Results 1 to 9 of 9
http://idgs.in/174699
  1. #1
    napoda's Avatar
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    tebet
    Posts
    183
    Points
    245.70
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Thumbs up legenda dan mitos di indonesia

    saya adalah salah satu orang yang cinta akan negeri indoseia mengapa?karena banyak adat istiadat, banyak suku, kepulaun, serta berbagai kebuadayaan ber macam2x ada di negeri ini. tetapi mengapa kita kalah dengan negara lain?sebab sdm kurang produktif.menurut saya ini dkarenakan oleh diri kita n penguasa di negeri ini.
    tapi kita g akan bahas itu,,maaf cm intermezo aja..
    negeri ini mempunyai legenda n mistos yang sangat luas biasa banyaknnya..
    temen2x yang akan share mitos n legenda yang ada di Indonesia tuangkan saja di sini.byar sekalian kita bisa refresh tentang budaya kita. bahwa kita tidak kalah hebatnya dengan negara lain contoh:
    jawa : Ny. Loro Kidul & Blorong
    Palembang : Si pait Lidah
    Padang : Malin Kundang
    Jkt : Si Pitung, dll
    tolong share yang anda tau,,soalnya saya igin tau lebih2 akan mitos n legenda di negeri Indonesia iini
    karena ini demi cinta kita terhadap negeri ini. terima kasih
    यह मेरी पहली प्रेमी है, लेकिन वह उसे एक ही है, मैं दया शादी कर रहा था

  2. Hot Ad
  3. #2
    cicakmerah's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    2 gang dari mesjid
    Posts
    801
    Points
    919.10
    Thanks: 3 / 0 / 0

    Default

    udah banyak deh di tampilin di tv......tapi sekarang udah ga pernah liat lagi gw.

  4. #3
    rulez's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Bandung
    Posts
    2,011
    Points
    2,416.90
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    Aspek-aspek Religius Dalam Mitosnyai Roro Kidul

    Mitos tentang Roro Kidul merupakan cerita rakyat yang popular di pulau jawa. Hal tersebut terdapat disepanjang pantai selatan Yogyakarta. Oleh masyaraktnya dimitoskan sebagai tempat tinggal Nyai roro Kidul. Sampai sekarang tempat tersebut masih banyak dikunjungi, dan hal tersebut terbukti dari banyaknya sesajen yang dilakukan masyarakatnya untuk memohon berkah dan perlindungan kepada Nyai Roro Kidul. Mitos tersebut menggunakan tentang perkawinan Senopati dengan Nyai Roro kidul, yang masing-masing melambangkan unsure tanah untuk wilayah Mataram yang merupakan penghasil pertanian, yang digambarkan pada diri Senopati, dan unsure air untuk kesuburan, yang digabarkan pada diri Nyai Roro Kidul. Oleh karena asal usul Nyai Roro Kidul dari dunia atas, maka perkawinan tersebut berarti bertemunya dunia atas, maka perkawinan tersebut berarti bertemunya dunia atas dengan dunia manusia dan mitos tentang Nyai Roro Kidul mengandung pemahaman mengenai kesuburan. (1999)

    Mitos Nyai Roro Kidul Sebagai Dasar Legitimasi Kekuasaan Raja-raja Mataram

    Mitos tentang Nyai Roro Kidul sebagai dasar legitimasi kekuasaan raja-raja Mataram ini seyogyanya mendapat tempat dalam sejarah budaya Indonesia, sehingga generasi penerus dapat mempelajari, mengambil inspirasi dari cerita tersebut. Sebab salah satu faktor yang mendukung terciptanya mitos tersebut adalah adanya kekuasaan raja yang absolut. Perlunya dukungan yang kuat untuk melegitimasi dirinya, maka diciptakan hal-hal yang supranatural, seperti perkawinan raja Senopati dengan Nyai Roro Kidul. Hingga keunggulannya diperoleh kesan bahwa raja bukan saja dapat menaklukan manusia tetapi juga dapat menguasai semua makhluk-makhluk halus. Kenyataannya kebutuhan pengakuan politiknya dapat diterima oleh masyarakat Jawa waktu itu. (2000)

    http://puslitmas.stsi-bdg.ac.id/web_buku/v.htm

  5. #4

    Join Date
    Apr 2009
    Posts
    155
    Points
    171.80
    Thanks: 0 / 1 / 1

    Default

    apa sih bedanya Nyi roro kidul, nyi blorong, ama nyi -nyi yang laen ????

    binun aq

  6. #5
    andi msc's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    IDGS
    Posts
    909
    Points
    1,534.80
    Thanks: 0 / 12 / 9

    Default

    ^
    yang gw tau Nyi roro kidul itu baik dan lebih berkuasa sedangkan nyi blorong itu jahat, tamak

  7. #6
    EsJerukNipis_'s Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    tebet
    Posts
    1,917
    Points
    2,286.81
    Thanks: 1 / 3 / 3

    Default

    Name asli dari SI PITUNG...SEBUTAN LAEN : BABE adalah:RADEN MUHAMMAD ALI BIN RADEN SAMIRIN BIN RADEN ABDUL KHADIR BIN PANGERAN RADEN JIDAR (NITIKUSUMA KE-5)


    Beliau lahir di petunduan palmerah pada tahun 1874 dan wafat pada tahun 1903 di bandenagan utara kecamatan penjaringan-JAKARTA,Beliau termasuk pahlawan BETAWI dalam melakukan perlawanan terhadap tuan-tuan tanah **** dan Belanda.

    Dalam perjuangannye si Pitung selalu menggunakan silatnye untuk Amarmakruf nahi munkar nyang berarti mengajak orang ke jalan kebaikan dan mencegah kesesatan.Jagoan BETAWI nyang sebenarnye JAGO punye sifat: jujur,tidak takabur,berbudi pekerti baik,peka terhadap penderitaan orang lain.
    Memang jagoan-jagoan betawi ade juge nyang jahat yaitu jagoan-jagoan bayaran yang di sewa untuk membela tuan-tuan tanah dan penjajah belande,jagoan-jagoan ini doyan kekerasan biasanye di panggil Si tukang kepruk.
    Jagoan-jagoan ini tidak lagi mempergunakan ilmu kesaktian dan bela dirinya untuk mencapai kesempurnaan spiritual sebagai manusia, tetapi sebaliknya disalahgunakan untuk mendapatkan kepuasan materi.

    Misalnye dulu, pada zaman cultuur stelsel (tanam paksa), sebagian besar jago lebih suka berpihak kepada mesin sistem ekonomi kolonial atau tuan tanah ketimbang membela kaum lemah. Mereka menjadi tukang pukul untuk memaksakan kepentingan tuan tanah di wilayah particuliere landerijen (tanah-tanah partikulir) seperti di Tangerang, Ciomas, Bekasi, dan Cililitan.

    di riwayatkan di tanah-tanah partikulir itu penindasan kaum tani lebih kasar dan keji dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Jawa. Particuliere landerijen adalah tanah-tanah milik pribadi nyang sangat luas yang pemilik-pemiliknya dapat disebut tuan-tuan tanah yang mempunyai hak feodal para penyewa tanah mereka, termasuk hak istimewa untuk memungut pajak-pajak pribadi dan tugas-tugas kerja paksa yang berat. Pemerintah jajahan jarang campur tangan dalam urusan intern tanah-tanah milik itu, jadi memperbolehkan penyalahgunaan nyang melampaui batas untuk terus berlangsung tanpa ada usaha perbaikan.

    http://sahabatsilat.com/forum/index.php?topic=783.0

  8. #7
    Sharon's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    malioboro ke utara
    Posts
    491
    Points
    625.82
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    Beli Buku Primbon aja Gan..

    ada juga isinya lengkap tar hari-hari naas juga ada,,!!

  9. #8
    rulez's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Bandung
    Posts
    2,011
    Points
    2,416.90
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    konon, jaman dahulu kala, di kraton jogjakarta terdapat ratu yang sangat cantik, namun karena merasa tersaingi ama selir2 trus akhirnya ratu tersebut pergi pantai selatan dan bunuh diri di pantai tersebut. karena dendam yang sangat besar, ia sering meminta tumbal dengan mengambil nyawa penduduk sekitar sana, dan terdapat sebuah jalan air dari istana ke pantai selatan. Jika marah ia akan meminta korban, teurtama yang menggunakan baju warna hijau dan angka 13. Di beberapa hotel jawa tengah, tidak ada kamar no 13 atau bahkan ada kamar khusus nyi roro kidul dengan nomer 13 dan dekorasi serba hijau serta terdapat lukisan nyi roro kidul. Nyi roro kidul artinya Ratu pantai selatan. Nyi = kanjeng.
    Ratu Pantai Selatan = Nyi roro kidul = Kanjeng Ratu Kidul.
    jika Nyi sudah meminta korban, korban yang diambil seperti terhipnotis dan berjalan menuju arah laut, tanpa sadar. kemudian ombak besar akan menggulungnya.

    Nyi blorong adalah makhluk setengah manusia setengah ular yang meminta pemujanya yaitu laki2 untuk menjadi suaminya, sementara sebagai imbalannya akan diberi kekayaan yg berlimpah. Syarat utamanya, nyi blorong sangat pecemburu. Pemeliharanya atau suaminya tidak akan boleh untuk berdekatan dengan wanita lain walaupun hanya sebatas teman dekat. Jika kecemburuannya muncul maka nyawa gadis yg dekat dengan pemelihara nyi blorong tersebut akan diambil oleh nyi blorong. Dan jika Nyi blorong sudah tidak dapat menahan lagi, nyawa pemeliharanya juga diambil sebagai tumbal dan ia akan mencari pemelihara / suami baru.

    http://forum.kafegaul.com/archive/in.../t-148804.html

  10. #9
    missratu's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    BANJARMASIN
    Posts
    1,268
    Points
    4,789.18
    Thanks: 113 / 36 / 35

    Default

    Thread sdh tidak aktif

    CLAN Gank
    ~Gank-Games~

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •