Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 17
http://idgs.in/711118
  1. #1
    YePi's Avatar
    Join Date
    Apr 2007
    Posts
    553
    Points
    2,529.89
    Thanks: 26 / 20 / 19

    Default Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

    Manfaat Kopi Bagi Kesehatan.

    Kopi, hampir semua orang didunia mengenalnya, untuk mengawali hari dalam bekerja biasanya tidak lengkap rasanya tanpa secangkir kopi nikmat. Kebiasaan minum kopi ternyata banyak digemari oleh manusia. Dari pekerja kantoran hingga pekerja bangunan, pedagang, petani, guru, bahkan presiden pasti pernah meminumnya dan Andapun juga. Hal ini memang sudah menjadi tradisi dan hobi tersendiri bagi para penggemar kopi.

    Kopi merupakan suatu jenis minuman berwarna hitam pekat yang mampu memberikan cita rasa unik bagi yang meminumnya. Bahkan tidak sedikit orang menjadi kecanduan karena cita rasa kopi karena adanya kandungan kafein yang terdapat dalam kopi itu sendiri. Kafein adalah senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan zat kafein yang terdapat dalam kopi adalah antara 1 hingga 1,5%.

    Jika seseorang sudah kecanduan dengan meminum kopi akan merasakan hari mereka akan tidak lengkap tanpa meminum kopi. Apakah benar demikian? Jawabannya ada pada diri kita sendiri penikmat kopi.

    Dari informasi yang saya baca di beberapa media internet ternyata manfaat kopi sangat baik bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara baik dan tidak berlebihan. Meminum kopi dalam satu hari cukup 1 – 2 cangkir kita sudah mendapatkan manfaatnya. Lalu apa saja manfaat nya?
    Berikut penjelasan manfaat kopi bagi kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

    Kopi dapat mencegah timbulnya penyakit jantung atau stroke.

    Kandungan yang terdapat dalam kopi dapat menghidarkan dari kita dari penyakit serangan jantung bahkan hingga stroke, hal tersebut diperkuat dengan adanya hasil penelitian dari sejumlah 83000 wanita dalam usia 24 tahun memiliki resiko 18% lebih rendah jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi. Penelitian tersebut mereka meminum kopi 2-3 cangkir kopi dalam satu hari.

    Kopi bermanfaat mencegah penyakit kanker dan diabetes.

    Dari hasil riset yang dilakukan oleh peneliti diseluruh dunia didapatkan hasil bahwa penyakit kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar dapat dicegah dengan cara mengonsumsi kopi.
    Studi penelitian lain telah menemukan bahwa kopi dapat mengurangi tingkat gula darah pada pasien diabetes. Karena kandungan yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, selain itu manfaat kopi juga dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti batu empedu, penyakit Parkinson, penyakit jantung, sirosis hati dan sebagainya.

    Kopi dapat mencegah resiko kanker mulut dan melindungi gigi.

    Senyawa yang terdapat dalam kopi bermanfaat mencegah terjadinya resiko kanker mulut, membatasi pertumbuhan sel kanker. Selain itu kopi memiliki sifat anti bakteri dan anti-perekat yang sangat baik dan memungkinkan untuk menyembuhkan berbagai masalah berkaitan dengan kesehatan mulut, termasuk gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi gusi.

    Kopi sebagai pembangkit Stamina dan energi ekstra.

    Mekanisme kerja zat kafein dalam tubuh bersaing dengan fungsi adenosin dalam tubuh kita. Adenosin sendiri merupakan senyawa yang terdapat dalam sel otak berfungsi membuat orang cepat tertidur. Kandungan kafein dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk dan muncul perasaan segar, mata terbuka lebar, detak jantung lebih kencang, naiknya tekanan darah.
    Kopi dapat mengurangi rasa sakit kepala

    Menurut Seimur Damond, M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic. Bahwa kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat.
    Kopi mengatasi perubahan suasana hati dan depresi.

    Minum kopi secara teratur sesuai dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Zat kafein dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita. Hal ini dapat merangsang indera kita dan meningkatkan laju metabolisme. Sehingga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati bahkan depresi.

    Jangan sampai Anda meminum kopi secara berlebihan karena akan menimbulkan efek samping yang berbahaya terhadap tubuh kita.

    Kesimpulannya, cukup konsumsi 2 cangkir kopi dalam sehari untuk mendapatkan manfaat sehat yang maksimal.

    Semoga bermanfaat !

    Sumber
    Last edited by YePi; 07-08-14 at 14:40.

  2. Hot Ad
  3. The Following 2 Users Say Thank You to YePi For This Useful Post:
  4. #2

    Join Date
    Aug 2014
    Location
    Jakarta
    Posts
    11
    Points
    1.00
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    wkwkkwkwkkwk kayanya banyakan orang menyalah gunakan dengan minum kopi overload.. harus lebih di perhatikan buat yang suka minum kopi berlebihan

  5. #3

    Join Date
    Jul 2014
    Posts
    36
    Points
    -1.40
    Thanks: 2 / 0 / 0

    Default

    woghhhhh... kopi kapal api dong pastinya.. biar seger pas gawe...

  6. #4
    Fawn's Avatar
    Join Date
    Aug 2014
    Posts
    258
    Points
    8.10
    Thanks: 69 / 9 / 8

    Default

    Kopi sebagai pembangkit Stamina dan energi ekstra.


    bohong nih,, gua kok minum kopi langsung ngantuk bawaannya

  7. #5
    YePi's Avatar
    Join Date
    Apr 2007
    Posts
    553
    Points
    2,529.89
    Thanks: 26 / 20 / 19

    Default

    wkwkkwkwkkwk kayanya banyakan orang menyalah gunakan dengan minum kopi overload.. harus lebih di perhatikan buat yang suka minum kopi berlebihan
    Ya begitulah asal masih 2 cangkir sehari ya masih sehat kalo dari artikel yang gw baca

    woghhhhh... kopi kapal api dong pastinya.. biar seger pas gawe...
    Kalo gw sih demennya N*scafe bro, tapi kapal api boleh juga

    bohong nih,, gua kok minum kopi langsung ngantuk bawaannya
    Wah kayanya ada yang salah nih sama badan ente, cek sono ke dokter.. wakkakakaka

  8. #6

    Join Date
    Feb 2014
    Posts
    77
    Points
    9.30
    Thanks: 8 / 0 / 0

    Default

    mantap nih, budayakan ngopi kk

  9. #7
    LorD_VayZ's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Bandung
    Posts
    28,711
    Points
    37,245.62
    Thanks: 37 / 429 / 348

    Default

    ngopi sih boleh tp jgn kebanyakan aja
    batas normal
    ALL WILL BE BEAUTIFUL ON TIME

  10. #8
    YePi's Avatar
    Join Date
    Apr 2007
    Posts
    553
    Points
    2,529.89
    Thanks: 26 / 20 / 19

    Default

    ngopi sih boleh tp jgn kebanyakan aja
    batas normal
    Makanya maksimal 2 cangkir sehari, malah sehat jadinya

    mantap nih, budayakan ngopi kk
    Saya salah satu penggemar kopi kk, tapi masih 1 cangkir sehari.. haha

  11. #9
    I_LOVE_MON3Y's Avatar
    Join Date
    Apr 2014
    Location
    Heaven
    Posts
    483
    Points
    32.18
    Thanks: 21 / 84 / 80

    Default

    tapi ati-ati juga jangan kebanyakan ngopi nanti bisa bikin gigi kuning apa lagi ditambah ngerokok

  12. #10
    LorD_VayZ's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Bandung
    Posts
    28,711
    Points
    37,245.62
    Thanks: 37 / 429 / 348

    Default

    tp kalo yg ngeroko berisin nya pake kopi bener apa ga tuh?
    kata bokap wa gitu
    dia sehari 5 glas kopi ukuran besar(kopi item)
    ALL WILL BE BEAUTIFUL ON TIME

  13. #11
    YePi's Avatar
    Join Date
    Apr 2007
    Posts
    553
    Points
    2,529.89
    Thanks: 26 / 20 / 19

    Default

    @LorD_VayZ; wah itu malah parah rokok + kopi, penyempitan pembuluh darah iya.. Malah bisa kena sakit jantung itu kalo kebanyakan..

  14. #12
    LorD_VayZ's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Bandung
    Posts
    28,711
    Points
    37,245.62
    Thanks: 37 / 429 / 348

    Default

    wah serius, jd bukan buat bersihin nikotin dalam tubuh ?
    ALL WILL BE BEAUTIFUL ON TIME

  15. #13

    Join Date
    Aug 2014
    Location
    Jakarta
    Posts
    11
    Points
    1.00
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    bersihin nikotin dalem tubuh mana bisa pake kopi, ke dokter tebus resep itu aja buat berisihin nikotinnya
    Last edited by Cornetsapi; 16-08-14 at 11:27.

  16. #14

    Join Date
    Aug 2014
    Location
    Jakarta
    Posts
    11
    Points
    1.00
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    tapi gw juga sama kalo pagi sebelum kerja ngopi dulu biar seger..

    sehat lah ngopi, asal ga kebanyakan aja wkwkaka

  17. #15
    YePi's Avatar
    Join Date
    Apr 2007
    Posts
    553
    Points
    2,529.89
    Thanks: 26 / 20 / 19

    Default

    Quote Originally Posted by Cornetsapi View Post
    tapi gw juga sama kalo pagi sebelum kerja ngopi dulu biar seger..

    sehat lah ngopi, asal ga kebanyakan aja wkwkaka
    sama ane juga gitu gan, kalo ga kopi yah minum teh pahit yang anget pas bangun tidur.. soalnya biasa udah disediain sama nyokap sih.. wkwkwk

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •