PDA

View Full Version : Wali Sanga & Syekh Siti Djenar



gaptekbet
04-10-09, 19:35
Bagi para pemeluk agama islam khusunya yg berasal dari pulau jawa tentu sangat mengenal Wali Sanga yaitu 9 orang penyebar agama islam, namun apakah juga tahu tentang Syekh Siti Jenar?

Thread ini saya khususkan membahas tentang Syekh Siti Jenar (karena Wali Sanga saya pikir sudah banyak yang tahu), kenapa saya tertarik dengan Syekh Siti Jenar? ini karena polemik yg terjadi sekarang2 ini. Berikut adalah penjelasan singkat dari Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Syekh_Siti_Jenar) tentang Syekh Siti Jenar :


Syekh Siti Jenar (juga dikenal dalam banyak nama lain, antara lain Sitibrit, Lemahbang, dan Lemah Abang) adalah seorang tokoh yang dianggap Sufi dan juga salah satu penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Tidak ada yang mengetahui secara pasti asal-usulnya. Di masyarakat terdapat banyak varian cerita mengenai asal-usul Syekh Siti Jenar.

Sebagian umat Islam menganggapnya sesat karena ajarannya yang terkenal, yaitu Manunggaling Kawula Gusti. Akan tetapi sebagian yang lain menganggap bahwa Syekh Siti Jenar adalah intelektual yang sudah mendapatkan esensi Islam itu sendiri. Ajaran - ajarannya tertuang dalam pupuh, yaitu karya sastra yang dibuatnya. Meskipun demikian, ajaran yang sangat mulia dari Syekh Siti Jenar adalah budi pekerti.

Syekh Siti Jenar mengembangkan ajaran cara hidup sufi yang dinilai bertentangan dengan ajaran Walisongo. Pertentangan praktek sufi Syekh Siti Jenar dengan Walisongo terletak pada penekanan aspek formal ketentuan syariah yang dilakukan oleh Walisongo.

Mengenai Konsep Ajarannya tidak akan saya salin disini karena di Wiki sendiri tulisan mengenai konsep ajaran Syekh Siti Jenar masih di perdebatkan.

Dalam film Wali Sanga dan Syekh Siti Jenar digambarkan bahwa menjelang akhir hidupnya, Syekh Siti Jenar terlibat "pertarungan" dengan Sunan Kalijaga.

Ini yg membuat saya bertanya2 kenapa kok Sunan Kalijaga? apakah karena dianggap paling sakti? namun setelah membaca berbagai sumber (perpustakaan maupun internet). Saya kemudian memahami bahwa disamping ajaran beliau (Syekh Siti Jenar) yg dianggap sesat. Saya rasa para Wali Sanga pun mempunyai banyak kekurangan, khususnya Sunan Kalijaga.

Islam yg dibawakan Sunan Kalijaga itu adalah Islam yg merupakan asimilasi dari Hindu dan Budha (agama yg dianut kebanyakan masyarakat jawa saat itu), makanya gak heran kalo saat ini banyak sekali tradisi2 yg membingungkan, seperti acara Nyekar (tradisi menebarkan bunga di makam), yg sebenarnya dalam Islam sendiri itu gak ada.

Karena itulah yg harus "bertarung" dan kemudian "menutup" Syekh Siti Jenar adalah Sunan Kalijaga, karena hanya beliaulah yg "dianggap" lebih memahami Konsep dan Ajaran Syekh Siti Jenar.

Kontroversi Mengenai Sekitar Kematian Syekh Siti Jenar :


Kontroversi yang lebih hebat terjadi di sekitar kematian Syekh Siti Jenar. Ajarannya yang amat kontroversial itu telah membuat gelisah para pejabat kerajaan Demak Bintoro. Di sisi kekuasaan, Kerajaan Demak khawatir ajaran ini akan berujung pada pemberontakan mengingat salah satu murid Syekh Siti Jenar, Ki Ageng Pengging atau Ki Kebokenanga adalah keturunan elite Majapahit (sama seperti Raden Patah) dan mengakibatkan konflik di antara keduanya.

Dari sisi agama Islam, Walisongo yang menopang kekuasaan Demak Bintoro, khawatir ajaran ini akan terus berkembang sehingga menyebarkan kesesatan di kalangan umat. Kegelisahan ini membuat mereka merencanakan satu tindakan bagi Syekh Siti Jenar yaitu harus segera menghadap Demak Bintoro. Pengiriman utusan Syekh Dumbo dan Pangeran Bayat ternyata tak cukup untuk dapat membuat Siti Jenar memenuhi panggilan Sri Narendra Raja Demak Bintoro untuk menghadap ke Kerajaan Demak. Hingga konon akhirnya para Walisongo sendiri yang akhirnya datang ke Desa Krendhasawa di mana perguruan Siti Jenar berada.[rujukan?]

Para Wali dan pihak kerajaan sepakat untuk menjatuhkan hukuman mati bagi Syekh Siti Jenar dengan tuduhan telah membangkang kepada raja. Maka berangkatlah lima wali yang diusulkan oleh Syekh Maulana Maghribi ke Desa Krendhasawa. Kelima wali itu adalah Sunan Bonang, Sunan Kalijaga, Pangeran Modang, Sunan Kudus, dan Sunan Geseng.

Sesampainya di sana, terjadi perdebatan dan adu ilmu antara kelima wali tersebut dengan Siti Jenar. Menurut Siti Jenar, kelima wali tersebut tidak usah repot-repot ingin membunuh Siti Jenar. Karena beliau dapat meminum tirtamarta (air kehidupan) sendiri. Ia dapat menjelang kehidupan yang hakiki jika memang ia dan budinya menghendaki.[rujukan?]

Tak lama, terbujurlah jenazah Siti Jenar di hadapan kelima wali. Ketika hal ini diketahui oleh murid-muridnya, serentak keempat muridnya yang benar-benar pandai yaitu Ki Bisono, Ki Donoboyo, Ki Chantulo dan Ki Pringgoboyo pun mengakhiri "kematian"-nya dengan cara yang misterius seperti yang dilakukan oleh gurunya di hadapan para wali.[rujukan?]

Apakah Syekh Siti Jenar menjadi seorang martyr bagi kepercayaannya? Kalau disamakan dengan kisah Mahabharata dan Bharatayudha, mungkin saya bilang Syekh Siti Jenar adalah Resi Bhisma, Seseorang yg patut dihormati walaupun ajarannya salah (Resi Bhisma memihak Kurawa karena asal usul dan janjinya terhadap negara Hastina, Sedangkan Syekh Siti Jenar karena ajarannya yg dianggap tidak lazim).

Demikian info dan pemahaman menurut pandangan saya.

Kesimpulannya adalah Syekh Siti Jenar jangan disamakan dengan "pendusta2" agama lainnya seperti yg marak terjadi saat ini, Walaupun ajarannya dianggap sesat setidaknya Syekh Siti Jenar tidak pernah mengakui bahwa dirinya adalah Tuhan.

Attention : bagi yg ingin berdiskusi di thread ini hendaknya "membebaskan" diri dari hal2 yg berbau SARA

meazur3
12-10-09, 04:48
wali songo itu sbenernya dah sring" ganti" personil kan? klo ga salah gw prnah baca di buku gitu........
truzz wali songo yg ktanya punya kelebihan itu memang benar ya?

yes pertamax

gaptekbet
12-10-09, 18:36
wali songo itu sbenernya dah sring" ganti" personil kan? klo ga salah gw prnah baca di buku gitu........
truzz wali songo yg ktanya punya kelebihan itu memang benar ya?

yes pertamax

Songo/Sanga dalam bahasa Jawa berarti 9, 9 ini menandakan jumlah personilnya.
Namun yg masih di perbincangkan adalah ternyata 9 orang ini tidak semuanya hidup dalam masa/zaman yg sama. 9 Personil ini disebut wali sanga karena kesamaan tugasnya yaitu menyebarkan agama islam di tanah air.

Mengenai kelebihannya sih yg jelas itu karunia Yang Maha Kuasa, dan jangan sampe di kultuskan (yg sering terjadi saat ini, makamnya didatangi ribuan peziarah untuk meminta berkah).

[CC]-WONGSARAF
12-10-09, 19:52
boleh minta nama" wali sanga ga?
gw dari dlu ke dlu ga hapal"
dlu prnah hapal, tpi 1 blan sesudahnya lupa lgi

gaptekbet
12-10-09, 22:45
-WONGSARAF;3376117']boleh minta nama" wali sanga ga?
gw dari dlu ke dlu ga hapal"
dlu prnah hapal, tpi 1 blan sesudahnya lupa lgi


Meskipun terdapat perbedaan pendapat mengenai siapa saja yang termasuk sebagai Walisongo, pada umumnya terdapat sembilan nama yang dikenal sebagai anggota Walisongo yang paling terkenal, yaitu:

* Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim
* Sunan Ampel atau Raden Rahmat
* Sunan Bonang atau Raden Makhdum Ibrahim
* Sunan Drajat atau Raden Qasim
* Sunan Kudus atau Jaffar Shadiq
* Sunan Giri atau Raden Paku atau Ainul Yaqin
* Sunan Kalijaga atau Raden Said
* Sunan Muria atau Raden Umar Said
* Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah

Para Walisongo tidak hidup pada saat yang persis bersamaan. Namun satu sama lain mempunyai keterkaitan erat, bila tidak dalam ikatan darah juga karena pernikahan atau dalam hubungan guru-murid.

Meskipun judul threadnya ada kata2 Wali Sanga namun saya lebih mengkhususkan pembahasan hubungan Wali Sanga dengan Syekh Siti Djenarnya dan Opini2 yg berkembang tentang Syekh Siti Djenar.

Karena menurut saya Wali Sanga sudah umum dan dipelajari secara mendalam dalam pelajaran sejarah di sekolah, sedangkan Syekh Siti Djenar jarang sekali dibicarakan.

yagami_light
12-10-09, 23:27
Emm, boleh nanya kn?
Seinget saya, kata "Siti Jenar" dari nama Syekh Siti Jenar itu sendiri artinya "Tanah Benar"...
Kalau tidak salah, Siti Jenar itu sendiri awalnya berasal dari segumpal tanah yang kemudian dihidupkan atas kuasa-Nya kepada rakyat yang tidak percaya bahwa manusia itu berasal dari segumpal tanah...

CMIIW~,
Seinget saya sih gt...
Maaf kl salah... :psmile:

:bthx:

-[xd]_[march]-
12-10-10, 18:54
gileee keren abis nih.. nice info ya