Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Results 1 to 15 of 83
http://idgs.in/198673
  1. #1
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,244
    Points
    16,525.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Wink Legenda Nyai Loro Kidul

    Nampaknya mengenai Nyai Loro Kidul informasinya seret banget yah, ini salah satunya dari wikipedia

    Nyai Loro Kidul ( juga dieja sebagai Nyi Roro Kidul atau Nyi Rara Kidul, dia juga mempunyai banyak nama lain ) yang merupakan dewi dari dongeng Jawa. Namanya terkenal sebagai Ratu Pantai Selatan, (Pelabuhan Ratu)

    Mitologi

    Suatu ketika pada masa Prabu Siliwangi memerintah di Kerajaan Pajajaran, ia memiliki seorang permaisuri cantik dan sejumlah 7 selir. Suatu ketika sang permaisuri melahirkan anak perempuan cantik pula, bahkan melebihi kecantikan ibundanya. Ia dinamai Putri Lara Kadita yang berarti Putri Nan Cantik Jelita.

    Kebaikan hati dan kecantikan Putri Kadita menimbulkan rasa iri para selir yang takut tersisih dari hadapan Prabu Siliwangi.

    Mereka bersekongkol menghancurkan kehidupan Putri Lara Kadita dan ibunya. Keduanya diguna-guna hingga menderita sakit kulit yang parah di sekujur tubuhnya. Di bawah pengaruh guna-guna para selir, Prabu Siliwangi pun mengusir keduanya dari keraton karena dikhawatirkan mereka akan mendatangkan malapetaka bagi kerajaan.

    Dalam kondisi ini, Putri Lara Kadita dan ibunya pergi tanpa tujuan. Diceritakan, sang permaisuri tewas dalam pengembaraan, sedangkan Putri Lara Kadita terus berjalan menuju selatan sampai akhirnya tiba di sebuah bukit terjal di Pantai Karanghawu. Karena amat kelelahan, Putri Lara Kadita istirahat kemudian tertidur pulas.

    Dalam tidur ia bermimpi bertemu dengan "orang suci" yang memberi nasihat agar sang putri menyucikan diri dengan terjun ke laut untuk mendapatkan kesembuhan, mengembalikan kecantikannya, sekaligus memperoleh kekuatan gaib untuk membalas penderitaan yang dia alami.

    Ketika terbangun, tanpa ragu Putri Lara Kadita melompat dari tebing curam ke tengah gulungan ombak, dan tenggelam ke dasar Laut Selatan. Mimpinya pun menjadi kenyataan. Selain sembuh dan kembali cantik, ia juga beroleh kekuatan gaib serta keabadian. Namun, sang putri harus tetap tinggal di Laut Selatan.

    Sejak itu ia disebut sebagai Nyi Loro Kidul (yang artinya loro = derita, kidul = selatan), atau sang Ratu Penguasa Laut Selatan.
    yang punya informasi, monggo, dibagi

  2. #2
    gaptekbet's Avatar
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Anywhere near Computer & Internet
    Posts
    2,847
    Points
    532.56
    Thanks: 74 / 354 / 95

    Default

    Ada yang menyebutkan Roro ada yang menyebutkan Loro (seperti info wiki diatas), adapun yang menyebut Roro atau Ratu, karena sering disebut sebagai Ratu Selatan (Roro Kidul), Legenda lain menyatakan bahwa Roro Kidul adalah ratu tak resmi dari Panembahan Senopati (Raja Mataram).
    Dan ada juga legenda lain yang berkaitan yaitu Nyi Blorong, beberapa orang berpendapat Nyi Blorong merupakan salah satu Senopati Wanita di kerajaan bawah laut yang di pimpin Nyi Roro Kidul.

  3. #3
    sheling_ford's Avatar
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    333 [gw cuma setengah iblis koq...]
    Posts
    472
    Points
    564.30
    Thanks: 0 / 1 / 1

    Default

    Yg gw tau Nyi roro kidul dalam film di perankan oleh Suzana...


    DOTA HAS LEFT ME IN DESPAIR

  4. #4

    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Heaven
    Posts
    744
    Points
    1,116.30
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Dalam tidur ia bermimpi bertemu dengan "orang suci" yang memberi nasihat agar sang putri menyucikan diri dengan terjun ke laut untuk mendapatkan kesembuhan, mengembalikan kecantikannya, sekaligus memperoleh kekuatan gaib untuk membalas penderitaan yang dia alami.

    tau ga sapa orang suci itu?Percaya ga Percaya yang di maksut adalah Lucifer...
    Lucifer =Malaikat kegelapan yang memberontak TUHAN...
    nah Lucifer ini berparas tampan...nah denger2 Nyi Roro kidul bertemu denganya dan begitulah ceritanya.....

  5. #5

    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Dream World
    Posts
    2,320
    Points
    1,803.50
    Thanks: 2 / 5 / 5

    Default

    Lucifer? GG

    Lucifer yg membawa ajaran Kristen sesat di ... (lupa)

    Itu kah?

  6. #6
    bh_diansastro's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    -
    Posts
    404
    Points
    503.20
    Thanks: 0 / 5

    Default

    klo ga salah itu seperti sebutan

    RARA untuk dia yang belum menikah

    LORO untuk yang sudah menikah

    DIANSASTROholic

  7. #7

    Join Date
    Jan 2007
    Posts
    568
    Points
    630.50
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    lho yg lucifer ini gw baru denger.....yg sering kedenger masyarakat sih dia bermimpi ketemu ibu nya lalu di suruh nyemplung ke laut

  8. #8

    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Heaven
    Posts
    744
    Points
    1,116.30
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    wogh kok ketemu ibunya?
    bukannya ceritanya dia dolo ketemu pangeran sapa gagah nan tampan....dia bisa berjalan di atas air.....dia mengiming2 kalo nyi roro terjun ato mandi di laut dia akan cantik lagi...nah itu orang(pangeran itu) klo gw denger2 sieh LUCIFER.....
    tp di logis bisa jadi...karena apa?LUCIFER kan ingin punya banyak pengikut....nah cara satu2nya kan mengiming2 sesuatu yang keren...kayak buruk rupa jadi cantik lagi...
    nah itu di sangkut2in kan isa....
    coba aja deh emang NYI RORO KIDUL BAIK?????
    ga kan?pasti bawa nyawa!!!
    Nah logika aja dah....

  9. #9
    AnakTetanggaSebelah's Avatar
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Love Jogja & You
    Posts
    508
    Points
    567.30
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Quote Originally Posted by octopus View Post
    wogh kok ketemu ibunya?
    bukannya ceritanya dia dolo ketemu pangeran sapa gagah nan tampan....dia bisa berjalan di atas air.....dia mengiming2 kalo nyi roro terjun ato mandi di laut dia akan cantik lagi...nah itu orang(pangeran itu) klo gw denger2 sieh LUCIFER.....
    tp di logis bisa jadi...karena apa?LUCIFER kan ingin punya banyak pengikut....nah cara satu2nya kan mengiming2 sesuatu yang keren...kayak buruk rupa jadi cantik lagi...
    nah itu di sangkut2in kan isa....
    coba aja deh emang NYI RORO KIDUL BAIK?????
    ga kan?pasti bawa nyawa!!!
    Nah logika aja dah....

    semua kekuasaan di alam semesta ini milik ALLAH
    kalo memang kisah ini benar kenapa tidak kita percayai !!!
    nice post !!!

    BTW , bukan nya LORO = DUA ???

  10. #10
    DarkSoul's Avatar
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Flower Garden
    Posts
    212
    Points
    308.60
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Quote Originally Posted by AnakTetanggaSebelah View Post
    semua kekuasaan di alam semesta ini milik ALLAH
    kalo memang kisah ini benar kenapa tidak kita percayai !!!
    nice post !!!

    BTW , bukan nya LORO = DUA ???
    mempercayai hal yang tidak berdasar, dan tidak ada bukti ilmiahnya apakah itu wajar? memang dalam agama, suatu yg gaib itu ada, dia keberadaanya tidak dapat kita mengetahui.

    dan selama ini, cerita atau mitos mitos seperti itu digunakan oleh masyarakat hanya untuk menakuti/mendidik anak" mereka, kasih contoh dll, dengan cara penetrasi dongeng dan mitos mitos tersebut, sehingga si aanak tertarik dan menjadi ingin seperti tokoh yg diceritakan kedua orangnya.

    dan kalaupun bener, yg dimaksud dlm thread ini meminta nyawa, korban persembahan manusia, berarti itu benar adalah pekerjaan *****. karena yg baik tidak akan pernah meminta imbalan apapun^^, atas semua yg dia berikan.
    My Body is so hot, But For Some Reason.....
    My heart is so cool.

  11. #11
    chandra's Avatar
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    135
    Points
    1,083.10
    Thanks: 0 / 1 / 1

    Default

    kenapa yang namanya Legenda yang berbau mistis jadi bahan terorr buat orang" yang ga tau apa" ?

    contoh kaya kiDuL ini, gw sih akui emang serem

    tapi serem bukan berarti takut kaN ?

    hanya ada yang 1 takutin tohh...

    kalian pasti tahu sendiri !
    Lord

    Bible Say`s "nothing impossible in God". Means that God Can Do anything.But Do you Know One thing What He Can`t to Do ??!?..He Never Stop Loving you Forever.

  12. #12
    gaptekbet's Avatar
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Anywhere near Computer & Internet
    Posts
    2,847
    Points
    532.56
    Thanks: 74 / 354 / 95

    Default

    Quote Originally Posted by chandra View Post
    kenapa yang namanya Legenda yang berbau mistis jadi bahan terorr buat orang" yang ga tau apa" ?

    contoh kaya kiDuL ini, gw sih akui emang serem

    tapi serem bukan berarti takut kaN ?

    hanya ada yang 1 takutin tohh...

    kalian pasti tahu sendiri !
    Sebenarnya bukan terror, ini lebih mirip thread yang ada tentang hal2 yang menjadi pantangan oleh orang2 dulu.

    Seperti kita tahu, laut selatan memiliki ombak yang besar karena berhadapan langsung dengan Samudra Indonesia, hal ini memungkinkan mereka2 yang hendak berenang disitu bisa celaka kalau tidak berhati2.
    nah berhubung masyarakat kita ini (khususnya pulau jawa) yang lebih percaya akan hal2 mistis, maka di ciptakanlah sebuah legenda agar bisa memberi peringatan bagi yang akan mencoba berenang/mandi di pantai tersebut.

    contoh lain :
    ada larangan memakai baju hijau lumut di pantai tersebut karena sama warnanya dengan warna kegemaran Nyi Roro Kidul, padahal maksud logis nya kalau kita berenang memakai warna baju hijau terus tenggelam akan susah di cari karena tersamar keruhnya air laut yg dalam.

  13. #13
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,244
    Points
    16,525.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    Quote Originally Posted by gaptekbet View Post
    Sebenarnya bukan terror, ini lebih mirip thread yang ada tentang hal2 yang menjadi pantangan oleh orang2 dulu.

    Seperti kita tahu, laut selatan memiliki ombak yang besar karena berhadapan langsung dengan Samudra Indonesia, hal ini memungkinkan mereka2 yang hendak berenang disitu bisa celaka kalau tidak berhati2.
    nah berhubung masyarakat kita ini (khususnya pulau jawa) yang lebih percaya akan hal2 mistis, maka di ciptakanlah sebuah legenda agar bisa memberi peringatan bagi yang akan mencoba berenang/mandi di pantai tersebut.

    contoh lain :
    ada larangan memakai baju hijau lumut di pantai tersebut karena sama warnanya dengan warna kegemaran Nyi Roro Kidul, padahal maksud logis nya kalau kita berenang memakai warna baju hijau terus tenggelam akan susah di cari karena tersamar keruhnya air laut yg dalam.
    oh jadi itu sebenernya mitos itu untuk memperingati? berarti legendanya fiksi dunk @_@

  14. #14
    gaptekbet's Avatar
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Anywhere near Computer & Internet
    Posts
    2,847
    Points
    532.56
    Thanks: 74 / 354 / 95

    Default

    Quote Originally Posted by mimihitam. View Post
    oh jadi itu sebenernya mitos itu untuk memperingati? berarti legendanya fiksi dunk @_@
    hahaha tergantung anda meyakininya mi
    adapun tokoh2 dalam legenda tersebut ada yang bersifat nyata kok seperti :
    panembahan senopati, ini Raja Mataram, leluhurnya Kesultanan Yogyakarta.

  15. #15
    tin-ton's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    Milan-Net
    Posts
    3,609
    Points
    5,059.68
    Thanks: 2 / 8 / 8

    Default

    klo dongeng yg gw denger ttg nyai roro kidul itu

    ceritanya ttg seorg cwe yg cakep banget *dahulu kala, tp miskin , di taksir sama raja , trs ortu rajanya gk setuju nah yg cwe itu di guna" sampe mukanya jd jelek banget
    rajanya yg naksir jg gk mau & takut ma loro , trs si cwenya bunuh diri loncat ke laut dr atas tebing , dan laut itu skrg di kenal sbgai Pelabuhan Ratu
    diapus sama yang punya

Page 1 of 6 12345 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •