Terkadang kita sering dikritik mengenai sesuatu, soal pekerjaan, penampilan, perilaku dll. Terdapat banyak macam kritikan dan juga terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Pada saat kita telah dapat menentukan jenis kritikan apa yang menghampiri kita, kita dapat menanganinya jauh lebih baik.
Berikut ini adalah beberapa cara bagi anda untuk menangani kritikan :We are often criticized about, our work, looks, behavior, etc. There are different types of criticism and there are different ways to deal with criticism. Once we are able to determine the type of criticism that is thrown our way, we can handle it much better.
PetunjukHere are some ideas of how you can deal with criticism :
1. Ketika anda dikritik oleh seseorang, sebelum anda marah kepada si pengkritik. Pikirkanlah sejenak atas apa yang orang itu katakan. Mungkin ternyata ada beberapa hal yang anda dapat pelajari dari kritikan tersebut.Instructions
2. Terkadang ketika kita dikritik, hal itu dimaksudkan untuk membantu kita meningkatkan performa pekerjaan kita. Saya tahu kritikan itu terkadang menyakitkan, namun anda dapat membuat kritikan itu justru berbalik menguntungkan anda. Terimalah kritikan tersebut, dan jadikanlah ‘senjata’ anda, hingga anda dapat memperoleh manfaat dari hal tersebut. Jadikanlah kritikan sebagai sebuah pelajaran, untuk memperkuat dan meningkatkan hal-hal yang menjadi kelemahan anda.1. When you are criticized by someone, before you get angry at them. Take the time to reflect on what was said. Maybe there is something that you can learn from that criticism.
2. Sometimes when we are criticized, it is meant to help us to improve on ourselves or our work. I know sometimes it hurts, to hear someone criticize you, but you can make it benefit you. Take the criticism and turn it around, so that you can benefit from it. Use it as a lesson, to strengthen and improve your weaknesses.
3. Terkadang ada beberapa saat di mana orang mengkritik anda tanpa alasan yang jelas. Bahkan beberapa orang secara berkala ‘gemar’ mengkritik anda, namun mereka jarang atau malah sama sekali tidak memberikan masukan yang positif. Mungkin mereka hanya mencoba untuk merusak hari anda atau untuk mengurangi rasa percaya diri anda. Bila anda menyadari kasusnya seperti itu, abaikan saja mereka dan lanjutkan hidup anda.
4. Kapanpun anda dikritik akan sesuatu, pastikan anda selalu sigap akan apa yang seharusnya diperbaiki. Misalnya, bila atasan anda mengkritik pekerjaan anda, janganlah anda menanggapi kritikan tersebut secara personal, sebaliknya cobalah anda menanyakan kepada atasan anda mengenai hal apa saja secara detil dan spesifik yang perlu diperbaiki.3. There are other times that people will criticize you for no reason at all. Some will constantly criticize you, but they seldom or never give positive feedbacks. Maybe they are just trying to ruin your day or to lower your self-esteem. If you realize that this is the case, ignore them and continue on.
4. Whenever you are criticized, make sure that you are aware of what exactly needs to be corrected. For example if your boss, critcizes your work, instead of taking it personal, ask for specific details of what is needed to be corrected.
5. Miliki rasa percaya diri terhadap diri anda sendiri dan apapun yang anda lakukan. Ingatlah selalu, bahwa anda tidaklah sempurna, dan terdapat setidaknya satu orang yang akan mengkritik anda.
5. Have confidence in yourself and whatever you do. Keep in mind, that you are not perfect, and there is going to be at least one person who will crticize you.
6. Jangan biarkan kritikan menghambat atau bahkan mengurangi rasa percaya diri anda. Dalam kehidupan kita sehari-hari, sudah pasti kita akan menghadapi beberapa kritikan yang menerpa diri kita. Bagaimana cara kita mengatasi kritikan tersebut, itulah yang paling penting. Berpikirlah positif, setidaknya anda cukup penting bagi beberapa orang, sehingga mereka memiliki waktu untuk mengkritik anda.
6. Don't allow criticism to slow you down or lower your self-esteem. In our everyday lives we are sure to encounter some sort of criticism. It is how we take criticism that matters. Think of it as something positive, at least you are important enough to some people, for them to take the time to criticize you.
Tips & Peringatan
- Pelajarilah untuk membedakan sebuah “kritik yang membangun” dengan sebuah “caci maki semata”.Tips & Warnings
- Gunakanlah kritik yang membangun tersebut sebagai sebuah alat pembelajaran anda.- Learn to differentiate constructive criticism from verbal abuse.
- Janganlah merasa sakit hati terhadap seseorang karena orang tersebut telah mengkritik anda.- Take constructive criticism as a learning tool.
- Don't resent someone because they criticize you.
SUMBER (SOURCE)
Share This Thread