Results 1 to 3 of 3
http://idgs.in/10331
  1. #1

    Join Date
    Oct 2006
    Location
    love side of your heart^^
    Posts
    38
    Points
    52.30
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default belajar tentang jantung kita ^^

    moga2 gw bener nih posting ginian di sini...

    ayo... yg di sini jgn maen melolo kerjanya, skali2 belajar mengenai jantung...
    kebetulan gw lg tertarik belajar ginian (pingin'nya sih jd dokter hehe... ::laugh:: )

    ok.. buat awal2 gw kasih tau dari dasar dolo...

    APA ITU JANTUNG?? :confused:

    PENGETAHUAN DASAR TENTANG JANTUNG

    Dalam tubuh manusia jantung terletak sebelah kiri sedikit dari dada, di belakang tulang dada (sternum). Ia diseliputi oleh kantung yang dikenali sebagai perikardium dan dikelilingi oleh paru-paru. Jantung mempunyai berat sekitar 300~350 g bagi orang dewasa. Jantung terdiri daripada empat kamar, dua atrium atas dan dua ventrikel bawah.

    Dinding otot yang tebal (septum), membahagikan antara atrium dan ventrikel kanan dari atrium dan ventrikel kiri, memisahkan darah dari bercampur. Injap antara atrium dan ventrikel membenarkan aliran darah dwiarah dari atrium atas ke ventrikel bawah.

    Ventrikel adalah bahagian jantung yang mengepam darah kesekeliling tubuh atau ke paru-paru. Dinding ventrikel adalah lebih tebal berbanding atrium, dan pengucupan dinding ventrikel adalah lebih penting bagi mamastikan darah mengalir.



    (Pandangan anterior (hadapan) keratan rentas jantung. Anak panah putih menunjukkan arah darah bergerak)

    Darah tak beroksigen dari tubuh memasuki atrium kanan melalui 2 urat, vena kava superior dan vena kava inferior. Darah kemudian mengalir ke ventrikel kanan. ventrikel kanan mengepam darah tanpa oksigen ke paru-paru, melalui arteri pulmonari. Selepas darah kehilangan karbon dioksida dan menyerap oksigen dalam paru-paru, ia mengalir melalui urat pulmonari ke atrium kiri. Dari atrium kiri, darah beroksigen memasuki ventrikel kiri. ventrikel kiri merupakan pam utama, menghantar darah melalui aorta kesemua tubuh kecuali paru-paru.

    ventrikel kiri lebih tebal berbanding kanan disebabkan ia mesti mengepam darah melalui seluruh tubuh , ini melibatkan mengenakan tekanan yang kuat bagi mengatasi tekanan yang dikenakan oleh tubuh. ventrikel kanan hanya perlu mengepam darah ke paru-paru, dengan itu memerlukan kurang otot.

    Walaupun ventrikel berada di bawah atrium, kedua saluran di mana darah keluar dari jantung, arteri pulmonari dan aorta, keluar dari jantung di bahagian atas.

    Dinding jantung terdiri dari otot yang tidak mengenal penat. Ia terdiri daripada tiga lapisan jelas.Lapisan luar dikenali sebagai epikardium yang terdiri daripada lapisan sel epitelium leper dan tisu penyambung. Di lapisan luar epikardium terdapat lapisan myokardium yang lebih tebal dan terdiri daripada otot jantung (kardium). Endokardium merupakan lapisan dalam yang terdiri daripada sel epitelium leper dan tisu penyambung.

    Bekalan darah yang banyak diperlukan untuk membekalkan tenaga kepada jantung, dan ini dibekalkan oleh arteries koronary kiri dan kanan, yang bercabang keluar dari aorta.


    kira2 sebagai awal'nya segini dolo... ^^
    kalo ada yg ga ngerti telen aja mentah2 (guru gw dolo selalu blg gitu kalo gw ga ngerti huuu~~ )

    berikut'nya akan kucoba menjelaskan apa itu ASD atau VSD... biasa kita sering dengar sebagai "jantung bocor"

    siapa aja berhak posting pengetahuan'nya tentang jantung...
    kalo ada keluhan jg boleh bertanya... kalo gw bisa gw coba jawab deh...

    ~THX~

  2. Hot Ad
  3. #2
    Ado's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    waiting for miracle
    Posts
    1,035
    Points
    3,067.30
    Thanks: 0 / 6 / 6

    Default

    Hoh,mau dunk kk terusannya,oh iyah klo ada masukin juga keterangan tentang penyakit jantung bawaan yah,dan kelainan2 jantung.nice tread ::cheers::
    I'm totaly *******

  4. #3

    Join Date
    Oct 2006
    Location
    love side of your heart^^
    Posts
    38
    Points
    52.30
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    hmm... ternyata sepi forum di sini...

    kali ini gw mao kasih tau tentang "jantung bocor"
    jantung bocor dibagi 2:
    ~VSD (Ventricular Septal Defect)
    ~ASD (Atrial Septal Defect)

    Apa itu VSD??

    Septum adalah dinding yg memisahkan jantung menjadi 2 bagian, kiri dan kanan. Lubang diantara 2 ventricles(bilik) disebut VSD.
    Sejumlah darah yg kaya akan oksigen dari jantung sebelah kiri terpaksa melewati lubang ke jantung sebelah kanan. Lalu dialirkan kembali ke paru-paru.
    perlu diketahui fungsi paru-paru adalah untung membersihkan darah dengan oksigen (Aveolus). Pengaliran darah bersih yg kaya akan oksigen ke paru-paru ini tidak efisien. secara tidak langsung, jantung harus memompa darah lebih banyak. tekanan darah tinggi bisa terjadi di lung's blood vessels karena darah yg berada di sana lebih banyak. Lama-kelamaan hal ini bisa menyebabkan pulmonary hipertensi yg bisa merusak blood vessels walls secara permanen.



    Sebagian orang tidak harus membatasi aktivitas'nya karena hal ini. tapi, bila orang tersebut mengalami pulmonari hipertensi atau jantung tidak memompa darah secara normal, org tersebut harus membatasi segala aktivitas'nya seminimal mungkin.
    Biasa'nya dokter cardiologist yg bisa memberi tahu sampai berapa jauh tubuh anda kuat bertahan dalam melakukan aktivitas'nya....

    menurut penelitian gw sebanyak 20%-30% semua org di dunia lahir dengan keadaan seperti ini, tapi sebagian besar dari mereka lubang akan tertutup dengan sendiri'nya seiring dengan pertumbuhan. Ada jg yg tdak menutup karena pertumbuhan yg tidak sempurna atau imperfect growth

    kira2 segini dolo...
    berikutnya akan gw jelaskan tentang ASD..


    ~THX~

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •