Results 1 to 15 of 15
http://idgs.in/208723
  1. #1

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    -
    Posts
    9
    Points
    13.20
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default [Heeelp heeelp] Share game online

    HAI ..PAKAR2 MIKROTIK….
    MOHON BANTUANNYA DONG UNTUK KASUS GAMBAR DIBAWAH INI

    BAGAIMANA SETING MIKROTIK UTK SHARE GAME ONLINE di rumah dengan konfigurasi sbb :



    SHARE BROWSING INTERNET BISA….!
    SHARE GAME ONLINE SEPERTI COUNTER STRIKE GAK BISA….!

    THANKS4ALL

  2. Hot Ad
  3. #2

    Join Date
    Dec 2007
    Location
    ygy
    Posts
    110
    Points
    122.70
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    kamsud nya share game online tuh gimana nih?
    udah di masquerade blom nih?? di firewall -> nat

  4. #3

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    -
    Posts
    9
    Points
    13.20
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Quote Originally Posted by oyabin View Post
    kamsud nya share game online tuh gimana nih?
    udah di masquerade blom nih?? di firewall -> nat
    thanks bos atas atensinya..
    status mikrotik saya udah bisa browsing internet untuk 3 PC yang ada di dalam (LAN), PC 1 lakukan game online PC yang lain tetap bisa browsing tapi agak lambat dan gamenya di PC 1 (Conterstrike) nge lag, sedangkan lebih dari satu PC main game online gak bisa..., githu bos...mudah2an gak tambah bingung, thanks again

    mikrotik ada 2 lancard,
    eth1 lancard ke publik dan eth2 ke lan,
    eth1 ip dhcp dr isp (sebagai dhcp client ISP),
    eth2 sudh dikasih ip yang juga sebagai ip gateway dari PC-PC LAN,
    IP PC-PC Lan didapat secara DHCP dr mikrotik yng berfungsi sebagai DHCP server untuk PC-PC Lan,
    DNS Statis dr ISP sudah di set.
    Gateway ISP juga sdh diset untuk eth1,
    Firewall srcnat di out-interface= eth1 dengan action masquared,
    Dengan setingan diatas :
    - PC-PC di Lan sudah bisa browsing internet secara bersamaan, tp speed akses nya gak sama
    - kalo Salah satu PC akses game online, PC yang lain browsing internet secara bersamaan, yang game online akan nge lag dan PC yang lain jadi lemot aksesnya,
    - Sedang kan kalo lebih dari 1 PC akses game online yang sama, hanya 1 PC aja yang bisa yang lainnya gak bisa.
    Load Balancing gak dilakukan karena Internasional dan IIX/IX gak terpisah (cuman 1 isp hehehehe).
    Blom ada setingan pengontrolan bandwith utk PC-PC Lan melalui simple/tree qeue/pcq, karena blom paham.
    demikian bos, mohon bantuannya dengan script2 mikrotik yang indah, thanks again....!!!
    Last edited by co40anjkt; 18-06-09 at 08:22. Reason: ada yg rancu

  5. #4

    Join Date
    May 2008
    Location
    /proc/sys/kernel/randomize_va_space
    Posts
    875
    Points
    1,326.90
    Thanks: 0 / 13 / 8

    Default

    klo udah di masquerade+forwarding ya semua netID eth dlm udh bs inet, utk soal TS sih ya bandwidthny ja kali emg pas2an,. gw aga kurang prefer klo routing pake masquerade, mending snat --to [IP_lain yg 1 segmen ma eth1] ini klo udah skala besar tar bs bedain mana paket dari routernya sendiri keluar, mana paket dari client ke luar

  6. #5
    Kurt.D.Cobain's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    =
    Posts
    1,974
    Points
    4,012.20
    Thanks: 0 / 20 / 17

    Default

    ^
    saya kira settingannya udah bener sih bro... mungkin bener apa kata bro bloodiez, BW nya udah mentok, FYI... maen CS itu butuh minimal 128kbps untuk 1 PC aja...
    For Fun
    www.R-L.me

  7. #6

    Join Date
    Dec 2007
    Location
    ygy
    Posts
    110
    Points
    122.70
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Quote Originally Posted by bl00d13z View Post
    klo udah di masquerade+forwarding ya semua netID eth dlm udh bs inet, utk soal TS sih ya bandwidthny ja kali emg pas2an,. gw aga kurang prefer klo routing pake masquerade, mending snat --to [IP_lain yg 1 segmen ma eth1] ini klo udah skala besar tar bs bedain mana paket dari routernya sendiri keluar, mana paket dari client ke luar
    wah dapet ilmu baru... thx Kang....
    @ TS , kyk nya butuh bandwidth limiter tuh... coba aja make simple queue
    queue simple add name=[limit-client1/terserah] interface=[interface local lo] target-addresses=[ip client] max-limit=[upload/download]

    semoga membantu....

  8. #7

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    -
    Posts
    9
    Points
    13.20
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Bos Bl00d13z dan Bos Kurt D Cobain…,
    Karena belum ada PC yang bisa digunakan sebagai Router Gateway Mikrotik, konfigurasi network di rumah saya awalnya spt ini:



    PC1 saya jadikan gateway untuk PC2 dan PC3 melalui fasilitas Network Setup Wizard nya Windows XP.
    Dengan konfigurasi ini, PC2 dan PC3 bisa akses game online maupun browsing secara bersamaan.
    Tapi begitu PC1 dan dengan salah satu PC yang ada di Lokal akses game online, kondisinya jadi nge lag dech.

    Nach krn kondisi ini makanya saya mencoba membuat mikrotik agar dari tiga PC (PC1, PC2, PC3) yang ada, minimal 2PC dapat akses game online secara bersamaan (maklum kedua anak saya suka game Counter Strike dan saya juga lhoh hehehehehehe seru sich..!!!!).

    Apakah kondisi diatas tidak menunjukkan bahwa dengan 384 kbps, 2 PC local msh tetap dpt akses game online secara bersamaan..? Kalo memang ketidakberhasilan saya karena bandwithnya yang kurang.

    Apakah PC mikrotik dengan spesifikasi Pentium II Ram 128kbps yang menyebabkan share game online untuk 2 PC Lokal secara bersamaan tidak berhasil.

    Masukan dari Bos Bl00d13z bahwa lebih prefer menggunakan snat :
    IP di eth1 khan dapat dari ISP secara DHCP, jadi kalo saya hrs nambah IP yang segmen nya sama dengan segmen IP di eth1, saya harus menambah IP sebagai IP apa…? (Maaf ya bos, ternyata saya nubi nich….dan kalo boleh sich, kasih dong script nya, thanks).

    Apa gak ada yang menganjurkan kepada saya untuk melakukan pengontrolan bandwith di PC-PC Lokal umpamanya kalo hanya 1 PC yang akses maka PC itu akan dpt BW 384kbps, kalo 2 PC yang akses maka masing2 PC dpt BW 384kbps/2 dan kalo 3 PC yang akses maka masing2 PC dapat BW 384kbps/3 (saya gak berani memakai istilah Load Balancing, Simple Qeue, Tree Qeu, PCQ, mangle, dll, karena blom paham betul fungsinya dengan melihat scriptnya yang logiknya bikin puyeng tp bikin penasaran hehehehe).
    Kalo ada yang ingin menganjurkan, tolong dong bos-bos, sekalian script2nya yang lengkap dengan keterangan sebagai best practice.

    Terus terang aja saya udah coba search, baik disini maupun di alamat yang lain, pembahasannya membingungkan karena kadang2 setiap thread suatu topik suka diselak posted-posted yang topiknya beda dr topik awal dan tetap ada jawaban dr pakar2, nach saya nya yg bingung nyambung nya heheheh oon ya bos…

    Ditunggu ya bos-bos, solusi beserta script – script saktinya, tengkiu..tengkiu..tengkiu…semuanya..

  9. #8

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    -
    Posts
    9
    Points
    13.20
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Quote Originally Posted by oyabin View Post
    wah dapet ilmu baru... thx Kang....
    @ TS , kyk nya butuh bandwidth limiter tuh... coba aja make simple queue
    queue simple add name=[limit-client1/terserah] interface=[interface local lo] target-addresses=[ip client] max-limit=[upload/download]

    semoga membantu....
    Tengkiu bos Oyabin, saya akan coba script yang bos kasih...

  10. #9

    Join Date
    May 2008
    Location
    /proc/sys/kernel/randomize_va_space
    Posts
    875
    Points
    1,326.90
    Thanks: 0 / 13 / 8

    Default

    Quote Originally Posted by co40anjkt View Post
    Apakah kondisi diatas tidak menunjukkan bahwa dengan 384 kbps, 2 PC local msh tetap dpt akses game online secara bersamaan..? Kalo memang ketidakberhasilan saya karena bandwithnya yang kurang.
    jawabnya "iya" masih bisa akses, tapi tergantung dari behaviour server gamenya sendiri (saya rasa jarang klo ada game yg ga support nat, dlm arti dia cuma bisa terima 1 id = 1 IP publik yg join), kalo buat CS sih bisa kok, cm saya balik nanya nih, fastnet upstreamnya brp ya? NB buat gamers nih, upstream tuh ptg bgt buat koneksi yg simultan keq game2 online gitu, klo pake ADSL keq speedy jgn harap deh karna download gde maka game2 online lancar, standar sih 128kbps buat upstream udh cukup bgt buat 1 user yg maen, 2 user masih bisa lah, tp klo 3 aga ketuk jari dlu.

    Apakah PC mikrotik dengan spesifikasi Pentium II Ram 128kbps yang menyebabkan share game online untuk 2 PC Lokal secara bersamaan tidak berhasil.
    jwbny udah cukup kok spek segitu, ga perlu muluk2 spek router klo buat home user

    Masukan dari Bos Bl00d13z bahwa lebih prefer menggunakan snat :
    IP di eth1 khan dapat dari ISP secara DHCP, jadi kalo saya hrs nambah IP yang segmen nya sama dengan segmen IP di eth1, saya harus menambah IP sebagai IP apa…? (Maaf ya bos, ternyata saya nubi nich….dan kalo boleh sich, kasih dong script nya, thanks).
    gni mksd ane, cb peratiin itu topologi yg ente kasih(yg mikrotik ya): eth0 ane anggep interface dari router mikrotik ke modem fastnet, sedangkan eth1 ane anggep interface dari router mikrotik ke client2/switch (o ya NB:jgn gunain hub lagi,udh ga bagus pake hub jmn skrg,knp cb?). Nah ane anggep gini IPny:
    IP eth0:192.168.1.2/30
    IP eth1:192.168.0.1/24
    klo ane masquerade biasa gni kan:

    ini di miklotik:
    Code:
    chain=srcnat action=masquerade src-address=192.168.0.0/24 out-interface=eth0
    ini di linux:
    Code:
    iptables -t nat -A POSTROUTING -s 192.168.0.0/24 -o eth0 -j MASQUERADE
    nah rule itu tandanya memetakan semua address di segmen 192.168.0.0/24 ke IP luar si router(eth0), dgn kata lain semua IP 192.168.0.0/24 bakal di masquerade ke IP 192.168.1.2 nya eth0 sedangkan kalo pake snat:

    ini di miklotik:
    Code:
    chain=srcnat action=src-nat to-addresses=192.168.1.3 src-address=192.168.0.0/24 out-interface=eth0
    ini di linux:
    Code:
    iptables -t nat -A POSTROUTING -s 192.168.0.0/24 -o eth0 -j SNAT --to 192.168.1.3
    yg artinya semua IP di segmen 192.168.0.0/24 bakal diubah IPnya jadi 192.168.1.3 (bukan IP si eth0 router:192.168.1.2), NB:jgn lupa itu net prefixnya diganti jadi /29 atau lebih, itu ane pake /30 karna cuma 2 node dlm 1 segmen. ini ngaruh n kerasanya tar klo udah ruwet jaringannya n skala besar, klo home user sih masquerade ja jg ckup,sesuaiin ma kondisi..

    Apa gak ada yang menganjurkan kepada saya untuk melakukan pengontrolan bandwith di PC-PC Lokal umpamanya kalo hanya 1 PC yang akses maka PC itu akan dpt BW 384kbps, kalo 2 PC yang akses maka masing2 PC dpt BW 384kbps/2 dan kalo 3 PC yang akses maka masing2 PC dapat BW 384kbps/3 (saya gak berani memakai istilah Load Balancing, Simple Qeue, Tree Qeu, PCQ, mangle, dll, karena blom paham betul fungsinya dengan melihat scriptnya yang logiknya bikin puyeng tp bikin penasaran hehehehe).
    Kalo ada yang ingin menganjurkan, tolong dong bos-bos, sekalian script2nya yang lengkap dengan keterangan sebagai best practice.

    Terus terang aja saya udah coba search, baik disini maupun di alamat yang lain, pembahasannya membingungkan karena kadang2 setiap thread suatu topik suka diselak posted-posted yang topiknya beda dr topik awal dan tetap ada jawaban dr pakar2, nach saya nya yg bingung nyambung nya heheheh oon ya bos…

    Ditunggu ya bos-bos, solusi beserta script – script saktinya, tengkiu..tengkiu..tengkiu…semuanya..
    kalo mau bahas load balancing, trafik shaping, mangle, QoS,dll bkin ja thread khusus yg lebih fokus kesitu bro.. ini kan masalahnya cm share game onlen doank..

    oya NB ane djwb tuh: upstreamnya brp?, itu wajar loh klo bandwidth segitu maen CS 2 komp/lebih nglag,. CS tu harus presisi posisi karakternya, respon upstream ma downstream harus baik n stabil,.ga keq game MMORPG, yg ga nitik beratin akurasi posisi player (timeoutnya lebih dikit klo game2 FPS online/balap), pngalaman dlu pake volume based speedy yg segiga maen CS onlen, 1 jam tu abis sekitar 8-10mb, kebayang dah tu sequence paketny, lebih2 dari wow

  11. #10

    Join Date
    Dec 2007
    Location
    ygy
    Posts
    110
    Points
    122.70
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    sama kaya kata Kang bl00d13z....
    coba minjem switch dulu kang... di cobain....
    soalnya cara kerja hub ma switch beda....
    klo hub ga bisa ngirim paket secara bersama"...
    mungkin saja itu yg bikin ngelag....

  12. #11

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    -
    Posts
    9
    Points
    13.20
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    jawabnya "iya" masih bisa akses, tapi tergantung dari behaviour server gamenya sendiri (saya rasa jarang klo ada game yg ga support nat, dlm arti dia cuma bisa terima 1 id = 1 IP publik yg join), kalo buat CS sih bisa kok, cm saya balik nanya nih, fastnet upstreamnya brp ya? NB buat gamers nih, upstream tuh ptg bgt buat koneksi yg simultan keq game2 online gitu, klo pake ADSL keq speedy jgn harap deh karna download gde maka game2 online lancar, standar sih 128kbps buat upstream udh cukup bgt buat 1 user yg maen, 2 user masih bisa lah, tp klo 3 aga ketuk jari dlu.
    maaf bos bl00d13z.., saya lupa, bukan 384 kbps tp 512 kbps, dan udah saya test dr salah satu PC yg ada di Lan hasilnya rata2 untuk download 0.5 mbps, upload 009mbps dan ping 70 ms, bgmana bos dg kondisi spt itu....?

    chain=srcnat action=src-nat to-addresses=192.168.1.3 src-address=192.168.0.0/24 out-interface=eth0
    IP eth0:192.168.1.2/30..., karena saya dpt ip nya dhcp dr fastnet, saya gak merhatiin apa hasilnya ada (../30..), atau saya bisa langsung buat script diatas dg ip src-nat-to-address nya sesuai segmen ip dr fastnet...

    (o ya NB:jgn gunain hub lagi,udh ga bagus pake hub jmn skrg,knp cb?)
    Hehehe blom punya switch bos, saya gak mikir ke hub nya karena saya udah pernah bisa membaginya, sewaktu saya msh menggunakan fasilitas windowsxp (setup network wizard) di PC1 sebagai gateway PC2 dan PC3 melalui hub ini, dan yg saya tau kalo pake switch, masuk 1 keluar ke masing2 port tetap 1, tp kalo hub, masuk 1 keluarnya 1 dibagi brp port yg digunakan, gitu ya bos...hehehehe

    Berhubung saya msh diktr, saya blom bisa utak-utik mikrotiknya, tp yang jelas saya akan coba masukan dari bos..., baru nanti saya laporan ke bos, smoga bos gak bosan menanggapi thread dari saya ini, tengkiu ya bos
    Last edited by co40anjkt; 19-06-09 at 15:21. Reason: ada yg lupa

  13. #12

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    -
    Posts
    9
    Points
    13.20
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Quote Originally Posted by oyabin View Post
    sama kaya kata Kang bl00d13z....
    coba minjem switch dulu kang... di cobain....
    soalnya cara kerja hub ma switch beda....
    klo hub ga bisa ngirim paket secara bersama"...
    mungkin saja itu yg bikin ngelag....
    bentar, lirak lirik dulu di ktr, ada switch yg bisa dipinjam dulu gak ya, saran yang baik, biar bisa dipastiin, apa ada pengaruhnya dengan pemakaian hub atau swith terhadap lag, thanks bos

  14. #13

    Join Date
    May 2008
    Location
    /proc/sys/kernel/randomize_va_space
    Posts
    875
    Points
    1,326.90
    Thanks: 0 / 13 / 8

    Default

    Quote Originally Posted by co40anjkt View Post
    IP eth0:192.168.1.2/30..., karena saya dpt ip nya dhcp dr fastnet, saya gak merhatiin apa hasilnya ada (../30..), atau saya bisa langsung buat script diatas dg ip src-nat-to-address nya sesuai segmen ip dr fastnet...
    ga jadi soal kok klo emg mau pake snat, toh ke address yg masih IP private, tapi buat kasus km sih bkn soal di snat, ini ane saranin cm kalo bangun topologi yg gede n pngen mudah mantaunya..

    Hehehe blom punya switch bos, saya gak mikir ke hub nya karena saya udah pernah bisa membaginya, sewaktu saya msh menggunakan fasilitas windowsxp (setup network wizard) di PC1 sebagai gateway PC2 dan PC3 melalui hub ini, dan yg saya tau kalo pake switch, masuk 1 keluar ke masing2 port tetap 1, tp kalo hub, masuk 1 keluarnya 1 dibagi brp port yg digunakan, gitu ya bos...hehehehe
    HUB itu cara kerjanya broadcast bro, jadi klo ada paket yg mau diteruskan keluar itu semua client yg terhubung ke HUB bakal dgr semua paketnya, palagi klo clientnya dah lebih dari 2 ato 3, sedangkan switch dia ga broadcast, tapi gunain ARP(Address resolution protocol) buat komunikasi, klo gw analogiin HUB itu keq Guru yg lagi ngajar ke murid2/lagi ngabsenin murid2, semua pasti pada dgr itu guru treak2, begitu murid membalas sautan guru juga si murid broadcast dgn berkata "saya bu guru" kemudian guru tersebut bertanya pada murid tersebut dan berkomunikasi (semua murid di kelas mendengarnya)..nah sedangkan klo switch ini keq kita lagi nunggu di ruang tunggu pasien, awalnya broadcast (dipanggil ma asisten dokter/suster) tapi setelah tau pasiennya siapa komunikasi berlanjut ke private/seolah-olah peer to peer (komunikasi dgn dokter di dlm ruang periksa)

    gitu kurang lebih klo soal switch ma HUB,

    buat soal bandwidth kayak2nya sih masih kurang kalo segitu buat bertiga maen CS,apalagi upstreamnya segitu >.< 0.09Mbps sekitar 92,16 Kbps..kecil bgt bro >.< mungkin bro kurt tau tuh yg biasa ngerasain maen CS di netnya
    Last edited by bl00d13z; 19-06-09 at 23:36.

  15. #14

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    -
    Posts
    9
    Points
    13.20
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Bos Bl00d13z, Oyabin dan Kurt....,
    Saya sudah coba smua masukan bos2, saya juga udah coba..yang ada disini http://yoyok.wordpress.com/2007/06/2...ah-game-online , tp tetap aja saya gak bisa share game online di PC2 Lan rumah saya walaupun hanya 2 PC saja, akhirnya konfigurasinya Lan saya gak pake mikrotik lagi, saya kembali pake fasilitas network setup wizardnya windows xp dengan konfigurasi spt gambar dibawah ini :
    hanya PC yang diinstal mikrotik saya ganti dengan diinstall windows xp, spesifikasinya tetep PII Ram 128 Mb, dan Jumlah PC2 didalam Lan ada 3 PC.

    Sekarang saya bisa main game CS online untuk ketiga PC tsb, malah bisa di satu pub yang sama.
    Saya kiranya dengan Spesifikasi PII Ram 128 Mb gak suport dijadikan gateway ketiga PC yang spec nya lebih tinggi.

    Kalo masih ada masukan, saya tetap akan coba dan thanks 4 Bos2 yang sudah memberikan masukan sehingga wawasan saya thd mikrotik bertambah...

  16. #15
    kenzo's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    Trisakti University
    Posts
    3,419
    Points
    27.68
    Thanks: 44 / 120 / 56

    Default

    windows firewall nya coba di off bro.....
    who am I?
    who?
    I'm Spiderman! :pcool:

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •