Dari 35.000 kilometer jalan nasional,sekitar 3.000 kilometer di antaranya telah habis umur jalannya.Jalan nasional tersebut seharusnya direkonstruksi.Namun,karena anggaran terbatas,jalan2 tersebut hanya di perbaiki agar minimal dapat dilalui penguna jalan.jika ingin di perbaiki full membutuhkan dana Rp.36 Triliun.tetapi,dana yg tersedia untuk jalan pada thn 2009 ini hanya sekitar Rp.17 triliun.
Alokasi angaran untuk jalan tersebut mencapai 50% dari total anggaran untuk Departemen Pekerjaan Umum.Alokasi anggaran untuk jalan dan jembatan tahun 2009 hanya meningkat Rp.200 Miliar di bandingkan dengan tahun lalu.
Direktur Jendral Bina Marga PU Hermanto Dardak menjelaskan,jika selama ini ada kesan jalan nasional sering kali rusak,itu karena memang seharusnya jalan2 tersebut di rekonstruksi.Namun,dengan anggaran terbatas,yg bisa dilakukan PU hanya memperbaikinya
"Kami mengambil kebijakan agar jalan2 nassional dapat berfungsi.Jika timbul lubang harus ditutup secepat mungkin."kata hermanto
Perlakuan lebih baik di terapkan pada 17.000 jembatan di jalan nasional.ini demi alasan keamanan.Ruas jalan nasional yg telah habs umur jalannya antara lain Kanci-Losari,Losari-Brebes,dan Brebes-Tegal dijalur jalan pantai utara jawa(Pantura).
Departemen PU telah menyusun prioritas untuk jalan2 nasional yg mendapatkan perhatian utama,yakni jalan lintas timur sumatra,jalan pantura,jalan lintas selatan kalimantan,jalan lintas barat sulawesi dan 11 ruas jalan di papua
"Untuk pembangunan jalan yg dirasakan tidak realistis,seperti lintas utara kalimantan,terpaksa ditunda"ujar Mentri PU
--------------------------------------------------------------------------
Sumber = KOMPAS
wah ini penguna motor yg suka cilaka..
kadang kalau lagi diblakang mobil suka ada lobang tiba2..buat rem mendadak ato banting haluan ato masuk kelobang dan celaka..
![]()
Share This Thread