Page 2 of 11 FirstFirst 123456 ... LastLast
Results 16 to 30 of 154
http://idgs.in/45320
  1. #16
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,243
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    emmang bahasa mandarin satu kata banyak arti, tergantung nada.. gua sih males ngafalin nada, pusing, mending han zi kalo gua

  2. Hot Ad
  3. #17
    Luvly_Jolie's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    jakarta
    Posts
    412
    Points
    376.10
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    Quote Originally Posted by LorD_UeKi View Post
    nanya dong....
    ada yang tw perubahan2 nada (sheng diao) ga????
    kalo ada yg paham mohon dijelasin dung....
    duh rada susah neh kk klo dijelasin lwt tulisan,kudu secara langsung hehe..nada pertama tuh datar(misalnya baca kata tian = langit),nada ke2 rada menurun (misalnya baca kata shui=siapa),nada ke3 lbh menurun dari nada ke2 (misalnya baca kata wo = saya),nada ke4 dilakukan penekanan (misalnya baca kata bu = tidak),sedikit tambahan klo misal kita baca 2 kata yg nada baca asalnya nada ke4,nada baca pada kata pertama brubah menjadi nada ke2(misalnya pada kata bu yao = tidak mau,bu dibaca dgn nada ke2),klo misal kita baca 2 kata yg nada baca asalnya nada ke3,nada baca kata pada kata pertama brubah menjadi nada baca ke2(misalnya zou zou = jalan2).
    klo salah,mohon pencerahannya ya..masih noob neh tq ^^

    i'm so sick..

  4. #18

    Join Date
    Aug 2007
    Location
    di atas bumi di bawah langit
    Posts
    132
    Points
    173.90
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Quote Originally Posted by Luvly_Jolie View Post
    duh rada susah neh kk klo dijelasin lwt tulisan,kudu secara langsung hehe..nada pertama tuh datar(misalnya baca kata tian = langit),nada ke2 rada menurun (misalnya baca kata shui=siapa),nada ke3 lbh menurun dari nada ke2 (misalnya baca kata wo = saya),nada ke4 dilakukan penekanan (misalnya baca kata bu = tidak),sedikit tambahan klo misal kita baca 2 kata yg nada baca asalnya nada ke4,nada baca pada kata pertama brubah menjadi nada ke2(misalnya pada kata bu yao = tidak mau,bu dibaca dgn nada ke2),klo misal kita baca 2 kata yg nada baca asalnya nada ke3,nada baca kata pada kata pertama brubah menjadi nada baca ke2(misalnya zou zou = jalan2).
    klo salah,mohon pencerahannya ya..masih noob neh tq ^^
    jadi cm kata pertama yang diganti nadanya?? kata kedua tidak??
    lalu,bagaimana penulisan pinyinnya?? apa nadanya juga diganti atau tidak???

  5. #19
    tukang_besi's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    N/A
    Posts
    4,325
    Points
    1,711.70
    Thanks: 13 / 46 / 22

    Default

    jelasin huruf2 nya dong, a = apa gitu, b = bla bla c = dst...

    hurufnya aja ga tau gmn mau belajar -_-


  6. #20

    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    3,159
    Points
    4,431.30
    Thanks: 0 / 7 / 4

    Default

    Mimi mending jelasin dari basic, Vocab-nya sama Tone =P

    Tone ada 4, mirip sama yang dijelasin sama luvly_jolie, kira-kira
    Nada 1, nadanya datar, Lambangnya -
    Nada 2, nadanya naik, Lambangnya /
    Nada 3, nadanya turun kemudian naik, Lambangnya v
    Nada 4, nadanya turun, Lambangnya \
    Beda nada pada kata yang sama, artinya juga beda

    Buat karakter,
    Vokal
    Sama kaya bahasa indo, aiueo biasa, paling bedanya ada ü, ini... mulutnya dimonyongin gitu deh =P susah -_-

    Konsonan,
    m - me
    b - be
    p - pe
    g - ge
    t - te
    n - ne
    l - le
    d - de
    f - fe
    k - ke
    h - he
    j - ji
    q - chi
    c - ts
    x - si
    z - ds
    r - r
    s - s
    ch - ch
    zh - ju
    sh - sh


    konsonan bagian bawah, pengucapannya dah ribet --"


    dan ada kombinasi cara baca, misalnya sh + o jadi shuo, bukan sho

  7. #21
    tukang_besi's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    N/A
    Posts
    4,325
    Points
    1,711.70
    Thanks: 13 / 46 / 22

    Default

    apa setiap huruf itu punya arti? kan klo bhs jepang ada artinya,

    misal kyk gini (中) ada artinya (simbol) atau sekedar huruf,
    trus ada yg tau kyk huruf (a) lambangnya gmn

    gw cuma tau 1, itu pun main scramble katanya klo "saya cinta kamu" itu "wo ai ni" , huruf nya kyk apa ya, apa kata "wo" itu 1 huruf?


  8. #22
    Luvly_Jolie's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    jakarta
    Posts
    412
    Points
    376.10
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    Quote Originally Posted by LorD_UeKi View Post
    jadi cm kata pertama yang diganti nadanya?? kata kedua tidak??
    lalu,bagaimana penulisan pinyinnya?? apa nadanya juga diganti atau tidak???
    iya cuma kata pertama aja yg diganti nadanya,klo tulisan nada mah juga diganti dunk..sebenernya nada itu kan cuma ngebantu cara bacanya aja..

    i'm so sick..

  9. #23
    Luvly_Jolie's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    jakarta
    Posts
    412
    Points
    376.10
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    Quote Originally Posted by tukang_besi View Post
    apa setiap huruf itu punya arti? kan klo bhs jepang ada artinya,

    misal kyk gini (中) ada artinya (simbol) atau sekedar huruf,
    trus ada yg tau kyk huruf (a) lambangnya gmn

    gw cuma tau 1, itu pun main scramble katanya klo "saya cinta kamu" itu "wo ai ni" , huruf nya kyk apa ya, apa kata "wo" itu 1 huruf?
    huruf2 yg dikasih odlainer itu buat membantu cara membaca tulisan mandarin aja..

    i'm so sick..

  10. #24
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,243
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    gini, ada beberapa huruf yang digabung membentuk arti, contoh jian mian, artinya bertemu, dan tao jia huan jia, artinya menawar harga

  11. #25
    Luvly_Jolie's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    jakarta
    Posts
    412
    Points
    376.10
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    Quote Originally Posted by MimiHitam View Post
    gini, ada beberapa huruf yang digabung membentuk arti, contoh jian mian, artinya bertemu, dan tao jia huan jia, artinya menawar harga
    es we te deh mimi,huruf itu kek a,b,c,d,e..klo "jian","mian" itu kata bukan huruf ::nono::
    hehehe...

    i'm so sick..

  12. #26
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,243
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    oh iya, maksud gua kata

  13. #27
    Ch41n_L19htn1n9's Avatar
    Join Date
    Jun 2007
    Posts
    4,809
    Points
    1,151.71
    Thanks: 0 / 83 / 15

    Default

    cara tulis di komputer gmn mandarin

  14. #28
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,243
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    mesti install programnya

  15. #29
    MbakSriJr's Avatar
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    anywhere, anyplace, dan any2 yg laen
    Posts
    281
    Points
    363.40
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    ::shysmile:: keren ah
    ikut nimbrung yah, pgn blajar jg mumpung gratis ::shysmile::
    cuman saya nonton doank ya, soalnya ga ngerti sama sekali
    ngertinya ya cm i luph u ::shysmile::
    Maju perut pantat mundur, kebelet be'ol booo ::shysmile::

  16. #30
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,243
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    ni hao! =-----> halo
    ni jiao shen me ming zi? ----> namamu siapa?

Page 2 of 11 FirstFirst 123456 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •