Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 15 of 39
http://idgs.in/590347
  1. #1

    Join Date
    Oct 2012
    Location
    She cautioned <3
    Posts
    1,774
    Points
    2.35
    Thanks: 45 / 108 / 94

    Default [Cerpen] Pesan ayah untuk Giat, Semangat, Sungguh-Sungguh dan Sabar dalam mencari Ilmu

    Langsung aja ya ceritanya kak, yang jelas tokoh utama dalam cerita ini bernama Jojo


    Di Desa Argomulyo kecamatan Sedayu tinggalah Keluarga yang kurang mampu, yang terdiri tadi ayah Jojo dan Jojo. Jojo sekarang masih bersekolah Di SMAN 1 Argomulyo. Jojo mendapatkan pendidikan gratis dan beasiswa 500rb dari sekolah karena ia tidak bisa membayar uang bulanan sekolah yang tergolong cukup mahal baginya dan juga prestasi Jojo yang bagus . Ayah Jojo pun tidak memiliki penghasilan sama sekali karena ia hanya terbaring di tempat tidur menderita TBC.
    Pada hari Senin setelah Jojo pulang sekolah, Jojo melihat kondisi ayahnya. Sewaktu Jojo mendekatinya ayahnya seperti sudah tidak kuat menahan penyakitnya. Ayah Jojo pun berpesan kepada Jojo supaya Jojo selalu bersemangat dan giat dalam mencari ilmu supaya saat besar nanti menjadi orang sukses. Tak lama kemudian ayahnya pun menutup mata, Jojo pun menangis tak kuasa di tinggal oleh ayahnya. Jojo pun meminta bantuan kepada tetangga-tetangganya untuk memakamkan ayahnya.
    Kini Jojo hanya tinggal sebatang kara, 1 1 nya keluarga hanya tinggal ayahnya, akan tetapi ayahnya pun sudah tiada. Jojo berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan pesan terakhir yang disampaikan ayahnya. Jojo di sekolah belajar dengan giat dan semangat walaupun semua temannya memusuhi Jojo karena Jojo anak yang miskin dan bau. Tetapi Jojo tetap sabar dan kuat. Walaupun pada saat tugas kelompok dia tidak pernah mendapatkan kelompok tetapi Jojo selalu berusaha untuk mengerjakan sendiri.
    Pada hari Jum'at Jojo pergi ke mushola sekolah untuk solat jumat berjamaah. Setelah selesai solat Jumat berjamaah Jojo kembali ke kelas. Pada hari itu hujan lebat turun. Sewaktu Jojo berjalan ke kelas tiba" teman" Jojo mendorong Jojo hingga Jojo terpeleset dan jatuh ke halaman sekolah. Jojo sangat malu dan marah karena pakaian Jojo basah, Jojo melempar sepatu kepada salah satu orang temannya yang mendorong tadi, akan tetapi temannya berhasil menghindar dan tiba-tiba terdengar bunyi "PYAAAAAAAR", tak di sangka ternyata sepatu yang di lempar Jojo terkena kaca yang di gunakan untuk tempat Piala. Ibu kepala sekolah pun mendatangi tempat kejadian dan membawa Jojo ke ruang kepala sekolah. Jojo pun menceritakan kejadiannya. Anak-anak yang tadi mendorong Jojo pun di beri hukuman untuk mengganti kaca tempat piala itu dan meminta maaf kepada Jojo. Akhirnya teman-teman Jojo pun sadar Bahwa perbuatan yang di lakukan itu tidak ada gunanya dan hanya menambah kerugian sendiri.
    Akhirnya Jojo dan teman-teman menjadi berteman tidak bermusuhan lagi, tak satupun memusuhi Jojo. Mereka sekarang belajar bersama karena sudah mau UAN. Teman-teman Jojo pun meminta Jojo agar mengajari mereka karena Jojo murid yang tergolong pandai di sekolah. UAN pun tiba dan Jojo mengerjakan Soal dengan sungguh-sungguh. Setelah Selesai UAN Jojo menunggu hasil dan menyambi dengan bekerja sebagai pemulung.
    Setelah hasil UAN keluar tak di sangka UAN Jojo mendapat total nilai 60,00 dengan nilai 10 semua. Jojo pun amat senang. Sekolah pun juga sangat bangga kepada Jojo karena Jojo telah membanggakan Sekolah. Jojo mendapatkan uang sebesar 600 ribu dari hasil UANnya itu. Pada saat mendaftar di Perguruan Tinggi, Jojo langsung memilih UGM sebagi tempat untuk melanjutkan kuliah. Tanpa tes pun Jojo langsung bisa masuk ke UGM cabang Kedokteran dengan Beasiswa Tanpa membayar dan mendapat beasiswa dari perguruan tinggi itu sebesar 1 jt perbulan
    Jojo pun sayang puas dengan hasilnya, ternyata pesan ayahnya yang terakhir itu sangat bermanfaat buat Jojo. Setelah Jojo sukses masuk ke perguruan tinggi itu Jojo pergi ke makam ayahnya. Jojo menangis sewaktu di makam karena Jojo sedih ayahnya tidak dapat melihat Jojo sukses. Yang Jojo dapat lakukan Hanya berdora supaya Ayahnya tenang di alam sana. Setelah Lulus kuliah Jojo pun bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Panti Rapih, dan Jojo mempunyai seorang istri yang cantik.

    Akhirnya Jojo pun hidup dengan bahagia tanpa masalah,

    Jadi mari kita semua Semangat, Giat, Sungguh-sungguh dan sabar dalam mencari ilmu, Jangan sia-siain hidup kita buat hal yang gak berguna, buat bangga orang tua kita !


    TerimaKasih yang udah baca Cerita Ini

    Semoga Cerita Ini bermanfaat bagi kalian semua . TerimaKasih

    Salam : CindyAvianty

  2. Hot Ad
  3. The Following 4 Users Say Thank You to ESSCENSHIFT For This Useful Post:
  4. #2
    v!Q's Avatar
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    jakarta barat
    Posts
    6,167
    Points
    11.48
    Thanks: 385 / 154 / 140

    Default

    mantap gan...!!!

  5. #3

    Join Date
    Oct 2012
    Location
    She cautioned <3
    Posts
    1,774
    Points
    2.35
    Thanks: 45 / 108 / 94

    Default

    Ya gan yaa -_-
    tapi baca dari atas jangan cuma post doang
    lu udah baca belom?

  6. #4
    [T]onz's Avatar
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    1,023
    Points
    139.80
    Thanks: 7 / 49 / 46

    Default

    GL gan.. hahaha
    cukup bermanfaat

  7. #5

    Join Date
    Oct 2012
    Location
    She cautioned <3
    Posts
    1,774
    Points
    2.35
    Thanks: 45 / 108 / 94

    Default

    Iyeee gan gue buat 2 jam itu wakakaka
    iyeee semoga bisa bermanfaat buat semuanya
    bisa di contoh juga tuh

  8. #6
    [H]AYATE's Avatar
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    44
    Points
    0.20
    Thanks: 35 / 2

    Default

    nice cerpen and bermanfaat

  9. #7
    NOMO's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    316
    Points
    5.18
    Thanks: 8 / 5 / 5

    Default

    wah

    cindy avianty : ini true story ??

    kaya sinetron bro ceritanya

    anak miskin ga punya apa2 dapet beasiswa di sekolah elite, pertama di jelek2in abis itu temen2nya sadar dan jadi bertemen terus happy ending

    wkakwa GL bro lumayan nih

  10. #8

    Join Date
    Oct 2012
    Location
    She cautioned <3
    Posts
    1,774
    Points
    2.35
    Thanks: 45 / 108 / 94

    Default

    Quote Originally Posted by NOMO View Post
    wah

    cindy avianty : ini true story ??

    kaya sinetron bro ceritanya

    anak miskin ga punya apa2 dapet beasiswa di sekolah elite, pertama di jelek2in abis itu temen2nya sadar dan jadi bertemen terus happy ending

    wkakwa GL bro lumayan nih
    gak tau true story apa bukan , gue sih cuma buat aja cerpen tu
    tapi ya pasti ada lah yang kayak gitu
    iyee semoga bermanfaat bero

    Quote Originally Posted by [H]AYATE View Post
    nice cerpen and bermanfaat
    yeyeyeye thanks gan
    di contoh yee kalo bisa wkw

  11. The Following User Says Thank You to ESSCENSHIFT For This Useful Post:
  12. #9
    Soul4gamers's Avatar
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    2,362
    Points
    4,381.70
    Thanks: 33 / 10 / 9

    Default

    Nice dha~

    walau kepanjangan~


  13. #10
    butong4's Avatar
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    jakarta - bsd - bekasi
    Posts
    45,516
    Points
    4.29
    Thanks: 0 / 403 / 393

    Default

    Manstap ceritanya

    Emank qt Horus mensyukuri apa yg qt Punya skrg, kalo kyk jojo gw entah sanggup apa ngakakHad menerima cobaan spt itu

    Ayok ciptakan tekad Dan perjuangan spt jojo biar bangsa ini smkin maju

  14. #11

    Join Date
    Oct 2012
    Location
    She cautioned <3
    Posts
    1,774
    Points
    2.35
    Thanks: 45 / 108 / 94

    Default

    Quote Originally Posted by butong3 View Post
    Manstap ceritanya

    Emank qt Horus mensyukuri apa yg qt Punya skrg, kalo kyk jojo gw entah sanggup apa ngakakHad menerima cobaan spt itu

    Ayok ciptakan tekad Dan perjuangan spt jojo biar bangsa ini smkin maju
    Wakakakk iyaa gue sih jujur gak sanggup paling
    iyeeee wajib tu bakalan maju derastis indonesia

    Quote Originally Posted by Soul4gamers View Post
    Nice dha~

    walau kepanjangan~

    wkwk males yang baca yee sob? sory"
    namanya juga cerpen ya berkisar sekitar segituan

  15. #12
    Bedeviere's Avatar
    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Osean Federation
    Posts
    2,255
    Points
    11,315.21
    Thanks: 116 / 43 / 32
    Default Category

    Default

    oke cerpen ini emang sarat dengan moral, meskipun agak terdengar klise (hehehe maap om)

    ama satu lagi, kalo menurut gw lebih bagus kalo cerpennya dikasih spasi antar paragraf

  16. #13

    Join Date
    Oct 2012
    Location
    She cautioned <3
    Posts
    1,774
    Points
    2.35
    Thanks: 45 / 108 / 94

    Default

    Quote Originally Posted by - [bedeviere] - View Post
    oke cerpen ini emang sarat dengan moral, meskipun agak terdengar klise (hehehe maap om)

    ama satu lagi, kalo menurut gw lebih bagus kalo cerpennya dikasih spasi antar paragraf
    wkwk gak papa bero
    nanti kalo kebanyakan spasi jadi males scroll

  17. #14
    -Barathrum-'s Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    Di hatimu
    Posts
    774
    Points
    4.66
    Thanks: 20 / 14 / 10

    Default

    dikirain true story .. pantesan agak aneh juga pas baca nilai UAN 60, alias 10 semua di 6 pelajaran.. terasa ga mungkin.

    btw gpp bagus juga cerpennya ada pesan moral nya bro!
    | -Barathrum- | PersonaL CoRNeR | Hardwork.Competence.Friendly |

    Forrest Gump: My mom always said, "Life was like a box of chocolates. You never know what you're gonna get.


  18. #15

    Join Date
    Oct 2012
    Location
    She cautioned <3
    Posts
    1,774
    Points
    2.35
    Thanks: 45 / 108 / 94

    Default

    Quote Originally Posted by -Barathrum- View Post
    dikirain true story .. pantesan agak aneh juga pas baca nilai UAN 60, alias 10 semua di 6 pelajaran.. terasa ga mungkin.

    btw gpp bagus juga cerpennya ada pesan moral nya bro!
    Wakakak kalo true story susah kalik gan nem 60 gitu -_-
    iyaaa bero kalo bisa di contoh ya hehehe

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •