Page 1 of 19 1234511 ... LastLast
Results 1 to 15 of 277

Thread: Keberadaan Naga

http://idgs.in/75159
  1. #1
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,242
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default Keberadaan Naga


    Naga Tiongkok

    Catatan: Tidak sama dengan naga dalam mitologi India

    Cryptozoology adalah cabang ilmu biologi yang melakukan kajian , penyelidikan maupun pencarian terhadap makhluk-makhluk yang tidak jelas kewujudannya/eksistensinya atau dipercayai hanya sebagai mitos/legenda semata.Makhluk tersebut juga dikenali sebagai " cryptids ". Contoh-contoh mahluk-nya lumayan banyak yang sudah pernah saya bahas , seperti :
    # Bigfoot
    # Monster Loch Ness/Nessie
    # Monster Danau Okanagan (biasa disebut "Ogopogo")
    # Monster Yeti
    # Pegasus , Naga , Thunderbird , dll

    Pencarian mahluk-mahluk Cryptids seperti ini masih terus dilakukan untuk membuktikan eksis apa tidaknya mereka di Bumi ini. Topik ini sebenarnya terinspirasi dari pertanyaan yang pernah ditanyakan oleh adik saya beberapa waktu yang lalu. Ia bertanya kepada saya mengenai eksistensi salah satu "mystical Creatures" yang disebut Naga/Dragon. Sebenarnya makhluk ini benar-benar eksis di dunia ini atau hanya sebatas makhluk fantasi? Tentunya ini pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab dan diperoleh jawaban yang memuaskan. Saya yakin banyak orang yang mempercayai jika Naga itu hanyalah sebatas fantasi, namun tidak sedikit pula lho orang yang mempercayai mereka ini pernah eksis di Bumi (zaman Jurassic). jika makhluk itu benar-benar eksis, maka kita pasti mengakui bahwa naga adalah hewan terkuat yang pernah hidup di bumi ini. Makhluk itu dikisahkan tidak saja memiliki sifat ganas, tetapi turut juga memiliki kekuatan mistik yang tidak bisa ditemui pada hewan-hewan purba lainnya.

    Naga yang sering dikisahkan dalam legenda mampu mengeluarkan semburan api panas. Tidak hanya itu, makhluk yang satu ini juga dapat terbang layaknya pterodactyls, bahkan ada jenis naga yang dikisahkan dapat menyelam dalam air, layaknya The Megalodon. Ada legenda suatu bangsa yang menceritakan bahwa naga menyimpan mutiara di mulutnya dan mutiara itu menghasilkan kekuatan mistik untuk memberikan berbagai kelebihan kepada siapa saja yang berhasil memperolehnya. Dalam film Hollywood ‘Reign Of Fire’ yang diproduksi pada tahun 2002, mencoba untuk menghidupkan fantasi-fantasi itu dan hasilnya, jelas manusia kalah ketika berhadapan dengan ancaman naga. Begitu hebatnya kisah-kisah mengenai naga yang sering digembar-gemborkan dalam film maupun buku fiksi . Namun, hingga kini persoalan naga memang benar-benar eksis atau sekadar mitos/legenda dari kebudayaan masyarakat tertentu masih meninggalkan sebuah tanda tanya besar. Sesuatu yang menarik mengenai naga adalah ia bukan sekadar kepercayaan atau mitos bagi masyarakat tertentu saja , sebaliknya cerita mengenai naga terdapat dalam budaya dari berbagai bangsa di seluruh dunia.

    Kisah-kisah legenda suatu bangsa tentunya memiliki perbedaan dengan bangsa lainnya, ciri-ciri dan gambaran mengenai naga juga berlainan mengikut cerita setempat. Dikatakan terdapat lebih 30 jenis naga yang berbeda bentuk fisiknya dan fungsi dalam berbagai legenda dan kebudayaan di seluruh negara. Bangsa **** cenderung mengatakan ia memiliki badan berbentuk ular, muka seakan-akan mirip dengan kuda, tanduk seperti rusa, kuku-kuku yang runcing, bersisik dan mampu terbang. Masyarakat Barat, menggambarkan naga menyerupai Tyranosaurus tetapi memiliki sayap untuk terbang. Kebanyakan naga digambarkan sebagai hewan reptilia dan berkembang biak dengan cara bertelur. Di Thailand, terdapat ukiran naga yang berbentuk seperti ular tetapi hewan itu memiliki tujuh kepala, di Vietnam imajinasi naga menggabungkan image buaya, ular, biawak dan burung.

    Dalam legenda Yunani kuno, terdapat banyak kisah mengenai naga, terutama cerita yang menggambarkan hewan itu sebagai penjaga harta karun. Mengikut catatan pengembaraan Herodotus yang juga digelari sebagai ‘bapak sejarah dunia’, ketika beliau melawati Judea sekitar 450 Sebelum Masehi (SM), dia mendengar cerita dari penduduk setempat mengenai seekor naga yang dikurung dalam sangkar raksasa. Didorong perasaan ingin tahu, Herodotus mengembara ke kawasan itu dan menjumpai banyak kerangka berbentuk ular. Sejarawan itu kemudian menulis bahwa kerangka-kerangka tersebut merupakan sejenis makhluk purba yang terbang dari Tanah Arab ke Mesir , tetapi didalam perjalanannya hewan itu bertarung dengan predator lainnya dan kemudian kalah terbunuh. Mengikut catatan pengembaraan Marco Polo, ketika beliau bersama prajurit-prajuritnya melintasi kawasan padang pasir di suatu tempat yang dikenali sebagai Anatolia untuk menuju ke Persia, dikisahkan bahwa mereka diserang naga yang berterbangan. Kini timbul suatu persoalan lain apabila menceritakan mengenai makhluk-makhluk itu. Apakah naga adalah spesies hewan purba yang hidup sezaman dengan dinosaurus? Dan mungkinkah naga turut punah bersama para dinosaurus 65 juta tahun silam? Tanggapan bahwa naga adalah makhluk purba pada zaman dinosaurus muncul dari ahli sejarah purba China, Chang Qu, yang mencatatkan mengenai penemuan rangka yang diyakininya sebagai rangka naga di Wucheng di Wilayah Sichuan, China pada 300 SM. Tapi ,bagaimanapun juga banyak pihak yang skeptic mengatakan kerangka-kerangka itu bukanlah kerangka naga namun mungkin saja merupakan fosil kerangka salah satu species dinosaurus.

    Bangsa dan negara yang memiliki kisah naga :

    # **** : disebut Long, berbentuk ular dengan empat kaki yang berkuku
    # Vietnam : disebut Rong
    # Jepang : disebut Ryu, memiliki tiga kuku tajam
    # Korea : disebut Yong ( naga langit) , Yo (naga laut) dan Kyo (naga gunung)
    # Siberian : disebut Yilbegan - India : dikenali Vyalee dan banyak diukir di kuil di Selatan India.
    # Germanic dan Scandinavian : disebut Lindworm, berbentuk ular besar yang berkaki dua.
    # Wales : disebutY Ddraig Goch, naga merah yang tertera pada bendera negeri itu.
    # Hungarian : disebut Zomok, berbentuk ular yang tinggal dalam paya dan sering memangsa khinzir atau biri-biri. Sárkánykígyó, berbentuk ular berkepak. Sárkány, naga berbentuk manusia yang memiliki banyak kepala.
    # Slavic : disebut Zmey, Zmiy dan Zmaj , menyerupai naga Eropa tetapi memiliki banyak kepala , dapat menyemburkan api.
    # Romanian : disebut Balaur, memiliki sirip, berukuran besar dan berkepala banyak. Chuvash : disebut Vere Celen , Amerika- Meso-amerika : disebut Amphitere , Inca : disebut Amaru , Brazil: dikenali sebagai Boi-tata.

    http://dipta-jurnal.com/misteri/cryp...y/dragons.html

    Jenis-jenis naga tiap negara dapat dilihat di sini
    http://en.wikipedia.org/wiki/Dragon#...gin_of_dragons
    Last edited by MimiHitam; 05-06-08 at 19:55.

  2. Hot Ad
  3. #2
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,242
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    Naga
    Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

    Naga, dalam kebanyakan kebudayaan, adalah monster yang luar biasa dan terbentuk dari percampuran banyak mahkluk yang berbeda. Legenda Tiongkok tentang kelahiran naga sama seperti suku-suku dengan totem binatang yang berbeda-beda yang kemudian saling menyatu. Hasilnya adalah mahkluk campuran yang berbentuk rusa,bertubuh ular,dan bersayap burung. Akhirnya mereka menemukan mahkluk yang sama sekali berbeda dengan binatang yang ada di dunia. Dalam bahasa Tionghoa,kata dragon juga dipakai untuk menggambarkan angin topan. Naga menjadi sosok kekuatan alam yang sama dengan thunder lizard.legenda itu diilhami oleh penemuan tulang dinosaurus.mereka tidak tahu bahwa dinosaurus ini telah punah jutaan tahun yang lalu. Ini merupakan salah satu contoh mengenai pikiran manusia yang menyempurnakan monster dalam khayalan.

    Naga di Asia Timur umumnya adalah mahkluk yang baik hati. Selama mahkluk itu dihormati, naga itu akan senantiasa berbuat baik. Berdasarkan beberapa kisah,orang yang suci tidak dapat mati atau menjadi roh halus. Setelah berabad-abad kemudian,rohnya menjadi naga kecil dan masuk ke dasar bumi untuk tidur. Ketika akhirnya bangun sebagai naga,ia mengoyakkan dirinya supaya terbebas dan terbang menuju surga.

    Naga di Kalimantan

    Naga dalam budaya Kalimantan pada suku Dayak maupun suku Banjar merupakan simbol alam bawah. Naga digambarkan hidup di dalam air atau di dalam tanah disebut Naga Lipat Bumi. Naga atau ular naga merupakan perwujudan dari "tambun" yaitu makhluk yang hidup dalam air. Menurut budaya Kalimantan, alam semesta merupakan perwujudan "Dwitunggal Semesta" yaitu alam atas yang dikuasai "Mahatala"/"Pohotara" disimbolkan "burung enggang (burung) dan alam bawah yang dikuasai "Jata" disimbolkan naga (reptil). Alam atas bersifat panas (maskulin) sedangkan alam bawah bersifat dingin (feminim). Manusia hidup diantara keduanya. Dalam budaya Banjar, alam bawah merupakan milik "Puteri Junjung Buih" sedangkan alam atas milik "Pangeran Suryanata". Dalam arsitektur rumah Banjar, makhluk naga dan burung enggang diwujudkan dalam bentuk ukiran, tetapi sebagai budaya yang tumbuh di bawah pengaruh agama Islam yang tidak memperkenankan membuat ukiran makhluk bernyawa, maka bentuk-bentuk makhluk bernyawa tersebut disamarkan atau didistilir dalam bentuk ukiran tumbuhan.

    Naga Barat

    Mitos tentang naga juga telah tumbuh di dunia Barat sejak berabad-abad silam. Naga di dunia Barat digambarkan sebagai kadal besar dengan 2 tangan dan 2 kaki yg memiliki sayap begitu besar, juga memiliki kemampuan untuk menyemburkan lidah-lidah api. Naga seperti ini adalah naga yang terlihat dalam film Harry Poter : And The Goblet Of Fire. Naga ini selalu digambarkan memangsa manusia.

    Naga - Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia

  4. #3
    rizki86's Avatar
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    On Pad
    Posts
    1,617
    Points
    1,629.02
    Thanks: 1 / 2 / 2

    Default

    naga bagi pemikiran logis nya di pilih ke komodo...

    tapi secara ghaib gw yakin ada, karena beberapa sepuh di idgs bilang pernah liat naga terbang.. dan ada yang bilang kuku naga itu segede pesawat terbang...

    trus ada yang bilang lumpur lapindo itu di kuasain naga yang berada di dalam bumi, yah pokok nya lebih jelas silakan ke kaskus aja...
    Box Head isn't just Box, but He had a Head too

  5. #4
    clitonia's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    ◦classified◦
    Posts
    131
    Points
    243.40
    Thanks: 0 / 2 / 2

    Default

    wah..mimihitam emang jagonya bikin orang hampir percaya dengan misteri2 yg ada.








    buat yang laennya....gimana pendapat kalian dengan yg satu ini ?



    Catatan: Bayi Naga yang telah menetas, ditemukan di Jerman pada tahun 1890.
    Last edited by clitonia; 05-05-08 at 15:06.

  6. #5
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,242
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    Dragon
    From DRwiki
    Jump to: navigation, search

    The dragon is a mythical creature typically depicted as a large and powerful serpent or other reptile with magical or spiritual qualities. Mythological creatures possessing some or most of the characteristics typically associated with dragons are common throughout the world's cultures.

    Dragon comes, ultimately, from Greek drakon (genitive; drakontos) which refers to a "serpent, seafish." The lexical root comes from drak, strong aorist stem of derkesthai "to see clearly." The literal meaning of the word drakon, then, is "seeing one".

    Dragons are commonly portrayed as serpentine or reptilian, hatching from eggs and possessing extremely large, typically scaly, bodies; they are sometimes portrayed as having large eyes, a feature that is the origin for the word for dragon in many cultures, and are often (but not always) portrayed with wings and a fiery breath. Some dragons do not have wings at all, but look more like long snakes. Dragons can have a variable number of legs: none, two or four. Modern depictions of dragons are very large in size, but some early European depictions of dragons were only the size of bears, or, in some cases, even smaller, around the size of a butterfly. Although dragons (or dragon-like creatures) occur commonly in legends around the world, different cultures have perceived them differently. Chinese dragons, and Eastern dragons generally, are usually seen as benevolent, whereas European dragons are usually malevolent. Malevolent dragons also occur in Persian mythology and other cultures.

    Where the original concept of a dragon came from is unknown, as there is no accepted scientific theory nor any evidence to support the past or present existence of dragons. While the concept of dragons may be true or false, the fact that dragons are a myth in so many places that had no contact with each other suggests that dragons are possibly extrapolations based upon some ordinary forms of creature coupled with common psychological tendencies amongst disparate groups of humanity.

    Dragons are commonly symbols of good luck or health in some parts of Asia, and are also sometimes worshipped. Asian dragons are considered as mythical rulers of weather, specifically rain and water, and are usually depicted as the guardians of pearls. In China, as well as in Japan and Korea, the Azure Dragon is one of the Four Symbols of the Chinese constellation, representing spring, the element of Wood and the east.

    Western culture does not view dragons in such a positive light, as in Christian teachings the devil is associated with the serpent who tempted Adam and Eve, thus giving snake-like dragons connotations of evil. Generally speaking, biblical literature itself did not portray this association. The demonic opponents of God, Christ, or good Christians have commonly been portrayed as reptilian or chimeric. In medieval symbolism, dragons were often symbolic of apostasy and treachery, but also of anger and envy, and eventually symbolized great calamity. Several heads were symbolic of decadence and oppression, and also of heresy. They also served as symbols for independence, leadership and strength. Many dragons also represent wisdom; slaying a dragon not only gave access to its treasure hoard, but meant the hero had bested the most cunning of all creatures.

    Dragon - DRwiki

  7. #6
    MumunLuvMamamia
    Guest

    Default

    Gwe sih cenderung ga percaya naga...

    Orang terdahulu itu cman melihat tulang dinosaurus dan menyangka hal itu naga

  8. #7
    thefox's Avatar
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Heav OR Hel
    Posts
    1,339
    Points
    1,596.70
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    gw baca2 uda banyak loh yg perna ketemu naga
    secara langsung pula, gw baca di paman gober
    disana perna dibahas ttg naga

    utk pic diatas, mungkin naga yah
    soalny klo diawetkan (pake spritus klo ga salah), warna kulit jadi kayak gitu
    <div style=text-align: center;>C:\Documents and Settings\H~a~D3$\My Documents\My Pictures\Anti_Mage_by_KRiMZOnE.png</div>
    Good Bye All ^^

  9. #8
    MumunLuvMamamia
    Guest

    Default

    gwe cenderung itu tikus yg ditempelin...sayap kalo ga kelelawar yg ditempelin buntut

  10. #9
    alexist's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    Yogyakarta
    Posts
    3,180
    Points
    2,165.14
    Thanks: 189 / 18 / 18

    Default

    Klo naga menurut barat itu yaitu kayak kadal / komodo, berbeda dengan orang tiongkok yg persepsi naga adalah ular berkaki.
    Klo menurut gw sih naga itu seperti dinosaurus yang masih tersisa di jaman manusia.....

  11. #10

    Join Date
    Sep 2007
    Posts
    30
    Points
    46.20
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Naga dan Dragon itu beda!

    Naga yang kek uler.. contohnya naga siren, slithern guard.
    Dragon itu yang bersayap. contohnya Ulti dragon knight.

  12. #11
    alexist's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    Yogyakarta
    Posts
    3,180
    Points
    2,165.14
    Thanks: 189 / 18 / 18

    Default

    Dragon terjemahan indonesianya Naga kan?

  13. #12
    marvtyson's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Cukup di Kamar tidur!
    Posts
    88
    Points
    115.50
    Thanks: 10 / 1 / 1

    Default

    Quote Originally Posted by co2bego View Post
    Naga dan Dragon itu beda!

    Naga yang kek uler.. contohnya naga siren, slithern guard.
    Dragon itu yang bersayap. contohnya Ulti dragon knight.
    ah ada2 aja lu
    jgn buat yang lain bingung
    alwaysssssssssss coool :P

  14. #13
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,242
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    Quote Originally Posted by co2bego View Post
    Naga dan Dragon itu beda!

    Naga yang kek uler.. contohnya naga siren, slithern guard.
    Dragon itu yang bersayap. contohnya Ulti dragon knight.
    "Naga" istilah bahasa inggris yang di laut berbeda dengan naga dragon

  15. #14

    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Glastonbury
    Posts
    2,337
    Points
    2,853.20
    Thanks: 0 / 8 / 2

    Default

    bukan dragon yah tapi "naga",, ambigu~

    masih kurang paham kita ngomongin naga atau dragon nih ?

  16. #15
    the_omicron's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    di Cinere say........... Ongoing Novel: S|L|M
    Posts
    3,908
    Points
    13,246.30
    Thanks: 6 / 116 / 69

    Default

    Ular Naga = Dragon
    Naga = Naga

    mungkin bisa jadi pembeda


    Click To Read Sweet~.

    Mari Menulis Disini

    Quote Originally Posted by dono View Post
    Dilihat dari system server kami, dikarenakan sudah lebih dari 2000 pages kami mengambil keputusan untuk menutup thread in, karena menyebabkan ada nya keberatan dari server forum sendiri. Mohon maap dan terimakasih.

Page 1 of 19 1234511 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •