Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 15 of 34
http://idgs.in/101029
  1. #1

    Join Date
    Jul 2008
    Location
    still none of your concern
    Posts
    21
    Points
    108.80
    Thanks: 0 / 39 / 2

    Default [Guide] FACTS about Attacks & Defenses

    Setelah byk perdebatan mengenai "what's better in raids, Hitrate or Crits/APs for rogues?" mungkin perlu sedikit dijabarkan mengenai bagaimana sistem kerja / game mechanics World of Warcraft bekerja sehubungan dengan serangan, tentunya bagaimana char anda memilih stat apa yang anda tingkatkan, sepenuhnya bergantung pada kemauan anda sendiri, saya hanya membantu membeberkan data2 tambahan perihal ini.
    Sebelumnya perlu ditekankan bahwa bahasan ini hanya berlaku spesifik untuk melee physical attacks ke/dari mob (bosses & monsters) dengan interval serangan yang panjang (raids) bukan untuk PvP, karena saya tidak mencantumkan kalkulasi resillience, dan perlu dicatat juga bahwa informasi ini bukan bersumber dari gosip, asumsi2, maupun theorycraft, melainkan murni dari statemen yang dikeluarkan representatif Blizzard pada bulan Juni 2005 sehubungan dengan kalkulasi crit dan hitrate. Dan perlu diingat bahwa thread ini merupakan tranlasi serta adaptasi dari berbagai sumber, bukan ide pribadi.

    Beberapa pertanyaan yang saya harap dapat dijawab disini adalah :
    1. Mengapa Hitrate lebih penting dari Critical Rate?
    2. Apakah benar tidak hanya hitrate yang memiliki cap (red: hitcap - jelasnya baca rogue dps guide), critrate juga memiliki CritCAP?
    3. Mengapa melee hitter sebaiknya menyerang dari belakang?
    4. Mengapa beberapa tank terkesan lebih 'badak' dari tank lainnya?

    Untuk menjawab pertanyaan2 tersebut, mari kita lihat yang disebut dengan Attack Table WoW. Attack Table adalah urutan prioritas kalkulasi yang menentukan hasil dari setiap serangan yang anda lakukan (atau dilakukan kepada anda) terhadap monster (atau boss). Perhitungan pada attack table disini berlaku untuk white damage (kalkukasi untuk special skill sedikit berbeda), dan setidaknya mungkin membantu meluruskan beberapa kesalahpahaman mengenai bagaimana kerja mechanics WoW mengenai serangan2. WoW mengkalkulasikan setiap efek dari setiap serangan secara linear berdasarkan "die roll". Setiap serangan yang anda lakukan dan dilakukan kepada anda memiliki kemungkinan untuk miss, dodge, parry, block, crushing (khusus serangan kepada anda), critical, glancing, normal hit. Dari 8 kemungkinan hasil itu, kalkulasi hasilnya dilakukan berdasarkan urutan prioritas sbb (dari atas kebawah) :

    Miss
    Dodge
    Parry
    Glancing Blow
    Block
    Critical
    Crushing Blow
    Normal Hit

    Perlu diingat bahwa level boss selalu level anda +3 untuk patch saat ini, dan untuk dual wielder perlu dicamkan bahwa serangan anda selalu memiliki base chance to miss sebesar 28% untuk normal hit, dan 9% untuk special attacks (skills).

    Dari attack table diatas, bisa dilihat bahwa setiap serangan yang dilakukan oleh/kepada anda pasti menghasilkan salah satu dari kedelapan kemungkinan hasil itu. Jadi sistem mechanics WoW tidak mengenal metoda kalkulasi berantai seperti pada game-game lainnya. Kalkulasi berantai itu seperti ini, untuk menghasilkan serangan critical, game akan menghitung apakah serangan sebelumnya hit atau miss, jika miss maka hasil serangan akan miss, jika hit, apakah roll nya menyatakan dia critical atau tidak.


    Glancing Blow :
    Dari berbagai serangan hasil serangan diatas, ada yg disebut dengan glancing blow, glancing blow adalah serangan yang terkena penalti berdasarkan selisih dari weapon skill penyerang dengan defense skill target dan berlaku untuk boss, mob biasa, serta player lain. Kemungkinan setiap serangan menjadi glancing blow untuk target tipe boss untuk karakter lvl 70 dengan weapon skill maks adalah 25%.

    Hitrate Cap : (baca thread rogue dps guide)

    Critical Cap :
    Batas critical aktual yang terjadi berdasarkan kalkulasi dari attack table. Ingat bahwa critical rate yang tertulis pada char info anda belum tentu merupakan critical rate sebenarnya yang terjadi pada serangan ke suatu target.

    Berikut adalah contoh kalkulasi hasil serangan dengan attack table diatas terhadap rogue lvl 70, bernama Bambang. Bambang memutuskan untuk mengisi eq nya full +crit. Sehingga total critrate dia adalah 30%. Weapon skill dia full 350 untuk senjata yang dia gunakan, namun dia tidak memilki eq +hit dan +expertise samasekali, dan dia tidak mengambil talent expertise. Berdasarkan mechanics WoW, kemungkinan serangan dia kepada boss untuk miss dan di parry adalah 9%, dan serangan dia untuk di dodge dan di block adalah 6.5%. Karena Bambang rogue (dual wield), dia terkena penalty +19% untuk setiap normal attack swing, jadi keseluruhan kemungkinan miss serangan bambang adalah 28%. Berikut adalah attack table dari setiap normal damage yang dihasilkan oleh Bambang :

    Miss : [chance] 28% [roll] 0.01 - 28.00
    Dodge : 6.5% 28.01 - 34.5
    Parry : 9% 34.51 - 43.5 (serangan dari depan)
    Glancing : 25% 43.51 - 68.5
    Block : 6.5% 68.51 - 75.0 (serangan dari depan)
    Critical : 25% 75.01 - 100
    Crushing : (roll habis)
    Normal Hit : (roll habis)

    Critical Strike rating CAP : 25%

    Tunggu dulu... mengapa critical chance Bambang drop dari 30% menjadi 25%? Jawabannya adalah karena Bambang tidak memiliki cukup Hitrating untuk menembus roll critical rate 30%, dengan kata lain 5% dari critical rate Bambang terbuang percuma karena Hitrate Bambang terlalu rendah, dan karena bambang melakukan hal bodoh dengan menyerang dari depan. Sekarang bagaimana bila Bambang menyerang dari belakang :

    Miss : [chance] 28% [roll] 0.01 - 28.00
    Dodge : 6.5% 28.01 - 34.5
    Parry : 0% - (serangan dari belakang)
    Glancing : 25% 34.51 - 59.5
    Block : 0% 68.51 - 75.0 (serangan dari depan)
    Critical : 30% 59.51 - 89.5
    Crushing : 0% - (serangan player tidak bisa crushing)
    Normal Hit : 10.5% 89.51 - 100.0

    Critical Strike rating CAP : 40%

    Hanya dengan merubah arah serangan (dari depan menjadi dari belakang), bambang meningkatkan crit rate dia sebesar 5% (menjadi 30%) dan meningkatkan cap hitrate dia menjadi 40% (hey, skrg buff2 dari paladin dan druid sehubungan dengan critical rate dapat digunakan). Perlu dicatat pula, batasan maksimal critical strike rating Bambang adalah 40%, jadi walaupun pada character info Bambang misalnya full buffed tercatat 45% atau lebih, cap crit rate Bambang tetap diputuskan 40%, tidak bisa lebih!

    Dari sini bisa disimpulkan bahwa :
    1. Critical Strike yang besar tidak ada gunanya jika Cap critical anda pada waktu itu kecil (lihat attack table)
    2. Melee hitter harus, selalu menyerang dari belakang jika memungkinkan
    3. Memungkinkan bagi setiap tank (warrior/paladin/druid/rogue) untuk menghindari crushing blow 100% dari boss dengan mengkondisikan die rollnya sehingga roll habis sebelum mencapai tingkatan crushing pada attack table.

    Mudah2an bahasan ini membantu. Thx.

  2. Hot Ad
  3. #2
    kurayami's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    Pinggiran kota bandung
    Posts
    916
    Points
    1,053.80
    Thanks: 1 / 4 / 4

    Default

    thz banget!!!!
    nice!!!!
    _____________
    moderator naikin ke atas nih!!
    ______________
    EDIT:
    tabel ini bukan??
    http://www.wowwiki.com/Attack_table
    di baca pusing rada gangerti bhs ing!!!
    Last edited by kurayami; 05-08-08 at 06:31.
    Fakefood - Druid jadi-jadian
    Cuti dulu ah....

  4. #3
    gabrielle's Avatar
    Join Date
    Dec 2007
    Location
    between hell and heaven
    Posts
    1,038
    Points
    1,245.30
    Thanks: 0 / 1 / 1

    Default

    wogh..nice bgt...

    keren guidenya...

  5. #4
    nveuu's Avatar
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    di warnet
    Posts
    2,496
    Points
    494.79
    Thanks: 36 / 20 / 11

    Default

    berat kata2 nya.... ajib2

  6. #5
    basgol's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    644 421
    Posts
    2,134
    Points
    2,022.52
    Thanks: 2 / 1 / 1

    Default

    bole tau link aslinya ? mo liat comment2 na ^^
    200 members, 1 aim, 1 guild, 1 success story
    guild=work as 1, play as 1, fight as 1, succeed as 1
    hope for the best, but prepared for the worse
    play whole day=no life, work whole day=no life, criticizing others no life=life

  7. #6
    jeg_bagus's Avatar
    Join Date
    Dec 2006
    Location
    Rent house
    Posts
    860
    Points
    1,156.10
    Thanks: 0 / 19 / 12

    Default

    gw pernah baca artikel ini keknya..
    buat attack table jg seperti yang dikatakan diatas
    contoh yang paling mudah anggap saja anda menggunakan reclessnes (warrior) akan menambah 100% crit, maka untuk momon level 70, hit anda pasti crit, tidak mungkin bisa miss, dodge, parry, block, dll.
    jadi attack table seperti hit, crit, expertise akan dijumlahkan dan jika dikurangi dengan defense lawan maka sebegitu besar chance akan miss (attack table paling atas)..

    begitu jg untuk tanking, koef biar TB benar - benar free crushing blow + crit blow itu total dari penjumlahan dodge, parry, block. bukan dari total def rating walau def rating bakal naikin ke 3 stat tsb. tapi kalau caps total avoidance tersebut sudah didapat, maka akan percuma untuk menaikan nya lg, lebih baik menaikan Health point. karena HP adalah stat terpenting untuk seorang tb.
    tp di tier 6.5 item sendiri tb sudah dimodif sesuai dengan level item nya, dan memang sangat menguntungkan untuk TB dmana dodge (dodge tidak kena hit fisik) chance lebih tinggi dari pada parry maupun block. dibandingkan dengan tier 6 yang lebih menaikkan def rating..

    thank`s buat guide nya..

    regard.
    Killing me softly..

  8. #7
    Totong's Avatar
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Lapak dah ilang ..
    Posts
    2,155
    Points
    602.57
    Thanks: 85 / 418 / 201

    Default

    Quote Originally Posted by basgol View Post
    bole tau link aslinya ? mo liat comment2 na ^^
    www.gaylover.com

  9. #8
    basgol's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    644 421
    Posts
    2,134
    Points
    2,022.52
    Thanks: 2 / 1 / 1
    200 members, 1 aim, 1 guild, 1 success story
    guild=work as 1, play as 1, fight as 1, succeed as 1
    hope for the best, but prepared for the worse
    play whole day=no life, work whole day=no life, criticizing others no life=life

  10. #9
    fvckverkhaufen's Avatar
    Join Date
    Dec 2007
    Location
    Dalem kamar sambil ngorek2 PHOTOSHOP berjam²....
    Posts
    994
    Points
    1,116.90
    Thanks: 0 / 1 / 1

    Default

    Yah...

    lo skrg anak forum EFFENDY.COM gol??

    parah HOBI lo ga gw sangka!!
    see me @ http://hazeldzld.deviantart.com
    (i'm a healing slave...and i'm proud of it!!)

  11. #10
    Totong's Avatar
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Lapak dah ilang ..
    Posts
    2,155
    Points
    602.57
    Thanks: 85 / 418 / 201

    Default

    beugh ada lagu nya lagi

  12. #11
    fvckverkhaufen's Avatar
    Join Date
    Dec 2007
    Location
    Dalem kamar sambil ngorek2 PHOTOSHOP berjam²....
    Posts
    994
    Points
    1,116.90
    Thanks: 0 / 1 / 1

    Default

    Trus lu jg ikut forum effendy!!

    wah wabah ini!!
    see me @ http://hazeldzld.deviantart.com
    (i'm a healing slave...and i'm proud of it!!)

  13. #12
    kurayami's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    Pinggiran kota bandung
    Posts
    916
    Points
    1,053.80
    Thanks: 1 / 4 / 4

    Default

    ea orng laen nyari bener malah ngasih link yg ga bener!!!!
    kaum **** semua!!!
    Fakefood - Druid jadi-jadian
    Cuti dulu ah....

  14. #13
    basgol's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    644 421
    Posts
    2,134
    Points
    2,022.52
    Thanks: 2 / 1 / 1

    Default

    Quote Originally Posted by fvckverkhaufen View Post
    Yah...

    lo skrg anak forum EFFENDY.COM gol??

    parah HOBI lo ga gw sangka!!
    kan luw yg ngasih gw lewat PM... gmn sih......
    200 members, 1 aim, 1 guild, 1 success story
    guild=work as 1, play as 1, fight as 1, succeed as 1
    hope for the best, but prepared for the worse
    play whole day=no life, work whole day=no life, criticizing others no life=life

  15. #14
    avissa's Avatar
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    kamar
    Posts
    243
    Points
    273.70
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    cacad abis >,<
    banyak rekan2 seperjuangan ternyata disini, akakkakkaka

  16. #15
    Totong's Avatar
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Lapak dah ilang ..
    Posts
    2,155
    Points
    602.57
    Thanks: 85 / 418 / 201

    Default

    effendy koq ga bisa ya?

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •