Season 2008 telah berakhir, dengan akhir yang sangat dramatis. Lewis Hamilton menjadi juara termuda sepanjang sejarah F1 yang diperoleh di tikungan terakhir sirkuit Interlagos Brasil.
Untuk 3 bulan ke depan, segala hingar bingar balapan mobil termegah di dunia ini akan meredup karena memasuki season break. Walaupun begitu semua tim bekerja keras untuk mempersiapkan mobil yang terbaik untuk perhelatan musim depan yang digadang-gadang akan menjadi lebih menarik dengan diterapkannya beberapa regulasi baru oleh FIA.
Regulasi baru musim 2009
- KERS
- 1 mesin untuk 3 race (F1 weekend)
- regulasi baru untuk paket aero
- kembali nya ban slick
- di stop nya pengembangan mesin (engine development freeze)
Kalender musim 2009
01 2009 FORMULA 1 ING AUSTRALIAN GRAND PRIX (Melbourne) 27 - 29 Mar
02 2009 FORMULA 1 PETRONAS MALAYSIAN GRAND PRIX (Kuala Lumpur) 03 - 05 Apr
03 2009 FORMULA 1 CHINESE GRAND PRIX (Shanghai) 17 - 19 Apr
04 2009 FORMULA 1 GULF AIR BAHRAIN GRAND PRIX (Bahrain) 24 - 26 Apr
05 FORMULA 1 GRAN PREMIO DE ESPANA TELEFONICA 2009 (Catalunya) 08 - 10 May
06 FORMULA 1 GRAND PRIX DE MONACO 2009 (Monte Carlo) 21 - 24 May
07 2009 FORMULA 1 TURKISH GRAND PRIX (Istanbul) 05 - 07 Jun
08 2009 FORMULA 1 SANTANDER BRITISH GRAND PRIX (Silverstone) 19 - 21 Jun
09 FORMULA 1 GROSSER PREIS SANTANDER VON DEUTSCHLAND 2009 (Nürburgring) 10 - 12 Jul
10 FORMULA 1 ING MAGYAR NAGYDIJ 2009 (Budapest) 24 - 26 Jul
11 2009 FORMULA 1 TELEFONICA GRAND PRIX OF EUROPE (Valencia) 21 - 23 Aug
12 2009 FORMULA 1 ING BELGIAN GRAND PRIX (Spa-Francorchamps) 28 - 30 Aug
13 FORMULA 1 GRAN PREMIO SANTANDER D'ITALIA 2009 (Monza) 11 - 13 Sep
14 2009 FORMULA 1 SINGAPORE GRAND PRIX (Singapore) 25 - 27 Sep
15 2009 FORMULA 1 FUJI TELEVISION JAPANESE GRAND PRIX (Suzuka) 02 - 04 Oct
16 FORMULA 1 GRANDE PREMIO DO BRASIL 2009 (Sao Paulo) 16 - 18 Oct
17 2009 FORMULA 1 ETIHAD AIRWAYS ABU DHABI GRAND PRIX (Abu Dhabi) 30 Oct - 01 Nov
Komposisi Driver & Team 2009
McLaren Mercedes
1. Lewis Hamilton
2. Heikki Kovalainen
Scuderia Ferrari
3. Felipe Massa
4. Kimi Raikkonen
BMW Sauber
5. Robert Kubica
6. Nick Heidfeld (..?)
Renault
7. Fernando Alonso
8. Nelson Piquet
Panasonic Toyota
9. Jarno Trulli (..?)
10. Timo Glock
F1 Winter testing 17-19 November Circuit de Catalunya - Barcelona - Spanyol
diberitakan katanya hari ini testing melibatkan tim : McLaren, Renault, Ferrari, Williams, Honda, BMW, Red Bull, Toro Rosso en Force India
semua nya akan ngebut pake mobil spek 2009
diberitakan juga, beberapa pembalap yang ambil bagian pada tes kali ini adalah : Wurz (Honda), Di Grassi (Honda). De La Rosa (McLaren), Paffett (McLaren), Sato (Toro Rosso), Buemi (Toro Rosso), Hulkenberg (Williams), Piquet, Van der Garde, Kubica (BMW), Klien (BMW), Liuzzi (Force India), Sutil (Force India), Loeb (Red Bull Racing)
yang menarik pada testing kali ini adalah...
kita akan melihat prototipe mobil untuk spek 2009 dengan perubahan di regulai aerodinamis
inilah cikal bakal mobil BMW untuk musim 2009
Sebagai perbandingan, ini gambar mobil yang di pakai di seri A1GP yang berbasis mobil F1 Ferrari musim 2004
1. T. Sato Toro Rosso STR3 1:20.763 58 pit
2. S. Buemi Toro Rosso STR3 1:21.071 +0.308 61 pit
3. A. Wurz Honda RA106 1:21.198 +0.435 38 pit
4. P. de la Rosa McLaren MP4-23 1:21.417 +0.654 29 pit
5. G. Paffett McLaren MP4-23 1:22.289 +1.526 23 pit
6. R. Kubica BMW Sauber F1.08 1:22.899 +2.136 36 pit
7. N. Piquet Jr. Renault R28 1:23.386 +2.623 51 pit
8. L. Badoer Ferrari F2008K 1:23.515 +2.752 40 pit
9. C. Klien BMW Sauber F1.08 1:23.685 +2.922 25 pit
10. N. Hülkenberg Williams FW30 1:23.757 +2.994 64 pit
11. A. Sutil Force India VJM-01 1:23.852 +3.089 44 pit
12. S. Loeb Red Bull Racing RB4 1:24.044 +3.281 44 pit
13. M. Gene Ferrari 248 F1 1:24.521 +3.758 10 pit
14. V. Liuzzi Force India F8-VII 1:25.344 +4.581 44 pit
15. L. Di Grassi Honda RA108 1:25.972 +5.209 33 pit
16. G. van der Garde Renault R28 1:26.968 +6.205 8 pit
gosip Pedro De La Rosa akan "hijrah" dari McLaren ke Force-India, khusus nya masalah testing kali ini sudah mulai rame dibicarakan sejak senin malam
bahkan rumor Pedro De La Rosa akan hijrah ke tim Force-India sudah ramai di bicarakan sejak tim Force-India teken kontrak dengan McLaren dan Mercedez-Benz
pada testing hari ini sempat terjadi insiden kecil di pit lane area
terbakar nya disc-brake ban belakang dari mobil STR03 yang di kendarai oleh Sebastian Buemi
testing hari ke-3
1. S. Bourdais Toro Rosso STR3 1:19.995 20 pit
2. S. Vettel Red Bull Racing RB4 1:20.115 +0.120 9
3. S. Buemi Toro Rosso STR3 1:21.269 +1.274 16 pit
4. J. Button Honda RA108 1:22.937 +2.942 7 pit
5. G. Fisichella Force India VJM-01 1:23.252 +3.257 16 pit
6. L. Badoer Ferrari F2008K 1:23.279 +3.284 19 pit
7. N. Piquet Jr. Renault R28 1:23.396 +3.401 9
8. N. Heidfeld BMW Sauber F1.08 1:23.582 +3.587 5 pit
9. B. Senna Honda RA108 1:23.886 +3.891 11 pit
10. P. de la Rosa Force India VJM-01 1:24.162 +4.167 13 pit
11. C. Klien BMW Sauber F1.08 1:24.758 +4.763 9
12. N. Hülkenberg Williams FW30 1:24.759 +4.764 11
Valentino Rossi mencatat waktu cukup bagus dalam ujicobanya bersama Ferrari di Mugello. Juara dunia MotoGP 2008 itu bahkan mengklaim sebenarnya bisa jadi pembalap F1 yang oke.
Dalam sesi ujicoba, Kamis (20/11/2008) pagi waktu setempat, Rossi mencatat waktu 1 menit 23,930 detik di dalam kokpit Ferrari F2008. Di bawah riuh rendah sekitar seribu fans, waktu itu ditajamkannya jadi 1 menit 22,5 detik di sesi siang hari.
Rossi yang memakai helm dengan tampilan warna sebagaimana yang biasa dikenakan pada ajang MotoGP tersebut mungkin bisa memperbaiki waktunya jadi lebih baik. Sayang cuaca buruk membuat sesi itu harus diakhiri dini.
Waktu yang ditorehkan Rossi hanya lebih lambat sekitar satu setengah detik di belakang duo Ferrari Felipe Massa dan Kimi Raikkonen, yang menggunakan pengaturan mobil serupa di F2008 mereka.
"Dengan banyak usaha aku bisa bisa saja jadi pembalap F1 yang bagus. Sulit mengatakan apakah aku akan bisa menang atau tidak, tapi potensinya ada," aku Rossi yang dikutip Reuters.
Rossi sebelumnya sudah pernah melakukan pengujian serius bersama Ferrari di tahun 2005 dan 2006, dan beberapa menyebut 'The Doctor' punya peluang besar pindah saat itu juga. Namun, Rossi tetap setia dengan roda dua.
Rossi membuat waktu 1'23"930, dan katanya di sesi selanjut nya Rossi memperbaiki waktu nya menjadi 1'22"5xx
tapi entah kenapa, catatan waktu 1'22"5xx tidak tercatat di record lap
Felipe Massa dan Kimi Raikkonen dengan menggunakan mobil F2008 dengan konfigurasi yang sama seperti yang digunakan Valentino Rossi rata-rata menempuh waktu 1'21"xxx
record tercepat di sirkuit Mugello masih di pegang oleh Rubens Barrichello dengan catatan waktu 1'18''704 (2004)
Krisis finansial global bisa segera berimbas kepada kocek para bintang F1. Besar kemungkinan pendapatan mereka akan dipotong timnya demi mengurangi pengeluaran.
Di tengah-tengah belitan masalah ekonomi dunia, yang juga telah memaksa Honda mundur dari gelaran F1, Team Principal Ferrari Stefano Domenicali menilai bahwa pemotongan gaji para pembalap F1 mungkin akan menjadi hal yang terelakkan.
"Ketika tim-tim harus mengurangi pengeluaran secara signifikan, bisa dibilang bahwa Anda butuh kartu As untuk membuat perbedaan," ucap dia seperti dikutip FoxSports.
"Namun, saya merasa bahwa dalam situasi ini, tim-tim besar takkan lagi bisa menawarkan jumlah (sebesar) yang didapat sejumlah pembalap," lanjut Domenicali.
Driver Ferrari Kimi Raikkonen saat ini disebut-sebut sebagai pembalap 'Jet Darat' dengan gaji terbesar, yakni 35 juta poundsterling (Rp 591 miliar) per tahun. Di belakangnya ada Lewis Hamilton dari McLaren dan Fernando Alonso (Renault) yang berpenghasilan di atas 10 juta pounds (Rp 169 miliar).
"Segala sesuatunya dalam hidup bisa dimodifikasi. Yang penting mau melakukannya. Saya yakin masalah ini akan segera didiskusikan seluruh tim dan setiap pembalap," tegas Domenicali, kali ini dilansir duemotori.
Jakarta - Setelah seluruh tim F1 dipaksa melakukan pemangkasan biaya, para pembalap terancam mendapat imbasnya karena gaji mereka bakal dipotong. Felipe Massa jadi yang pertama menyatakan penolakan.
Isu akan terjadinya pemotongan gaji terhadap pembalap sudah berhembus sejak beberapa waktu lalu, tepatnya ketika pemangkasan biaya F1 akhirnya disetujui. Belakangan, ide tersebut mendapat dukungan dari Team Principal Ferrari, Stefano Domenicali.
Dengan gaji Kimi Raikkonen yang sebesar 35 juta poundsterling (Rp 591 miliar) per tahun, Ferrari jelas mendukung ide pemotongan gaji tersebut. Namun Felippe Massa yang kabarnya cuma dibayar sepertiga dari gaji Kimi mengajukan protes akan usulan tersebut.
"Saya tidak setuju dengan hal itu. Dalam olahraga kompetitif seperti ini, para pembalap memanikan peran yang fundamental, dan gaji pembalap sesungguhnya kecil jika dibanding total biaya yang dikeluarkan seluruh tim," ungkap Massa seperti diberitakan Eurosport.
Selain menolak rencana pemotongan gaji pembalap, penghuni posisi dua klasemen akhir musim 2008 itu juga menentang standarisasi mesin yang sempat digaungkan Bernie Ecclestone.
"Saya tidak melihat ide itu sebagai sesuatu yang menarik. Perjuangan memotong biaya adalah penting untuk dilakukan, tapi standarisasi mesin jauh dari apa yang selama ini kita kenal dengan F1 - dan itu tak bisa terjadi. Ferrari berlomba dengan mesin lain - itu sama saja bukan Ferrari. Itu hal yang memalukan buat Mercedes, Toyota atau Renault," pungkas dia.
Jakarta - Kompensasi lebih yang didapat Ferrari ternyata bukan rahasia buat F1. Tim Kuda Jungkrak malah dapat dukungan dari Toyota yang menyebut Bernie Ecclestone tengah berupaya memecah FOTA.
Seperti diberitakan sebelumnya, Bernie dan bos Ferrari Luca di Montezemolo terlibat perseteruan sengit terkait pembagian pendapatan komersial F1.
Diawali tudingan Montezemolo yang menyebut Bernie tidak transparan ditambah munculnya tuntutan agar pembagian keuntungan dari pendapatan komersial F1 pada seluruh tim F1 ditingkatkan, sang supremo F1 melakukan serangan balik. Dia menyebut kalau Ferrari selama ini mendapat perlakuan khusus yakni berupa pendapatan komersial yang lebih besar dibanding tim lain.
Meski apa yang diungkapkan Bernie terkesan mengejutkan, namun seluruh tim F1 ternyata sudah mengetahui hal tersebut. "Tim Kuda Jingkrak" malah dapat dukungan dari Bos Tim Toyota yang sekaligus Wakil Presiden FOTA (Formula One Teams Association), John Howett.
"Dia (Ecclestone) mungkin tengah berupaya (memecah FOTA) tapi semua informasi yang dia berikan sudah bukan rahasia dan sudah diketahui oleh anggota FOTA yang lain. Jadi itu seperti tidak terjadi apa-apa karena setiap orang sudah memahami status historis Ferrrari," ungkap Howett seperti diberitakan Autosport.
Howett malah menegaskan kalau FOTA masih menginginkan adanya pembicaraan lebih lanjut soal pembagian pendapatan komersil F1. Dalam pandangannya, tim yang berlaga seharusnya mendapat jatah yang lebih besar dibanding apa yang didapat pemegang hak komersial, yang tak lain adalah Ecclestone sendiri.
"Saya pikir mayoritas orang di FOTA merasa pendapatan dalam olahraga profesional normalnya lebih banyak diberikan pada mereka yang berpartisipasi di dalamnya dibanding apa yang diterima si pemegang hak komersial. Kami ingin membuka diskusi itu dan mendapat lebih banyak keseimbangan karena ini merupakan olahraga profesional," pungkas dia.
Jakarta - Setelah memutuskan pensiun dari F1 pada tahun 2006, Michael Schumacher masih jadi orang dalam Ferrari karena direkrut sebagai penasihat. Namun kerjasama antara keduanya bisa jadi akan berakhir tahun 2009.
Munculnya kabar Ferrari dan Schumi akan putus hubungan didasari kontrak kerjasama kedua kubu yang memang akan habis dalam setahun ke depan.
Tim Kuda Jingkrak melalui team principal-nya, Stefano Domenicali, mengatakan kalau belum ada keputusan soal kontrak tersebut. Apakah akan dilanjutkan atau diputus sampai tahun 2009 saja.
"Bagaimanapun, saya mengatakan dari sudut pandang pribadi, jelas bahwa segala yang akan terbawa harus dilihat terlebih. Jadi, selama musim berlangsung kami akan mendiskusikannya untuk menjelaskan apakah kerjasama ini akan terus terjalin,"ungkap Domenicali.
Meski deal lamanya sudah akan habis, Schumi dipastikan akan menyelesaikan kontraknya yang berarti masih akan menjadi bagian dari Ferrari di musim 2009.
"Dia tetap mempunyai kontrak dengan kami hingga tahun depan, jadi dia akan tetap bersama kami. Aktifitas nya seperti di departemen mobil komersil dan balap akan tetap dilakukannya, " pungkas dia seperti dikutip dari Autosport.
Schumi bergabung dengan Ferrari tahun 1996 setelah sebelumnya memperkuat Benetton. Bersama tim yang bermarkas di Maranello itu dia meraih lima dari total tujuh gelar juara dunia balapan jet darat.
Share This Thread