http://idgs.in/627976

Lightbulb The Difference Between 'Though', 'Although', 'Eventhough', 'Inspite Of' And 'Despite'

Even though, though, despite, although, in spite of mempunyai arti sama, yaitu meskipun / meski. tetapi penggunaanya dalam sebuah kalimat terdapat perbedaan.

Although, though and even though adalah konjungsi atau kata hubung, sedangkan in spite of and despite adalah kata depan. jadi penggunaanya :

in spite of + noun/kata benda
    despite + noun/kata benda
    although + klausa
    though + klausa
    even though + klausa
    Even though, Though, Although

POLA= even though / though / although + klausa

Klausa merupakan anak kalimat yang 'memenuhi' syarat sebagai kalimat (jadi minimal harus ada sebuah subjek dan predikatnya)

Although and though sama dalam penggunaanya. Though lebih umum digunakan dalam pembicaraan atau tulisan informal, although lebih formal tapi although dapat digunakan dalam hal yang lebih luas.

Eg :
    * 'Our new neighbours are quite nice, though their dog is a bit of a nuisance.'
    * 'She insisted on keeping her coat on, although it was extremely warm in the house as the central heating was on.'
    * 'Although she was commended for completing the Millennium Dome project on time and within budget, management felt that it was now time for a new person with different talents to take over.'

Eventhough digunakan untuk memberikan penekanan, atau dalam kondisi yang tertekan:
    Eg :
    * 'I managed to get good results in my exams, even though I went out four times a week when I was supposed to be revising.'

Beberapa Tips untuk membedakan (tapi tidak selalu)
    Even though -- ketika kondisi yang ada negatif, tapi hasilnya positif
    eg -- Even though Ram hadn't studied, he passed the exam.

Although -- ketika kondisi yang ada positif, namun hasilnya negatif
    eg -- Although Ram had studied very hard, he did not score well.

Despite, Inspite Of

POLA= despite / inspite of + noun

Ingat, tidak ada 'despite of' yang ada hanya despite atau inspite of, jadi kalo ada soal yang memberikan option despite of, maka pasti salah

Despite digunakan dalam bahasa yang lebih formal dari in spite of. tetapi pada dasarnya perbedaan dalam penggunaanya sangat kecil (saya tidak pernah ketemu soal yang pilihan jawabannya memilih antara 2 kata tersebut, pasti salah satu aja

* 'Despite the appalling weather, they succeeded in walking to the top of Ben Nevis.'
    * 'They decided to get married in spite of the huge differences in their ages.'

Kesimpulan: despite and although: arti sama, beda penggunaan. bandingkan :
    * 'Although it was raining heavily, we finished the game of football.'
    * 'We finished the game of football in spite of the heavy rain.'
    * 'Despite his strong Welsh accent, we understood most of what he was saying.'
    * 'Even though he had a strong Welsh accent, we understood most of what he was saying.'

Tambahan
    Meski despite and in spite of normalnya digunakan sebagai kata depan, tapi ketiganya dapat juga digunakan dalam adverbial dengan -ing, seperti:
    * 'I managed to pass my exams, despite going out four times a week during the revision period.'
    * 'In spite of feeling terribly sick, I went to work every day that week.'
    * 'Despite being severely handicapped, he managed to complete the race.'

SUMBER : CLICK!
    Last edited by TGR-BLAK2AN; 20-04-13 at 08:10.
    LIONGPLAST - Jual Bahan Proses (PP, HI PS)
    PANTAI INDAH DADAP BLOK CJ NO 18, TANGERANG
    Telp: 021 9990 2855 Hp : 0817 088 9549 BB : 2773DE9C

>CHECK MASA BAN ID<
    >CONFIRM ID BNET = ID FORUM<
    >MY PUBLIC OPERATOR THREAD<

2. Hot Ad
  3. The Following User Says Thank You to TGR-BLAK2AN For This Useful Post:

ohhhh jd beda nya although sama even though sperti itu

gw kadang pake nya ngasal

baru baca gw wkaka

nice2, nambah pengetahuan lg dahh