari Int Hora Spear+5
2. Pada contoh diatas kita hanya memakai Burst Potion 20%, bagaimana bila memakai yang 40% atau bahkan 55% ? Tentu saja damage Leon semakin jauh diatas Int Hora Spear+5
3. Pada contoh diatas ras yang kita pilih adalah Bellato yang opsi elementalnya lebih rendah 20% dari cora atau accretia, bagaimana kalau job pada contoh diganti dengan job Templar atau Assaulter ?


Nah.....saat ini sedang musimnya pemakain Relic+4, pertanyaannya adalah apakah dewan yang memakai Relic+4 memiliki damage lebih besar dari dewan yang memakai senjata Int 55+6 ?

-rafael-
24-04-09, 18:51
klo urusan damage di rf emg agak membingungkan
rata2 maen chance
kadang gede, kadang bs kecil
bicara soal leon
damage leon kyk nya emg gede
prnh gw liat dewan acc striker pake leon hora bow +5 yg high
destructice shot ke MAU goli high masuk nya 11k >.<
sedangkan yg pake int dark BSB +5 destruct.shot ke target yg sama ga sampe segitu n

PSYCHO_EVO
25-04-09, 07:05
zzzz

pusing bgt ngitungnya.....

kek gx ad kerjaan lain aja uupsss sry

-rafael-
25-04-09, 20:21
zzzzz
ud bagus ada perhitungan nya
drpd ga ada sama skali
dihargain donk TS nya

MyLadyDown
17-05-09, 18:59
mungkin karang pada bs bikin relic ampe +6


dengeR" sih pake WPE

jadi atit thu ser relic
>,<

tkgsablon
18-05-09, 04:08
gw bingung kenapa musti ditambah 1

fendy_acien
08-06-09, 10:47
Tambah 1 soalnya damage senjata polos juga harus dihitung, biar lebih enak mungkin begini:

Total Damage = [Damage Senjata Polos] + ([Damage Senjata Polos] * [Total Penambahan Damage])

Reksamurty
14-06-09, 23:03
soal def bukannya dibagi-bagi ya

armor kan ada 5. kepala badan tangan kaki dan celana
nah klo musuh nyerang maka kemungkinan yg diserang 1 dari 5 itu

coba aja deh armor full set tapi 1 aja dilepas. terus biarin di pukul musuh beberapa kali. mesti diantaranya ada yg damagenya gede banget kaya pas telanjang.

yah tapi aq lom ngerti efek dari perisai sih, katanya klo kena bagian perisai = block :D

bimzs
15-06-09, 08:40
sedikit info nih
armor yang + nya rata (cth +2 rata) lebih bagus d banding belang2 (kpala +2, baju +3 dst)

InnoVaToRz
16-06-09, 15:44
jadi kalau pake int +2 rata jatohnya lebih bagus dari misalnya kepala int+3 lainnya int+2...? kl menurut gw sih masi bagusan yg plusnya lebih banyak...

yg buat penambah ser :
skill caster 35% attack, warlock 15% jadi total 50% attck
tim serangan 20%
archon 40%--kalau gk salah yg ini

taufik.qurahman
29-06-09, 08:29
kalo buat armor yang ngaruhinnya itu Average Def Power apa Defense Success Rate nya?

InnoVaToRz
03-07-09, 05:51
avg def power gk ngaru itu... cuma buat nambahin def gauge aj kyaknya...
armor liad defend succes ratenya aj...semakin gde semakin kcil damage...

mutiaNeF
10-07-09, 00:57
SO PERFECT nihh perhitungan'nya GAN ! hha

gledex
18-07-09, 20:16
nambah info ajah skill siege mastery ny striker nambah 50%^^

itungan ini yg bikin cerberus polos dmg isa setara sama int akeron +6 (full ele + red siege)

fendy_acien
21-07-09, 09:38
@Innova dan gledex
Tq ya, dah gw update tambahannya.

cyberwindex
21-07-09, 17:34
wow..
thx..
kalo armor gimana?
buka thread baru ya ^^

gledex
22-07-09, 18:53
haha, sama2 bro fendy!

btw, klo dmg serangan sih uda jadi rahasia umum, tapi klo armor dan dmg yg masuk itu masih misteri ilahi keq ny.

eFRaiM14
08-11-09, 18:58
kalau ADP, itu buat armor, bagus nya buat defense tanker (dalam arti maennya gede di defense), tapi klo uda def gauge turun, ngocor dah darahnya masuk critical smua..

kalau mau maen tank blocker, itu bagusan gede di DSR, soalnya jarang kena critical, jadi lo masih bisa jalan alias lari, dan keknya sih presentase block naek.. soal ADP nya mah walaupun ga gede, tetep DSR nya nolong

aghiew
28-11-09, 12:39
bang fendy_acie guide nya aq copas ya bwt forum sblh,bagus bgt soalna..
ga lupa aq kasi credit dr km ^^

a456456
03-12-09, 22:42
permisi dulu sebelumnya buat kk2..bukan saya mau sok tau..tapi menurut saya perhitungannya agak kurang tepat..gini ya ( klo salah saya minta maaf dan mohon dibenarkan )
klo kita punya senjata misal Int Black Lance +5 , damage awalnya misalkan 2000-3000
nah setelah jadi +5 kan nambah 80%..terus skill buff itu meningkatkan % damage awal..sebelum ++
jadi klo int polosnya 2000-3000 tapi +5nya 4000-5000 yg dilihat 2000-3000nya..

terus OD itu juga sama cuma meningkatkan damage dasar senjata..
nah yg spesial itu aura dewan , aura tim.pembantu dan elemental..mereka itu meningkatkan damage senjata yg udah ++nya itu..

INTINYA..kita bisa lihat dari keterangannya.."MENINGKATKAN SERANGAN" atau "MENINGKATKAN SEMUA SERANGAN"..kalau "MENINGKATKAN SERANGAN" itu menambahkan %an pada damage awal senjata polos..tapi kalai "MENINGKATKAN SEMUA SERANGAN" itu artinya menambahkan %an pada damage senjata yg sudah ditambahkan talic..

terus setau saya masalah damage yg keluar itu saya juga gak bisa ngitungnya..tapi lvl pada senjata dengan lvl pada musuh dan lvl armor pada musuh itu berpengaruh..setiap perbedaan 15 lvl ada penaltinya..jadi senjata dengan level lebih tinggi itu emang dianjurkan..hehe..
dan kalau damage di status dah diatas 10.000 setiap 1000 kelebihannya itu nambah damage kalau gak salah 15% dari damage sebelumnya..jadi klo waktu damage status kita 10000 damage keluarnya 5000 maka klo di status jadi 11200 damagenya kurang lebih 5700an..
cuma itu aja tambahan dari saya..maaf kalo ada yg salah..^^

kondor45
07-12-09, 11:54
Rumus yg bener yg mana nih??

jakwist
14-12-09, 10:54
:nais inpo:
mangstab bener gan haha :thx:

jabrik_unggul
06-02-10, 09:01
wauw... gtu tah.... thx bener2 dah yg dah kasi tau cara ngitung nya.. hihihi

Bombat-H
21-02-10, 10:44
nice info..
baru tau kalo yg bikin fendy n skrg uda pensi..

dulu msh inget waktu charnya dia lvl 50 templar di depan gate DH :)

FeDeRicKoZ
08-03-10, 17:26
wah kk fendy gak capek tuh tulis bnyk2 gitu ^_^

~SAsaKl~
21-07-10, 22:31
ow gitu toh btw mau nanya ni kalo + aura cb itu nambah di status apa ga sih ????trus gw pernah baca" di forum kalo bug aura cb itu sampe 1 minggu efeck nya abis cuma efeck aura nya permanent btul ga ya??

yanthao
13-10-10, 21:53
mantap Gan

aamzz11
03-02-11, 22:08
Mungkin masih ada beberapa orang masih binggung bagaimana sih cara menghitung damage kita yang di status itu ?

Di thread ini coba gw jelaskan secara bertahap semoga dapat dimengerti dan berguna.


A) KOMPONEN DAN RUMUS PERHITUNGAN

1. Cari tahu faktor apa saja yang dapat menambah damage kita seperti buff, elemental, jumlah igno senjata, efek armor/senjata, buff bangsa dll.

2. Hitung total penambahan damage yang kita punya dan bagi dengan 100%.

3. Cari tahu damage polos senjata yang kita pakai, damage polos bukan damage++.

4. Hitung dengan rumus berikut:

Total Damage di Status = (Damage Senjata Polos) * (Total Penambahan Damage + 1)


B) CONTOH KASUS

1. Char Templar Saya Dulu
- Faktor Penambah Damage

* Buff Wild Rage = +30%

* Buff Profesi Templar = +30%

* Elemental 25% 3pcs dan 20% 1pcs = +95%

* Senjata Int hora Spear+5 = +80%

* Adv. Burst Potion = +40%

- Jadi total tambahan damage templar saya adalah 275% / 100% = 2.75

- Senjata yang saya gunakan adalah jenis Int Hora Spear dengan damage atas polos 2980

- Hitung dengan rumus yang ada maka:

Total Damage di Status = (Damage Senjata Polos) * (Total Penambahan Damage + 1)
Total Damage di Status = (2980) * (2.75 + 1)
Total Damage di Status = 11175

Bagaimana bila senjata templar adalah SI Hora Spear+6 bukan Int Hora Spear+5 ?
Upgrade Talic Ignorant +6 memberikan 135% damage dan senjata type Strong memberikan 10% tambahan damage jadi total tambahan damage senjata menjadi 135% + 10% = 145%.

Total Faktor penambah damage sekarang berubah dari 275% menjadi 340% dan tentu saja damage-nya pun berubah menjadi;

Total Damage di Status = (2980) * (3.4 + 1)
Total Damage di Status = 13112


2. Char Bersek
- Faktor Penambah Damage

* Buff Wild Rage = +30%

* Buff Profesi Berserk = +40%

* Elemental 20% 4pcs = +80%

* Senjata Relic Armor Killer+0 = +0%

* Adv. Burst Potion = +40%

- Jadi total tambahan damage berserk saya adalah 190% / 100% = 1.9

- Senjata yang saya gunakan adalah jenis Relic Armor Killer dengan damage atas polos 3981

- Hitung dengan rumus yang ada maka:

Total Damage di Status = (Damage Senjata Polos) * (Total Penambahan Damage + 1)
Total Damage di Status = (3981) * (1.9 + 1)
Total Damage di Status = 11545


C) DAFTAR FAKTOR PENAMBAH DAMAGE
- Buff Wild Rage = +30%
- Buff Profesi Templar = +30%
- Buff Profesi Berserk = +40%
- Buff Profesi Warlock = +30%
- Buff Might (Spritualist Cora) = +30%
- Buff Profesi Adventurer = +30%
- Siege Mastery = +50%

- Aura Ketua Guild = 5% 10% ...
- Aura Tim Serang = ?
- Aura CB = +40%
- Aura Archon = ?

- Elemental = Bervariasi
- Burst Potion = +20% atau +40% atau +55% (IM)

- Ignorant Senjata = +5% +13% 25% 50% 80% 135% 200%
- Efek Strong Senjata = +10%
- Efek 2pcs Armor Archon = +35%
- Efek 5pcs Armor Palmas/Daidolos/Knight Walker = +20%
- Efek Leon Hora Spear = +15% +20% +25%

D) DAFTAR DAMAGE SENJATA POLOS
- Int Hora Spear = 1960 - 2980
- Int Hora Sword = 2244 - 2806
- Int Hora Axe / Hammer = 2092 - 2699
- Int Spedona = 1699 - 2153
- Int Field Lance = 1484 - 2280
- Relic Unsealed Armor Killer = 2847 - 3981
- Relic Unsealed The End = 2405 - 4271
- Leon Hora Spear = 1568 - 3576
- Pedang PvP 55 = 3069 - 3806


E) KESIMPULAN
- Damage di status dipengaruhi oleh besar damage dasar senjata, bukan besar damage senjata setelah di-upgrade.
- Semakin banyak dan besar jumlah faktor penambah damage makin besar jumlah total damage di status.


Pelan2 kita update datanya bersama2 sebab banyak data2 yang sampai sekarang belum gw ketahui.

Owhhhh Gitu yahh...?

Baru tau sekarang
Tapi Bingung:p::p::p::tabok::Pusing::Pusing::Pusing::Pu sing::Pusing::Pusing::Pusing::Pusing::Pusing::Pusi ng::Pusing:

Lindsay Lohan
29-04-11, 22:34
denger2 buff tim serang 35% . buff archon 40/40 a/d

NcK-
05-07-11, 19:54
iaaa
lmyn bgt yah
35%

Rasyid
05-07-11, 19:57
paling mantap pake 3 part armor dewan 2 part armor lv 55 strong + NOV +6 + aura CB + aura tim ser + aura dari tim def +burst pot 55% bueh d jamin tembus 30k d status


pengalaman ane sih kwwkwkw

[S]a[D]-PsYcHo
15-05-12, 09:11
drpd misah gtu mending loe jadiin 1set armor dewan +6 GG aura buffnya
dijamin dah ngejer enak mukul enak

YouCantFindMe-
06-11-12, 18:18
itu begitu liat nya enak .
tapi ngitung nya gimana
pusing pusing dah --a

Lail
29-12-12, 10:26
PARAH INI GM RF INDO SEMENA-MENA GAN
simak ringkasan ceritanya :

Saya : kk GM dulu saya main d server polaris trus vakum 4 tahun, pas mw main lagi karakternya kok hilang ? kan server polaris d merger ke Hydrus, trus d merger ke Aquila, pas login d Aquila karakternya ga ada.
GM : Mohon isikan data: berikut
(setelah di isi data"nya ad balesan email lg)
GM : Halo, Karakter anda telah dihapus secara permanent karena ketidakaktifan karakter menjelang merger server
(NB) Kami telah mengumumkan jauh hari sebelum merger server agar pemain melakukan login karakter untuk menghindari penghapusan karakter ini
Saya : trus solusinya gmn donk kk GM, kan saya vakum jadi tidak tahu adanya pemberitahuan merger.
-Dan sampai sekarang tidak ad respon balik dari GM nya -

Coba deh klo misal anda udah capek" naekin level + beli" equip kek ane, trus anda pergi kuliah keluar negeri misalnya 4 tahun, balik" ke Indo mau main game kesayangannya anda lagi, tapi ternyata karakternya dan lain" udah gak ada, perasaan anda gmn coba ?

Ini RF bikin server baru mulu, ujung"nya d merger juga, mana sistem mergernya gak beres lagi. Ane juga maen Ragnarok pas merger ane tinggal sampe sekarang masih ada kok, cmn nicknya aja d bikin jadi kode" gtu (tapi bs d ubah nicknya). Nickname gampang lah daripada karakter sm equipnya yg hilang ya gak ?

Abraro
08-03-13, 20:39
saabar aj kak