sedikit info tentang delay reducer....
delay reducer itu ngubah waktu delay tiap frame paket yang dieksekusi...
buat bnet...
warcraft-nya sendiri ngasi default delay-nya 375ms
sedangkan kalo maen LAN...default delay-nya 150ms
trus kenapa bisa ada delay 375 ms ato 150 ms ?
prinsip kerjanya...
tiap ada aksi...client ngirim paket...
nah paket tersebut...disimpen ke dalem buffer untuk dieksekusi...
jadi..kalo maw eksekusi paket selanjutnya pada buffer, dibutuhkan delay supaya ngga mengakibatkan spike (patah2 goyang inul XD)
kenapa delay yg besar dapat mengurangi / mencegah spike?
kalo delay kecil, peng-eksekusi-an tiap paket dalam buffer cepet....
jadi kalo speed donlot upload cacad, sedangkan kita set delay kecil....
maka, buffer akan cepat kosong sedangkan paket belum sampe ke buffer karena leletnya koneksi...
nah...pas buffer kosong itu-lah yang dinamain spike....game akan freeze (ga ada paket yg maw di-eksekusi) karena menunggu buffer terisi kembali...
makanya...bnet dengan delay yg cukup besar (375 ms)..lebih banyak yang bisa host game walopun koneksi host ngga terlalu bagus...tetapi client maennya delay2-an
sedangkan untuk LAN (delay hanya 150 ms)..seperti garena...
hanya host yang punya koneksi kuat yg bisa host game 5 5...tetapi client maennya lancar seperti no delay
nah...
kalo kita maw pake delay reducer ini....
perhatiin dulu koneksi kita bagus ato ngga...
misalkan kita set delay jadi 150....trus client ngeluh patah2...
naekin aja delaynya sampe client ngga ngeluh lagi...
kalo client ud ga ngeluh lagi...delay itu-lah bates kemampuan koneksi internet hostnya
CMIIW
*dari berbagai sumber
Share This Thread