PDA

View Full Version : [Learn] Bahasa Mandarin - 学中文



Pages : [1] 2

MimiHitam
03-12-07, 12:35
让我们学中文,讲中文

ayo kita belajar bahasa mandarin dan bicara bahasa mandarin disini, boleh pake pinyin ato han zi, gua sendiri ga bisa bahasa mandarin, cuma tau dikid2 :D yg bisa ayo sini dunk :)

phonoscope
03-12-07, 14:20
ajarin gw dong...

gw denger2 cari kerja sekarang butuh orang yang bisa bahasa mandarin...

wiw, untung gw install font berbagai bahasa jadi gw liat tulisan nya itu...

MimiHitam
03-12-07, 14:25
Mimi: 你好 ! 你叫什么名字?
ni hao (halo), ni jiao shen me ming zi? (nama kamu siapa?)
phono: 我叫Phonoscope
wo jiao ___
( namaku phonoscope)

emp_
03-12-07, 15:57
gw taunya
ni hao ma ?

wo hen hao

awkakw sempet ikut eksur mandarin waktu kelas 1 tapi jrg masuk buat formalitas dong ekeke

MimiHitam
03-12-07, 16:06
hehe, belajar dikid2 disini :D pokok e b asic bisa sisanya gam,pang deh

BecKaX
03-12-07, 16:09
Duh keyboard gw ga bs ada bahasa mandarinnya....

Gmn dong?? =P :dance2:

MimiHitam
03-12-07, 16:31
pake pinyin gapapa, yg penting basicnya dolo, disini ga bisa nada nih, kalo mau han zinya tulis di kertas :D

phonoscope
03-12-07, 19:51
ejain dong cara baca nya...

kek gw kagok baca bahasa jepang... tulisan 'kudasai'... mungkin pertama mikir nya baca kudasay...

ternyata bacanya ku/da/sa/iii... [i di teken lebih panjang jadinya]

---

jadi klo di ejain, gw ga sala ngucap nya...

---

sory OOT mode on :

maiban nanji goro nemasu ka ? [cara baca : ma/i/ban nan/ji goro nema/suka ?]

goji goro nemasu [cara baca : goji/ goro nemasu]

----

kira2 begitu....

artinya :

tiap malam tidur jam berapa :

tidur kira-kira jam 5



^^

----

yak kembali ke mandarin/////....

MimiHitam
03-12-07, 19:58
coba, kalo penadaan ntar aja, cara baca dolo

Dui bu qi, wo bu zhi dao
(maaf, saya tidak tahu)

cara bacanya?

Tui Pu Chi, wo pu Ce Tao

kalo ch ato zh ada kyk hhhh nya gitu

Luvly_Jolie
04-12-07, 12:39
coba, kalo penadaan ntar aja, cara baca dolo

Dui bu qi, wo bu zhi dao
(maaf, saya tidak tahu)

cara bacanya?

Tui Pu Ci, wo pu Chi Tao

kalo ch ato zh ada kyk hhhh nya gitu

gw bantu ralat mi,yg bener tui pu chi,wo pu ce tao
nah klo yg ch ato zh itu ada huruf h nya gitu,cuma cara ucapnya tempelin ujung lidah loe dilangit2 mulut..kira2 seperti itu :p

tambahan : kasih tau cara bacanya mi,kek misalnya "bu" dibacanya kek "pu" (lang)

MimiHitam
04-12-07, 13:04
ah ada yg masterize mandarin, silahkan diajarin, gua cuma bisa dikid2

acing_2
04-12-07, 13:42
Cara Bikin Tulisan China Gimana Sich..!

Bantu Saya Dong Buat DI FS :)

phonoscope
04-12-07, 13:54
@acing_2

1. tulis tangan trus scan
2. bikin langsung pake image editor
3. download font nya...

silahkan pilih salah satu cara nya aja... ^^

LorD_UeKi
04-12-07, 14:50
nanya dong....
ada yang tw perubahan2 nada (sheng diao) ga????
kalo ada yg paham mohon dijelasin dung....

JinKazama
04-12-07, 15:45
Shui dlm bahasa mandarin ada 2 makna tergantung nada ucapan nya

Shui yg pertama bisa berupa air
Shui yg kedua bisa berupa siapa

MimiHitam
04-12-07, 19:35
emmang bahasa mandarin satu kata banyak arti, tergantung nada.. gua sih males ngafalin nada, pusing, mending han zi kalo gua

Luvly_Jolie
05-12-07, 10:11
nanya dong....
ada yang tw perubahan2 nada (sheng diao) ga????
kalo ada yg paham mohon dijelasin dung....

duh rada susah neh kk klo dijelasin lwt tulisan,kudu secara langsung hehe..nada pertama tuh datar(misalnya baca kata tian = langit),nada ke2 rada menurun (misalnya baca kata shui=siapa),nada ke3 lbh menurun dari nada ke2 (misalnya baca kata wo = saya),nada ke4 dilakukan penekanan (misalnya baca kata bu = tidak),sedikit tambahan klo misal kita baca 2 kata yg nada baca asalnya nada ke4,nada baca pada kata pertama brubah menjadi nada ke2(misalnya pada kata bu yao = tidak mau,bu dibaca dgn nada ke2),klo misal kita baca 2 kata yg nada baca asalnya nada ke3,nada baca kata pada kata pertama brubah menjadi nada baca ke2(misalnya zou zou = jalan2).
klo salah,mohon pencerahannya ya..masih noob neh tq ^^

LorD_UeKi
05-12-07, 12:53
duh rada susah neh kk klo dijelasin lwt tulisan,kudu secara langsung hehe..nada pertama tuh datar(misalnya baca kata tian = langit),nada ke2 rada menurun (misalnya baca kata shui=siapa),nada ke3 lbh menurun dari nada ke2 (misalnya baca kata wo = saya),nada ke4 dilakukan penekanan (misalnya baca kata bu = tidak),sedikit tambahan klo misal kita baca 2 kata yg nada baca asalnya nada ke4,nada baca pada kata pertama brubah menjadi nada ke2(misalnya pada kata bu yao = tidak mau,bu dibaca dgn nada ke2),klo misal kita baca 2 kata yg nada baca asalnya nada ke3,nada baca kata pada kata pertama brubah menjadi nada baca ke2(misalnya zou zou = jalan2).
klo salah,mohon pencerahannya ya..masih noob neh tq ^^

jadi cm kata pertama yang diganti nadanya?? kata kedua tidak??
lalu,bagaimana penulisan pinyinnya?? apa nadanya juga diganti atau tidak???

tukang_besi
06-12-07, 05:14
jelasin huruf2 nya dong, a = apa gitu, b = bla bla c = dst...

hurufnya aja ga tau gmn mau belajar -_-

Odlanier
06-12-07, 05:18
Mimi mending jelasin dari basic, Vocab-nya sama Tone =P

Tone ada 4, mirip sama yang dijelasin sama luvly_jolie, kira-kira
Nada 1, nadanya datar, Lambangnya -
Nada 2, nadanya naik, Lambangnya /
Nada 3, nadanya turun kemudian naik, Lambangnya v
Nada 4, nadanya turun, Lambangnya \
Beda nada pada kata yang sama, artinya juga beda

Buat karakter,
Vokal
Sama kaya bahasa indo, aiueo biasa, paling bedanya ada ü, ini... mulutnya dimonyongin gitu deh =P susah -_-

Konsonan,
m - me
b - be
p - pe
g - ge
t - te
n - ne
l - le
d - de
f - fe
k - ke
h - he
j - ji
q - chi
c - ts
x - si
z - ds
r - r
s - s
ch - ch
zh - ju
sh - sh


konsonan bagian bawah, pengucapannya dah ribet --"


dan ada kombinasi cara baca, misalnya sh + o jadi shuo, bukan sho

tukang_besi
06-12-07, 05:35
apa setiap huruf itu punya arti? kan klo bhs jepang ada artinya,

misal kyk gini (中) ada artinya (simbol) atau sekedar huruf,
trus ada yg tau kyk huruf (a) lambangnya gmn

gw cuma tau 1, itu pun main scramble katanya klo "saya cinta kamu" itu "wo ai ni" , huruf nya kyk apa ya, apa kata "wo" itu 1 huruf?

Luvly_Jolie
06-12-07, 13:42
jadi cm kata pertama yang diganti nadanya?? kata kedua tidak??
lalu,bagaimana penulisan pinyinnya?? apa nadanya juga diganti atau tidak???

iya cuma kata pertama aja yg diganti nadanya,klo tulisan nada mah juga diganti dunk..sebenernya nada itu kan cuma ngebantu cara bacanya aja..

Luvly_Jolie
06-12-07, 13:54
apa setiap huruf itu punya arti? kan klo bhs jepang ada artinya,

misal kyk gini (中) ada artinya (simbol) atau sekedar huruf,
trus ada yg tau kyk huruf (a) lambangnya gmn

gw cuma tau 1, itu pun main scramble katanya klo "saya cinta kamu" itu "wo ai ni" , huruf nya kyk apa ya, apa kata "wo" itu 1 huruf?

huruf2 yg dikasih odlainer itu buat membantu cara membaca tulisan mandarin aja..

MimiHitam
06-12-07, 14:13
gini, ada beberapa huruf yang digabung membentuk arti, contoh jian mian, artinya bertemu, dan tao jia huan jia, artinya menawar harga

Luvly_Jolie
06-12-07, 15:39
gini, ada beberapa huruf yang digabung membentuk arti, contoh jian mian, artinya bertemu, dan tao jia huan jia, artinya menawar harga

es we te deh mimi,huruf itu kek a,b,c,d,e..klo "jian","mian" itu kata bukan huruf ::nono::
hehehe...

MimiHitam
06-12-07, 15:52
oh iya, maksud gua kata

Ch41n_L19htn1n9
09-12-07, 22:54
cara tulis di komputer gmn mandarin

MimiHitam
10-12-07, 05:45
mesti install programnya

MbakSriJr
12-12-07, 03:38
::shysmile:: keren ah
ikut nimbrung yah, pgn blajar jg mumpung gratis ::shysmile::
cuman saya nonton doank ya, soalnya ga ngerti sama sekali
ngertinya ya cm i luph u ::shysmile::

MimiHitam
12-12-07, 09:47
ni hao! =-----> halo
ni jiao shen me ming zi? ----> namamu siapa?

ToYaKz
12-12-07, 10:39
sry klo rada oot..
sebenarnya gw paling benci sama bahasa mandarin coz gara2 bhs mandarin tangan gw ampe pgel...
gara2 salah nulis huruf (WO) doang sampe2 gw disuruh tulis 400x tulisan (WO) ::hiks::::hiks::::hiks::

MimiHitam
12-12-07, 14:41
yah memang harus banyak2 tulis biar afal

ToYaKz
15-12-07, 10:58
yah memang harus banyak2 tulis biar afal

swt..
tulisan kek gtu susah kalee di apal....
maklum orang pribumi asli susah blajar kek gtu :huh:

MimiHitam
15-12-07, 12:08
ga usah pandang sara, kalo mau belajar bisa

BloodyElf
17-12-07, 19:20
asal ada niat pasti bisa kk...

gw aja yg dulu agak kurang suka mandarin, tp lama kelamaan jd suka...
jd mo blajar lg...ada sih text book mandarin dr SMA

klo ada waktu nanti gw bantu dikit" deh.

Ven
18-12-07, 14:19
wo ai ni....:dance3:

zRL
24-12-07, 01:17
SIN CING PING dah


Xiexie

BtM-GRyNiCt
24-12-07, 09:48
wo hen suai............Hihihiw xie xie ;)

zRL
24-12-07, 09:57
wo ai ni sincingping waputau ngomong apa?
louse cau an...

BtM-GRyNiCt
24-12-07, 10:36
wo ai ini sen ci ping = aku suka pada mu , kamu orang gila
lau se cau an = selamat page guru...

zRL
24-12-07, 11:51
sen lan jaUuuu...

ga ada bahasa jepang yah???

BtM-GRyNiCt
24-12-07, 14:28
wo se suai ke..........hihhiiw ;)

ToYaKz
25-12-07, 17:28
wo ai ni..
yg gw tau dari bhs mandarin itu doang ^^

l0git3c
28-12-07, 09:49
aduh mandarin....gw waktu soal ujian (skul gw ada pelajaran mandarin), gw jwb semuanya

WO BU ZHI DAO

Mitsuko
02-01-08, 07:37
大家好, 我是密子, 很高兴认识大家。
da jia hao, wo shi mi zi, hen gao xing ren shi da jia.

halo semuanya, nama saya mitsuko, senang bisa berkenalan dengan kalian

phonoscope
03-01-08, 10:28
歡迎您

---

ga bisa gw bhasa jeruk mandarin --"

Mitsuko
03-01-08, 16:39
tuh bisa ketik "歡迎您" artinya welcome [huang ying ni]

Ch41n_L19htn1n9
04-01-08, 01:00
duh kk mitsuko ajarin >.<

Mitsuko
04-01-08, 04:56
Introducing yourself (memperkenalkan diri)

姓: xing (marga/surname)

名: ming (nama/name)


姓名:xingming (full name)

你叫什么名?ni jiao shi me ming? (apa namamu? what's your name)

我叫密子 wo jiao mi zi (nama saya Mitsuko/ my name is Mitsuko)

ATAU / OR

我是密子 wo shi mi zi (saya adalah Mitsuko/ I am Mitsuko)

我姓陈叫密子 wo xing chen jiao mi zi (marga saya tan dan nama saya Mitsuko/ my surname is Tan and my name is Mitsuko)

MimiHitam
04-01-08, 11:13
untunglah ada Mitsuko, berhubung komp gue udah diformat, ud ga bisa baca or bikin buat huruf mandarin, thx ya, share terus, GRP for u ^.^

Mitsuko
05-01-08, 05:29
Mimihitam: dono minta gue kenalin diri gue ... Mitsuko tuh istri tukang sapu ... hihihi ... ngak perlu grp grp an (dono)

谢谢你
xie xie ni
Terima kasih

Mitsuko
05-01-08, 06:16
Kata Pengganti (Pronoun)


wo (saya / I )
我们
wo men (kita / we)


ni (kamu / you)
你们
ni men ( kalian / you guys)

nin (Anda / You ; Formal)

他 (cowo/umum)
ta (dia / He.she.it)

ta (dia / He.she.it) khusus cewe
他们
ta men ( mereka / They)

大家
da jia (semua orang) more formal
大伙
da huo (semua orang terutama dalam satu kelompok) less formal

MimiHitam
05-01-08, 12:20
Mimihitam: dono minta gue kenalin diri gue ... Mitsuko tuh istri tukang sapu ... hihihi ... ngak perlu grp grp an (dono)

谢谢你
xie xie ni
Terima kasih

wew ini istrinya dono toh :08:

nin haooooooooooooooooooooooo ::weks:: hen gao xing ren shi nin

Mitsuko
06-01-08, 06:19
您好, 我也很高兴认识您。
nin hao, wo (ye) hen gao xing ren shi nin.

也 Ye (juga/also,too)
Dipakai bila kamu ingin mengungkapkan "Juga"
Misalnya kamu ingin mengatakan saya juga suka buku itu

我喜欢哈利波特
wo xi huan ha li po te
Saya suka Harry Potter

我也喜欢那本书
wo ye xi huan na ben shu
Saya juga suka buku itu.

MimiHitam
06-01-08, 07:38
您好, 我也很高兴认识您。
nin hao, wo (ye) hen gao xing ren shi nin.

也 Ye (juga/also,too)
Dipakai bila kamu ingin mengungkapkan "Juga"
Misalnya kamu ingin mengatakan saya juga suka buku itu

我喜欢哈利波特
wo xi huan ha li po te
Saya suka Harry Potter

我也喜欢那本书
wo ye xi huan na ben shu
Saya juga suka buku itu.

nin hao, **** xian sheng de ai ren =p

wo ye xiang he shui
saya juga ingin minum

p.s. sorry ga ada huruf tionghoa, ga bisa ngettiknya, ga da program

Mitsuko
08-01-08, 06:39
nin hao, **** xian sheng de ai ren =p

什么是现生?shi mi shi xian sheng?
apa artinya xian sheng?

================================================== ============================
Greetings (Ucapan)


早安 zao an (selamat pagi / good morning)

午安 wu an (selamat siang / good afternoon)

晚安 wan an (selamat malam / good night)

你(您) 好吗?ni (nin) hao ma? (apa kabar? / how are you?)

我很好, 你呢?wo hen hao, ni ne? (saya sangat baik, dan kamu? / I'm fine and how about you?)


我也很好。wo ye hen hao. (saya baik juga / I am fine too)

再见 zai jian ( sampai jumpa / see you again)

明天见 ming tian jian (sampai besok / see you tomorrow)

多谢 duo xie (terima kasih banyak / many thanks)

谢谢 xie xie (terima kasih / thank you)

不客气 bu ke qi (ngak pa pa / you're welcome)

对不起 dui bu qi ( maaf / I'm sorry)

不要紧 bu yao jin (ngak masalah / dont worry)

请 qing (tolong, please)

Luvly_Jolie
08-01-08, 09:08
nin hao, **** xian sheng de ai ren =p

什么是现生?shi mi shi xian sheng?
apa artinya xian sheng?


早安 zao an (selamat pagi / good morning)

午安 wu an (selamat siang / good afternoon)

晚安 wan an (selamat malam / good night)

你(您) 好吗?ni (nin) hao ma? (apa kabar? / how are you?)

我很好, 你呢?wo hen hao, ni ne? (saya sangat baik, dan kamu? / I'm fine and how about you?)


我也很好。wo ye hen hao. (saya baik juga / I am fine too)

再见 zai jian ( sampai jumpa / see you again)

明天见 ming tian jian (sampai besok / see you tomorrow)

多谢 duo xie (terima kasih banyak / many thanks)

谢谢 xie xie (terima kasih / thank you)

不客气 bu ke qi (ngak pa pa / you're welcome)

对不起 dui bu qi ( maaf / I'm sorry)

不要紧 bu yao jin (ngak masalah / dont worry)

请 qing (tolong, please)

xian sheng itu artinya tuan
nah klo **** itu dono ya?xixixixi
CMIIW

-2easy4upss-
08-01-08, 09:49
wew bagus juga neh awkawkawk
aq juga bisa belajar dikit dong2 :D

Mitsuko
08-01-08, 10:43
ok sekarang gue ngerti ... thanks luvly

Mitsuko
10-01-08, 18:01
Titles (Panggilan)

先生 xian sheng (Mr, Bapak/Pak)

太太 *** *** (Mrs, Ibu/Bu) - bisa juga untuk nyonya orang kaya

小姐 xiao jie (Miss;Ms / Nona)

女士 nu shi (Nyonya)

是 shi (is,are,am,was,were/adalah)

男性 nan xing (Pria ; Male)

女性 nu xing (Wanita ; Female)

男人 nan ren (Man, Lelaki)

女人 nu ren ( Woman, Perempuan)

contoh: Nyonya Anna - 安娜 女士

title biasanya setelah nama.

Dia adalah Nona Anna. [ 她是安娜小姐 ]

bdg-brandon
13-01-08, 11:08
waduh pusing baca yg jian di zhi...
wa biasa pake yg zheng di zhi...(tradisional)


hao bang lah zai zhe li you zhong wen..............

duo duo nian shu hehehehehehe

Mitsuko
13-01-08, 17:32
你是说繁体字吧?

ni shi shuo fan ti zi ba?

maksud loe tradisional kan ?

bdg-brandon
13-01-08, 22:13
dui a.......
hahahah

ni men zai na li nian zhong wen........??
qe bu qe yi gau shu qo???

wo zai *** wan nian...


xie2

Mitsuko
14-01-08, 07:22
我是 从小时后开始学中文的。
wo shi cong xiao shi hou kai shi xue zhong wen de.
saya sejak kecil sudah belajar bahasa mandarin.

之后在墨尔本大学也有念中国历史和文化。
zi hou zai mo er ben da xue ye you nian zhong guo li shi han wen hua.
kemudian di Melbourne juga ada belajar sejarah dan kebudayaan ****.

你在台湾那里念书?
ni zai *** wan na li nian shu?
kamu belajar di sekolah mana di Taiwan?

这里有很多台湾人。
zhe li you hen duo *** wan ren.
Di sini ada banyak orang taiwan.

bdg-brandon
16-01-08, 07:17
zai *** pei, xin zhuang...

zhen de ma, shei???

ta men zai nali nian????

ni zen hao bang nian wen hua,wo jue de wen hua hen nan....

wei shen me ni nian wen hua zai melbourne...........

ni ge yi nian fan ti zi ma?????

zai au cou ni nian fan di hai shi jian di????

hen duo zhong quo zi wo wang qi le.....

xie2 ni qe yi tan yi dan qong quo...

cckckckckkc....

bdg-brandon
16-01-08, 07:21
wo se suai ke..........hihhiiw ;)

wo jue de wao bi jao suai....


ckckckck

::ajeb2::::ajeb2::::ajeb2::::ajeb2::::ajeb2::

Mitsuko
20-01-08, 03:53
我的朋友比较多是台北人但高雄也有。
wo de peng you bi jiao duo shi *** pei ren dan gao xiong ye you.
teman-teman saya lebih banyak orang Taipei tapi ada juga orang Gaoxiong.

他们也是在这里念大学。
ta men ye shi zai zhe li nian da xue.
mereka juga berkuliah di sini.

在大学,我们是念简体字因为是大陆人在教。
zai da xue, wo men shi nian jian ti zi ying wei shi da lu ren zai jiao.
Di Universitas, kami belajar tulisan simplified karena yang ngajar guru dari ****.

但香港汉台湾人是先到墨尔本的所以这里很多人明白繁体字。
dan xianggang han taiwan shi xian dao mo er ben de sou yi zhe li hen duo ren ming bai fan ti zi.
Tetapi karena orang hongkong ama orang Taiwan duluan ke Melbourne, jadi kami masih pada ngerti tulisan tradisional.

我也会看繁体字.
wo ye hui kan fan ti zi.
saya juga mengerti tulisan simplified.

Mitsuko
23-01-08, 15:14
Angka

零 ling nol

一 yi satu

二 er dua

三 san tiga

四 si empat

五 wu lima

六 liu enam

七 qi tujuh

八 ba delapan

九 jiu sembilan

十 shi sepuluh

Chiu-Nan
06-08-08, 17:20
Ai... Jue Bu Fang Guo >.<

reiden
22-09-08, 17:36
wan an

da jia hau ma???

wah2 da bahasa mandarin jg toh,,
dl kecil sich da les, skrng bnyk yg lupa T_T

xie-xie mitsuko cie. ^^

brb wo yau che fan..

cai cien

sampah_tong
24-12-08, 13:42
ka mu ko k bo doh se ka li ma u be la ja r gi ni a n

Mitsuko
26-01-09, 09:36
祝大家新春如意, 牛年快乐

zhu da jia xin chun ru yi, niu nian kuai le

semoa semua impian tercapai di tahun baru ini, dan semoga senang di tahun baru kerbau.

[ScR]APV_mobile
22-02-09, 12:03
dui bu qi cc/koko. .>,<

klo bisa yg cc/koko tulis sekalian tuliskan bahasa indonesianya speerti yg cc mitsuko pasang. . :)

fatnir
13-03-09, 16:17
minta link kamus ind-mandarin donk
bukan link download
tp link kamus Online... plzzzzzzzz
bagi2....

Orang_Licik
23-03-09, 08:14
Mimi: 你好 ! 你叫什么名字?
ni hao (halo), ni jiao shen me ming zi? (nama kamu siapa?)
phono: 我叫Phonoscope
wo jiao ___
( namaku phonoscope)

banyakin lg donk kosakatanya..... sama huruf2 mandarin dasar....

empatin
05-06-09, 22:50
jing song fang tong ling ling gong naruto wong fei hung ........ wkwkwkwk

Mw tanya, ada yg punya program buat nulis mandarin ga ? 1 lg, ad yg punya software kamus mandarin yg tokcer ga ?

killer_ling
16-07-09, 00:22
double post......

:NeedU:





kk ajarin aku mandarin dong.....
^^

Chiu-Nan
30-08-09, 23:14
jing song fang tong ling ling gong naruto wong fei hung ........ wkwkwkwk

Mw tanya, ada yg punya program buat nulis mandarin ga ? 1 lg, ad yg punya software kamus mandarin yg tokcer ga ?

NJStar.


minta link kamus ind-mandarin donk
bukan link download
tp link kamus Online... plzzzzzzzz
bagi2....

Nciku.com

JKT-RYBKA4
22-07-10, 01:07
Mandarin, jakarta tempat les mandarin yang bagus mana ya? Malu gw kalo ketemu sodara ga bisa ngomong ama anaknya yang cuma bisa mandarin ama yunani @_@.

m0m0cha
01-10-10, 23:24
我爱 IDGS ..

hahaha ..
pintar kan gw ??
:Ehehehe::Ehehehe:

Vhee~
15-06-11, 11:10
我爱 IDGS ..

hahaha ..
pintar kan gw ??
:Ehehehe::Ehehehe:

Eh
itu han zi mandarin kok bisa d sini ?
我 ye 爱 idgs
ga tau cari hanzi dmana :llaugh:

anarchist
17-07-11, 22:33
mandarin kenapa ada yg baru n lama?

dPK-RiVERSkY
23-10-11, 07:58
Han yu pin yin : bunyi dalam bahasa Indonesia

b : p
p :b
m : m
f:f
d:t
t:d
n:n
l:l
g:k
k:g
h:h
j: cita
q: jijik
x :sinar
zhi : c
chi : j
shi : s
ri :r
zi : c
ci : j
si :s

kebetulan d skolah bljar mandarin..

oia bahasa mandarin yg terkenal -> Wo Ai Ni
Saya Cinta Kamu :D

WoShiGuiGui
23-10-11, 08:12
daftar jadi guru mandarin donk
hahaha
nice thread xDDD

ASEU~LOVE~NILA
23-10-11, 10:36
wow ajarin saya dong kaka :D

mungkin saya bisa dikit2 nih

hehe

contoh bahasa inggris : what's your name?
contoh bahasa mandarin : 你叫什么名字 ?

ya mungkin gak jauh beda seperti itu

thanks before :)

WoShiGuiGui
23-10-11, 22:53
wow ajarin saya dong kaka :D

mungkin saya bisa dikit2 nih

hehe

contoh bahasa inggris : what's your name?
contoh bahasa mandarin : 你叫什么名字 ?

ya mungkin gak jauh beda seperti itu

thanks before :)

itu mha 你叫什么名字 = ni jiao she me ming zi
nama kamu apa
ehehe
di pejwan kan ad itu
huahuahua

BBM-
27-10-11, 06:40
itu mha 你叫什么名字 = ni jiao she me ming zi
nama kamu apa
ehehe
di pejwan kan ad itu
huahuahua
Kwkwkw
Ta na chong di yi ye

WoShiGuiGui
27-10-11, 06:42
jiu shi lor

walao e
wo dou bu hao yi si jiang ah ~
:))

nOte-
27-10-11, 06:43
让我们学中文,讲中文

ayo kita belajar bahasa mandarin dan bicara bahasa mandarin disini, boleh pake pinyin ato han zi, gua sendiri ga bisa bahasa mandarin, cuma tau dikid2 :D yg bisa ayo sini dunk :)

hmm... mau donk kaks belajar bahasa mandarin di karenakan mayoritas cewe sekarang pada suka asia.... >,<
katanya romantis

WoShiGuiGui
27-10-11, 06:45
hmm... mau donk kaks belajar bahasa mandarin di karenakan mayoritas cewe sekarang pada suka asia.... >,<
katanya romantis

wee
gan
gw donk gurunya
cari gw aja
mandarin gw lulus singapore oi
huahuauhua ~

nOte-
27-10-11, 06:48
wee
gan
gw donk gurunya
cari gw aja
mandarin gw lulus singapore oi
huahuauhua ~

Wah,... seriusan gan
kalo bener" bisa ajarkan aku donk gan....... :D

ahahahha

WoShiGuiGui
27-10-11, 06:53
Wah,... seriusan gan
kalo bener" bisa ajarkan aku donk gan....... :D

ahahahha

yaa serius
mandarin gw lulus ini
hauhauah~
mw belajar dari mana emank bro ?

-HendRa-
01-11-11, 21:54
-Nii Chek pao hauk le ma ?
-wo yiau sui ciau sien ?
-wo yiau chi tuk shu ?

ad yang ngerti ga? :llaugh:

Desdy~
11-11-11, 11:23
thanks sharenya ijin simak,,
entar malam dah gua simak :D


terus kalau mau ubah nama kita [desdiandi] ke mandarin gimana??

coz ne gua teng lang wue.. di ckoll disuruh belajar bahasa arab..
ada ada aja sekolnya!

LeoVinZ
19-12-11, 18:28
-Nii Chek pao hauk le ma ?
-wo yiau sui ciau sien ?
-wo yiau chi tuk shu ?

ad yang ngerti ga? :llaugh:

-apakah kamu sudah makan?
-saya mau tidur dulu
-sya mau pergi blajar

benar kan ? :))

L-Valkyrie
14-09-12, 19:52
-apakah kamu sudah makan?
-saya mau tidur dulu
-sya mau pergi blajar

benar kan ? :))

saya bantu jawab gan ,

bener itu kata-katanya .

#curhat dikit ,

pernah belajar sih bahasa mandarin , tapi kalo sekarang cara tulisnya uda lupa smua :psad:

Xiaolie
09-10-12, 20:49
Bahasa Mandarinnya, XiaoLie ganteng gimana ya?
mohon pencerahannya :D

rythzzz
09-10-12, 20:51
Bahasa Mandarinnya, XiaoLie ganteng gimana ya?
mohon pencerahannya :D

XiaoLie, 你很帅
klo gw ga salah sih gini

Xiaolie
09-10-12, 21:01
Pasti ga ni? mau taruk di siggy :llaugh:
Kalo mandarin pandai ngomong
gk pandai baca --a

yurra-nachimate
09-10-12, 21:03
sama donk dgn gwa
gw cuma tau hruf pertamanya , " Ni " Kamu
--

ya begitu sih kyknya

coba lo copas ke Translate google

terus lo dengerin bukan translate :phihi: