Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 21
http://idgs.in/362987
  1. #1

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    follow @JoyNathanK
    Posts
    5,969
    Points
    915.90
    Thanks: 529 / 467 / 325

    Default Mengenal Arti Dari Warna Air Urine

    Umumnya warna urin ditentukan oleh besarnya DIURESIS (Peningkatan pembentukan kencing). Makin besar diuresis, makin muda warna urin.
    Warna normal urin berkisar antara kuning muda hingga kuning tua. warna itu di sebabkan oleh beberapa macam zat, terutama

    UROCHROM dan UROBILIN.



    Jika contoh urin bukan dalam gradasi kuning, bisa disebut abnormal, sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut. Meski demikian warna abnormal juga belum tentu karena penyakit berat.Bisa saja disebabkan hasil metabolisme abnormal yang berasal dari suatu jenis makanan atau obat-obatan.

    Berikut warna yang berkaitan dengan warna urin :

    1. KUNING

    Zat warna normal dalam jumlah besar: Urobilin, Urochrom

    Zat Warna abnormal : Bilirubin

    Pengaruh obat2 : Santonin, riboflavin, atau pengaruh permen

    Indikasi penyakit : tidak ada ( normal ).

    2. HIJAU

    Zat warna normal dalam jumlah besar: indikan ( indoxilsulfat )

    Pengaruh obat2 : methyleneblue, evan's blue

    Indikasi penyakit : obstruksi ( penyumbatan usus kecil ).

    3. MERAH

    Zat warna normal dalam jumlah besar: uroerythrin

    Zat warna abnormal: hemoglobin, porfirin, porfobilin

    Pengaruh obat-obat: santonin, amidopyrin, congored atau juga zat warna makanan

    Indikasi penyakit: glomerulonevitis nefitit akut ( panyakit ginjal ), kanker kandung kencing.

    Bagian-bagian Atau Unsur Urine :



    4. COKELAT

    Zat warna normal dalam jumlah besar: urobilin

    Zat warna abnormal: bilirubin, hematin, porfobilin

    Indikasi penyakit: hepatitis.

    5. COKELAT TUA/ HITAM

    Zat warna normal dalam jumlah besar : indikan

    Zat warna abnormal: darah tua, alkapton, melamin

    Pengaruh obat2: derivat, fenol, argyrol

    Indikasi penyakit: sindroma nefrotika ( penyakit ginjal ).

    6. SERUPA SUSU

    Zat warna normal dalam jumlah besar: fosfat, urat

    Zat warna abnormal: pus, getah prostat, chylus, zat2 lemak, bakteri2, protein yang membeku

    Indikasi penyakit : Infeksi saluran kencing, kebocoran kelenjar limfa.

    Sebagai Ukuran Warna Urin :



    Dan jika Air kencing anda berwarna bening, itu menandakan kadar racun di dalam tubuh kita berkurang. Itu baik unduk anda. Jadi jaga kesahatan dan selalu minum air putih ya.


    Sumber : pagi dunia

  2. #2
    [Afends-1duGm]'s Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    AFENDS®
    Posts
    363
    Points
    680.50
    Thanks: 22 / 22 / 16

    Cool good news


    baru tau ane gan thanks deh

  3. #3
    LunarCrusade's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Unseen Horizon
    Posts
    9,036
    Points
    30,104.20
    Thanks: 298 / 583 / 405
    Default Category

    Default

    wah klo gw selalu warna yg paling bawah, soalnya sehari minum air putih bisa lebih dr 2 liter

    berarti badan gw racunnya dikit dong ya


    +Personal Corner | Lunatic Moe Anime Review
    +My Story INDEX
    +GRP/BRP Formula | IDGS Newbie Guide


    The moment you say a word of parting, you've already parted.
    So long as you and I are both somewhere in this world, we haven't parted.
    So long as you don't say it, you haven't parted.
    That is the way of the world:
    The Law of Linkage.

    Shichimiya Satone - Sophia Ring S.P. Saturn VII

  4. #4

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    follow @JoyNathanK
    Posts
    5,969
    Points
    915.90
    Thanks: 529 / 467 / 325

    Default

    Quote Originally Posted by LunarCrusade View Post
    wah klo gw selalu warna yg paling bawah, soalnya sehari minum air putih bisa lebih dr 2 liter

    berarti badan gw racunnya dikit dong ya
    ya makin banyak minum air putih makin bagus bro, ginjal bersih, racun kebuang semua

  5. #5
    [Afends-1duGm]'s Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    AFENDS®
    Posts
    363
    Points
    680.50
    Thanks: 22 / 22 / 16

    Default

    Quote Originally Posted by Anbu-LoCk~rBN View Post
    ya makin banyak minum air putih makin bagus bro, ginjal bersih, racun kebuang semua
    gimana ane nih ane jarang minum air putih dan ga pernah beli minum sembrangan sehat ga ya

  6. #6
    ReimuHakurei's Avatar
    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Hakurei Shrine
    Posts
    125
    Points
    1.10
    Thanks: 0 / 2 / 2

    Default

    Quote Originally Posted by [Afends-1duGm] View Post
    gimana ane nih ane jarang minum air putih dan ga pernah beli minum sembrangan sehat ga ya
    dibiasakan minum air putih dlm takaran yg dianjurkan kk (2 liter per hari - lebih" dikit gpp)

    soalnya nanti efeknya ke ginjal...

  7. #7
    [Afends-1duGm]'s Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    AFENDS®
    Posts
    363
    Points
    680.50
    Thanks: 22 / 22 / 16

    Smile haha

    Quote Originally Posted by ReimuHakurei View Post
    dibiasakan minum air putih dlm takaran yg dianjurkan kk (2 liter per hari - lebih" dikit gpp)

    soalnya nanti efeknya ke ginjal...
    hahaha
    untung ke ginjal bukan jadi

  8. #8
    ReimuHakurei's Avatar
    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Hakurei Shrine
    Posts
    125
    Points
    1.10
    Thanks: 0 / 2 / 2

    Default

    ginjal rusak ga enak loh, apalagi kalo udah sampe gagal ginjal

    kerjanya cuci darah terus nanti (buang" duit...soalnya cuci darah itu harus sering dilakukan)

    lebih baik kerusakan ginjal dicegah dengan cara minum air putih

  9. #9
    hunteress's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,609
    Points
    9,257.14
    Thanks: 103 / 72 / 56

    Default

    Quote Originally Posted by ReimuHakurei View Post
    ginjal rusak ga enak loh, apalagi kalo udah sampe gagal ginjal

    kerjanya cuci darah terus nanti (buang" duit...soalnya cuci darah itu harus sering dilakukan)

    lebih baik kerusakan ginjal dicegah dengan cara minum air putih
    y pasti g enak. semua racun baik dr makanan, minuman, obat (obat jg racun lho) akhirnya kalo g dibuang lewat feses y lewat urin

    kalo ginjal rusak kadar racun d darah bakalan naik. nah racun ini yg akan ngrusak sel2 d tubuh kita. mknya gagal ginjal pasti komplikasinya banyak

  10. #10
    InC's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    252
    Points
    61.30
    Thanks: 4 / 10 / 8

    Default

    wah mangstab gan,, btw klo warna merah itu ngeri amat yah

  11. #11

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    follow @JoyNathanK
    Posts
    5,969
    Points
    915.90
    Thanks: 529 / 467 / 325

    Default

    Quote Originally Posted by InC View Post
    wah mangstab gan,, btw klo warna merah itu ngeri amat yah
    mana ada? keterangan diatas ga disebutin tuh

  12. #12
    hunteress's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,609
    Points
    9,257.14
    Thanks: 103 / 72 / 56

    Default

    Quote Originally Posted by InC View Post
    wah mangstab gan,, btw klo warna merah itu ngeri amat yah
    urin u merah???

    wah kasian amat kencing u berdarah

  13. #13
    Cicak_air's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    http://idgs.in/418389
    Posts
    3,722
    Points
    4,201.75
    Thanks: 49 / 80 / 69

    Default

    kalo misalnya urine kuning , itu ada sangkut pautnya gag gara2 merokok ?

    soalnya , saya udah minum banyak , tapi keras ngerokok .

    tetap saja urine gw kuning .

    biasanya kan , kalo yang banyak minum air putih , urinenya putih .

    tapi kalo ditambah dengan ngerokok , jadi kuning .

    apa betul tidak ?

  14. #14
    hunteress's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,609
    Points
    9,257.14
    Thanks: 103 / 72 / 56

    Default

    Quote Originally Posted by Cicak_air View Post
    kalo misalnya urine kuning , itu ada sangkut pautnya gag gara2 merokok ?

    soalnya , saya udah minum banyak , tapi keras ngerokok .

    tetap saja urine gw kuning .

    biasanya kan , kalo yang banyak minum air putih , urinenya putih .

    tapi kalo ditambah dengan ngerokok , jadi kuning .

    apa betul tidak ?

    setahu saya itu tidak ada hubunganya, misal ada hubunganya mungkin kecil sekali

    urin normal berwana kuning jernih, warna kuning tsb berasal dari urobilinogen yg berasal dr hepar/hati.

    selama ini asumsi orang yg urinnya berwarna putih itu sehat>>>pikir lagi

    memang banyak minum air putih bisa lebih menjernihkan/memutihkan warna urin. tapi kalau tiba2 urin jd g berwarna berarti urobilinogen tidak terdapat dalam urin anda dan itu bukan pertanda baik

    smg info dr sy membantu

  15. #15
    Cicak_air's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    http://idgs.in/418389
    Posts
    3,722
    Points
    4,201.75
    Thanks: 49 / 80 / 69

    Default

    Quote Originally Posted by hunteress View Post
    setahu saya itu tidak ada hubunganya, misal ada hubunganya mungkin kecil sekali

    urin normal berwana kuning jernih, warna kuning tsb berasal dari urobilinogen yg berasal dr hepar/hati.

    selama ini asumsi orang yg urinnya berwarna putih itu sehat>>>pikir lagi

    memang banyak minum air putih bisa lebih menjernihkan/memutihkan warna urin. tapi kalau tiba2 urin jd g berwarna berarti urobilinogen tidak terdapat dalam urin anda dan itu bukan pertanda baik

    smg info dr sy membantu
    owh , jadi hubungan antara rokok dan urine yang kuning itu sangat kecil ya .

    dan urine yang berwarna putih itu bukan menjanjikan bahwa orang itu sehat .

    oke2 , dimengerti .

    thanks atas infonya .

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •