Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 21
http://idgs.in/361976
  1. #1

    Join Date
    Sep 2010
    Location
    japan
    Posts
    21
    Points
    79.50
    Thanks: 0 / 2 / 2

    Default Krionika, Resep Hidup Abadi

    Krionika, Resep Hidup Abadi



    Ingin melihat Indonesia ribuan tahun lagi seperti apa? Kepengin menyaksikan sendiri kolonisasi angkasa, tetapi umur tidak memperbolehkan? Maka marilah kita dorong aral rintangan itu dengan krionika!

    Apakah itu krionika? Krionika adalah teknik yang digunakan untuk mengawetkan tubuh manusia pada suhu yang sangat rendah dengan harapan suatu hari dapat dibangkitkan kembali.

    Sekarang marilah kita lihat beberapa contoh dalam sejarah. Drs T.S. Fay dan L.W. Smith dari Universitas Temple mengadakan sebuah percobaan. Ada 38 pasien kanker. Mereka dibaringkan di atas tempat tidur, dan ditumpuki dengan pecahan-pecahan es. Rasa sakitnya dihilangkan dengan bantuan anastesi. Mereka lalu tertidur… bukan tidur biasa, tapi tidur panjang! Selama lima hari mereka koma. Detak jantung mereka hampir berhenti, ginjal dan usus sudah tidak bekerja, Suhu tubuh mereka turun dari 98,6 menjadi 90 derajat fahrenheit. Setelah lima hari, mereka dibangunkan dan diberi kopi panas. Mereka semua baik-baik saja, dan malah tumornya menyusut. Sayang, akhirnya mereka semua tetap harus mati karena kanker, meskipun mungkin tidak secepat yang seharusnya.

    Ada lagi percobaan terhadap tupai-tupai yang dilakukan oleh T. Akiyama dari Manchurian Medical College. Tupai-tupai yang sedang digerogoti tumor kelenjar limfa itu diinokulasikan, lalu dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok kedua dimasukan ke dalam kulkas selama sepuluh hari, dan yang ketiga selama dua puluh hari. Hasilnya, kelompok satu dan dua mati semua, tetapi yang tiga sehat walafiat!

    Dua percobaan di atas masih di ambang batas suhu wajar. Sekarang yang lebih menarik lagi adalah percobaan dengan suhu yang hampir mencapai nol absolut. Bakteri, spora, dan infusoria, yang mengandung sedikit air, dibekukan. Saat dicairkan, kehidupan mereka berjalan lagi seperti biasa! Sel yang menganding air malah mati, karena struktur molekul mereka disusun kembali untuk mencapai konfigurasi yang stabil secara termodinamika. Dr. Alexander Goetz dari Institut Teknologi California berkata bahwa Kematian mereka bisa dihindari apabila mereka dibekukan dengan sangat cepat, sehingga molekul-molekul tidak sempat berubah polanya. Mereka akan menjadi padat, tetapi susunan molekulnya tetap cair.

    Itulah ujicoba menarik dari Dr. Goetz dalam suhu minus 252 derajat fahrenheit. Dari situ ia meyakini, bahwa kematian sel darah manusia dapat ditunda dengan suhu yang sangat rendah karena sedikitnya reaksi pada keadaan nol absolut. Dari sini, ingatlah hukum termodinamika ketiga, bahwa “pada saat suatu sistem mencapai temperatur nol absolut, semua proses akan berhenti dan entropi sistem akan mendekati nilai minimum”.

    Mungkin cukup (atau malah sangat) berisiko, tetapi ini mungkin dilakukan pada kita yang ingin melihat masa depan. Pertama, oksigen akan dipasok ke otak melalui darah untuk mencegah ischemia. Tubuh lalu disuntikkan dengan heparin yang akan mencegah pembekuan darah, lalu tubuh dibungkus dalam es. Berikutnya tinggal menyiapkan tangki berisi hidrogen cair dan mesin pendingin yang bisa bertahan ribuan tahun, dan Anda siap ber”hibernasi” ria. Begitu Anda terbangun, bersiaplah menghadapi guncangan budaya yang besar! Mobil terbang akan bersliweran kemana-mana, pesawat terbang nonstop ke Gliese 581 C, dan lain sebagainya, terserah bayangan Anda.

    Tentu saja, teknologi luar biasa ini, masih punya beberapa kendala. Pertama, dalam proses pendinginan itu, mungkin saja ada es yang akan terbentuk di antara sel-sel, dan ini akan sangat membahayakan. Ilmuwan mengakalinya dengan memasukkan krioprotektan, yaitu senyawa antipembekuan tubuh manusia yang bahannya berdasarkan pada gliserol. Air akan dibuang dari sel-sel tubuh dan diganti dengan kriprotektan. Sayang, meskipun berhasil, mungkin saja bahan ini akan meracuni tubuh manusia. Masalah lain yang sangat penting adalah “membangkitkan” kembali manusia yang diawetkan itu sendiri. Sulitlah untuk menjaga konfugirasi tubuh kita dalam waktu yang lama. Selain itu, dalam proses pencairan, tim krionika harus bisa menyelamatkan orang yang diawetkan dari kekurangan oksigen, keracunan krioprotektan, serta kerusakan yang mungkin timbul pada jaringan. Dengan teknologi yang ada saat ini, kita masih belum mampu menghidupkannya kembali seperti semula. Kita masih harus menunggu teori molekular yang mutakhir untuk memungkinkan hal ini berjalan dengan mulus.

    Tidak hanya dua masalah teknis di atas. Uang juga menjadi masalah. Biaya untuk membekukan dan mempertahankan selama ribuan tahun bukanlah sesuatu yang murah. Bahkan untuk membekukan otak saja kita akan dipungut biaya lebih dari $10.000, dan itu belum termasuk biaya selama ribuan tahun. Maka hanya orang yang sangat kaya-lah yang mungkin berminat, tetapi mengapa mereka harus memilih sesuatu yang belum pasti meskipun terdengar menjanjikan?

    Akhirnya, saat ini, untuk menghindari yang aneh-aneh dan mengurangi biaya, maka diusulkan agar otak saja yang diawetkan, sambil berharap-harap cemas bahwa suatu saat nanti teknologi kloning sudah cukup mutakhir untuk meregenerasi anggota tubuhnya. Dari tawaran itu, kita akan melihat, bahwa amnesia akan menjadi penentu keberhasilan terakhir…

    Berkat banyaknya ketidakpastian di atas, pengawetan manusia hidup dilarang di Amerika Serikat. Hanya mayat-lah yang diperbolehkan untuk digunakan sebagai bahan pecobaan krionika. Jika tidak, itu akan dikategorikan sebagai “pembunuhan”. Selain itu, dalam etika dan agama, akan muncul banyak sekali pertanyaan dan pertentangan terhadap teknik ini.

    http://mimihideung.tumblr.com/post/3...ep-hidup-abadi

    ================================================== ======

    Pada tahun 1967, seorang agen rahasia Inggris “dibekukan” sembari menunggu masa yang akan datang di mana musuh bebuyutannya bangun dari tidur panjangnya dalam kebekuan untuk kembali mengancam dunia. Masa itu tiba tahun 1997. Agen rahasia itu dibangkitkan kembali setelah diawetkan dalam es selama 30 tahun untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran.

    Mungkin anda mengenali skenario di atas yang ada dalam film “Austin Powers: International Man of Mystery” (1997). Ilmu pengetahuan yang mengilhami cerita film itu benar-benar ada. Ilmu itu disebut kriogenika, yaitu ilmu yang mempelajari tentang apa yang terjadi pada materi pada suhu yang sangat rendah. Krionika, yaitu teknik yang digunakan untuk mengawetkan tubuh manusia pada suhu yang sangat rendah dengan harapan suatu hari dapat dibangkitkan kembali, sedang dikembangankan saat ini.

    Gagasan di balik krionika adalah jika seseorang “mati” akibat penyakit yang dideritanya, ia dapat “dibekukan” untuk kemudian dibangkitkan kembali di masa depan saat teknologi pengobatan sudah dapat menyembuhkan penyakitnya itu. Seseorang yang diawetkan sedemikian rupa dikatakan berada dalam keadaan suspensi krionika.

    Tahap-tahap untuk menjalani suspensi krionika:

    1. Menjadi anggota sebuah fasilitas krionika dan membayar iuran keanggotaan (sekitar $400 per tahun).

    2. Dinyatakan “mati secara hukum”.

    3. Tim tanggap darurat dari fasilitas tersebut mendatangi anda, tubuh anda distabilkan dengan cara memasok oksigen melalui darah ke otak anda dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan fungsi minimal otak hingga saatnya tiba untuk anda dipindahkan ke fasilitas suspensi.

    4. Tubuh anda akan dibungkus dalam es dan diinjeksikan heparin (sejenis antikoagulan/ anti pembekuan darah) untuk mencegah darah anda membeku dalam perjalanan menuju fasilitas krionika. Sekelompok tim medis menunggu kedatangan tubuh anda di fasilitas itu.

    5. Begitu anda tiba di fasilitas kriogenika, “pembekuan” yang sesungguhnya segera dimulai. Fasilitas kriogenika tidak bisa begitu saja menempatkan pasien mereka ke dalam wadah nitrogen cair karena akan menyebabkan air yang dikandung sel tubuh membeku. Tim krionika harus membuang air dari sel-sel tubuh anda terlebih dahulu dan menggantinya dengan campuran kimiawi berbasis gliserol yang disebut krioprotektan (semacam senyawa antipembekuan tubuh manusia).

    6. Langkah selanjutnya adalah memasukan tubuh anda yang kemudian diletakkan ke dalam tangki logam yang besar yang berisi nitrogen cair pada suhu sekitar -196oC. Tubuh anda disimpan dengan posisi kepala di bawah.

    7. Karena biaya yang sangat mahal, ilmuwan memberikan jalan yang ekonomis dengan hanya mengawetkan otak anda. Dengan harapan suatu saat nanti teknologi menemukan cara untuk mengkloning tubuh anda yang lain yang tidak diawetkan.

    nih ane coba masukin gambarnya, cekidot





    http://mypotik.blogspot.com/2011/01/...angkitkan.html
    Last edited by MimiHitam; 14-02-11 at 11:16.

  2. Hot Ad
  3. The Following User Says Thank You to -dotaem0n- For This Useful Post:
  4. #2
    Azunyan's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Beyond the Hill
    Posts
    2,031
    Points
    690.10
    Thanks: 78 / 188 / 137

    Default

    7. Karena biaya yang sangat mahal, ilmuwan memberikan jalan yang ekonomis dengan hanya mengawetkan otak anda. Dengan harapan suatu saat nanti teknologi menemukan cara untuk mengkloning tubuh anda yang lain yang tidak diawetkan.
    sumpah ini ngakak,
    kalo ntar di masa depan para ilmuwan blom nemuin ni metode gimana?
    sia" dong otak lo

  5. #3
    LunarCrusade's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Unseen Horizon
    Posts
    8,965
    Points
    30,120.80
    Thanks: 298 / 586 / 409

    Default

    Quote Originally Posted by Azunyan View Post
    sumpah ini ngakak,
    kalo ntar di masa depan para ilmuwan blom nemuin ni metode gimana?
    sia" dong otak lo
    kemungkinan ditemukan pasti ada,

    yang jadi masalah...kapan?

    yang kaco sih sebelum itu ditemukan, tabung penyimpanannya pada rusak


    ini pernah nonton kok gw dulu a


    +Personal Corner | Lunatic Moe Anime Review
    +My Story INDEX
    +GRP/BRP Formula | IDGS Newbie Guide


    The moment you say a word of parting, you've already parted.
    So long as you and I are both somewhere in this world, we haven't parted.
    So long as you don't say it, you haven't parted.
    That is the way of the world:
    The Law of Linkage.

    Shichimiya Satone - Sophia Ring S.P. Saturn VII

  6. #4
    yagami_light's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    ...Didalam Setiap Hati yg memiliki Cinta...
    Posts
    4,143
    Points
    3,482.40
    Thanks: 193 / 124 / 77

    Default

    Aneh2 aja...
    Masa dibekukan?

    Kl cuma otakny yg dibekukan juga aneh...
    Warnany pasti berubah kan? Ap msh fungsi? Ud pst disfungsi...
    Jantung kl dibekukan, gmn caranya?
    Ud ada contoh nyatanya blm??
    Aneh2 aja... >_<

    Saya g percaya kcuali ada bukti nyatanya...
    Klpun ada bukti nyatanya, g akn mw coba... >_<
    Cinta dengan Indogamers? Mau punya Signature sampai 8 Baris? Mau ngedit Banner? Jadi Donatur aja !
    Apa sih kelebihan Status DONATUR itu? klik disini

    [ Event ] Make Your Own Story of Indogamers! Berhadiah Point Vbookie + Uang Tunai

    Quote Originally Posted by Orang Ganteng View Post
    Kamu ga tau ya, kalau Indogamers Banget ini lebih Supranatural daripada Forum Supranatural?

  7. #5
    ReimuHakurei's Avatar
    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Hakurei Shrine
    Posts
    125
    Points
    1.10
    Thanks: 0 / 2 / 2

    Default

    ng...ini memang belom terbukti 100% kok, soalnya teknologi buat "menghidupkan" kembali aja belom ada

    kemungkinan otak rusak saat tubuh tiba" dicemplungin ke Nitrogen cair juga ada lho...jadi lumayan beresiko

  8. #6
    Matriach's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Rumah
    Posts
    2,522
    Points
    24,462.22
    Thanks: 179 / 164 / 77

    Default

    Otak dibekukan sudah pasti akan berkurang massanya, alias menciut.
    Adakah penjelasan lebih lanjut tentang otak yang "menciut" ini ?

  9. #7
    kentutnaga's Avatar
    Join Date
    Nov 2010
    Posts
    331
    Points
    398.10
    Thanks: 9 / 101 / 52

    Default

    Gw pribadi percaya, didunia ini ga ada yg ga mungkin..

    Malah gw memprediksi suatu saat nanti bakalan ada dunia malam,
    Jadi nanti manusia ga perlu tidur (istirahat) kan sayang minimal 8 jam dipake buat tidur..
    Cukup dengan sebutir obat, manusia bisa tahan 24 jam bekerja tanpa harus istirahat..

  10. #8
    Azunyan's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Beyond the Hill
    Posts
    2,031
    Points
    690.10
    Thanks: 78 / 188 / 137

    Default

    Quote Originally Posted by LunarCrusade View Post
    kemungkinan ditemukan pasti ada,

    yang jadi masalah...kapan?

    yang kaco sih sebelum itu ditemukan, tabung penyimpanannya pada rusak


    ini pernah nonton kok gw dulu a
    ya ini maksud gw..

    sapa yang tau kapan para ilmuwa bakal nemuin tuh teknologi buat bikin clone dengan modal otak..

    dah gitu bayar lagi,

    berarti kan lo membayar kepada sesuatu yang blom pasti

  11. #9
    LunarCrusade's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Unseen Horizon
    Posts
    8,965
    Points
    30,120.80
    Thanks: 298 / 586 / 409

    Default

    Quote Originally Posted by Azunyan View Post
    ya ini maksud gw..

    sapa yang tau kapan para ilmuwa bakal nemuin tuh teknologi buat bikin clone dengan modal otak..

    dah gitu bayar lagi,

    berarti kan lo membayar kepada sesuatu yang blom pasti
    ada aja lho org" yg lebih suka menginvestasikan uangnya pada sesuatu yang menjanjikan di masa depan walau belum pasti daripada sesuatu yang konvensional dan sudah pasti

    dibilang bikin "clone dgn modal otak" juga nga tepat lho

    yang dimaksud di sini itu, otak org tsb diawetin tapi tubuh kita nga ikutan (karena...biaya lagian susah juga ngawetin seluruh tubuh dgn ngejaga kondisinya tetep 100% sama)
    dan nanti (entah kapan), tubuh orang itu akan direkonstruksi ulang (mungkin pake sampel DNA orang itu juga)


    +Personal Corner | Lunatic Moe Anime Review
    +My Story INDEX
    +GRP/BRP Formula | IDGS Newbie Guide


    The moment you say a word of parting, you've already parted.
    So long as you and I are both somewhere in this world, we haven't parted.
    So long as you don't say it, you haven't parted.
    That is the way of the world:
    The Law of Linkage.

    Shichimiya Satone - Sophia Ring S.P. Saturn VII

  12. #10
    hunteress's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,609
    Points
    9,257.14
    Thanks: 103 / 72 / 56

    Default

    mau tnya tp apakah manusia yg didinginkan tsb tidak mengalami hipotermia?

    karena jika terkena jejas suhu berupa hipotermia malah akan berakibat fatal

  13. #11
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,242
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    Quote Originally Posted by hunteress View Post
    mau tnya tp apakah manusia yg didinginkan tsb tidak mengalami hipotermia?

    karena jika terkena jejas suhu berupa hipotermia malah akan berakibat fatal
    Hipotermia adalah saat mekanisme tubuh kita kesulitan untuk mengatasi tekanan suhu dingin. Kalau ini jelas sekali secara definitif pasti akan terjadi, tetapi dalam krionika, yang dijaga adalah fungsi minimal tubuh. Maka dari itu oksigen dipasok melalui darah ke otak demi mencegah ischemia. Heparin akan mencegah pembekuan darah. Krioprotektan berdasarkan gliserol yang menggantikan air akan menghentikan pembentukan es yang akan sangat membahayakan. Akan tetapi tentu saja kendalanya ada lagi, sesuai dengan yang sudah dituliskan di artikel di atas. Kita mungkin masih harus menunggu teknologi molekular yang lebih canggih untuk memastikan hal ini akan berjalan seratus persen mulus...

    Sekadar informasi, hipotermia bisa juga digunakan dalam medis, sebagai "hipotermia terapeutik", untuk mengurangi risiko ischemia akibat kurangnya aliran darah. Lihat http://en.wikipedia.org/wiki/Therapeutic_hypothermia untuk informasi selengkapnya.

    CMIIW

    Salam
    Last edited by MimiHitam; 14-02-11 at 22:34.

  14. #12
    hunteress's Avatar
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,609
    Points
    9,257.14
    Thanks: 103 / 72 / 56

    Default

    Quote Originally Posted by MimiHitam View Post
    Hipotermia adalah saat mekanisme tubuh kita kesulitan untuk mengatasi tekanan suhu dingin. Kalau ini jelas sekali secara definitif pasti akan terjadi, tetapi dalam krionika, yang dijaga adalah fungsi minimal tubuh. Maka dari itu oksigen dipasok melalui darah ke otak demi mencegah ischemia. Heparin akan mencegah pembekuan darah. Krioprotektan berdasarkan gliserol yang menggantikan air akan menghentikan pembentukan es yang akan sangat membahayakan. Akan tetapi tentu saja kendalanya ada lagi, sesuai dengan yang sudah dituliskan di artikel di atas. Kita mungkin masih harus menunggu teknologi molekular yang lebih canggih untuk memastikan hal ini akan berjalan seratus persen mulus...

    Sekadar informasi, hipotermia bisa juga digunakan dalam medis, sebagai "hipotermia terapeutik", untuk mengurangi risiko ischemia akibat kurangnya aliran darah. Lihat http://en.wikipedia.org/wiki/Therapeutic_hypothermia untuk informasi selengkapnya.

    CMIIW

    Salam
    owh gitu y

    suatu saat pasti akan ditemukan cara bagaimna menyempurnakan metode ini. n pastinya pasokan o2 ke serluruh tubuh jadi pemegang kunci agar tidak terjadinya kerusakan organ berlanjut

    thx infonya om

  15. #13
    Josie's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Simpang Rengam, Johor, Malaysia
    Posts
    458
    Points
    41.60
    Thanks: 20 / 72 / 56

    Default

    hm ..
    Kaisar Shi Huang Ti ..
    Kaisar pertama di **** juga pernah mencari obat tersebut ..
    pencariannya di pulau zhifu
    hanya sekedar share info2 yang gw tau
    nice thread TS *

  16. The Following User Says Thank You to Josie For This Useful Post:
  17. #14
    DitimpaGajah's Avatar
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    184
    Points
    243.90
    Thanks: 4 / 6 / 6

    Default

    jgn deh ngelawan alam...
    mana ada yang bisa hidup abadi...aneh2 aja
    paling mah memperpanjang usia sedikittttttt lagiiiiiii

  18. #15
    WoShiGuiGui's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    BANDUNG
    Posts
    2,497
    Points
    20.96
    Thanks: 15 / 107 / 65

    Default

    Quote Originally Posted by DitimpaGajah View Post
    jgn deh ngelawan alam...
    mana ada yang bisa hidup abadi...aneh2 aja
    paling mah memperpanjang usia sedikittttttt lagiiiiiii
    klo gitu kk ud salah lho
    sapa bilang manusia gag bisa idup abadi ??
    ada donk obatnya .
    ada donk caranya .
    hanya sekarang masi blom ada .
    @Josie ??
    mank ada yaa ??
    qing shi huang pernah mencari obat idup abadi ??
    brb baca wiki xD
    thx .
    nice share TS

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •