Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 25
http://idgs.in/522094
  1. #1
    SBY-AstronishH's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    9,482
    Points
    21,421.13
    Thanks: 32 / 342 / 297

    Default Cara Melakukan Diet yang Tepat

    sebelumnya gue mau minta maaf kalo ada thread yang pernah ngebahas masalah ini, tp di thread ini gue mau bener2 ngebahas bagaimana cara melakukan diet yang tepat mulai dari faktor2 yang mempengaruhi seperti bentuk tubuh n jenis2 metabolisme.
    bagi yang hobi fitness ato pemula dalam dunia fitness, boleh jg share dan tanya2 karena dalam dunia fitness diet merupakan salah 1 pilar utama.
    bagi yang mau tanya2 silahkan ya.

    Spoiler untuk Diet Tepat :
    Apa itu diet?
    Seringkali saat kita mengajak teman, saudara, atau kerabat untuk makan, mereka menjawab "sori, gue sedang diet" terutama wanita. Banyak orang menyalah artikan istilah diet dengan mengurangi porsi dan frekuensi makan secara berlebihan, makan cuma 2 atau 3 kali sehari bahkan ada yang tidak makan dalam sehari.

    Diet sendiri berarti asupan nutrisi, yaitu asupan nutrisi yang diserap oleh tubuh kita. Jika kita membicarakan diet yang tepat, berarti kita harus mengatur pola makan kita agar nutrisi yang diserap oleh tubuh kita tepat sesuai kebutuhan kita. Tidak hanya orang yang ingin kurus yang perlu diet, tapi orang yang ingin menambah berat badan atau massa otot juga harus diet. Sekali lagi diet tepat adalah asupan nutrisi yang tepat, bukan kurangi makan hingga lesu bahkan pingsan.

    Diet tepat untuk mengurangi berat badan / membakar lemak:

    - Meningkatkan metabolisme tubuh.
    Untuk membakar lemak dalam tubuh, kita perlu mendongkrak metabolisme dalam tubuh kita, untuk lebih jelasnya mengenai metabolisme dapat membaca artikel mengenai metabolisme tubuh. Kalau dianalogikan, tubuh kita memiliki sistem seperti sistem keuangan suatu perusahaan, saat keuangan dalam keadaan krisis (pemasukan sedikit / turun) tentunya seorang kepala perusahaan akan menekan pengeluaran. Tubuh kita juga demikian, saat kita makan lebih jarang maka tubuh akan membakar lemak lebih lambat karena tubuh mencadangkan energi dan lebih mengutamakan kelangsungan hidup organ2 penting dalam tubuh (jantung, otak, paru-paru, hati, ginjal, dsb), tubuh kita tidak tahu kalau sebenarnya kita ingin membuang lemak-lemak dalam tubuh. Untuk mendongkrak metabolisme dalam tubuh, kita perlu makan lebih sering(5-7x sehari tiap 2.5-3 jam) namun dengan porsi yang kecil dan secukupnya. Porsi makan yang sesuai adalah porsi makan yang memiliki volume secara kasat mata tidak melebihi besar kepalan tangan kita karena menurut penelitian, besar lambung tiap manusia sama besarnya dengan besar kepalan tangan manusia tersebut, sehingga cukuplah porsi makan sebesar kepalan tangan. Lagipula saat lambung sudah penuh dan terus dimasuki makanan, kerja lambung menjadi berat, proses pencernaan akan menjadi melambat dan distribusi oksigen ke seluruh tubuh berkurang, itulah sebabnya kita sering mengantuk setelah makan terlalu banyak karena saat distribusi oksigen berkurang, otak mengirim sinyal agar kita beristirahat.
    Makan lebih sering bukan berarti makan besar terus-terusan, makan buah juga termasuk makan walaupun bukan makan besar. Coba makan besar pagi, snack sebelum makan siang buah, makan siang, snack sebelum makan malam buah, makan malam (makan 5x sehari).

    - Kurangi makanan berlemak.
    Untuk mengurangi lemak tubuh, maka kita juga harus membatasi makanan berlemak, jangan total tidak makan makanan berlemak sama sekali, lemak juga dibutuhkan oleh tubuh untuk kelangsungan hidup, pilihlah lemak yang baik bagi tubuh seperti lemak yang mengandung HDL (High Density Lipoprotein) tinggi, seperti ikan, alpokat, dsb.

    - Batasi asupan karbohidrat terutama karbohidrat simpleks.
    Karbohidrat memiliki kandungan utama gula, gula yang berlebih dalam tubuh akan diubah menjadi menjadi lemak dan ditimbun dalam tubuh. Namun jangan semata-mata ingin kurus kemudian tidak makan makanan yang berkabohidrat, tubuh tetap membutuhkan karbohidrat untuk kelangsungan hidup, kekurangan gula dapat menyebabkan otak tidak bekerja dengan baik, untuk itulah orang yang tidak makan dalam sehari beresiko pusing, mual, hingga pingsan. Batasi asupan karbohidrat, utamakan karbohidrat yang kompleks karena karbohidrat kompleks lebih lambat diurai di dalam tubuh menyebabkan perasaan kenyang bertahan lebih lama, contoh makanan berkabohidrat kompleks: beras merah, gandum (roti gandum), oat, apel, dsb. Batasi asupan dari karbohidrat simpleks terutama makanan manis dan penggunaan gula pasir, karbohidrat simpleks merupakan karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi, cepat diurai menyebabkan tubuh cepat lapar, contoh makanan berkabohidrat simpleks : gula, nasi putih, dsb.

    - Konsumsi banyak serat.
    Sayuran adalah sumber serat tertinggi, konsumsi banyak serat menyebabkan pencernaan dan BAB menjadi lancar, membantu tubuh mengeluarkan lemak-lemak yang mengendap di dalam pencernaan.

    - Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral.
    Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral yang cukup untuk menjaga keseimbangan metabolisme, jika tubuh kekurangan vitamin dan mineral, metabolisme akan menurun sehingga mengurangi proses pembakaran lemak. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral.

    - Cukupi cairan dalam tubuh.
    Minumlah minimal 8 gelas sehari untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh, tubuh kita teridiri dari 70% zat cair, saat tubuh kurang cairan metabolisme akan menurun.

    - Minum teh hijau dan kopi.
    Teh hijau mengandung tanin dan kafein selain dipercaya sebagai antioksidan juga dapat membantu proses pembakaran lemak, bagi orang yang tidak menderita maag, kopi juga dapat membantu pembakaran lemak. Usahakan tidak minum teh hijau atau kopi sebelum atau setelah makan, karena kandungan di dalamnya menyebabkan tubuh tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan secara maksimal.

    - Berolahraga secara teratur.
    Olahraga teratur selain menjaga stamina tubuh, juga membakar lemak dalam tubuh, untuk menurunkan berat badan atau membakar lemak dengan cepat, saya sarankan melakukan cardio secara rutin dengan metode HIIT (High Intensity Interval Training). Untuk lebih jelasnya mengenai cardio dan HIIT dapat dilihat di artikel cardio dan HIIT.

    - Istirahat cukup dan tepat.
    Tanpa istirahat yang cukup, performa organ-organ tubuh akan menurun, menyebabkan penumpukan racun dan penurunan metabolisme tubuh. Tidurlah 7-9 jam sehari (orang dewasa) untuk mencukupi kebutuhan istirahat anda. Jangan tidur terlalu malam, tidur larut malam menyebabkan tubuh yang sudah lelah karena aktifitas harian meminta asupan kalori lebih banyak, itulah mengapa seringkali orang yang terjaga tengah malam merasa lapar dan mencari makanan.

    Untuk yang sedang menurunkan berat badan, rasio kandungan dalam satu porsi makanan sebaiknya 50% protein / 40% karbohidrat / 10% lemak. Ingatlah, kita bukanlah apa yang kita makan, tapi kita adalah apa yang diserap tubuh oleh apa yang kita makan. Makanlah sebelum lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang.

    Spoiler untuk Tipe Tubuh Manusia :

    Pernahkah kalian melihat seorang teman yang porsi makannya begitu besar, sering ngemil tapi tidak bisa gemuk? Atau pernahkah kalian melihat seorang teman yang porsi makannya sedikit tapi tubuhnya gemuk dan besar bukan main, berusaha untuk kurus tapi sulit sekali. Manusia yang porsi makannya besar dan sering ngemil tapi tidak bisa gemuk bisa saja disebabkan oleh cacingan karena cacing menyerap nutrisi yang kita makan, tapi bisa saja manusia tersebut sehat dan bebas cacing.

    Tahukah kalian bahwa dalam dunia olahraga (terutama fitness atau bodybuilding) tubuh manusia terbagi dalam 3 tipe tubuh?
    3 tipe tubuh manusia digagaskan dan dikenalkan oleh seorang ahli psikologi asal Amerika dengan sebutan teori "somotype". Mengenali tipe tubuh dapat membantu anda untuk menentukan program diet yang tepat, entah itu diet untuk menambah massa otot dalam tubuh (menambah berat badan yang baik) atau diet untuk membakar lemak.

    Perbedaan 3 tipe tubuh tersebut adalah ectomorph, mesomorph, dan endomorph.



    Ectomorph
    Ectomorph adalah bentuk tubuh yang kurus dan agak sulit untuk membangun otot di tubuh semacam ini. Pertumbuhan berat badan dan otot membutuhkan kesabaran karena manusia dengan jenis tubuh ectomorph memiliki metabolisme tubuh yang tinggi, khususnya dalam pembakaran lemak, ectomorph cenderung membakar lemak dengan cepat dan tidak berlama-lama menyimpan lemak dalam tubuh. Manusia dengan tipe tubuh ectomorph terlihat ramping dengan hanya sedikit lemak tubuh dan massa otot. Tipe tubuh ini cocok untuk menjadi atlet dengan keahlian seperti lari maraton jarak jauh atau model. Tipe ectomorph harus memakan lebih banyak kalori dalam diet untuk menambah berat badan. Ciri-ciri manusia dengan tipe tubuh ectomorph adalah mereka yang berbahu sempit, cepat merasa lapar dan banyak makan tapi tidak bisa gemuk.

    Mesomorph
    Mesomorph adalah bentuk tubuh yang atletis dengan tubuh padat dan berotot dengan tampilan yang kekar. Tipe tubuh ini biasanya paling mudah membentuk tubuh dan mendapatkan massa otot optimal, jenis tubuh mesomorph juga disebut-sebut sebagai tipe tubuh idaman. Ciri-ciri manusia dengan tipe tubuh mesomorph adalah mereka yang berbahu lebar, tubuh terlihat gagah dan cenderung berbentuk V-shape, dan porsi makan sedang.

    Endomorph
    Karakter tubuh endomorph biasanya ditunjukan pada mereka yang memiliki bentuk badan yang bulat, gempal dan biasanya bertubuh besar. Orang dengan tipe tubuh ini sulit untuk menurunkan berat badan. Diet sehat dan olahraga teratur sangat penting untuk dilakukan oleh orang yang memiliki tipe tubuh ini. Porsi makanan harus lebih kecil dan lebih sering, tetapi dengan gizi yang seimbang. Makan setiap 3 jam sekali atau sebanyak 6 kali sehari untuk melancarkan metabolisme. Kurangi karbohidrat, perbanyak protein dan serat dalam diet. Ciri-ciri manusia dengan tipe tubuh endomorph adalah mereka yang berbahu tidak begitu lebar namun bagian perut sering menonjol dan seringkali bagian pinggang lebih lebar daripada bahu, tidak begitu cepat merasa lapar tapi bagi yang tidak mengontrol makanan memiliki nafsu makan yang besar.

    Namun seorang manusia terkadang tidak murni berada pada satu tipe tubuh, ada kemungkinan tubuh manusia berada pada pertengahan antara 2 tipe tubuh (ectomorph dan mesomorph, mesomorph dan endomorph).

    Spoiler untuk Metabolisme Tubuh :

    Metabolisme adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme. Memahami cara kerja metabolisme tubuh merupakan salah satu kunci untuk menurunkan berat badan. Sebab, hal ini merupakan cara tubuh kita mengubah makanan menjadi energi yang membuat kita bergerak dan beraktivitas. Semakin tinggi metabolisme, semakin banyak kalori yang terbakar. Semakin banyak tubuh membakar kalori, semakin mudah untuk menurunkan berat badan.

    Namun, setiap tahunnya, kemampuan tubuh untuk membakar kalori akan berkurang. Metabolisme bisa menurun sebanyak 30% sepanjang usia dewasa. Tapi, dengan gaya hidup sehat (diet tepat dan olahraga teratur), kita pun akan bisa memaksimalkan fungsinya.

    Metabolisme tubuh sendiri terbagi menjadi 2 jenis:

    - Katabolisme.
    Katabolisme merupakan keadaan dimana tubuh tidak mendapatkan asupan kalori, sehingga tubuh mengurai lemak dan kandungan gula hingga protein otot di dalam tubuh untuk dijadikan kalori (energi). Bagi orang yang sedang menurunkan berat bedan berarti mereka harus melakukan diet rendah kalori dengan membuat tubuh dalam kondisi katabolik. Tetapi saat katabolik berlangsung terlalu lama akan menyebabkan menurunnya metabolisme tubuh dan menyebabkan massa otot berkurang secara signifikan, sehingga walaupun sedang diet untuk menurunkan berat badan, katabolik tidak boleh berlangsung terlalu lama. Untuk itulah sangat dianjurkan makan lebih sering saat sedang diet.

    - Anabolisme.
    Anabolisme merupakan keadaan dimana tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang telah dicerna, pada keadaan ini tubuh akan mengirimkan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan. Orang-orang yang sedang dalam masa menambah berat badan (khusunya massa otot) akan terus mengupayakan tubuh dalam kondisi anabolik, dengan memenuhi semua kebutuhan nutrisi untuk tubuh setiap waktu.

    Spoiler untuk Diet untuk Menambah Berat Badan :

    Pada artikel tentang diet sebelumnya saya membahas bagaimana melakukan diet yang tepat untuk menurunkan berat badan (membakar lemak), sedangkan pada artikel ini saya akan membahas bagaimana diet yang tepat untuk menambah berat badan (khususnya massa otot).

    Untuk menambah berat badan, anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung lebih banyak lemak dan karbohidrat karena kalori dan lemak dibutuhkan untuk mempertahankan tubuh selalu pada fase anabolik, selengkapnya mengenai anabolik dapat dibaca di artikel metabolisme. Untuk menjaga kondisi tubuh selalu dalam keadaan anabolik, kita perlu memberikan asupan nutrisi yang cukup dalam tiap waktu 2-3 jam, untuk itulah kita juga harus tetap makan lebih sering. Bedanya dengan diet untuk mengurangi berat badan adalah perbandingan asupan makanan dalam tiap porsi makan seharusnya 40% protein / 40% karbohidrat / 20% lemak. Lemak dan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh bukan semata-mata makanan berlemak tinggi tanpa perhitungan, kita ingin menambah berat badan tapi tentu tidak ingin tubuh kita menjadi besar dengan kandungan lemak yang berlebihan, untuk itu pilihlah makanan yang mengandung lemak baik seperti ikan, alpokat, oat, dsb. Hindari makanan yang berkolestrol tinggi karena akan berdampak buruk pada kesehatan. Untuk menambah massa otot tentunya kita harus melakukan latihan beban, latihan beban tidak harus dilakukan dengan fitness ke gym, jika kita sibuk, kita dapat berlatih menggunakan berat tubuh seperti push up, pull up (bergantung pada tiang untuk mengangkat tubuh), back up, dan squats (lebih dikenal dengan kata jongkok berdiri). Berlatihlah secara teratur setidaknya 3 kali seminggu dan jangan lupa untuk melakukan cardio, karena cardio berfungsi untuk menjaga stamina, namun lakukan cardio dengan intensitas sedang, cardio dengan intensitas tinggi akan membakar banyak sekali lemak dan kalori di dalam tubuh, padahal lemak juga dibutuhkan untuk menghantarkan protein ke otot.

    Spoiler untuk HIIT (High Intensity Interval Training) :
    Jogging, berlari, basket, berenang, dan semua olahraga yang membuat proses memompa jantung meningkat disebut dengan cardio workout. Cardio sebaiknya dilakukan tidak terlalu lama, karena berolahraga terlalu lama malahan akan membuat tubuh kita terlalu lelah dan tidak efektif dalam membakar lemak. Ukuran waktu terbaik untuk berolahraga tahap pemula adalah tidak lebih dari satu jam, kecuali jika anda seorang profesional yang memperhatikan asupan nutrisi atau didampingi ahli gizi dan mengkonsumsi suplemen di tengah-tengah latihan anda.

    HIIT (High Intensity Interval Training) merupakan cardio yang dilakukan dengan intensitas tinggi namun dengan waktu yang relatif lebih singkat, dipercaya dan diteliti oleh para pakar fitness dan kesehatan mampu membakar lemak lebih efektif daripada cardio biasa. Contoh pola latihan HIIT :
    4 Menit pemanasan speed 4.5-5km/h
    2 Menit jalan cepat speed 6km/h
    1 Menit lari speed 8.5 – 9km/h (lari kecepatan menengah)
    (ulangi dua langkah di atas sebanyak 6x)
    2-4 Menit pendinginan dengan speed 4-4.5km/h.

    Namun ada lagi versi lengkap dari HIIT yaitu Elevated High Intensity Interval Training, dipercaya mampu membakar lemak lebih banyak dan cepat dari HIIT biasa. Contoh pola latihannya:
    4 Menit pemanasan speed 4.5-5km/h
    1.5 Menit jalan cepat speed 6km/h
    1.5 Menit lari speed 8.5-9km/h
    (ulangi dua langkah di atas sebanyak 3x)
    1 Menit jalan cepat speed 6km/h
    1 Menit lari speed 11-12km/h (bisa dibilang sprint)
    (ulangi dua langkah di atas sebanyak 3x)
    2-4 Menit pendinginan dengan speed 4-4.5km/h.

    Lakukan Elevated HIIT Cardio ini setelah latihan beban, atau kalau anda tidak melakukan angkat beban, lakukan asal jangan bangun tidur dengan perut kosong (seperti yang saya tulis pada artikel cardio).

    Elevated HIIT Cardio memiliki efek afterburn yang sangat dahsyat dan tubuh anda akan terus membakar lemak meskipun anda sudah berhenti melakukannya. Dengan rutin melakukannya, anda akan membakar lemak dengan cepat.

    Sumber :
    Code:
    http://willy-go.blogspot.com/
    Last edited by SBY-AstronishH; 04-04-12 at 19:31.

  2. Hot Ad
  3. The Following 3 Users Say Thank You to SBY-AstronishH For This Useful Post:
  4. #2
    -Fang-'s Avatar
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    233
    Points
    54.57
    Thanks: 7 / 9 / 9

    Default

    kk mau tanya...
    olahraga apa yang kiranya pling cepat buat diet kk ?

  5. #3
    SBY-AstronishH's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    9,482
    Points
    21,421.13
    Thanks: 32 / 342 / 297

    Default

    diet nya diet untuk gedein badan atau turunin berat badan ya?
    kalo untuk turunin berat badan = buang lemak...

  6. #4
    -Fang-'s Avatar
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    233
    Points
    54.57
    Thanks: 7 / 9 / 9

    Default

    Quote Originally Posted by AsTRonishH View Post
    diet nya diet untuk gedein badan atau turunin berat badan ya?
    kalo untuk turunin berat badan = buang lemak...
    Kalau untuk turunin berat bdan yang efektif apa ya ?
    Atau mungkin ada alat bantunya gitu ?

  7. #5
    MelonMelon's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Location
    Melon's Farm
    Posts
    3,010
    Points
    27,268.78
    Thanks: 73 / 47 / 33

    Default

    Quote Originally Posted by -Fang- View Post
    kk mau tanya...
    olahraga apa yang kiranya pling cepat buat diet kk ?
    Keduanya bisa pake alat yang sama = angkat beban

    saya berpikir itu mengacu ke nurunin berat badan yah...
    intinya mau kurus (buang lemak), itu dibakar lemaknya
    lari? itu juga juga membakar, tapi kurang efektif
    lari itu ibaratnya manasin kompor, nah angkat beban itu pembakaran utamanya. namanya juga pemanasan, ya ngebakar dikit2 lah
    apa yang dibakar, lemak?

    ibaratnya kalo lari sejam, selama sejam itu pembakaran, dan 1-2 jam kemudian masih pembakaran
    tapi kalo angkat beban, 24jam setelah aktivitas masih pembakaran.
    asik mana?

    jangan lupa, seudah latian itu juga tetep jaga pola makan agar ngga lemak terus yang masuk.

    Sumber, twitter @dennysantoso

    sumber itu seorang fitness & nutrition expert. baca2in aja twit dia

    FACEBOOK | TWITTER | Melon's Blog
    I am a melon - MelonMelon

  8. #6
    SBY-AstronishH's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    9,482
    Points
    21,421.13
    Thanks: 32 / 342 / 297

    Default

    kalo untuk turunin berat badan , perbanyak cardio bro, tau kan cardio itu apa?
    setau gue metode paling efektif itu HIIT, tuh udah gua tambah spoiler mengenai HIIT di atas...
    yang pasti harus dilakukan secara rutin, g bisa instan ...

  9. #7
    Turn's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    1,053
    Points
    383.10
    Thanks: 44 / 7 / 7

    Default

    gan..

    cardio kalo buat naekin berat badan itu bener bgt buat menjaga stamina..

    cardio lebih ke arah jantung gan..

    jadi kaga ktutup lemak + napas kaga pendek kalo beraktifitas (baca=cepat cape) wakakaka..

  10. #8
    -Fang-'s Avatar
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    233
    Points
    54.57
    Thanks: 7 / 9 / 9

    Default

    kalau slaen fitnes itu ada ga ya yang bkin bsa lbih cpet ?
    Ini pengalaman temen gua fitnes ga kurus" soalnya T_T
    kalau lari itu ngefek banget ga si aslinya ?

  11. #9
    SBY-AstronishH's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    9,482
    Points
    21,421.13
    Thanks: 32 / 342 / 297

    Default

    fitness itu kan ada 2 fase ya bro, ada fase bulking n cutting, tiap fase itu beda metode n variasi latihannya...
    bkn bermaksud ngehina tp kalo fitness tanpa d dasari pengetahuan yang bener, bisa2 progress berhenti...
    angkat beban memang iya membakar kalori, tp bodybuilder yg lagi dalam fase cutting (ngebakar lemak abis2 an) itu pasti menyertakan cardio tingkat tinggi, tanpa cardio lemak yang dibakar ga akan bener2 deres, diantaranya favorit adalah berlari (kalo d gym treadmill)...
    lari bisa kok ngebakar lemak dengan efektif, tp lebih efektif lagi kalo udah angkat beban + cardio HIIT...
    coba deh ikutin saran gua lari tp pake metode HIIT di spoiler HIIT(High Intensity Interval Training) di atas, itu jg metode dari denny santoso kok...
    selain itu jg perhatiin asupan dari makanan ya, ckp istirahat n rutin ...

  12. #10
    MelonMelon's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Location
    Melon's Farm
    Posts
    3,010
    Points
    27,268.78
    Thanks: 73 / 47 / 33

    Default

    Quote Originally Posted by -Fang- View Post
    kalau slaen fitnes itu ada ga ya yang bkin bsa lbih cpet ?
    Ini pengalaman temen gua fitnes ga kurus" soalnya T_T
    kalau lari itu ngefek banget ga si aslinya ?
    Kalo udah fitness tapi ngga kurus, ya berarti metode fitness nya salah

    Quote Originally Posted by AsTRonishH View Post
    fitness itu kan ada 2 fase ya bro, ada fase bulking n cutting, tiap fase itu beda metode n variasi latihannya...
    bkn bermaksud ngehina tp kalo fitness tanpa d dasari pengetahuan yang bener, bisa2 progress berhenti...
    angkat beban memang iya membakar kalori, tp bodybuilder yg lagi dalam fase cutting (ngebakar lemak abis2 an) itu pasti menyertakan cardio tingkat tinggi, tanpa cardio lemak yang dibakar ga akan bener2 deres, diantaranya favorit adalah berlari (kalo d gym treadmill)...
    lari bisa kok ngebakar lemak dengan efektif, tp lebih efektif lagi kalo udah angkat beban + cardio HIIT...
    coba deh ikutin saran gua lari tp pake metode HIIT di spoiler HIIT(High Intensity Interval Training) di atas, itu jg metode dari denny santoso kok...
    selain itu jg perhatiin asupan dari makanan ya, ckp istirahat n rutin ...
    nah, udah dijelasin juga disini...
    HIIT/EHIIT cardio emang bagus banget, dan juga melelahkan banget
    kalo emang ngga bisa fitness/pergi ke gym kan bisa latihan ini
    ngga usah terlalu presisi, tapi lari yang dikombinasi antara jogging>lari agak cepat>sprint
    hasilnya juga bagus

    nah, lari itu ditambah pengaturan pola makan sama pola istirahat yang bener. Kalo mau nurunin berat badan doang pasti bisa, asal konstan alias ngga berenti ditengah2
    kalo mau bentuk badan sampe sikspek dan semacemnya baru mesti angkat beban

    FACEBOOK | TWITTER | Melon's Blog
    I am a melon - MelonMelon

  13. #11
    -Fang-'s Avatar
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    233
    Points
    54.57
    Thanks: 7 / 9 / 9

    Default

    Quote Originally Posted by AsTRonishH View Post
    fitness itu kan ada 2 fase ya bro, ada fase bulking n cutting, tiap fase itu beda metode n variasi latihannya...
    bkn bermaksud ngehina tp kalo fitness tanpa d dasari pengetahuan yang bener, bisa2 progress berhenti...
    angkat beban memang iya membakar kalori, tp bodybuilder yg lagi dalam fase cutting (ngebakar lemak abis2 an) itu pasti menyertakan cardio tingkat tinggi, tanpa cardio lemak yang dibakar ga akan bener2 deres, diantaranya favorit adalah berlari (kalo d gym treadmill)...
    lari bisa kok ngebakar lemak dengan efektif, tp lebih efektif lagi kalo udah angkat beban + cardio HIIT...
    coba deh ikutin saran gua lari tp pake metode HIIT di spoiler HIIT(High Intensity Interval Training) di atas, itu jg metode dari denny santoso kok...
    selain itu jg perhatiin asupan dari makanan ya, ckp istirahat n rutin ...
    oohh....
    brati treadmill ya...
    oke deh thx kk

    Kalo masalah membentuk badan pake fitnes kaya nya gua agak ga seneng kk...
    soalnya bnyk yang bilang kalo nanti brenti pasti jadi lembek @_@

  14. #12
    SBY-AstronishH's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    9,482
    Points
    21,421.13
    Thanks: 32 / 342 / 297

    Default

    Quote Originally Posted by -Fang- View Post
    oohh....
    brati treadmill ya...
    oke deh thx kk

    Kalo masalah membentuk badan pake fitnes kaya nya gua agak ga seneng kk...
    soalnya bnyk yang bilang kalo nanti brenti pasti jadi lembek @_@
    ga treadmill jg bisa kok, lari aja biasa tp bawa stopwatch biar isa ngamatin waktunya...
    kalo fitness dah hobi itu asik lho... ga bakal pengen berenti
    sama2

  15. #13
    YK-THE_DHEXTERZ's Avatar
    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Sahabat Kecil
    Posts
    7,810
    Points
    444.30
    Thanks: 9 / 37 / 29

    Default

    ternyata bukan hanya dengan gak makan seharian,

    tapi juga ada tahapanya ya .. badan gw rada kecil, gmn mungkin mau diet .. wkaka
    Kaos dota 2 Pre Order bisa dilihat disini :)

  16. #14
    SBY-AstronishH's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    9,482
    Points
    21,421.13
    Thanks: 32 / 342 / 297

    Default

    Quote Originally Posted by THE_DHEXTERZ View Post
    ternyata bukan hanya dengan gak makan seharian,

    tapi juga ada tahapanya ya .. badan gw rada kecil, gmn mungkin mau diet .. wkaka
    coba deh dibaca-baca semua...
    ntar pasti ngerti mksd dr kata "diet tepat" sebenernya...
    kalo mau gedein badan bisa baca diet untuk menambah berat badan...
    kalo mau gedein badan yg bagus ya gedein ototnya, bukan timbun lemaknya...
    harus sering olahraga, kalau bisa fitness

  17. #15
    AnuBiZz's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Surabaya ┌П┐(◣_◢)┌П┐
    Posts
    1,695
    Points
    7.78
    Thanks: 22 / 25 / 24

    Default

    om diet yg sehat tu yg bijimana om??

    gw pgn nambah berat badan tp ga diet loh y.. soalnya gw da coba makan byk" tp ttp ga bs nambah berat gw..

    Kon Jual Tak Beli COK
    Kon Sopan Aku Segan COK

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •