Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 18
http://idgs.in/376891
  1. #1

    Join Date
    Nov 2010
    Location
    Pekanbaru.dunianet
    Posts
    3,011
    Points
    2,461.30
    Thanks: 159 / 54 / 53

    Default Mengatasi Sakit Jantung dan Serangan Jantung

    Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, karena jantung diperlukan untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. Karena itu, jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu yang perlu dihindari adalah penyakit jantung koroner yang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang bisa menyebabkan serangan jantung. Untuk melakukannya, kita perlu mengetahui bagaimana caranya agar jantung kita tetap sehat, apa yang harus dihindari dan apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

    Setiap tahun, jutaan orang di seluas dunia mengalami serangan jantung. Tidak semua serangan jantung mengakibatkan kematian. Namun, umumnya setiap pasien yang pernah mengalami serangan jantung menderita beberapa dampak lanjutannya. Sedangkan sisanya tidak tertolong lagi.




    Jantung
    Jantung adalah sebuah otot yang memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam suatu serangan jantung (myocardial infarction), bagian dari otot jantung mati sewaktu tidak mendapatkan darah. Untuk tetap sehat, jantung membutuhkan oksigen dan zat-zat gizi lain yang dibawa oleh darah. Ini didapatkan melalui arteria (pembuluh darah) koroner, yang membungkus bagian luar jantung.

    Penyakit Jantung

    Penyakit-penyakit dapat mempengaruhi bagian mana pun dari jantung. Tetapi, penyakit yang paling umum adalah penyakit kronis pada arteria koroner yang disebut aterosklerosis. Karena itu, sakit jantung yang umum dikenal dan paling banyak diderita adalah penyakit jantung koroner atau penyakit arteria koroner. Penyakit ini paling sering menyebabkan serangan jantung pada seseorang yang bisa menyebabkan kematian. Penyebabnya adalah penyempitan pada pembuluh darah koroner, dimana pembuluh ini berfungsi untuk menyediakan darah ke otot jantung. Penyempitan disebabkan oleh tumpukan kolesterol atau protein lain yang berasal dari makanan yang masuk dalam tubuh. Penumpukan ini juga menyebabkan pembuluh darah koroner menjadi kaku. Kekakuan ini disebut sebagai aterosklerosis.

    Aterosklerosis terjadi jika terjadi penumpukan plak atau timbunan lemak pada dinding-dinding arteri. Selang beberapa waktu, plak dapat menumpuk, mengeras dan mempersempit arteri, dan menghambat aliran darah ke jantung. Penyakit arteria koroner atau coronary artery disease (CAD) inilah yang pada dasarnya menuntun kepada sebagian besar serangan jantung.

    Penyumbatan dalam satu arteri koroner atau lebih dapat menimbulkan serangan jantung secara tiba-tiba. Penyebabnya karena jantung meminta oksigen melebihi yang tersedia sehingga memicu serangan jantung. Mengapa? Apabila otot jantung tidak menerima oksigen untuk waktu yang cukup lama, jaringan di sekitarnya dapat rusak. Tidak seperti jaringan yang lain, otot jantung tidak mengalami regenerasi. Semakin lama serangannya, semakin banyak kerusakan pada jantung dan semakin besar kemungkinan meninggal.

    Bahkan dalam arteri yang tidak terlalu sempit karena timbungan plak dan lemak, timbunan plak dapat pecah dan membentuk kerak darah atau trombus. Selain itu, arteri yang berpenyakit juga cenderung mengalami kontraksi otot secara mendadak. Sehingga, sekeping kerak darah dapat terbentuk di tempat kontraksi, melepaskan zat kimia yang kemudian mengakibatkan dinding arteri menyempit, memicu sebuah serangan jantung.

    Jika sistem kerja dari jantung rusak, irama normal jantung dapat menjadi kacau dan jantung mulai bergetar dengan tidak menentu atau mengalami fibrilasi. Irama tidak normal ini disebut sebagai aritmia yaitu penyimpangan dari irama jantung normal. Hal ini akan menyebabkan jantung kehilangan kesanggupannya untuk memompa darah dengan efektif ke otak. Dalam waktu sepuluh menit, otak mati dan si pasien pun tidak tertolong lagi.

    Selain penyakit jantung koroner yang disebabkan karena penumpukan lemak di dinding arteri, ada juga penyakit jantung lainnya yang disebabkan kelainan semenjak lahir. Misalnya jantung yang tidak sempurna, kelainan katup jantung, melemahnya otot jantung. Penyebab lain adalah bakteri yang menyebabkan infeksi pada jantung.

    Gejala Sakit Jantung

    Gejala-gejala yang dirasakan jika mengalami penyakit jantung koroner antara lain rasa sakit atau nyeri di dada di mana kebanyakan orang menyangka itu hanya sebagai gangguan pencernaan. Lalu gejala lain yaitu merasa tertekan di tengah dada selama 30 detik sampai 5 menit. Hal lainnya adalah keringat dingin, berdebar-debar, pusing, dan merasa mau pingsan. Gejala ini tidak selalu dirasakan penderitanya. Tanda peringatan lain adalah napas tersengal-sengal pada saat berolahraga.

    Selama beberapa bulan sebelum serangan jantung biasanya penderita penyakit jantung sering merasa sangat lelah. Jangan menganggap gejala ini disebabkan oleh kurang tidur dan stres akibat pekerjaan.

    Rasa nyeri atau rasa ditekan di dada, yang disebut angina, memberikan peringatan kepada setengah dari mereka yang menderita serangan jantung. Beberapa orang mengalami napas tersengal-sengal atau kelelahan dan perasaan lunglai sebagai gejalanya, mengindikasikan bahwa jantung tidak mendapatkan cukup oksigen karena penyumbatan koroner.

    Biasanya beberapa hari menjelang mengalami serangan jantung hebat, seseorang akan mengalami kontraksi otot secara tiba-tiba di dada yang merupakan serangan kecil atau serangan jantung ringan. Serangan jantung ringan umum terjadi sebelum serangan besar beberapa hari kemudian.




    Tips Mencegah Penyakit Jantung

    Agar terhindar dari penyakit jantung koroner, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

    Pola makan sehat

    Hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung. Kurangi menyantap makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, sebaliknya makanan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.

    Sebisa mungkin, produk makanan yang kita makan rendah lemak atau tanpa lemak. Pilih susu, keju, mentega atau makanan lain yang rendah lemak. Menggoreng dengan menggunakan minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga bisa menjadi pilihan bila harus mengolah makanan dengan cara digoreng.

    Selain menghindari makanan berlemak, hindari juga makanan dengan kandungan gula tinggi seperti soft drink. Jangan pula tertalu banyak mengkonsumsi karbohirat, karena dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebaliknya, konsumsi oat atau gandum yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.

    Jaga pola makan tidak berlebihan agar terhindar dari kegemukan, karena seseorang yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm, berisiko lebih besar terkena penyakit ini.

    Berhenti merokok
    Mengisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.

    Hindari Stres
    Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.

    Hipertensi
    Problem hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Hipertensi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak.

    Obesitas
    Kelebihan berat atau obesitas meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak. Menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan adalah cara utama untuk menghindari diabetes. Diabetes mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung.

    Olahraga secara teratur
    Anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

    Konsumsi antioksidan
    Polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok menciptakan timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Untuk mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan membuangnya. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran.

    Keturunan
    Seorang yang orang tua atau saudara kandungnya pernah mengalami serangan jantung sebelum usia 60 memiliki risiko lebih besar menderita penyakit ini. Karena itu, jika Anda memiliki kerabat yang pernah mengalami serangan jantung, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam menjaga agar pola makan dan gaya hidup Anda dapat menunjang jantung sehat.

    Mengatasi Penyakit Jantung
    Jika Anda merasakan gejala awal penyakit jantung ataupun pernah mengalami serangan jantung ringan, jangan abaikan itu. Anda sangat membutuhkan penanganan dini oleh personel medis yang terlatih. Ini dapat menyelamatkan jantung dari kerusakan yang lebih parah dan bahkan dapat menghindari akibat yang lebih fatal seperti kematian.

    Namun jika gejala serangan jantung mulai terjadi, sangat penting untuk segera mencari bantuan medis. Risiko kematian terbesar dari serangan jantung adalah dalam kurun waktu satu jam setelah terjadi serangan jantung. Perawatan yang cepat dan tepat dari tim medis dapat menyelamatkan otot jantung dari kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Semakin banyak otot jantung yang terselamatkan, semakin efektif jantung akan kembali memompa setelah serangan. Jangan menunda-nunda untuk mendapatkan bantuan medis karena merasa takut dianggap mengada-ada.

    Bila telah terjadi penyumbatan, tindakan medis yang umumnya diambil adalah dengan pemasangan kateterisasi dan cincin yang menjaga agar pembuluh darah koroner tidak tersumbat. Tetapi, ada kemungkinan terjadi penyumbatan pada pembuluh lainnya.


    Sayangi Jantung Anda

    Melihat berharganya organ jantung ini untuk kelangsungan hidup, maka segeralah perbaiki gaya hidup Anda agar tetap sehat. Mulailah menikmati makanan yang sehat, bergizi dan rendah kolesterol. Hindari merokok dan stres. Serta berolahragalah secara teratur. Mulailah dengan gaya hidup yang sehat sejak hari ini untuk menyayangi jantung Anda.

    Sumber
    Last edited by fatih_nakal; 06-03-11 at 00:51.

  2. Hot Ad
  3. The Following User Says Thank You to fatih_nakal For This Useful Post:
  4. #2
    hunteress's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,609
    Points
    9,257.14
    Thanks: 103 / 72 / 56

    Default

    bagus ini artikelnya

    sumbernya jg sudah sy lihat, tp knp gambarnya g dimasukin? kalo misal ada gambar tentang arterosklerosis n gambar jantung y g sehat ditampilin juga pasti lebih menarik artikelnya

    jg supaya pembaca g bosan lihat tulisan semua, ada gambar 1 atau 2 cukup menarik menurut saya

  5. #3

    Join Date
    Nov 2010
    Location
    Pekanbaru.dunianet
    Posts
    3,011
    Points
    2,461.30
    Thanks: 159 / 54 / 53

    Default

    Quote Originally Posted by hunteress View Post
    bagus ini artikelnya

    sumbernya jg sudah sy lihat, tp knp gambarnya g dimasukin? kalo misal ada gambar tentang arterosklerosis n gambar jantung y g sehat ditampilin juga pasti lebih menarik artikelnya

    jg supaya pembaca g bosan lihat tulisan semua, ada gambar 1 atau 2 cukup menarik menurut saya
    oke kalo gitu ntar saya masukkan gambarnya..
    hmmm..
    ini treadh saya mnta di jadikan sticky ama momod matriach..
    karna ini suatu organ tubuh yang penting

  6. #4

    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10
    Points
    3.40
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    ada TIPS mengobati sakit jantung dengan CEPAT nggak????

  7. #5

    Join Date
    Nov 2010
    Location
    Pekanbaru.dunianet
    Posts
    3,011
    Points
    2,461.30
    Thanks: 159 / 54 / 53

    Default

    Quote Originally Posted by -=| |KinG| |=- View Post
    ada TIPS mengobati sakit jantung dengan CEPAT nggak????
    untuk tips cepet yah gag ada..
    pengobatan itu di lakukan secara bertahap.
    tidak ada pengobatan langsung sembuh gitu aja.
    butuh proses untuk menjalani kesembuhan

  8. #6
    hunteress's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,609
    Points
    9,257.14
    Thanks: 103 / 72 / 56

    Default

    Quote Originally Posted by -=| |KinG| |=- View Post
    ada TIPS mengobati sakit jantung dengan CEPAT nggak????
    sakit jantung apa yg anda maksud

    di atas kan dibedakan penyakit jantung, ada gagal jantung, ada infract miokard, ada aritmia, ada angina pektoris, dll

    tentu beda penyakit beda obatnya juga

    n pada kasus tertentu yg emergency pasti ada obat yg digunakan dengan reaksi yg sangat cepat, secara kalo emergency diobati secara bertahap y nanti bisa2 orangnya meninggal

    jika masa kritis sudah terlewati baru diobati secara bertahap n distabilkan kondisi orangnya

    tp untuk sembuh g bs langsung 1x cara aja, harus bertahap
    Last edited by hunteress; 07-03-11 at 20:47.

  9. #7
    LorD_VayZ's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Bandung
    Posts
    28,711
    Points
    37,245.62
    Thanks: 37 / 429 / 348

    Default

    kalo bisa langsung sembuh dokter ga kaya" kk
    dokter itu ambil untung lewad obat yg bnyk
    kalo sakid jantung ya sabar aja

  10. #8
    hunteress's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,609
    Points
    9,257.14
    Thanks: 103 / 72 / 56

    Default

    Quote Originally Posted by LorD_VayZ View Post
    kalo bisa langsung sembuh dokter ga kaya" kk
    dokter itu ambil untung lewad obat yg bnyk
    kalo sakid jantung ya sabar aja
    mksud post saya di atas bukan lngsung sembuh total, tp dilakukan untuk mengatasi keadaan gawatnya (kalau serangan mendadak kan pasti harus ditanganin cepat)

    kalo mau sembuh, y dilakukan pengobatan teratur n bertahap setelah kondisi stabil

    mengenai kata2 anda

    dokter itu ambil untung lewad obat yg bnyk
    harap jaga ucapan anda

  11. #9
    kentutnaga's Avatar
    Join Date
    Nov 2010
    Posts
    331
    Points
    397.70
    Thanks: 9 / 101 / 52

    Default

    Telapak tangan & telapak kaki suka basah itu gejala penyakit jantung bukan yah?!
    Dari kecil telapak tangan & telapak kaki gw suka basah (keluar keringat berlebih).

  12. #10

    Join Date
    Nov 2010
    Location
    Pekanbaru.dunianet
    Posts
    3,011
    Points
    2,461.30
    Thanks: 159 / 54 / 53

    Default

    Quote Originally Posted by kentutnaga View Post
    Telapak tangan & telapak kaki suka basah itu gejala penyakit jantung bukan yah?!
    Dari kecil telapak tangan & telapak kaki gw suka basah (keluar keringat berlebih).
    wah kalo menurut saya ini bkan penyakit jantung melainkan ke hati.
    krna hati yang bkerja untuk mengambiL nutrisi dari makanan sebelum ke lambung..
    kalo menurut saya mngkin hati penyebabnya yah kk ?
    tapi saya kurang paham juga ttng bisa tangan dan kaki berkeringat

  13. #11
    Ketek-BasaH's Avatar
    Join Date
    Jun 2009
    Posts
    102
    Points
    133.00
    Thanks: 7 / 3 / 3

    Default

    kalo gw sih suka keringetan kaki n tangan aja..
    tapi kalo keringet badan berlebih kaga deh..

    bukanny itu emang bawaan dari kecil yah kalo kaki n tangan ny suka keringetan ?
    malah dulu gw sering d kasih tau kalo tanya" d atas jantungny lemah..
    tapi ntah deh kebenaranny.

  14. #12
    hunteress's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,609
    Points
    9,257.14
    Thanks: 103 / 72 / 56

    Default

    Quote Originally Posted by kentutnaga View Post
    Telapak tangan & telapak kaki suka basah itu gejala penyakit jantung bukan yah?!
    Dari kecil telapak tangan & telapak kaki gw suka basah (keluar keringat berlebih).
    telapak tangan selalu basah oleh keringat menandakan sensitivitas berlebihan dari tubuh anda. biasanya keringat keluar dalam rangka mendinginkan suhu tubuh yg terlalu tinggi

    Penyebabnya sampai saat ini memang belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa hal yang dapat menimbulkan keringat termasuk pada daerah telapak tangan, seperti hipertiroidism (kelenjar gondok membesar), hiperhidrosis (produksi keringat berlebih), demam infeksi, cemas/stress (menghadapi ujian, pidato, tes, dll), takut, emosi, udara panas, gangguan pada jantung atau lambung, gangguan penyerapan air oleh ginjal, kegemukan, kerusakan syaraf akibat penyakit diabetes atau trauma saraf spinal, dan putus obat

    tp bisa saja ada penyebab lain yg bisa menyebabkan keadaan tsb

    Quote Originally Posted by fatih_nakal View Post
    wah kalo menurut saya ini bkan penyakit jantung melainkan ke hati.
    krna hati yang bkerja untuk mengambiL nutrisi dari makanan sebelum ke lambung..
    kalo menurut saya mngkin hati penyebabnya yah kk ?
    tapi saya kurang paham juga ttng bisa tangan dan kaki berkeringat
    anda terbalik justru, lambung adalah tempat pertama yg disinggahi makanan setelah melalui kerongkongan/esofagus

    setelah makanan dicerna oleh enzim pada lambung n usus kecil, sari2 makanan diserap oleh pembuluh darah untuk dibawa ke hati

    kalo yg bermasalah hati pasti ada gejala2 lain, karena hati merupakan organ terbesar dengan fungsi yg sangat vital sekali
    Last edited by hunteress; 08-03-11 at 15:33.

  15. #13
    Matriach's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Rumah
    Posts
    2,522
    Points
    24,462.22
    Thanks: 179 / 164 / 77

    Default

    Quote Originally Posted by LorD_VayZ View Post
    kalo bisa langsung sembuh dokter ga kaya" kk
    dokter itu ambil untung lewad obat yg bnyk
    kalo sakid jantung ya sabar aja
    Mau meluruskan....
    Dokter di rumah sakit tidak pernah mengambil untung dari obat.
    Misalnya dokter memberikan tarif Rp. 50.000,- , dokter hanya mendapat Rp. 5.000,- untuk setiap pasien.
    Sisanya diberikan ke pihak rumah sakit.
    Obat murni diterima rumah sakit.

    Mengenai tips atau rasa terima kasih setelah sembuh dari pasien itu menjadi hak dokter seutuhnya.
    Paling seneng tuh kalau jadi dokter di daerah perkampungan, dianggap kaya penghulu
    Dikasih2 pisang, beras, pokoknya yang bisa dihasilkan oleh daerah itu dan org ybs. Kalau dapat pasien orang penting atau orang kaya, ya tips dari beliau bisa berupa materi yang sangat WAH !
    Itulah yang membuat dokter menjadi, katakanlah, terlihat kaya. Kembali juga pada dokter itu sendiri, orang akan menilai, apabila ia memang ramah serta berkompeten dalam menangani pasien, maka otomatis ia mendapat tips dari org ybs.


    Penyakit jantung termasuk salah satu penyakit yang mengerikan....
    Ingat : Dokter hanya MENGOBATI yang sakit, yang menjaga kesehatan anda sendiri adalah diri anda sendiri.
    Anda mau sehat ? Jaga sendiri kesehatan anda. Dokter hanya alternatif kalau anda sudah kecemplung basah (terlanjur sakit)


    Ingin sembuh lebih cepat ?
    Ikuti saran dokter, kembali kepada diri anda.
    Faktor Psikologis juga berperan di sini, makanya sekarang sedang berkembang yang namanya Psikologi Kesehatan.
    Lihat kan ? Penyakit dapat ditinjau dari berbagai aspek, salah satunya psikologi.
    Apabila diri anda sendiri menolak dan berpikiran negatif, ya mohon maaf, anda sendiri yang memperlambat penyembuhan.
    Last edited by Matriach; 09-03-11 at 00:02.

  16. #14
    kentutnaga's Avatar
    Join Date
    Nov 2010
    Posts
    331
    Points
    397.70
    Thanks: 9 / 101 / 52

    Default

    Emang sih gw ga pernah periksain penyakit ini ke dokter spesialis,
    karena dulu nyokap + kk gw juga pernah ngalamin ini waktu muda nya..

    Nyokap gw brenti keluar keringat pas umur 20, sekarang umur gw diatas 20 tetep keringetan
    malah kk gw ampe skrg umur nya 32 masih keluar keringat dari telapak tangan ama kakinya.

    Kayanya gw emang harus ke dokter deh periksain ini..

  17. #15

    Join Date
    Nov 2010
    Location
    Pekanbaru.dunianet
    Posts
    3,011
    Points
    2,461.30
    Thanks: 159 / 54 / 53

    Default

    Quote Originally Posted by kentutnaga View Post
    Emang sih gw ga pernah periksain penyakit ini ke dokter spesialis,
    karena dulu nyokap + kk gw juga pernah ngalamin ini waktu muda nya..

    Nyokap gw brenti keluar keringat pas umur 20, sekarang umur gw diatas 20 tetep keringetan
    malah kk gw ampe skrg umur nya 32 masih keluar keringat dari telapak tangan ama kakinya.

    Kayanya gw emang harus ke dokter deh periksain ini..
    itu yang umur 20 anda . kakak or nyokap >?
    kalo menurut saya itu mngkin gejala awalnya..
    karna semakin tua orang itu semakin banyak penyakit yang menghampirinya.

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •