II.A3. Mengenai Lag, Delay, dan Ping
Ping adalah waktu yang dibutuhkan paket data untuk sampai ke Server dari Client, hal ini akan menyebabkan Lag, yaitu saat dimana suatu action yang diharapkan terlambat hasilnya, hal yang dikenal juga sebagai Delay
Misalnya, saat bermain DotA, setelah kamu klik kanan di suatu terrain, Hero kamu baru mulai bergerak 2 detik kemudian, ini berarti paket data yang kamu kirimkan ke Host, membutuhkan waktu 2 detik untuk sampai dan diproses sehingga menimbulkan perbedaan waktu tersebut.
Contoh : Kamu Tinggal di Bandung, Kalau bermain pergi ke Warnet A yang berjarak 500 meter dari rumah kamu dengan Motor X berkecepatan maksimal 100 meter/detik, berarti butuh waktu paling cepat 5 detik (Delay) untuk sampai di warnet tersebut dari rumah kamu,
Bagaimana solusinya agar delay lebih kecil dari 5 detik?
- Menggunakan Motor Y yang berkecepatan maksimal 250 meter/detik (Ganti ISP dengan yang lebih bagus)
- Pindah ke Warnet B yang berjarak 200 meter dari rumah (Mencari Host yang dekat dengan tempat bermain kamu)
Share This Thread