Results 1 to 2 of 2
http://idgs.in/199877
  1. #1
    gegehare's Avatar
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    root@linux:~#
    Posts
    5,365
    Points
    11.50
    Thanks: 153 / 213 / 165

    Cool Bandoengsche Melk Centrale




    Bandoengsche Melk Centrale atau BMC merupakan salah satu resto yang dapat dijadikan tujuan wisata kuliner yang menarik di kota Bandung. Di sini Anda dapat menikmati beragam makanan dan minuman dengan suasana tempo dulu. Menu utama di BMC adalah Sop Buntut Goreng dan berbagai minuman dari susu seperti yogurt, susu murni, dan minuman lainnya.

    Alamat : Jl. Aceh No. 30 Bandung


    Bandung tempo doeloe tanpa BMC (Bandoengsche Melk Centrale / Pusat Susu Bandung) bagaikan Mojang Priangan tanpa daya pikat yang menawan.

    Sejak akhir abad 19 yang lalu, wilayah Tatar bandung terkenal sebagai penghasil susu sapi berkualitas tinggi di nusantara. Restorasi Kereta Pos pada jalur Cirebon – Bandung – Bogor – Batavia konon menghidangkan susu sapi segar kepada para penumpangnya. Itung-itung buat penangkal lelah dan lapar di perjalanan.

    Menurut catatan, pada tahun 1938 di wilayah Bandung terdapat 22 usaha pemerahan susu dengan produksi 13.000 liter susu perhari. Hasil produksi susu ini semua di tampung oleh BMC untuk diolah (Pasteurisasi) sebelum disalurkan kepada para langganan di dalam maupun di luar Bandung.

    Dengan sedikit sombong Direktur BMC menulis “Vergeet U niet, dat er in geheel Nederlandsch Oost-Indie slechst een Melk centrale is, en dat is de Bandoengsche Melkcentrale !” (”Anda jangan lupa, bahwa di seantero Nusantara ini cuma ada satu Pusat Pengolahan Susu, dan itu adalah Bandoengsche Melk Centrale!”)

    Menurut sejarah Dunia Susu di tanah air kita, di wilayah Bandung ini tercatat tiga perusahaan Pemerahan Susu (Boederij) yang terkemuka. Disebut terkemuka, karena merekalah cikal bakal usaha peternakan sapi perah jenis unggul yang didatangkan dari Friesland, negeri leluhur sapi perah di negeri Belanda sana.

    Model peternakan sapi perah yang terkenal adalah perusahaan Generaal de Wet Hoeve milik Tuan Hirscland dan Van Zijll di Cisarua (Sebelah utara Cimahi). Merekalah yang pertama kali mendatangkan sapi perah Friesland ke Nusantara awal abad 20 ini.

    Kemudian tercatat pula Lembangsche Melkerij Ursone. Sebuah perusahaan pemerahan susu di Lembang yang didirikan oleh tiga diantara empat Ursone Bersaudara pada tahun 1895.

    Usaha keluarga Ursone yang dimulai dengan 30 ekor sapi dengan hasil cuma 100 botol perhari, kemudian pada tahun 1940 telah berkembang menjadi 250 ekor sapi dengan produksi ribuan liter perhari.

    situcileunca.jpgSelain kedua perusahaan ini, di Pangalengan, sekitar danau Situ Cileunca, ratusan ekor sapi perah diternakan orang Eropa di sana. Begitu banyaknya sapi perah bibit luar negeri di sekitar danau situ Cileunca ini, hingga majalah Mooi Bandoeng sering menyebut wilayah di Pangalengan ini sebagai Friesland in Indie.

    Selain minuman dengan bahan baku susu seperti es krim, susu coklat, BMC mengolah susu menjadi mentega, keju dan krim untuk kosmetika. Hampir seluruh produksi susu di Jawa Barat tertampung oleh BMC pada jaman sebelum perang., hingga tidak ada pernah cerita susu menjadi masam dan dibuang ke sungai.

    http://upload.wikimedia.org/wikipedi....svg.pngMemang agak unik juga, setelah 63 tahun Indonesia merdeka, dimana Sang Merah Putih telah menggantikan si Tiga Warna yang telah berkibar selama 3.5 abad di persada bumi pertiwi ini, ternyata bendera asing dari salah satu wilayah di negeri Belanda masih tetap langgeng berkibaran di negeri ini ! Frisian Flag alias Bendera dari Friesland yang menempel pada kaleng susu, tetap melambai-lambai di dapur rumah, warung, toko restoran di segenap pelosok Nusantara.

    http://www.sahabatnestle.co.id/homev...1.jpgBegitupun Noniek-noniek Friesland yang potretnya terpampang ada susu kaleng cap Nona, menjajakan susu sapinya kepada para konsumen di Indonesia.

    Sayang, Susu Bandung yang Bekend tot in de verste hoeken van Java (terkenal sampai ke pelosok terjauh di pulau Jawa !), sekarang tidak begitu dikenal orang lagi seperti tempo doeloe.

    Who is Trafalgar Law? The Captain and Doctor of the Heart Pirates? a Man with bounty 200.000.000 Beli? Surgeon of Death? No , He is just a Rookie Pirate who know the meaning about "Will of D."

    "I told you, I'm waiting for the right time...Dont get rushed, "One Piece" isn't going anywhere...Now, enough talking, Shut up and follow my orders...I'll be sure, To steal the proper throne" - Trafalgar Law

    GeGeHaRe One Piece Predictions
    New Nakama - Country Of Brigands - Wano Country - X Mark - Fire Sword

  2. Hot Ad
  3. #2

    Join Date
    Dec 2007
    Location
    bandung
    Posts
    25
    Points
    27.50
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    19 agustus 2009 , 02:45

    aloooooooooooooow id saya ga bs mempost new thread???? knapa ya???

    tulisannya
    josuamarcel, you do not have permission to access this page. This could be due to one of several reasons:

    1. Your user account may not have sufficient privileges to access this page. Are you trying to edit someone else's post, access administrative features or some other privileged system?
    2. If you are trying to post, the administrator may have disabled your account, or it may be awaiting activation.



    saya mao melaporkan 4 leaver skaligus dalam 1 game.. tolong bantu melaporkan dong

    saver : varimathras


    http://www.dotaparser.com/index.php/replay/view/86787/

    morfein (venge), yooii (yurnero), spydieboy (magina), jkt-__rd__ (davion)
    itu leaver langsung bersamaan tolong diproses ya kk.. terima kasih..

    Parser: http://www.dotaparser.com/index.php/replay/view/86787/
    Replay: http://www.dotaparser.com/index.php/...ownload/86787/

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •