Sinkronisasi vertikal (v-sync, vbl-sync) umumnya merujuk kepada sinkronisasi frame perubahan dengan interval pengosongan vertikal. Sejak CRTs yang hampir satu-satunya teknologi tampilan video umum sebelum secara luas adopsi dari LCD, frame buffer di komputer grafis hardware dirancang sesuai dengan karakteristik dari CRT menggambar gambar dari atas ke bawah baris pada satu waktu penggantian oleh data dari sebelumnya bingkai dalam buffer dengan bingkai berikutnya dengan gaya yang sama. Jika frame buffer diperbarui dengan gambar baru sementara gambar sedang dikirim ke layar, frame buffer memberikan yang sekarang kecampuran kedua bingkai, menghasilkan halaman cemerlang artifact partway bawah gambar.
Vertikal ini menghilangkan sinkronisasi frame buffer oleh waktu untuk mengisi bertepatan dengan interval pengosongan vertikal, sehingga seluruh frame yang hanya akan terlihat pada layar.
Permainan komputer sering membolehkan sinkronisasi vertikal sebagai salah satu pilihan, karena keterlambatan memperbarui gambar sampai vertikal blanking interval. Hal ini dapat menyebabkan menurunkan harga bingkai karena latency (masa yang refresh rate maksimal/FPS), yang mungkin tidak dikehendaki dalam permainan yang memerlukan respon cepat (misalnya First Person shooters).
VSYNC juga nama sinyal ini menunjukkan perubahan dalam bingkai analog RGB komponen video.
Jadi saya anjurkan matikan V-sync dari game itu sendiri, karena dapat mengurangi Frame Per Second (FPS)
Sumber:Wikipedia
Share This Thread