[Request & Share] Tips & Trick disini lengkap ada soal motor,mobil,cdi,shock beker UPDATE!
Buat semua user yang ingin berbagi tips or trick buat kendaraan bermotornya bisa sharing di sini. Kalau tips & trick nya dapet dari suatu sumber, diharapkan bisa dikasih link sumbernya. Kalau berasal dari orang lain atau penemuan sendiri, dikasih penjelasan ide bisa mendapatkan tips & trick itu biar kita user bisa saling sharing juga..
Link archive sub forum artikel:
TIPS MERAWAT MOTOR
TIPS MERAWAT MOBIL
APA ITU CDI?
TIPS BERKENDARA SAAT BANJIR
TIPS AGAR HONDA C70 TAMBAH KECANG
TIPS MERAWAT MOBIL KETIKA HUJAN ABU
TIPS PERAWATAN BAN MOTOR
TIPS 5 LANGKAH MENYEWA KENDARAAN
TIPS MERAWAT JAKET KULIT MOTOR
TIPS MODIFIKASI MOBIL LAMA
TIPS MEMBELI MOBIL BARU
TIPS PERAWATAN DAN PERBAIKAN INJEKSI
TIPS SEGARKAN KABIN MOBIL BEKAS
TIPS MEMILIH SHOCKBREAKER MOTOR
-silahkan buka untuk melihat: http://www.indogamers.com/showthread.php?t=81326&page=5
1.tips membersihkan karburator
2.tips membeli mobil bekas
3.tips pasang sendiri spion lipat otomatis di mobil
4.tips merawat radiator mobil
5.tips mudah dalam merawat mesin motor
6.tips mencegah mesin mobil agar tidak overheat
7.tips memilih helm yang baik
8.tips menguras tangki motor
9.tips merawat rantai motor
10.tips merawat kenalpot motor
_______________________________________________
Mendeteksi Aki Bermasalah
Sumber : okezone.com
http://autos.okezone.com/images-data...Nvtik1R0l8.jpg
Sebagai pemegang fungsi fital dalam sistem kelistrikan kendaraan, aki memerlukan perhatian lebih dalam perawatan. Bayangkan kalau aki rusak, sistem penerangan misalnya dapat terganggu. Untuk itu perlu diperhatikan sejak dini gejala kerusakan pada aki.
Gunakan hidrometer untuk mendeteksi kadar asam dan berat jenis air aki. Tabung hidrometer memiliki 3 warna yang masing-masing memiliki arti. Warna hijau menandakan kadar asam dan berat jenis air aki terlalu ringan, akibatnya listrik yang dikirim ke aki tidak bisa disimpan lama. Warna putih menandakan air aki bagus berarti system pengisian bekerja normal. Warna merah berarti kerja alternator dan regulator terlalu banyak memasok setrum (overcharge) pada aki.
Alternatif alat deteksi yang lain dengan menggunakan multitester (voltmeter). Gunakan multitester pada arus DC di angka 50 volt. Nyalakan mesin dan hubungkan jarum merah multitester pada kepala aki positif dan jarum hitam di kepala aki negatif. Jarum harus menunjukkan angka 13,8 - 14,8 volt. Jika kurang atau lebih berarti masalah ada pada alternator dan regulator.
Selain itu, pengecekan regulator dan alternator dapat dilakukan dengan cara manual, yaitu memposisikan kunci kontak (ignition) ON, tapi mesin jangan dinyalakan. Setelah itu, gunakan obeng atau sesuatu yang bisa menghantarkan listrik. Tempelkan batang obeng pada puli alternator, jika ada gaya tarik magnet berarti alternator normal. Hal itu berarti regulator yang bermasalah. Sebaliknya jika alternator tidak mengandung magnet, kemungkinan lain arang alternator aus dan menipis sehingga tak mampu lagi menghasilkan listrik.
Pendeteksian juga bisa dilakukan secara manual lainnya. Nyalakan mesin dan copot terminal aki positif. Jika mesin tetap hidup, berarti alternator dan regulator bekerja normal. Jangan sekali-sekali melepas terminal aki negatif (massa) karena salah satu kabel massa di regulator tak akan tahan menanggung daya berlebihan.
Apakah anda terlalu sering menambah jumlah air aki mobil anda? Itu berarti ada yang tidak beres dengan aki mobil anda. Tanda-tandanya jumlah air aki mobil anda lebih cepat habis jika dibanding jumlah air aki mobil teman anda. Berikut ini beberapa penyebabnya :
Bagi pemilik aki basah perlu diperhatikan hal-hal yang dapat membuat air aki cepat habis. Selain kebocoran, dapat juga disebabkan aki menanggung beban melebihi batas. Penyetelan regulator tegangan kurang tepat sehingga pemuatan melampaui batas. Jika ini terjadi maka air aki akan menjadi panas sehingga air aki akan meluap dan mengalir ke luar melalui tutup-tutup aki. Disamping itu, lampu-lampu akan cepat mati dan kontak-kontak pemutus arus yang ada dalam distributor perlahan menjadi kasar.
Link : http://autos.okezone.com/index.php/a...12/08/87/66784
Cara Terbaik Memindahkan D - R Pada Transmisi Matik
Bagi kamu pengguna mobil otomatic saya beri tips nya:
Salah satu efek berupa kerusakan pada lock pawl bila sehabis mundur (R) pengendara langsung memindahkan transmisi ke posisi P (parkir), tanpa menunggu roda berhenti terlebih dulu. Style berkendara seperti ini sering disebut cara kasar.
Masih banyak lagi cara halus yang mesti kita terapkan saat berkendara dengan transmisi matik. Kali ini, kami ulas kerusakan yang lebih menyakitkan akibat cara yang tidak halus: berkurangnya respon mesin! Pengoperasian yang kurang tepat lama kelamaan dapat membuat tenaga mesin terbuang percuma.
Dampak seperti ini salah satunya terkait dengan kekeliruan memindahkan transmisi baik dari posisi D (maju) ke R (mundur) maupun sebaliknya, dari R ke D. Sama seperti tips sebelumnya, bila setelah maju Anda ingin mundur, jangan langsung menggeser transmisi. Tunggu sampai roda berhenti. Demikian pula sebaliknya.
Menurut Suwarno, Technical And Training Development ERA AstraWorld, kendati sudah lama berkendara dengan transmisi matik, tidak sedikit pengendara yang belum tahu kerugian-kerugian bila mengoper transmisi ke posisi (R) atau (D) setelah maju atau mundur tanpa menghentikan kendaraan terlebih dahulu.
Pemindahan posisi transmisi tanpa menunggu kendaraan berhenti memang kerap terjadi. Pada umumnya karena si pengendara sedang terburu-buru. Padahal, menunggu sejenak bukanlah pekerjaan sulit. Justru akan jauh lebih menguntungkan. Apalagi bila menghitung kerugian yang dapat muncul akibat gaya berkendara sekasar itu.
Pemindahan langsung semacam itu sama saja dengan membenturkan komponen-komponen dalam sistem transmisi pada waktu yang tidak tepat. Dua efek buruk yang lama-kelamaan akan terjadi adalah:
* Muncul suara berisik.Suara tak normal ini biasanya terdengar pada saat perpindahan gigi, mulai masuk gigi, maupun saat kendaraan berjalan.
Efek kedua, seperti sudah disebut di atas: tenaga mesin menjadi kurang responsif.
* Tenaga menjadi kurang responsif karena kemampuan kopling meneruskan daya dari mesin ke penggerak roda menjadi berkurang. Penyebabnya adalah karena kampas kopling maupun kampas rem di gear box aus.
Keausan juga dapat terjadi pada roda gigi percepatan. Pemindahan ke posisi R atau D saat roda masih berputar mengakibatkan gesekan pada celah (backlash) roda gigi. Celah ini lama kelamaan bisa semakin besar. Nah, celah yang besar itulah yang kemudian mengakibatkan bunyi di sistem transmisi.
__________________
[Tips & Trick] Lewati Banjir, Kenali Kemampuan Kendaraan
PEMAHAMAN kemampuan kendaraan saat melewati genangan air harus diketahui setiap pengendara, misalnya posisi ketinggian saluran masuk udara. Bagian ini perlu diketahui sebagai patokan, apakah ketinggian genangan air masih mungkin dilalui atau tidak.
Pada kendaraan jenis sedan, umumnya saluran masuk udara terdapat di balik lampu depan sedangkan pada minibus terletak di atas spatbor.
Jika posisi kenalpot sudah terendam air sedangkan saluran udara masih di atas genangan air, jangan matikan mesin. Tekanan gas buang akan mendorong ke luar air yang masuk ke dalam knalpot. Apabila mesin dimatikan air akan leluasa masuk ke knalpot. Jalankan mobil dengan stabil pada rpm tinggi dan transmisi rendah.
Ketika jalan basah, banyak yang menyarankan agar kecepatan kendaraan dikurangi. Ini dikarenakan jalan yang basah menyebabkan terjadinya aquaplaning atau terbentuknya formasi segitiga oleh air, antara ban dan jalan. Ini yang membuat kendaraan kehilangan traksi dan kemampuan melakukan pengereman.
Sempatkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap bagian kendaraan yang berpotensi menyebabkan mogok setelah melewati genangan air yang tinggi, seperti komponen pada filter udara dan sistem pengapian Pastikan semua bagian tersebut dalam kondisi relatif kering dan bersih. Periksa juga oli dari kemungkinan bercampur dengan air.
Lakukan juga pemeriksaan pada komponen yang berhubungan dengan listrik. Apabila basah dan ada bagian yang terkelupas dapat menyebabkan arus pendek. Ini yang menyebabkan kendaraan tiba-tiba mogok.
Link : autos.okezone.com : lewati banjir, kenali kemampuan kendaraan
Mesin Mobil Tidak bertenaga, Kenapa ya?
Mesin Mobil Tidak bertenaga, Kenapa ya?
Saat digunakan, seringkali mesin mobil terasa kurang bertenaga. Penyebabnya bisa banyak faktor, namun kondisi fuel filter yang kotor patut dicurigai sebagai penyebab.
Alasannya, saringan bensin rentan tertutup endapan dari bensin sehingga suplai untuk pembakaran akan terganggu. Karena itu, fuel filter perlu dibersihkan secara berkala. Biasanya setiap jarak tempu kendaraan 5.000 km. Sementara untuk menggantinya, lakukan setiap 10.000 km.
Penggantian perlu dilakukan rutin mengingat bahan dasar saringan bensin adalah kertas. Di kertas inilah terdapat pori-pori untuk menyaring bahan bakar. Lama kelamaan pori-pori tersebut kian rapat sehingga bahan bakar sama sekali sulit menembusnya.
Memeriksa dan mengganti saringan bensin akan lebih ringan ketimbang memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan bila fuel filter tidak bekerja dengan baik. Sebagai saringan, peran saringan bensin bagi kerja mesin sangat besar. Komponen ini dapat menghentikan kotoran dan air yang mungkin terkandung dalam bahan bakar.
Jika sringan bensin tidak ada, material perusak itu dapat menerobos ke sistem pembakaran. Dampaknya pembakaran tidak sempurna karena bahan bakar bisa saja mengandung banyak air. Emisi gas buang pun tidak ramah lingkungan. Kedua, kandungan air atau kotoran yang ada di bahan bakar juga bisa mengakibatkan kerusakan (keausan) pada komponen-komponen yang dilaluinya. Misalnya, karat pada dinding-dinding cylinder block. Bila keausan ini terjadi, akan memicu kebocoran pada ruang bakar.
Perlu diperhatikan juga kondisi tangki bensin. Bensin berwarna kuning berkarat, biasanya disebabkan oleh tangki bahan bakar yang kotor. Hal ini disamping karena umur, bisa juga disebabkan tangki pernah dibongkar dengan las karbit atau dicuci dengan air. Untuk memberÃÂ*sihkan tangki yang kotor seharusnya pakai bensin. Tangki bensin yang sering kali diisi tidak penuh, memiliki kemungkinan bercampur dengan air sangat besar. Ini dikarenakan udara dalam tangki saat malam hari dapat menghasilkan embun atau titik-titik air sehingga dapat membuat tangki berkarat.
Sumber : http://autos.okezone.com/index.php/R...naga-kenapa-ya
Mengapa Mesin Mobil Perlu Dipanaskan?
Mengapa Mesin Mobil Perlu Dipanaskan?
Memanaskan mesin mobil yang biasa dilakukan setiap pagi merupakan tindakan yang perlu dikakukan. Pemanasan mesin cukup dilakukan paling lama 5 menit dan tidak perlu menginjak pedal gas secara berulang-ulang atau langsam.
Memanaskan dengan cara langsam atau membiarkan terlalu lama, hanya akan membuang-buang bahan bakar dan tidak memberikan hasil maksimal terhadap kerja mesin.
Untuk mengetahui kondisi mesin sudah mencapai temperatur kerja yang bagus, bisa dilihat melalui indikator temperatur. Apabila posisi jarum sudah menunjukkan setengah berarti, waktu memanaskan mesin sudah cukup.
Di antara manfaat-manfaat pemanasan mesin adalah pembakaran bahan bakar di ruang bakar menjadi sempurna dan mesin akan bekerja optimal. Bahkan, pemanasan mesin juga membantu memperlambat keausan mesin.
Dengan pemanasan, kita memberi kesempatan pada oli untuk bergerak ke bagian-bagian mesin yang perlu dilumasi. Sehingga oli siap melancarkan pergesekan antarlogam saat mesin bekerja keras, ini yang membantu mencegah keausan.
Pemanasan juga membuat mesin bekerja seoptimal mungkin. Optimalisasi ini terjadi karena pemanasan dapat mengurangi potensi kebocoran kompresi.
Bagian-bagian komponen mesin pasti berada pada temperatur tinggi, ada bagian tertentu yang memang tidak dibuat presisi. Para desainer sengaja menciptakan celah di mana celah ini secara otomatis akan berkurang (menjadi presisi) ketika komponen itu terkena suhu panas. Ini yang kemudian mengurangi terjadinya kebocoran kompresi.
Kebocoran kompresi otomatis membuat tekanan kompresi pada mesin menurun. Akibat penurunan tekanan kompresi, temperatur mesin tidak mampu membakar campuran bahan bakar dan udara dengan sempurna. Ketika campuran tersebut tidak terbakar dengan sempurna, tenaga yang dihasilkan mesin pun tidak optimal.
Pembakaran yang tidak sempurna bukan hanya mengakibatkan tenaga mesin kurang optimal. Tapi juga membuat mesin lebih boros bahan bakar. Ini sudah jelas karena dalam kondisi mesin masih dingin, supply bahan bakar harus lebih besar agar tetap terjadi pembakaran.
Sumber : http://autos.okezone.com/index.php/R...rlu-dipanaskan
Meminimalisir Emisi dengan Memeriksa Komponen Mobil
Meminimalisir Emisi dengan Memeriksa Komponen Mobil
Tak dipungkiri lagi, kendaraan merupakan salah satu penyumbang emisi terbesar. Kini berbagai negara giat membuat regulasi untuk menekan dampak buruk polusi udara. Sebenarnya dampak buruk emisi dapat dilakukan dengan pengecekan beberapa komponen mobil.
Dari sisi teknologi, pabrikan mobil sudah berusaha menekan efek buruk gas buang kendaraan. Sekarang dapat kita temui mobil-mobil yang dilengkapi dengan VVT-i, Catalytic Converter, atau Exhaust Gas Recirculation (EGR), bahkan sistem Electronic Fuel Injection. Semua diperuntukkan agar emisi gas buang jauh lebih ramah lingkungan.
Mengurangi emisi sebenarnya juga dapat dilakukan dengan mengatur campuran udara dan bahan bakar saat idle. Gunakan idle mixture adjusting screw pada sistem karburator atau dengan mengatur besarnya tahanan pada variable resistor untuk kendaraan sistem injeksi. Untuk kendaraan yang sudah dilengkapi dengan catalytic tidak diperlukan penyetelan karena sudah secara otomatis diatur oleh komputer berdasarkan oksigen sensor.
Saat pengapian, dapat dilakukan dengan mengatur posisi rumah distributor (untuk kendaraan yang masih menggunakan distributor) dan untuk kendaraan yang tidak dilengkapi dengan distributor, atau kendaraan yang satu coil-satu silinder atau satu coil untuk dua busi, secara otomatis sudah diatur oleh komputer.
Selain itu celah katup yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan jumlah bahan bakar yang masuk ke mesin berlebihan atau berkurang. Akibatnya, ada sebagian bahan bakar yang terbuang ke udara luar. Untuk itu disarankan penyetelan setiap 10.000 km, atau untuk kendaraan yang sudah dilengkapi dengan valve lifter hydraulic lakukan pemeriksaan lifter apabila timbul bunyi kasar.
Dalam memilih bahan bakar kadar oktan penting diperhatikan, gunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai. Pemakaian nilai oktan yang tidak sesuai akan menimbulkan knocking atau keterlambatan pembakaran yang akan mengakibatkan polusi udara.
Kondisi komponen-komponen yang aus atau kotor juga berpengaruh terhadap kandungan emisi gas buang. Komponen yang aus akan berakibat kerja komponen tersebut tidak maksimal. Contoh, busi yang aus akan menghasilkan bunga api yang kecil, sehingga bahan bakar tidak akan terbakar semua. Akibatnya sisa bahan bakar yang tidak terbakar terbuang ke udara luar dan jadilah polusi. Sedangkan komponen yang kotor akan menghambat aliran udara, aliran bensin.
Pengaruh gaya berkendara dengan emisi gas buang juga jelas. Sebab, gaya berkendara menentukan boros tidaknya konsumsi bbm. Semakin boros konsumsi bbm berarti semakin banyak polutan yang dilepas lewat knalpot kendaraan.
Sumber : http://autos.okezone.com/index.php/R.../87/104662/87/
Jangan Anggap Remeh AC Mobil
Jangan Anggap Remeh AC Mobil
http://autos.okezone.com/images-data...xp6l1RgLJf.jpg
Kondisi jalan macet di kota ditambah cuaca panas, harus diimbangi dengan kenyamanan dan kesejukan dalam mobil. Untuk itu, pendingin udara (AC) harus bekerja secara optimal.
Bagaimana jika AC mobil tidak bekerja secara sempurna. Tentu serasa di dalam Oven. Saat AC menyala terkadang suhu kabin masih terasa panas. Selain freon habis, bisa juga disebabkan perangkat AC mobil kita bermasalah. Untuk itu, ada baiknya kita perhatikan hal-hal berikut untuk mengantisipasi kerusakan AC.
Menjaga kebersihan kabin sangat penting diperhatikan. Debu-debu atau partikel kotor akan tersedot ke dalam evaporator sehingga terjadi penjamuran dan spora. Kondisi ini sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila AC dihidupkan.
Semprotkan air yang kencang pada bagian kondensor AC. Kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menyebabkan kebocoran pada bagian kondensor.
Bila ingin menghidupkan AC, lakukan pada saat posisi RPM rendah. Hal ini dilakukan untuk menghindari gesekan yang keras antara pulley dan pressure plate ÃÂ pada kompresor AC. Pulley dan pressure plate memang menjadi komponen yang sangat penting dalam sistem kerja AC. Pressure plate bertugas sebagai penghubung sehingga poros kompresor AC dapat berputar. Tugas sebagai penghubung itu baru bisa dijalankan setelah pressure plate menempel ke pulley. Pressure plate ini akan melekat ke pulley ketika kita menghidupkan AC. Masalahnya, pulley adalah komponen yang selalu berputar selama mesin hidup. Dan, putaran pulley itu berubah-ubah. Kadang cepat, kadang lambat. Tinggi rendahnya putaran pulley tergantung kerja mesin. Pulley akan berputar cepat ketika putaran mesin per menit (RPM) tinggi demikian sebaliknya.
Dari cara kerja itu kita bisa memperkirakan, kapan waktu yang tepat untuk menempelkan pressure plate ke pulley. Dan kita pun bisa membayangkan apa yang terjadi bila kita menempelkan pressure plate pada saat putarannya sangat kencang. Pada putaran kencang, gesekan antara permukaan pressure plate dan pulley akan sangat keras. Bila kebiasaan ini terus terulang, permukaan gesek dua komponen ini akan cepat aus. Bila sudah terlanjur aus, efek berikutnya cukup merepotkan: tenaga putar mesin tidak dapat diteruskan secara maksimal ke kompresor AC.
Periksalah kipas yang terletak di depan kondensor. Apakah hidup bila AC dinyalakan. Bila tidak gantilah segera sebab akan mengakibatkan kompresor rusak atau selang high press bisa meledak. Lakukan perawatan setahun sekali. Bagian yang perlu diganti adalah Receiver Dryer, Oil Kompresor, services blower, evaporator, dan kuras kondensor dan freon.
Sumber : http://autos.okezone.com/index.php/R...9/87/95810/87/
3 Kondisi Aman Berkendara
3 Kondisi Aman Berkendara
MENGEMUDI merupakan aktivitas sangat berbahaya. Namun tidak banyak pengemudi yang menyempatkan diri untuk mengkaji risikonya. Ada 3 kondisi yang perlu dikaji untuk mencapai rasa aman ketika berada dijalan.
Hal-hal yang perlu dikaji adalah kondisi kendaraan, manusia, dan lingkungan (journey management).
Ketiga kondisi tersebut harus dikaji secara benar, bila salah satu element yang ada tidak memenuhi standard keselamatan sebaiknya perjalanan ditunda terlebih dulu untuk mencegah terjadi hal yang tidak kita inginkan, bila route yang akan digunakan dilewati berulang-ulang sebaik route tersebut di kaji dahulu, hal ini sangat penting untuk memaksimalkan operasional kendaraan dan menghindari ketidaktahuan akan adanya ancaman bagi para pengemudi.
Selain itu perlu juga dipahami konsep mengemudi aman atau defensive driving. Istilah atau konsep ini makin sering didengar seiring bertambahnya jumlah mobil.
Selain itu, kita juga sering mendengar istilah safety driving. Konsep ini wajib untuk selalu kita ingat-ingat karena sangat berguna bagi keselamatan berkendara.
Berbeda dengan safety driving yang pengertiannya lebih mengarah ke kemampuan atau skill pengendara, defensive driving lebih lebih mengarah kepada pola, sikap, mental, serta perilaku pengendara.
Dari sekian banyak hal yang perlu diperhatikan, ada 4 poin yang sangat penting terkait dengan defensive driving, yaitu waspada, kesadaran (aware), sikap, dan mental, serta antisipasi.
Kewaspadaan menjadi faktor utama yang menjamin keamanan. Bila sikap waspada dibudayakan, pengemudi akan bertindak benar dalam menghadapi pengendara lain yang mungkin saja ugal-ugalan.
Tidak kalah penting adalah kesadaran. Sebagai pengemudi kita harus memiliki pengetahuan mengenai berkendara yang baik, benar dan aman. Pengetahuan dan pemahaman yang tepat dalam hal berkendara dengan benar dan praktis, akan meminimalisir potensi celaka di jalan raya.
Poin sikap dan mental lebih menegaskan pentingnya cara pandang bahwa sebagai pengendara kita tidak boleh egois dan mau menang sendiri. Yang harus kita utamakan adalah kepentingan umum. Pengemudi yang memiliki sikap dan mental baik, bersedia saling bergantian bila mendapati antrian di jalanan.
Antisipasi menjadi poin pamungkas. Sebagai pengendara kita harus belajar membuat skenario berkendara yang baik sebagai evaluasi setiap kali berkendara. Antisipasi yang tepat juga sangat mempengaruhi keselamatan berkendara.
Paling tidak, bila kita konsisten menjalankan keempat poin itu, akan bermanfaat bagi jaminan keselamatan pribadi. Itulah sebabnya, defensive driving terus disosialisaikan. Harapannya, jika semakin banyak pengemudi yang menerapkan konsep ini, pengaruhnya nanti tentu berimbas ke ketertiban berlalu lintas.
Sumber : http://autos.okezone.com/index.php/R...man-berkendara
[Tips & Trick] Cara Halus Gunakan Mobil Matic
Cara Halus Gunakan Mobil Matic
Mobil jenis matic menjadi andalan untuk digunakan di kota besar yang lalu lintasnya padat. Yang perlu diperhatikan saat menggunakan transmisi. Cara halus perlu dibudayakan agar mesin mobil awet.
Cara halus ini sangat penting karena efek gaya yang kasar dapat mempengaruhi respon mesin. Pengoperasian yang kurang tepat, lama kelamaan dapat membuat tenaga mesin terbuang percuma.
Dampak terhadap turunnya performa terkait dengan kekeliruan memindahkan transmisi baik dari posisi D (maju) ke R (mundur) maupun sebaliknya, dari R ke D. Bila setelah memajukan mobil lalu Anda ingin mundur, jangan langsung menggeser transmisi. Tunggu sampai roda berhenti. Demikian pula sebaliknya.
Pemindahan posisi transmisi tanpa menunggu kendaraan berhenti kerap terjadi pada umumnya karena si pengendara sedang terburu-buru. Padahal, menunggu sejenak bukanlah pekerjaan sulit. Justru akan jauh lebih menguntungkan. Apalagi bila menghitung kerugian yang dapat muncul akibat gaya berkendara sekasar itu.
Pemindahan langsung semacam itu sama saja dengan membenturkan komponen-komponen dalam sistem transmisi pada waktu yang tidak tepat. Dua efek buruk yang lama-kelamaan akan terjadi, seperti munculnya suara berisik. Suara tak normal ini, umunya terdengar saat perpindahan gigi, mulai masuk gigi, maupun saat kendaraan berjalan.
Selain itu, tenaga mesin menjadi juga terasa kurang responsif. Ini dikarenakan kemampuan kopling meneruskan daya dari mesin ke penggerak roda menjadi berkurang. Penyebabnya karena kampas kopling maupun kampas rem di gear box aus.
Keausan juga dapat terjadi pada roda gigi percepatan. Pemindahan ke posisi R atau D saat roda masih berputar mengakibatkan gesekan pada celah (backlash) roda gigi. Celah ini lama kelamaan bisa semakin besar. Celah yang besar itulah yang kemudian mengakibatkan bunyi di sistem transmisi.
Sumber : http://autos.okezone.com/index.php/R...an-mobil-matic