WarCraft III World Editor
Simple world editor tutorials about trigger, variable, and others
Made by The_Dead_Fight
A. World Editor Windows
Berikut akan diperkenalkan ruang kerja world-editor. Dalam ruang kerja, jika anda membuka world editor pertama kali, pasti yang anda lihat adalah susunan terrain yang rata dengan tanah dengan grid yang tak beraturan. Tetapi sebelum kita mempelajarinya, mari coba kita lihat ruang kerja kita
![]()
B. Pengenalan Sub-Menu
World-editor warcraft mempunyai beberapa menu yang harus kita kenali. Dalam menu-menu itu terdapat juga command-command yang perlu dipahami dalam membuat map
1). Menu FILE.
- New Map (Membuat project map baru)
- Open Map (Membuka project map yang telah disimpan)
- Close Map (Menutup project map dan konfirmasi save map pada map yang sedang diedit)
- Calculate Shadows and Save Map (Command ini sangat berbaya bagi map anda, memungkinkan terjadinya Fatal Error, serta membuat loading pada saat map dijalankan menjadi lambat)
- Export Script (Mengexport script AI atau JASS pada map)
- Export Minimap (Mengexport minimap sehingga pada saat game dimainkan, pada kotak tampilan map (kotak di bawah program warcraft) akan terlihat seperti gambar yang kita export
- Export Strings (Mengexport strings pada warcraft, string adalah kumpulan2 dari variable)
- Import Strings (Mengimport strings pada warcraft)
- Preference (Melakukan setting yang tak dapat dilakukan di world editor seperti negative value)
- Configuration Control (Setting shortcut command)
- Test Map (Menjalankan program warcraft sekaligus memainkan map yang sedang kita buat)
- Exit (Keluar dari world editor)
2). Menu EDIT
- Undo (Menghapus command yang baru saja dilakukan)
- Redo (Mengulang command yang baru saja diundo)
- Cut (Memindahkan object yang dipilih ke clipboard khusus)
- Copy (Menyalin object yang dipilih ke clipboard khusus)
- Paste (Menyalin object yang berada di clipboard khusus ke ruang kerja world editor)
- Miror Paste Vertically (Menyalin object yang berada di clipboard khusus ke ruang kerja world editor dalam bentuk vertical)
- Miror Paste Horizontally (Menyalin object yang berada di clipboard khusus ke ruang kerja world editor dalam bentuk vertical)
- Rotate Paste 90 CW (Belum pernah gw pake jadi ga tau)
- Rotate Paste 90 CCW (Belum pernah gw pake jadi ga tau)
- Clear (Menghapus unit/object yang diseleksi)
- Select All (Memilih semua object yang tergolong dalam tool palate)
- Select All Special (Memilih semua object yang tergolong dalam tool palate)
- Nudge Selection (Mengatur letak, ukuran suatu object)
- View Selection (Terfocus ke unit yang dipilih atau menampilkan unit tersebut dalam Object Editor)
- Edit Propertise (Mengedit propertisi dari unit entah itu player yang mengendalikannya, level, attribute, item, dan sebagainya, lalu, untuk doodad berfungsi untuk Mengubah scale X,Y,Z, Mengatur Life. jadi ada doodad yang spritenya beda kalau lifenya 0. Misal gate. Kalau gate lifenya diset jadi 0, nanti spritenya dia jadi death. Bisa dilewati ama unit, gak kayak ketutup. Klo ketutup unit ga isa lewat. Untuk beberapa destructible (Crates & Barrel), bisa diset bakal drop item kalau diancurin.)
![]()
3). Menu VIEW
- Terrain (Mengatur tampilan map pada saat di world editor)
- Doodads (Menghilangkan/Menampilkan seluruh doodads dalam world editor)
- Units (Menghilangkan/Menampilkan seluruh unit dalam world editor)
- Water (Menghilangkan/Menampilkan seluruh air dalam world editor)
- Blight (Menghilangkan/Menampilkan seluruh blight (Undead Path) dalam world editor)
- Shadows (Menghilangkan/Menampilkan seluruh bayangan dalam world editor termasuk boundary)
- Lightning (Menghilangkan/Menampilkan seluruh cahaya dalam world editor)
- Weather (Menghilangkan/Menampilkan seluruh cuaca (rain, fog, dalaran shield, dsb) dalam world editor)
- Sky (Menghilangkan/Menampilkan langit dalam world editor)
- Fog Effects (Menghilangkan/Menampilkan efek fog dalam world editor)
- Grid (Menghilangkan/Menampilkan grid (kotak pembantu) dalam world editor)
- Camera Bounds (Menghilangkan/Menampilkan camera bounds (garis biru di pojok2 peta) dalam world editor)
- Pathing Ground & Pathing Naval (Memudahkan editing map)
- Regions (Menghilangkan/Menampilkan seluruh region dalam world editor)
- Camera Object (Menghilangkan/Menampilkan seluruh camera object (yang digunakan dalam cinematic) dalam world editor)
- Lock to Game View Settings (Menampilkan map seperti saat dijalankan dalam warcraft)
- Lock to Game Camera (Membuat camera pada map ditampilkan seperti dalam game)
- Letter Box Mode (Menampilkan map dalam bentuk letter box (persegi panjang) seperti dalam prolugue cinematic)
4). Menu Layers
- Terrain (Menampilkan tool palate terrain)
- Doodads (Menampilkan tool palate doodads)
- Regions (Menampilkan tool palate regions)
- Cameras (Menampilkan tool palate cameras)
- Units (Menampilkan tool palate units)
B. Trigger
Trigger adalah Function . Trigger adalah bagian yang penting di dalam map kaerna menyangkut AI suatu map walaupun map melee sekalipun memerlukan trigger. Dalam membuat trigger kita haruslah mengerti tentang hal-hal berikut :
- Enabled (Mengaktifkan trigger sehingga dapat berjalan)
- Initialy Only (Trigger hanya dapat berjalan jika menggunakan fungsi Trigger-Turn On [Nma Trigger])
- Event (Dalam mengaktifkan suatu trigger, kondisi ini haruslah ada, atau dalam trigger lain dapat menggunakan fungsi Trigger-Run [Nma Trigger])
- Condition (Kondisi khusus dalam trigger, tidak wajib diisi namun sangat penting. Biasa digunakan untuk)
- Action (Inti dari trigger, semua fungsi-fungsi trigger diletakan disini)
BASIC OF TRIGGERING
Yuu, sekarang kita belajar basic dari triggering. Pertama akan saya ajarkan cara basic untuk membuat suatu ability. Sekarang kita lihat ability yang sering dugunakan yaitu ability Normal/Click.
- EVENTS Dalam membuat ability normal seperti ability active/normal/click, event yang digunakan biasanya : Unit-Begin casting an ability atau Unit-Finish casting an ability. Event ini digunakan sebagai penggerak trigger, Bila kita melakukan suatu spell, maka ... (Action)
- CONDITION Jika suatu event ability sudah kalian tentukan, tentu kita harus mengetahui nama ability tersebut. Oleh karena itu dalam membuat ability gunakanlah condition (Ability being cast) equal to (Nama Ability). Ini berfungsi untuk menentukan jenis ability yang akan digunakan
- ACTION Kalian harus mempunyai kreatifitas sendiri, cobalah untuk membuat actions seperti move unit dan sebagainya. Isi dari action terserah dari kalian sendiri.
Share This Thread