Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 15 of 38
http://idgs.in/350660
  1. #1
    Lucas-Iscariot's Avatar
    Join Date
    Oct 2010
    Location
    wherever you want
    Posts
    1,434
    Points
    68.20
    Thanks: 30 / 28 / 27

    Thumbs up 12 kota calon Ibukota baru buat Indonesia

    Staf Presiden: Ada 12 Calon Ibukota Baru
    "Kalau kita tetap bertahan di Jakarta, tak ayal 2020 sampai 2050 Jakarta akan tengelam."


    Sabtu, 11 Desember 2010, 16:32 WIB

    Isu pemindahan ibukota terus bergulir di masyarakat mulai dari yang pro dan kontra. Ada beberapa daerah baru yang diusulkan menjadi pengganti Jakarta sebagai ibukota selain Jonggol dan Palangka Raya.

    "Dari beberapa masukan yang ada, ada beberapa nama yang dinilai cukup relevan. Baik itu di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa. Seperti Sentul, Karawang, Lebak, Kuningan, Indramayu, dan Cirebon," kata Staf Khusus Presiden Bidang Otonomi Daerah, Velix Wanggai, dalam diskusi tentang ibukota, di Jakarta, Sabtu 11 Desember 2010.

    Menurutnya, pemilihan kota di Pulau Jawa cukup relevan. Karena dari jarak Jakarta yang kurang lebih 100 kilometer. Agar tidak terlalu jauh biayanya.

    Velix menjelaskan, selain daerah tersebut, ada juga beberapa daerah di Jawa seperti Purwokerto yang dinilai cukup bagus dari segi infrastruktur. Ditambah lagi dengan kondisi iklimnya yang cukup nyaman. Bahkan kawasan Baturaden diusulkan menjadi kantor presiden. "Di Purwokerto bisa dibangun bandara dan dekat akses pelabuhan di Cilacap," ujarnya.

    Selain pilihan kota di Pulau Jawa, lanjut Velix, juga ada pilihan kota di luar Jawa. Seperti Palangka Raya, Sulawewsi Barat, Lampung, dan Jayapura.

    Meski demikian, hingga saat ini belum ada keputusan mengenai kota yang akan dipilih. Menurut Velix, Presiden mengusulkan ada tiga pilihan mengenai wacana pemindahan ibukota ini. Pertama, pusat pemerintahan dan perekonomian dipindah. Kedua hanya pemerintahan saja. Ketiga, tidak pindah dengan catatan membangun transportasi publik yang memadai.

    Staf ahli Menko Perekonomian, Budi Santoso, mengatakan di Pulau Jawa cukup mengalami penurunan dari segi hutan. tahun ini berkurang sekitar 21 persen. Sedangkan lahan pemukiman bertambah 149 persen. "Tentunya ini harus menjadi pertimbangan juga. Belum lagi banyak daerah di Pulau Jawa mengalami debit air," kata Budi.

    Namun, menurut Budi, ada beberapa daerah di Jawa dari segi hutan maupun sumber daya air masih memadai. Salah satunya Pacitan, Magelang, Purwokerto, dan Banten. "Kalau kita tetap bertahan di Jakarta, tak ayal 2020 sampai 2050 Jakarta akan tengelam karena penurunan lahan," jelasnya.




    boleh juga nih kota2 usulan nya, meskipun kota gue ga termasuk kandidat juga gpp lah, maju terus indonesia
    Last edited by Lucas-Iscariot; 11-12-10 at 22:00. Reason: nambahin kelengkapan data :)

  2. #2
    sur5axl's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    186
    Points
    69.08
    Thanks: 3 / 10 / 9

    Default

    saya setuju alias mendukung nih..
    kalo dipindah seharusnya dipindah ke kota gw aja..
    semarang wkwkkw

  3. #3

    Join Date
    Dec 2009
    Posts
    50
    Points
    86.60
    Thanks: 2 / 0 / 0

    Default

    klo diliat dr sistem pemerintahan skrng...rada2 pesimis jg siyh....ntar yg ad dana buat bnerin stadion buat piala dunia...yg ad stgahny d masukin kntong sndiri....pas dtg ksini para pemainny kena macet....blom lagi jam karet yg sudah membudaya.....

  4. #4

    Join Date
    Dec 2009
    Posts
    50
    Points
    86.60
    Thanks: 2 / 0 / 0

    Default

    Emang sudah seharusny ibu kota d tambahkan...biar g numplek d jkrta smua....pusing....tempat ny sgithu2 aj...tp yg dateng tiap taun makin nambah...lulusan baru yg ad d luar daerah......nyari rejekiny jg d jkrta.....kapan kota2 lain bs berkembang sperti jkrta klo gt carany mah...

  5. #5
    Lavenzo's Avatar
    Join Date
    Sep 2010
    Location
    Yogyakarta
    Posts
    7,038
    Points
    10.98
    Thanks: 156 / 242 / 173

    Default

    Quote Originally Posted by cozysexycooll View Post
    Emang sudah seharusny ibu kota d tambahkan...biar g numplek d jkrta smua....pusing....tempat ny sgithu2 aj...tp yg dateng tiap taun makin nambah...lulusan baru yg ad d luar daerah......nyari rejekiny jg d jkrta.....kapan kota2 lain bs berkembang sperti jkrta klo gt carany mah...
    yang ada di pindahin kaks
    klo ibukota ada 2 ya bikin hal baru deh

    klo kuliah tp kerja buat di jakarta itu dpp tp dia ga sadar
    bahwa daerah dia membutuh kan dia

  6. #6
    Cicak_air's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    3,723
    Points
    4,201.85
    Thanks: 49 / 80 / 69

    Default

    Kota Medan gg masuk ia ?

    ic ic , padahal pengen kota Medan masuk nominasi jadi Ibukota negara Indonesia .

    dah cocok ini ibukota Indonesia diganti .

    soalnya kan Jakarta sekarang mampet , macet , panas , bla bla bla dan sebagainya .

  7. #7
    Lucas-Iscariot's Avatar
    Join Date
    Oct 2010
    Location
    wherever you want
    Posts
    1,434
    Points
    68.20
    Thanks: 30 / 28 / 27

    Default

    Quote Originally Posted by Cicak_air View Post
    Kota Medan gg masuk ia ?

    ic ic , padahal pengen kota Medan masuk nominasi jadi Ibukota negara Indonesia .

    dah cocok ini ibukota Indonesia diganti .

    soalnya kan Jakarta sekarang mampet , macet , panas , bla bla bla dan sebagainya .
    mungkin medan termasuk rame kak.. dicari nya kan yg sepi2 tapi fasilitas lengkap ^_^
    tau dah seterah presiden ae dah.. kayanya bakal banyak kontroversi ini

  8. #8
    P@n71's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    East Jakarta
    Posts
    133
    Points
    303.10
    Thanks: 0 / 4 / 4

    Default

    kalo bisa sih pindahnya ke Indonesia Bagian tengah aja supaya seimbang...dan juga kan banyak daerah di Indonesia tengah yang memiliki potensi SDM dan SDA..

  9. #9
    Tsundere's Avatar
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    109
    Points
    79.30
    Thanks: 1 / 4 / 4

    Default

    kalau menurut saya sih ide pemindahan ibukota ini memang bagus untuk dilakukan.

    tapi kalau menurut pandanga saya, jangan dipindahkan ke kota yang di Pulau Jawa.
    Dikarenakan memang Pulau Jawa sudah sangat ramai dan takutnya tidak berpengaruh apa2 pemindahan ini.

    CMIIW .

  10. #10
    PrincessKitty's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    68
    Points
    47.20
    Thanks: 0 / 12 / 7

    Default

    Stuju nich,,,

    smoga dech cpet d'laksanain,,,

  11. #11
    Lucas-Iscariot's Avatar
    Join Date
    Oct 2010
    Location
    wherever you want
    Posts
    1,434
    Points
    68.20
    Thanks: 30 / 28 / 27

    Default

    ditunggu aja deh ya realisasinya.. kayanya butuh persiapan mateng ^_^
    lagian masa iya kalo (misalnya) ada presiden luar negri dateng lagi ke indonesia liat ibukota banjir n macet sana sini @_@

  12. #12

    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    66
    Points
    79.10
    Thanks: 1 / 1 / 1

    Default

    emg udah pasti ganti ibu kota nya yah ?
    gw kurang setuju ah =p

  13. #13
    Quidditch's Avatar
    Join Date
    Nov 2010
    Location
    Medan Perang
    Posts
    2,436
    Points
    0.59
    Thanks: 32 / 67 / 55
    Default Category

    Default

    Setuju..
    Pulau sumatera dan kalimantan mungkin sangat cocok untuk pemindahan ibukota ini..

    Kapasitas penduduk di daerah jawa sudah sangat ramai, Kalau tidak ada pemindahan ibukota mungkin jakarta bisa tenggelam..

  14. #14
    luxurysenz's Avatar
    Join Date
    Aug 2010
    Posts
    11,060
    Points
    528.58
    Thanks: 178 / 323 / 180

    Default

    jakarta udah terlalu padat~

    udah panas bgt lgi~

    gw dgr"si katana ibukota kita ini mau di pindahin ke kalimantan ya?

    bner gaq si?

  15. #15
    cockpitt's Avatar
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    surabaya
    Posts
    175
    Points
    16.60
    Thanks: 6 / 8 / 6

    Default

    Quote Originally Posted by luxurysenz View Post
    jakarta udah terlalu padat~

    udah panas bgt lgi~

    gw dgr"si katana ibukota kita ini mau di pindahin ke kalimantan ya?

    bner gaq si?
    wkwkw iya jakarta panas....padat....udara susah dpt....awkwkkw......jgn di kalimantan donk...jauh bener....di bali aja...enak....

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •