Hallo all
Mungkin masih banyak yg bertanya fungsi dan kegunaan dari Delay Reducer / DR , dan setelah banyak pemakainya timbul juga bbrp pertanyaan
1. Knapa kok setelah pakai DR tetep delay , lag , spike
2. brp value yg cocok untuk DR
saya bantu jawab dan penjelasan saya ini juga tidak bersifat pasti benar / pasti tepat karena hasil dari penggunaan DR sendiri bisa di pengaruhi bbrp faktor ( PC , Koneksi ).
penggunaan DR memang akan mereduksi Ping/latency/delay anda
Delay yg anda peroleh adalah hasil dari :
Default Bnet command Delay + Internet delay anda = Total delay anda
Contoh :
- delay internet anda ke Bnet : 60ms
- default command delay Bnet 250ms ( setahu saya blizzard belum merubah defaultnya untuk ver 1.22 )
jadi total delay anda : 60 + 250 = 310ms
sekarang anda pakai DR ..
contoh anda set !dr 80
berarti 60ms + 80ms = 140ms .. ( selisih yg sangat signifikan )
jadi yg harus di garis bawahi adalah :
- DR tidak mereduksi Internet delay anda melainkan mereduksi delay dari Bnet Command delay , jadi kalau delay internet anda ke bnet adalah 60ms yaa mo di di apaain ya tetap 60ms ..(selama dari pihak ISP anda tidak melakukan perubahan dalam upaya menurunkan ping / delay anda ) , jadi yg di rubah oleh DR adalah delay default dari Bnet'nya yg 250ms ini ( untuk default Lan adalah 100ms ..maka dari itu kalau ada maen di Lan akan terasa lancar karena defaultnya emang kecil yg cmn 100ms)
Sebelum di bahas yg lain2 kita lihat dulu bgmn sebuah host di Bnet melakukan tugasnya :
- koneksi host di dota bisa di gambarkan sbg berikut :
Sedikit penjelasan:
ketika anda bermain dota ..disitu akan terjadi proses perputaran data , pertukaran data dan proses ini terjadi terus menerus selama permainan, ketika anda melakukan perintah (exp : finger , laguna ..fishur etc ) anda mengirimkan paket data ke host dan host akan menyimpan'nya dan terjadi proses perputaran data & host akan mengirimkan ke setiap pemain disitu dan membutuhkan waktu 250ms , dan akan menunggu 250ms untuk paket berikutnya ..dan terus berulang2
dan jika anda mengeset DR anda dengan value yg lebih kecil (exp : 1ms / !dr 1 ) proses di atas akan memakan resource dari CPU anda ( memory + processor ) dan ketika CPU dalam beban yg cukup besar maka akan terjadi SPIKE , jadi Spike / patah-patah / frezze tidak berkorelasi langsung dengan koneksi anda.
spike lebih cenderung diakibatkan karena faktor CPU / Beban CPU / CPU usage dan bisa juga diakibatkan karena Bandwidth Upload Speed yang lemah
Jadi disini harus bisa dibedakan antara Delay dan spike
kembali ke pertanyaan di atas
1. Knapa kok setelah pakai DR tetep delay , lag , spike
- untuk delay / lag coba cek koneksi anda , ping yg kecil memang tidak selalu jaminan lancar , dan ping yg besar bisa menjadi salah satu acuan bahwa koneksi anda bisa sedikit bermasalah ( sebisa mungkin hindari user yg mempunyai ping besar , walupun dia bilang " gpp nggak masalah / habis create ..etc , under 100ms its better )
- untuk spike sudah terjawab
2. Value yg tepat
- cek ping/delay internet anda ( coba di test bbrp value yg cocok untuk koneksi anda ) default DR 1.8.2 adalah 80ms / !dr 80
semoga bermanfaat
Credit to :
- google my love
- blitzzone
regards
Share This Thread