Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 27
http://idgs.in/465915
  1. #1
    bguez's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Surabaya
    Posts
    7,579
    Points
    698.49
    Thanks: 17 / 67 / 52

    Default 10 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia

    10. Stasiun Ijo (1880)

    Stasiun Ijo (IJ) adalah stasiun kereta api yang terletak di sebelah barat Stasiun Gombong. Secara administratif, stasiun ini berada di Desa Bumiagung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen. Selain sebagai stasiun persilangan, fungsi lainnya adalah sebagai pengontrol terowongan jalur rel (disebut Terowongan Ijo) yang berada di sisi timur stasiun ini. Pengelolaan stasiun yang terletak pada ketinggian +25 m dpl ini berada di bawah Daerah Operasi 5 Purwokerto. Stasiun yang dibangun pada pertengahan tahun 1880-an ini jarang disinggahi oleh kereta api. Stasiun berperon sisi ini memiliki tiga jalur rel.

    9. Stasiun Malang Kotalama (1879)

    Stasiun Malang Kotalama (MLK) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Kecamatan Sukun, Malang. Stasiun yang berada pada ketinggian +429 m dpl ini berada di Daerah Operasi 8 Surabaya. Stasiun ini merupakan stasiun KA paling selatan yang berada di Kota Malang, dan tertua, dibangun pada tahun 1879. Penambahan nama "Kotalama" dimaksudkan untuk membedakan dengan Stasiun Malang Kotabaru yang dibangun belakangan.
    Dari Stasiun Malang Kotalama terdapat percabangan rel yang menuju ke Dipo Pertamina.

    8. Stasiun Surabaya Kota (1878)

    Stasiun Surabaya Kota (SB) yang populer dengan nama Stasiun Semut terletak di Bongkaran, Pabean Cantikan, Surabaya. Letaknya sebelah utara Stasiun Surabaya Gubeng dan juga merupakan stasiun tujuan terakhir di kota Surabaya dari jalur kereta api selatan pulau Jawa yang menghubungkan Surabaya dengan Yogyakarta dan Bandung serta Jakarta. Stasiun lain yang juga penting di Surabaya adalah Stasiun Pasar Turi yang menghubungkan Surabaya dengan Semarang. Baru dalam masa kemerdekaan, Jawatan Kereta Api mengadakan layanan kereta api antara Jakarta dan Surabaya Pasar Turi melalui Semarang.
    Berdasarkan sejarahnya, Stasiun Surabaya Kota dibangun ketika jalur kereta api Surabaya-Malang dan Pasuruan mulai dirintis sekitar tahun 1870. Tujuannya untuk mengangkut hasil bumi dan perkebunan dari daerah pedalaman Jatim, khususnya dari Malang, ke Pelabuhan Tanjung Perak yang juga mulai dibangun sekitar tahun itu. Gedung ini diresmikan pada tanggal 16 Mei 1878. Dengan meningkatnya penggunaan kereta api, pada tanggal 11 Nopember 1911, bangunan stasiun ini mengalami perluasan hingga ke bentuknya yang sekarang ini.

    7. Stasiun Purwosari (1875)

    Stasiun Purwosari (PWS) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Jl. Slamet Riyadi No. 502, Purwosari, Lawiyan, Surakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +98 m dpl ini berada di Daerah Operasi 6 Yogyakarta.
    Stasiun Purwosari dibangun pada tahun 1875, dan merupakan stasiun tertua di Surakarta. Pembangunannya ditangani oleh NISM. Stasiun Purwosari berada di wilayah Mangkunegaran.

    6. Stasiun Solo Balapan (1873)

    Stasiun Solo Balapan (kode: SLO, +93m) adalah stasiun induk di Kestalan dan Gilingan, Banjarsari, Surakarta yang menghubungkan Kota Bandung, Jakarta, Surabaya, serta Semarang. Stasiun ini didirikan oleh jaringan kereta api masa kolonial NIS pada abad ke-19 (tepatnya 1873)

    5. Stasiun Kedungjati (1873)

    Stasiun Kedungjati (KEJ) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Kedungjati, Kedungjati, Grobogan. Stasiun yang terletak pada ketinggian +36 m dpl ini berada di Daerah Operasi 4 Semarang. Stasiun Kedungjati diresmikan pada bulan 21 Mei 1873. Arsitektur stasiun ini serupa dengan Stasiun Willem I di Ambarawa, bahkan dulu beroperasi jalur KA dari Kedungjati ke Ambarawa, yang sudah tidak beroperasi pada tahun 1976. Pada tahun 1907, Stasiun Kedungjati yang tadinya dibangun dari kayu diubah ke bata berplester dengan peron berkonstruksi baja dengan atap dari seng setinggi 14,65 cm.

    4. Stasiun Ambarawa (1873)

    Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah yang memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya. Salah satu kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen sampai sekarang masih dapat menjalankan aktivitas sebagai kereta api wisata. Kereta api uap bergerigi ini sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di dunia. Dua di antaranya ada di Swiss dan India. Selain koleksi-koleksi unik tadi, masih dapat disaksikan berbagai macam jenis lokomotif uap dari seri B, C, D hingga jenis CC yang paling besar (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik) di halaman museum.

    3. Stasiun Lempuyangan (1872)

    Stasiun Lempuyangan (kode: LPN, +114 m dpl) adalah stasiun kereta api yang terletak di Kota Yogyakarta, berjarak sekitar 1 km di sebelah timur dari stasiun utama di kota ini, yaitu Stasiun Yogyakarta. Stasiun yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1872 ini melayani pemberhentian semua KA ekonomi yang melintasi Yogyakarta. Stasiun Lempuyangan beserta dengan rel yang membujur dari barat ke timur merupakan perbatasan antara Kecamatan Gondokusuman di utara dan Danurejan di selatan.

    2. Stasiun Semarang Tawang (1868)


    Stasiun Semarang Tawang (kode SMT) adalah stasiun induk di Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang yang melayani kereta api eksekutif dan bisnis. Kereta api ekonomi tidak singgah di stasiun ini. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia setelah Semarang Gudang dan diresmikan pada tanggal 19 Juli 1868 untuk jalur Semarang Tawang ke Tanggung. Jalur ini menggunakan lebar 1435 mm. Pada tahun 1873 jalur ini diperpanjang hingga Stasiun Solo Balapan dan melanjut hingga Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta.

    1. Stasiun Semarang Gudang / Tambaksari (1864)

    Stasiun ini dibangun pada tanggal 16 Juni 1864 yang diresmikan oleh Gubernur Jenderal Baron Sloet van de Beele. Untuk pengoperasian rute ini, pemerintah Belanda menunjuk Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), salah satu markas NIS yang sekarang dikenal sebagai Gedung Lawang Sewu. Dan tepatnya pada 10 Agustus 1867 sebuah kereta meluncur untuk pertama kalinya di stasiun ini.

    sumber

  2. Hot Ad
  3. #2
    Deal-Or--'s Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Di atas Tanah di bawah Langit.
    Posts
    1,484
    Points
    246.12
    Thanks: 64 / 130 / 96

    Default

    itu sebagian besar peninggalan belanda/jepang ya.

    kebanyakan yang kerja dulu itu kerja paksa.

  4. #3
    LunarCrusade's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Unseen Horizon
    Posts
    8,965
    Points
    30,120.80
    Thanks: 298 / 586 / 409

    Default

    eh stasiun Jakarta Kota yg seminggu 2x gw datengin gak masuk?

    gw kirain termasuk tua banget...ga taunya dibangun setelah 1880 toh itu stasiun Jakarta Kota


    +Personal Corner | Lunatic Moe Anime Review
    +My Story INDEX
    +GRP/BRP Formula | IDGS Newbie Guide


    The moment you say a word of parting, you've already parted.
    So long as you and I are both somewhere in this world, we haven't parted.
    So long as you don't say it, you haven't parted.
    That is the way of the world:
    The Law of Linkage.

    Shichimiya Satone - Sophia Ring S.P. Saturn VII

  5. #4
    ruby_diyanx's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    in my hearth
    Posts
    512
    Points
    622.12
    Thanks: 8 / 9 / 9

    Default

    napa ya bangunan peninggalan belanda itu kokoh2 alias awet gitu,
    ga kek bangunan sekarang,di bangun ga nyampek 5 tahun dah banyak yang ancur.

  6. #5
    -Pierrot-'s Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    CAGE
    Posts
    2,600
    Points
    15,814.97
    Thanks: 44 / 119 / 91

    Default

    sebagian besar hasil kerja rodi itu

  7. #6
    AldyBennet's Avatar
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    カリマンタン
    Posts
    3,015
    Points
    469.10
    Thanks: 52 / 81 / 58

    Default

    di kalimantan ga ada kereta api....

    tua juga ya stasiun stasiun nya... kurang informasi gw tentang sejarah kereta api di indonesia

    kereta api uap nya juga masi ada yg berfungsi kan?

  8. #7
    bguez's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Surabaya
    Posts
    7,579
    Points
    698.49
    Thanks: 17 / 67 / 52

    Default

    Quote Originally Posted by AldyBennet View Post
    di kalimantan ga ada kereta api....

    tua juga ya stasiun stasiun nya... kurang informasi gw tentang sejarah kereta api di indonesia

    kereta api uap nya juga masi ada yg berfungsi kan?
    tuh gw kasih infonya..
    mgkn skrg kereta uap da yg brfungsi dan ada yang enggk..

  9. #8
    KingB00ker's Avatar
    Join Date
    Jan 2007
    Posts
    622
    Points
    783.40
    Thanks: 35 / 22 / 17

    Default

    Quote Originally Posted by ruby_diyanx View Post
    napa ya bangunan peninggalan belanda itu kokoh2 alias awet gitu,
    ga kek bangunan sekarang,di bangun ga nyampek 5 tahun dah banyak yang ancur.
    Ga dikorupsi.

    sebagian besar hasil kerja rodi itu
    Zaman sekarang ga kerja rodi? :P

  10. #9
    GoRiLlAz_LePaZz's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    4
    Points
    1.80
    Thanks: 3 / 1 / 1

    Default

    itu yang stasiun lamuyangan keliatannya udah modern ya, dah bagus

  11. #10
    KingB00ker's Avatar
    Join Date
    Jan 2007
    Posts
    622
    Points
    783.40
    Thanks: 35 / 22 / 17

    Default

    Quote Originally Posted by GoRiLlAz_LePaZz View Post
    itu yang stasiun lamuyangan keliatannya udah modern ya, dah bagus
    Mungkin foto zaman dulunya ga ada.
    Jadinya fotonya yang baru2 ini udah direnov :P.

  12. #11
    pNd_CrowN~Sexy's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    di hatimu (◕‿-)
    Posts
    2,266
    Points
    405.10
    Thanks: 8 / 80 / 57

    Default

    itu no 5 koq kek di desa gitu yah gmbrnya ?

  13. #12

    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Seoul, South Korea
    Posts
    2,274
    Points
    191.85
    Thanks: 76 / 176 / 87

    Default

    Stasiun Ambarawa

    ini stasiun jadul amat, tapi sudah di renov ulang sekarang jadi lebih bagus

    oiya, ini stasiun terbentuk karena kerja paksa jaman jepang bukan?

    hmm mohon penjelasan

    basicly, nice info gan!

  14. #13
    bguez's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Surabaya
    Posts
    7,579
    Points
    698.49
    Thanks: 17 / 67 / 52

    Default

    Quote Originally Posted by ASEU~LOVE~NILA View Post
    Stasiun Ambarawa

    ini stasiun jadul amat, tapi sudah di renov ulang sekarang jadi lebih bagus

    oiya, ini stasiun terbentuk karena kerja paksa jaman jepang bukan?

    hmm mohon penjelasan

    basicly, nice info gan!
    ada yg enggk kok..

    ada yg berdiri berdasarkan pemerintahan hindia-belanda.

    makanya dibangun stasiun2 ini..

  15. #14

    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Seoul, South Korea
    Posts
    2,274
    Points
    191.85
    Thanks: 76 / 176 / 87

    Default

    Quote Originally Posted by bguez View Post
    ada yg enggk kok..

    ada yg berdiri berdasarkan pemerintahan hindia-belanda.

    makanya dibangun stasiun2 ini..
    maksud gw stasiun ambarawa nya terbentuk karena kerja paksa jaman jepang bukan?

    itu di perjelas kaka

  16. #15
    [Freak]-Tse~'s Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    Seoul, South Korea
    Posts
    197
    Points
    44.95
    Thanks: 83 / 4 / 4

    Default

    Stasiun Ijo

    stasiunnya udah jadul banget yah kalo di gambarnya

    sampai sekarang stasiun ini masih di pakai apa tidak?

    nice info kak

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •