Page 6 of 6 FirstFirst ... 23456
Results 76 to 81 of 81
http://idgs.in/81326
  1. #76
    zRie*'s Avatar
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    JKT - SBY
    Posts
    5,849
    Points
    859.63
    Thanks: 64 / 75 / 67

    Default

    TIPS KESELAMATAN DENGAN MENGECEK BAN KENDARAAN ANDA

    Bagi Anda yang sering berkendara, sisihkan waktu yang cukup untuk membaca tips ini dan pelajari bagaimana cara terbaik untuk mempersiapkan ban-ban anda untuk beroperasi di jalan. Walaupun hanya sebentar, Anda dapat memperpanjang usia ban sampai bertahun-tahun dan mendapatkan pengalaman berkendara yang aman bagi Anda maupun keluarga Anda. Dan Untuk itu saya sengaja review dari situs GoodYear. Berikut tipsnya:

    1. Tekanan Udara Yang Pas

    Menjaga tekanan udara yang pas dalam ban adalah cara paling efektif untuk memelihara ban itu. Dalam tempo satu bulan saja tekanan udara dalam ban dapat berkurang hingga 5 kilo. Itulah sebabnya Anda harus teratur memeriksa tekanan udara ban-ban Anda. Ban-ban itu tidak boleh kekurangan ataupun kelebihan tekanan udara.

    Kekurangan tekanan ban (under-inflation) adalah musuh terbesar bagi ban Anda. Kondisi ini mempercepat tipisnya alur ban di bagian luar (bahu) ban. Selain itu, ban juga menjadi panas dan ketahanannya berkurang. Tidak kalah pentingnya adalah pemakaian BBM yang lebih boros karena tahanan jalan lebih besar. Ban-ban yang kempis membuat mobil harus bekerja lebih keras.

    Sebaliknya, kelebihan tekanan juga merusak ban. Kalau tekanan terlalu kuat, bagian tengah telapak ban harus menanggung berat kendaraan Anda dan hal ini mempercepat kerusakan dan keausan yang tidak merata. Keausan dalam bentuk apapun akan memperpendek umur ban-ban Anda.

    Untuk menentukan tekanan yang pas, bacalah manual kendaraan Anda. Petunjuk ini juga ada di sisi belakang pintu pengemudi atau di dalam laci dashboard. Bila Anda membeli ban baru, mintalah petunjuk dari dealer tentang tekanan yang benar. Periksa tekanan ban setidak-tidaknya sekali dalam sebulan, dan gunakan pengukur tekanan ban yang berkualitas. Atau, mampir sebentar di dealer GoodYear terdekat dan minta agar tekanan ban Anda diperiksa dan kalau perlu ditambah-tanpa dipungut biaya.

    2. Imbang dan Laras

    Memastikan bahwa ban-ban Anda diimbangkan ( balanced ) dengan baik serta mobil Anda di ALIGNED adalah penting bukan saja demi ketahanan ban tetapi juga keselamatan pengemudi serta kinerja mobil.

    Ban-ban yang tidak diimbangkan dengan baik akan menimbulkan getaran, yang pada gilirannya membuat pengemudi cepat lelah, ban yang cepat aus dan suspensi yang cepat rusak. Semua ban harus diimbangkan pada waktu pertama kali dipasang di velg atau setelah dipasang kembali setelah diperbaiki. Ban-ban ini juga harus diimbangkan kembali begitu ada tanda-tanda getaran. Walaupun tidak ada masalah, ban-ban tetap saja harus diimbangkan sekurang-kurangnya sekali dalam setahun.

    Sebuah kendaraan dikatakan laras bila semua komponen suspensi dan stir berada dalam keadaan baik dan semua ban lurus dan tidak miring. Pelarasan harus dilakukan agar keausan telapak ban rata dan penyetiran tetap akurat. Ban-ban dengan keausan yang tidak rata, serta perubahan dalam karakteristik penyetiran mobil Anda adalah tanda-tanda pelarasan yang tidak benar.

    Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengimbangkan dan melaraskan tidak akan seberapa dibandingkan peningkatan biaya BBM yang disebabkan kondisi ini. Di samping itu, performa dan kenyamanan mobil juga akan menurun. dealer GoodYear Anda akan dengan senang hati membantu Anda.

    3. Rotasi Secara Teratur

    Berat kendaraan tidak dibagi rata pada semua ban. Oleh sebab itu ban perlu dirotasi secara teratur agar tingkat keausan lebih merata dan usia ban dapat diperpanjang.

    Ada beberapa cara merotasi ban. Rotasi yang umum adalah ban kiri belakang dipindahkan ke depan kanan, ban kanan belakang dipindahkan ke kiri depan dan kedua ban depan dipindahkan ke belakang tanpa disilang. Cara ini dikenal dengan pola “Silang yang dimodifikasi”.

    Ban-ban dengan desain yang direksional, seperti Goodyear Eagle F1 dirotasi dengan cara lain. Dalam hal ini, semua ban harus tetap berada di sisi yang sama. Kedua ban belakang dipindahkan ke depan dan kedua ban depan dipindahkan ke belakang.

    Untuk kendaraan dengan empat roda penggerak, direkomendasikan agar keempat ban dipertukarkan, baik dari depan ke belakang dan sebaliknya maupun dari kiri ke kanan dan sebaliknya.

    Bacalah manual mobil Anda untuk mengetahui rotasi yang direkomendasikan pabrik. Jika manual tidak mencantumkan kapan ban harus dirotasi, biasanya hal ini harus dilakukan setiap 10.000 km. Kendaraan dengan penggerak empat roda mungkin harus lebih sering dirotasi, sekali dalam 4.000 km. Rotasi pertama adalah yang terpenting, dan jangan lupa menyesuaikan tekanan udara sesuai dengan rekomendasi pabrik setiap kali Anda merotasi. dealer Goodyear dengan senang hati akan menjadwalkan rotasi untuk mobil Anda kapan saja.

    4. Pemeriksaan Visual

    Seringkali hanya dibutuhkan pemeriksaan visual untuk menemukan masalah pada ban Anda. Setiap kali Anda mencek tekanan udara ban-ban Anda periksalah sekalian kondisi telapak ban. Siapa tahu ada benda-benda tajam yang mungkin telah membocorkan ban-ban Anda. Kadang-kadang benda itu tidak sampai membuat ban Anda langsung kempis, retak dan cekungan yang disebabkan oleh kebocoran-kebocoran kecil lambat laun akan merusak ban.

    Periksa pola keausan pada telapak ban Anda. Keausan yang berlebihan di bagian bahu dapat mengindikasikan kurangnya tekanan angin, sementara keausan yang berlebihan di bagian tengah telapak berarti tekanan yang terlalu tinggi.

    Banyak tipe ban dewasa ini telah dilengkapi indikator keausan telapak ban. Bila telapak ban telah aus dan Anda sudah bisa melihat potongan karet yang solid melintang di telapak ban Anda itu artinya sudah waktunya mengganti ban Anda.

    Bila Anda melihat tanda-tanda problem, atau Anda rasa Anda sudah siap untuk membeli ban-ban baru, silakan bawa kendaraan Anda ke dealer Goodyear terdekat.

    5. Perbaikan

    Anda perlu mengetahui kapan ban masih bisa diperbaiki dan kapan ban harus diganti. Kalau ban kehilangan tekanan udaranya, ban itu harus dikeluarkan dari velgnya untuk pemeriksaan bagian dalam secara lengkap untuk memastikan ban tersebut tidak rusak Ban-ban yang tetap digunakan dalam keadaan kempis, walaupun untuk jarak yang pendek, biasanya rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi.

    Hampir semua kebocoran, bekas tusukan paku ataupun benda tajam lainnya hingga ? inci masih dapat diperbaiki oleh teknisi terlatih selama kerusakan terjadi pada telapak ban. JANGAN perbaiki ban dengan kebocoran telapak ban yang lebih besar dari ? inci, atau kebocoran di dinding ban. Juga jangan perbaiki ban-ban yang telah mengalami keausan dan tinggal hanya 1/16 inci dari kedalaman telapak.

    Kebanyakan perbaikan ban harus dilakukan oleh profesional yang terlatih. Cara-cara perbaikan darurat dapat digunakan untuk sementara waktu sampai Anda mencapai tempat yang aman. Namun, pada umumnya proteksi terbaik adalah selalu membawa ban serap di bagasi Anda. Pastikan ban serap ini memiliki tekanan udara yang cukup dan kondisinya cukup baik.

    sumber : http://bagusariza.wordpress.com/2009...endaraan-anda/

  2. Hot Ad
  3. #77
    zRie*'s Avatar
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    JKT - SBY
    Posts
    5,849
    Points
    859.63
    Thanks: 64 / 75 / 67

    Default

    tips memilih ukuran dan jenis pada ban mobil
    TWI
    sebagai patokan. Sesudahnya, coba� ukur dengan penggaris ketebalan alur ban dari dasar alur. Jika kurang dari 2 mm sebaiknya Anda segera ganti ban dengan yang baru.
    Nah sekarang tentang cara mengetahui spesifikasi ban.
    Coba perhatikan sisi ban. Pada setiap jenis ban akan tertulis sejumlah angkat atau huruf yang sebenarnya telah menjelaskan secara mendetil karakteristik ban. Misalnya, pada di ban mobil Anda tertulis 205/65R15 92H.
    Apa yang tertera di samping ban dapat dikategorikan sebagai berikut :

    1.Angka 205
    merupakan petunjuk lebar penampang ban. Semakin besar ukuran penampang ban, semakin besar pula telapak ban.

    2.Angka 65 R
    merupakan petunjuk mengenai ketinggian ban diukur mulai dari pelek hingga penampang ban yang menempel pada jalan. Semakin besar angkanya maka semakin tebal pula dinding ban jika dilihat dari samping luar (jika diukur dari pelek).

    3.Angka 92 H
    menunjukkan kecepatan minimum dan juga maksimum ban. Semakin besar tingkatakn angka yang ditunjukan maka semakin besar pula kekuatan ban terhadap kecepatan tertentu.
    Untuk angka terakhir yang disebutkan ada sedikit penjelasannya. Dalam dunia ban, pihak produsen biasa mencantumkan kode standarisasi kecepatan ban.

    4.Angka 15 Adalam diameter velg.
    Ada beberapa klasifikasi kecepatan yang dicantumkan pada setiap jenis ban.
    Klasifikasi tersebut adalah :
    1. TR, Ban jenis ini mampu digunakan untuk kecepatan kendaraan sekitar 100 Km/jam.
    2. HR, Ban jenis ini mampu digunakan untuk kendaraan yang melaju dengan kecepatan 210 Km/jam.
    3. VR, Ban jenis ini dapat digunakan pada kendaraan yang mampu melaju pada kecepatan 260 km/jam
    4. ZR, kode tersebut menunjukkan bahwa ban jenis ini mampu digunakan pada kendaraan yang mampu melaju pada keceparan 340 km/jam.
    Sebagai infomasi tambahan, bagi yang suka pergi jauh tak ada salahnya ban mobil bila ada bekas luka diberi sedikit cairan penambal.
    Dengan cairan tersebut, maka dijamin ban akan semakin aman. Sebab fungsi cairan penambal tersebut yakni merekatkan kembali bagian ban yang tertusuk benda tajam. Bahkan ada sejumlah bengkel mengatakan bahwa untuk jenis paku dengan panjang 10 mm yang menusuk pada ban dapat tertahan. Oiyah, jika merasa takut cairan tersebut akan merusak bagian dalam ban, tak perlu khawatir justru cairan tersebut melindungi bagian dalam ban sekaligus melindugi pelek Anda dari goresan.
    Semoga Bermanfaat.

    sumber : http://otomotif-idon.blogspot.com/20...ban-mobil.html
    Last edited by zRie*; 23-06-11 at 07:51.

  4. #78
    zRie*'s Avatar
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    JKT - SBY
    Posts
    5,849
    Points
    859.63
    Thanks: 64 / 75 / 67

    Default

    [share] steering gear

    Steering gear adalah komponen dari sistem kemudi yang berguna untuk meluruskan roda depan dan juga untuk meningkatkan momen dari roda kemudi , sehingga pengemudian menjadi ringan. Steering gear ini terdiri atas gear atau gigi - gigi yang berguna sebagai gigi reduksi sehingga momen pengemudian ditingkatkan. Rasio gigi pada steering gear ini antara 18 sampai 20 : 1 Maksudnya adalah 18 putaran roda kemudi sama akan menghasilkan 1 kali putaran pitman arm. Namun untuk rasio 20 : 1 , maksudnya adalah 20 putaran roda kemudi akan menghasilkan 1 kali putaran pitman arm. Pastinya Anda bingung apa itu pitman arm ? Saya akan jelaskan dulu konstruksi dari steering gear , agar Anda tau apa itu pitman arm.
    Sebelum saya jelaskan konstruksinya , maka sebaiknya Anda ketahui dulu macam - macam steering gear. Macam - macam steering gear adalah :



    Tipe recirculating ball ( tipe ini digunakan pada mobil dengan daya angkut yang besar )


    Tipe rack & pinion (tipe ini digunakan pada mobil dengan daya angkut yang ringan )

    Cara mengitung rasio dari steering untuk kedua tipe di atas adalah sebagai berikut :
    Untuk tipe recirculating ball rumusnya adalah : jumlah putaran roda kemudi : jumlah gerakan pitman arm

    Untuk tipe rack & pinion rumusnya adalah : jumlah putaran roda kemudi : besarnya sudut belok roda depan

    sumber : http://cspt-mas.blogspot.com/2010/11/steering-gear.html

  5. #79
    zRie*'s Avatar
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    JKT - SBY
    Posts
    5,849
    Points
    859.63
    Thanks: 64 / 75 / 67

    Default

    TIPS MEMILIH VELG


    Setiap orang yang memiliki mobil pastinya ingin tampil beda dengan mobil lainnya, oleh sebab itu berbagai cara dilakukan dari cara sederhana sampai ke cara yang paling ekstrim dapat dilaplikasikan pada mobil. Salah satu cara yang paling sederhana dan cepat untuk membuat mobil tampil beda adalah mengganti velg standar atau original dengan yang aftermarket.


    Sebenarnya ada berbagai kriteria velg yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tetapi anda harus bijak dalam pemilihan velg ini, salah-salah anda akan dapat mempengaruhi kenyamanan dan juga budget anda dapat terkuras banyak, tentunya ini dapat merugikan anda juga.

    Dalam dunia Modifikasi, khususnya untuk penggantian besar ukuran velg dikenal istilah plus one, plus two, dan seterusnya. Maksud istilah tersebut adalah, kata Plus = Tambah, sedangkan kata belakangnya seperti one, two dan seterusnya = menentukan besar ukuran velg dari standarnya, contoh kata plus one, ini berarti istilah jika pelek original / standar berukuran 17” ingin diganti dengan ukuran 18”. Begitu juga dengan istilah plus two atau seterusnya.

    Khusus mobil daily use / harian bila ingin diganti velg yang ukurannya lebih besar dari aslinya / original equipment (OE), sebaiknya menggunakan velg maksimal plus two dari ukuran standarnya, misalnya standar velg yang diberikan oleh pihak ATPM adalah 15” maka maksimal penggunaan velg adalah 17”. Hal ini dimaksudkan supaya penggunaan velg tidak akan menyusahkan anda dikemudian hari dengan adanya Modifikasi kaki-kaki, karena ini berkaitan dengan kenyamanan yang akhirnya menyentuh pada performa mobil dalam penggunaan sehari-hari.



    Berbeda dengan penggunaan untuk segmentasi fashion atau show off (salah satu penggunaannya untuk mobil kontes). Pada mobil untuk show off biasanya penggantian ukuran mencapai plus four, hal ini diperlukan karena memang velg sangat berperan sebagai trendsetter dan untuk point penilaian kontes, sehingga mobil hanya diperuntukkan pada saat kontes berlangsung. Dari sini pun ada berbagai karakter dalam penggunaan show off, seperti menggunakan aliran ekstrim, elegant, racing, ataupun retro (klasik).

    Sedangkan pada mobil balap maka harus dipergunakan velg yang ringan sekaligus kuat sehingga tak ada tawar menawar soal kualitas. Disini velg dapat mempengaruhi performa mobil dan keselamatan pengemudi secara langsung.

    Berbagai macam asal dan kualitas Velg
    Velg tentunya juga bermacam asalnya, ada yang buatan lokal ataupun import. Velg import pun terbagi menjadi dua macam, yaitu ada yang kualitas nomor dua dan ada yang kualitas nomor satu. Kualitas nomor dua biasanya didatangkan dari Thailand, berbagai macam modelpun disediakan dengan harga yang sangat miring tetapi biasanya kualitas sesuai dengan harga yang ditawarkan.

    Berbeda dengan kualitas nomor dua, velg import kualitas nomor satu memang ditujukan memberikan kepuasan dan kelas tersendiri; biasanya velg ini didatangkan dari Eropa, Jepang atau Amerika. Bicara soal kualitas tak usah diragukan, tetapi harga velg ini biasanya bisa dibanderol 2 sampai 3 kali lipat lebih mahal dari harga velg kualitas nomor 2.

    Harga yang ditawarkan berkisar dari 1 hingga 15 juta rupiah per velg bahkan untuk kualitas nomor satu bisa berharga lebih dari 20 juta per velg. Tentunya dimana ada harga disitu ada kualitas.Tetapi bukan berarti velg kualitas nomor dua tidak dapat menjanjikan kekuatan dan kenyamanan, yang terpenting sesuaikanlah dengan kebutuhan.

    Sedangkan untuk bahan velg sendiri ada yang berbahan aluminium ataupun campuran antara aluminium dan baja. Berdasarkan teknologi pembuatannya, dipasaran dikenal jenis forged wheel, ini dikenal paling kuat dan termahal, Pressure cast wheel dikenal cukup kuat dan lebih ringan dan yang terakhir Velg Cast wheel yang kekuatannya tidak berbeda jauh dari velg Pressure cast wheel. Yang pasti ketiga jenis teknologi pembuatan velg ini terbilang aman untuk digunakan, selain dari ketiga jenis ini, kualitasnya patut dipertanyakan.

    sumber : http://www.situsotomotif.com/modifik...ize-velg-mobil

  6. #80
    zRie*'s Avatar
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    JKT - SBY
    Posts
    5,849
    Points
    859.63
    Thanks: 64 / 75 / 67

    Default

    TIPS MEMILIH KNALPOT RACING UNTUK MOBIL

    Secara sederhana penggantian atau variasi knalpot hanya ada dua pilihan. Pilihan yang pertama ialah jenis knalpot standard dan yang kedua ialah jenis racing. Untuk itulah banyak yang perlu diperhatikan dalam memilih knalpot.



    1. Untuk mengganti knalpot standar dengan yang aftermarket agar dapat menambah tenaga pilihlah knalpot dengan desain yang sesuai dengan ketentuan umum saluran gas buang. Untuk mobil transmisi manual harus diperhatikan juga semua bagian dari saluran gas buang, mulai dari header, dan resonator. Selain itu pemilihan satu set pipa juga harus diperhatikan yang punya kualitas baik,konsultasikan lah terlebih dahulu dengan bengkel mobil anda

    2. Pilih lekukan pipa yang baik dan bulat agar sisa gas buang dapat mengalir lancar.

    3. Untuk variasi sebaiknya harus sesuai dengan selera. Ukuran variasi knalpot sendiri berkisar mulai dari yang 3 inchi, 3,5 inchi dan 4 inchi. Standard bahan yang bagus biasanya terbuat dari stainless steel agar lebih tahan lama dan tidak mudah berkarat.

    4. Jika ingin memakai knalpot racing, header yang dipakai juga harus sangat diperhatikan. Selain konsultasikan juga ke yang menjual knalpot apakah resonator dan ******* yang dipakai juga mendukung. Jika anda ingin seratus persen ada perubahan, sebaiknya lsaluran gas buangnya (exhaust system) langsung ganti full satu set saja.

    5. Khusus mobil transmisi matic, anda cukup mengganti headernya saja, karena dengan pergantian ini saja performa lari mobil matic anda akan langsung sangat terasa. Penggantian yang tidak tepat seperti sistim yang terlalu free flow malah akan membuat laju mobil matic ngempos.

    6. Jika anda ingin tetap menggunakan knalpot asli pabrikan, sekarang saatnya untuk memperhatikan knalpot anda dengan lebih teliti.

    sumber : http://domba-bunting.blogspot.com/20...ing-untuk.html

  7. #81
    zRie*'s Avatar
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    JKT - SBY
    Posts
    5,849
    Points
    859.63
    Thanks: 64 / 75 / 67

    Default

    Tips Memilih Knalpot motor

    Knalpot racing sebagai pelepas gas buang dari motor merupakan salah satu kunci dari bagian dari motor yang dapat diupgrade. Dengan penggantian knalpot ini dari knalpot standart ke knalpot racing biasanya dapat menambah tenaga atau malah sebaliknya menurunkan tenaga.

    Dari pabriknya sendiri pasti sepeda motor berserta knalpot standartnya telah didesign sempurna untuk kegunaannya yang disesuaikan biasanya dengan tipe dan jenis motor. Namun dalam kenyataannya motor yang diperuntukkan untuk kaum hawa pun kini dipakai untuk balap. Sedangkan dari pabrikannya sendiri sebenarnya sepeda motor bebek atau skubek matic ini dirancang untuk keperluan ringan. Sehingga rancangan knalpotnya pun hanya disesuaikan dengan tenaga yang ingin dikeluarkan sebesar untuk keperluan ringan tersebut, misalkan: dipergunakan Inem pergi kepasar, atau ibu mengantar anak-anak ke sekolah (bukan mengantar anak-anak kesekolah balap lalu si anak memakai motor tersebut untuk latihan balap! ). Namun pada kenyataannya justru kaum lelaki yang dominan menggunakan motor jenis bebek dan skubek ini untuk aktifitas harian dikarena motor jenis ini lebih lincah dikendarai dan praktis,juga motor jenis ini digunakan untuk beberapa aktifitas balap.

    Tentunya agar performanya dapat meningkat diharuskan untuk mengganti salah satu bagian dari motor, yaitu pilihan alternatifnya dengan penggantian saluran buang ini atau disebut dengan knalpot. Pilihan yang seperti apakah knalpot yang sesuai untuk meningkatkan performa pacu motor-motor kita?
    Secara dasarnya untuk lebih mudahnya Knalpot Racing ini dipergunakan untuk(jenis pengguna):

    1. Pengguna Umum-Kategori Style only-Penggunaan Pergi ke kantor, touring master dan aktifitas rutin sehari-hari (non-racing) hanya agar mendapatkan suara yang lebih empuk dan ngebass dan agar suara dapat terdengar dengan tujuan agar orang lain/pengendara lain lebih hati-hati didekat si pengendara..

    2. Pengguna Medium-Kategori Style-Gaya balap-ngebut kalau ada kesempatan-Pengguna Pergi Ke Sekolah, Kampus, Kantor.

    3. Pengguna Advance-Kategori Street illegal Racing-Penggunaan khusus untuk balap liar dengan kondisi motor akan dipakai hanya untuk balap liar.

    4. Pengguna Profesional-Kategori Full Racing is legal-Penggunaan khusus untuk balap resmi dengan spek motor full racing/medium racing Mp3 dan MP 5, dengan rider seorang pembalap professional.

    Untuk Mendapatkan knalpot sesuai criteria kategori diatas berikut petunjuknya:
    1. Pengguna Umum-Kategori Style only

    Yang diperlukan disini cukup hanya dengan mengganti silincer/peredam suaranya saja.
    Apabila pipa dari leher knalpot hingga silencer bisa dilepas tanpa memotong seperti model motor jenis 4-tak Scorpio, Thunder 250,CBR 150, Minerva, Thunder 125, Shogun 125, Arashi, Honda Supra 125, Satria FU, Nova Sonic. Untuk motor jenis 2-tak seperti NSR,King, Ninja 150, TZM 150, Tiara 125(JR 120), 125Z( bila 2 tak cukup dengan memotong sebagian isi dari silencer yang menempel pada pipa letaknya didalam silencer) namun suara menjadi lebih garing dan keras.

    2. Pengguna Medium-Kategori Style-Gaya balap

    Yang diperlukan pada kategori ini diperlukan mengganti system knalpot standartnya dengan full system( system full termasuk dari leher knalpot yang menempel di blok mesin hingga ujung silencer, atau juga hanya mengganti silencernya juga tanpa mengganti pipa knalpot.

    Untuk keperluan dalam kategori ini yang diperlukan mencoba beberapa silencer buatan handmade dengan ukuran yang sebaiknya tidak jauh dari ukuran silencer standartnya baik bentuk juga lubang keluar dari silencer, selain itu setting spuyer yang tepat diperlukan. Contohnya: untuk motor jenis 4-tak proses setting dapat dimulai dengan menaikkan spuyer pilot jet sebanyak 1 step angka kenaikan, misalkan dari angka pilot jet 12,5 menjadi 15 untuk karburator jenis mikuni. Dari 15 menjadi 17,5 dan seterusnya kenaikan sebesar per 2,4 (juga disesuaikan dengan setting bukaan skrup udara di karburator). Untuk jenis motor 2tak selain pilot jet naik satu step, sebaiknya mainjet juga dinaikkan satu step untuk mengatasi kekeringan diputaran atas dari mesin.
    3. Pengguna Advance-Kategori Street illegal Racing
    Yang diperlukan pada kategori ini diperlukan mengganti system knalpot standartnya dengan full system( system full termasuk dari leher knalpot yang menempel di blok mesin hingga ujung silencer). Biasanya para pengguna knalpot ini tidak memperdulikan suara yang dihasilkan, mereka lebih perduli hasil tenaga yang dihasilkan dari penggantian jenis knalpot racing. Untuk memilih knalpot yang tepat bagi kegunaan mereka. Ada baiknya banyak mencoba beragam knalpot racing, namun bukan hanya sekedar merk saja yang berbicara..pada kondisi untuk keperluan balap oleh pengemar adu kebut untuk kelas mesin standart, mesin korekan medium dan korekan full racing memerlukan tipe knalpot yang berbeda. Hal ini yang banyak kurang dipahami oleh para pengguna di kategori Advance ini. Karena tidak sedikit knalpot bermerk yang sebenarnya fungsinya kurang dimengerti oleh pemakainya. (misalnya untuk beberapa knalpot luar ada peringatannya :” Racing use only not for daily use”)ini berarti hanya bisa digunakan untuk mesin full balap dan bukannya mesin yang semi dan juga mesin yang hanya diganti spuyernya saja!

    4. Pengguna Profesional-Kategori Full-Racing is legal

    Yang diperlukan pada kategori ini diperlukan mengganti system knalpot standartnya dengan full system jenis “Racing use only”. Untuk knalpot jenis ini yang produk dari luar negeri seperti Yoshimura Jepang, USA dan yang versi Thailand juga mudah ditemukan hanya saja sepertinya Produk dari negara-negara seperti Thailand dikhususkan dan hanya diproduksi untuk motor-motor kelas 150cc tidak untuk motor besar. Sedangkan untuk produk lokal yang berbahan dasar stainless steel rupanya hanya orderan dari tim-tim balap besar yang dapat memilikinya langsung dari sang produsen, sementara yang ada dipasaran hanya jenis vernekelan.

    Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-t...#ixzz1Q3dOcldq

Page 6 of 6 FirstFirst ... 23456

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •