Basic Raiding Guide for Noobz & New - Lowbie (Tq ballinst)
Setelah bersusah payah mencapai lvl 80, akhirnya tiba juga saatnya untuk raid dan gearing up.
Kira-kira apa yang harus dilakukan untuk melakukan raid yang baik dan benar?
Share pengalaman dari saya.
Spoiler untuk jika raid leader :
Sebelum memulai raid baca dulu ini jika anda Raid Leader.
1. Tentukan spec party anda.
Kira2 untuk raid A kita butuh brapa healer, brapa dps, OT dan MT.
Spec raid sekarang (Naxxramas, OS, Ulduar -> Normal Instance) cukup 3 healer, 5 dps 1 tb dan 1 ot. OT diharapkan class yang bs dps dan tb misalnya druid atau class yang punya 2nd spec TB dan DPS.
Spec party sekarang (UP dkk N dan H) cukup 1 healer 3 dps 1 TB.
2. Tentukan tujuan raid anda
Udah nyari orang masa ga tau tujunanya kmana, lebih baik tentukan dulu tujuanya jadi ntar member tau kmana mereka dan mgkn aja dari mereka ada yang tau info tentang instance tersebut jadi bocoran dikit kalo baru blajaran.
3. Tentukan peran anda.
As usual, menjadi diri sendiri yang baik itu sulit, tp lebih baik kita melihat keadaan. Jikalau anda mempunyai > 1 char, dan char itu adalah healer dan raid anda susah mencari healer, lebih baik kita pake healer itu kalo udah bener2 ga ada yang mau ikut raid kita. Anda RL dan anda harus bertanggung jawab terhadap member anda.
Hal ini yang biasa sulit diaplikasikan karena biasanya kalo kita RL, artinya char kita butuh item dan ga mau kompromi ama yang lain. Satu lagi, jika anda mempunyai role DPS entah itu melee atau caster, pastikan anda yang terbaik dalam arti kata, eq anda cukup mumpuni untuk role itu, jangan memaksakan role itu. Mungkin saja ada class lain misal shaman, dipaksa jadi healer karena anda dapat role DPS (paladin) tapi paladinya pake eq setengah healer setengah DPS alasanya ga ada eq dps adanya eq healer, nah inilah misconception yang masih sering dimiliki sebagian besar pemain sekarang.
Jadilah yang terbaik di bidang yang anda kuasai, pernah dulu kan ada rule DPS dibawah 2000 no roll, nah apakah paladin td bisa sampai dps sekian untuk party2 yang niat?pastinya tidak. Ini dimaksudkan agar party lebih efisien.
Spoiler untuk baca lagi jika RL :
Saat raid sudah dimulai baca dulu ini jika anda RL
1. A Good Leader, not arrogant leader. (Tq kukury)
Apa yang dimaksud dengan kalimat diatas?ah kemarin baru dapet kasus lagi, RL dikasih Power Fortitude yang 30m (kecil) gak suka, padahal apa bedanya buff yang kecil ama buff yang besar slain waktu toh ntar kan di refresh lagi buffnya didepan boss? padahal belum didepan boss, dan hal ini dimaksudkan untuk menghemat reagent. Apa yang terjadi jika pas TM reagent dah habis dan pas didepan boss harus ngebuff kecil?lebih fatal kan?
Ada lagi kasus, dimana member sering salah mengartikan petunjuk sehingga menyebabkan wipe, terus dimarah2in ampe dicaci maki ampe dikick. Member tersebut memang salah, tp apakah mengeluarkanya dari raid benar?bukankah lebih bangga kita melihat dia melakukan apa yang harus dilakukan dengan tetap bersama raid kita (kecuali sudah berkali2 dikasih tau ga ngerti)
Contoh leader yang baik dan jahat tidak usah disebut mgkn baik itu subjektif tp arogan itu objektif
2. Leader yang penakut, tidak jelas, terlalu berhati2 tp tidak mendengarkan kata2 member.
Suatu hari saya daily UP dan dimulai dengan instance normal. RL memakai char rogue dan karena saya bertugas menjadi healer, amat membosankan pastinya yang tau daily UP normal kan?damagenya biasa2 aja, ngeheal TB seperti kurang kerjaan. Nah saat hampir mencapai ymirjar berserker terakhir dan party sedang melawan momon dibawah tangga, saya sudah menarik berserker diatas, tiba2 dia bilang "woi jangan naik dulu, belum siap" padahal si TB "haha gpp biar seru". lalu dia mengancam ingin meng-kick saya dari party,berlebihankah sikap dari rogue? liat kembali cerita ke-2
Dia membuat lagi party UP dengan 2nd charnya Warrior, saya ikut lagi dengan WL ingin mengetes ketakutanya dia terhadap instance UP (iklanya sama,keknya pake macro). Nah bgitu mulai Ymiron heroic, pas kita da masuk room Ymiron (3 tm masih ada didepan), dia blg "WL pake pet tarik Ymiron", pikirku "ngpn ni orang nyuruh pake pet?emang damage tu tm brapa?", terus saya ngmg "yaelah ini tm lawan aja kenapa". dia bilang "TM nya sakit kk", ucapan seorang PLATE-ier kepada seorang CLOTH-ier. Warrior berdarah 24k unbuffed mengatakan damage TM UP H itu sakit, dan menyuruh pet menarik Ymiron (padahal jelas2 PET dah dikasih LoS skrg).
Kira-kira makna apa yang perlu diambil dari cerita diatas? Seperti cerita sebelum memulai raid, UP adalah instance 5-man dimana orang memulai gearing up dan mencari item2 awal menuju raid ditempat itu. Jadi damage terbesar yang bs dilakukan di raid itu tidak mgkn melebihi instance 10-man, dan tingkat kesulitanya pasti jauh lebih dipermudah. Namun, RL tidak mengetahui fakta ini, yang dia ketahui adalah damage TM sakit, padahal ada healer, jadi healernya mau dibuat nganggur gitu aja kah, apa gunanya healer kalo gitu?
Info instance berdasarkan lvl item
-UP dan instance 5-man lainya : item normal lvl 187, heroic lvl 200.
-Naxxramas dan instance 10 man lainya : lvl 200. jadi heroic 5-man tingkatanya dibawah instance ini, apalagi ini 10-man, pasti beda jauh ama 5-man.
-Ulduar N: lvl 219++
-Naxx H dkk yang 25-man : 213 - 226.
Mudah2an info diatas dapat memberikan gambaran kesulitan instance.
3. Leader harus dapat membuat suasana raid selalu ceria
Yap ini penting sekali, membuat suasana raid 10-man ceria mgkn terbilang mudah, tp untuk 25-man, tidaklah mudah, apalagi setelah wipe, banyak pemikiran orang kalo setelah wipe pasti bubar apalagi wipe di awal, orang akan berpikir "RL sesat, ga bener, cacat" disinilah anda harus pintar membawa perasaan dan pemikiran orang agar wipe tersebut tidak mempengaruhi perjalanan raid.
4. Leader berwawasan luas.
Biasa saja, untuk menguji wawasan anda, circle of life diberikan ke Warlock apakah benar?
5. Member ikuti kata RL kecuali anda yakin benar dengan tindakan yang anda lakukan.
Banyak saat briefing boss, rata-rata hanya bercakap2 dan tidak mendengarkan, pas mulai malah jadi penyebab wipe. Kadang ada baiknya meski kita sudah tahu tp kita ikut mendengarkan, mungkin aja ada point tambahan yang kita gak dapatkan di raid sebelumnya.
6. Leader wajib bertanggung jawab atas raidnya.
Kemarin baru raid ama orang OS ber-15, wipe 2x, Leader kabur dia malah mindahin RL ke TB yang cuma diajak. Apakah ini cara anda bertangung jawab dengan 15 orang ini?pasti saya BL nick anda dan tentu tidak lupa saya cerita ke teman2 guild agar tidak raid dengan anda.
Spoiler untuk istilah raiding :
Basic Guide dan istilah dalam Raiding :
1. DPS
DPS semakin besar, bos mati lebih cepat. Sayangnya masih banyak yang belum mencapai DPS yang memuaskan untuk charnya, malukah anda kalo EQ ulduar Naxx H Hunter tp DPS hanya 1600? kasihan charnya tidak dimaksimalkan.
2. Threating
TB yang baik, Threat selalu diatas DPS, masalahnya hanya ada 2, DPS yang GG apa TB yang aneh kalo ampe Bossnya lepas threat?silakan cari cara menaikan threat di guide2 tanking forum luar dan mengontrol threat DPS anda jg di forum yang manapun..
Note : Gunakan Blizzard Threat meter di Interface -> Display -> Show Threat in Percentage lalu pilih Show in Instance
3. Equiping
Equip DPS sebaiknya disesuaikan, banyak orang melakukan /roll pada item2 healer, cara membedakan item healer, eq healer pasti ada MP5, eq caster tidak dan rata2 ada hit ratingnya. Untuk apa healer pake hit rating?untuk apa caster pake mp5 secara Blizzard sudah memberikan caster fitur untuk regen mana misal Life Tap, conjure gem dan lainya yang notabene CD cooldownya lebih cepat dibanding CD mana tide totem dan shadowfiend misalnya.
Tambahan : Diwajibkan dan diharuskan sebisa mungkin def cap dan hit cap anda semaksimal mungkin. Def cap TB pemula kurang lebih 500 untuk entry gear naxxramas sisanya baru lari ke dodge parry mungkin dengan gemming(kecuali druid ga usah mikir defense rating), untuk caster hit ratingnya rata2 300 sudah lumayan, untuk melee juga tidak beda jauh. (Tq Ravemastah - Sunstrider)
4. Talenting
Sama seperti diatas, eq dps tp talent healer, tidak mendukung, DPS loss.
5. Rolling
Ketahuilah eq mana yang perlu dan tidak perlu anda roll, roll untuk DE terakhir free roll, begitu juga saat roll need greed dan pass, untuk DE greed, untuk need harus eq yang digunakan bukan untuk di DE atau dijual kecuali party sudah mengetahui maksud anda dan memperbolehkan need untuk DE.
Untuk roll master loot saat bos/ GL kalo RL nya lupa, diperbolehkan roll item spec lain selama tp harus tipe baju yang dia pakai, misal druid, jangan nyerempet roll item cloth mage lock priest (karena ada spirit dihajar aja), tp roll tetp leather buat feral mungkin, atau buat resto yang pasti leather. (Tq Kukury)
6. Raid Composition
salah 1 aspek raid yang kurang diperhatikan di AMPM, jarang banget yang cari class DPS booster (ench, BM, feral). terbukti, raid dengan komposisi DPS dengan booster lengkap dapat meningkatkan DPS 1 raid dengan sangat signifikan, cont: feral dengan komposisi raid benar DPS bisa 6k++, sedangkan saat komposisinya asal-asalan asal full buff DPS cuma sekitar 4k dengan rotasi yang sama dan di boss yang sama. (Tq Rurian just copas)
7. Inspecting
Phase terakhir yang sering ada dulu saat TBC sekarang menghilang, karena terlalu mudah bosnya. Mungkin kalo tidak bug akan sedikit menantang, contoh saja saphiron sampai ada healer yang OOM kecepetan langsung kita inspect gearnya, gak memuaskan, ganti langsung. (Tq kukury)
Spoiler untuk list buff buat party :
Tank :
• Protection Warrior
--> Commanding Shout
--> Devastate ( 20% Arpen )
Healer
• Resto Druid ( Raid Healer )
--> MOTW ( Improved MOTW )
--> Faerie Fire ( 5% Arpen )
• Holy Priest ( Raid Healer )
--> Prayer of Fortitude & Prayer of Spirit
• Holy Paladin ( Tank Healer )
--> Blessing of King
• Resto Shaman ( Raid Healer )
--> Wrath of Air Totem ( 3% Spell Haste )
--> Mana Tide Totem
Melee DPS
• Arm Warrior
--> Blood Frenzy ( 4% Physical )
--> Trauma ( 30% Bleed Damage )
• Frost DK DPS
--> Horn of Winter ( 155 Agi + 155 Str )
--> Improved Icy Talon ( 20% Melee Haste )
• Fury Warrior
--> Battle Shout with Commanding Presence
--> Rampage ( 5% melee crit )
tambahan :
Shaman enhancemenet - Unleashed Rage (tidak stack dengan abomination might dan trueshot aura -> coba di cek yang raid 25-man)
Range DPS
• Frost/Fire Mage ( Decurser )
--> Arcane Intelect ( 60 int )
--> Winter Chill/Improved Scorch ( 5% Spell Cit )
• MM Hunter
--> Trueshot Aura ( 10% AP )
--> Hunter Mark (650 RAP)
• BM Hunter
--> Ferocious Inspiration ( 3% damage )
• Balance Druid
--> Earth and Moon ( 13% Spell Damage)
--> Improved Moonkin Aura ( 3% Haste )
--> Improved Faerie Fire ( 3% spell hit)
• Elemental Shaman
--> Totem of Wrath ( 280SP + 3% crit )
• Demonology Warlock
--> Demonic Pact ( 10% SP )
--> Curse of Element (13% Spell damage )
Spoiler untuk buat yang suka hitungan mathcraft :
Originally Posted by -sunstrider- View Post
hit cap 17%
bisa di capai 3 cara:
1. hard cap
murni 17% persen dari gear..ga ambil talent hit
2. med-cap
13% gear+3% talent ato debuff
3. soft cap(ga d anjurkan buat 10man)
- alasannya , cap yg ini bergantung ama debuff IFF/misery
- 11% gear 3% talent 3% debuff
hit rating kayaknya sih sepele..
perna kebayang ga kalo conflag / CoD / CB lu ke resis?
dps loss=boss lebi lama matinya=lama ngeloot=moar qq
tiap kenaikan 1% hit rating dps lu juga ikut naek 1%
dan juga naekin critical chance lu secara ga langsung..
tau kenapa?
critical chance yg lu liat d paperdoll itu cuma hitungan kasar..
trus juga...secara ga langsung,,hit rating naekin crit chance lu..
soalnya "you must hit before you can crit"
rumus critical = critical chance x (100 - hit on paperdoll - hit from talent) / 100
di dalam boss fight critical chance lu kurang 3% karena perbedaan level
contoh2 yang kurang baik :
Spoiler untuk bawel? :
Reka skenario (gua buat tanpa ada karangan dan jadi2an,sejujurnya) :
Masuk awal, Lenith ngomel karena gua buru2, dan gua blg "ngpn sih UP aja Lemot amat, gua pengen ke OS H jadi mesti buru2" <-- dengan tanpa suuzon, apakah si lenith berpikir UP N sangatlah kuat sampe2 keknya dia takut banget?
Pas sampe didepan berserker, gua prowl, rogue di party itu jg stealth, tiba2 nick bernama BOTAKMACHO jalan keterusan lalu mengaggro tm depan ymiron dan lenith ngmg "woi sabar lah" "elah" (mungkin dia ngmg buat gua, sayang gua ga narik tuh, tp si botakmacho yang narik) seperti yang ada di SS, dan berikutnya bisa ditebak,
Botakmacho "Woi TB,niat ga sih lo" sedangkan diatasnya ada kalimat "summon dulu", gua ga tau maksud ini UP di bikin raid apa maksudnya, keknya dia mau book item, tp repot banget ya, kek daily UP setaun sekali dan jangan2 perkiraan gua bener, mereka mikir DAILY UP itu SUSAH.
Merasa terhina, gua tinggal bilang "gak" (gua gak niat), dan leave party. Andaikan lo sebagai TB, TB yang diwhisp oleh orang dan diajak (karena sopan ngajaknya, gua ladenin) tp ternyata member lainya kurang ajar bgini, gua yakin lo jg males, ngajak omong pake caps, kek jago aja, sok kuasa. Gua orang yang konvensional, gua asik lo asik, gua ga butuh daily UP, reput dah penuh, gua ikut karena diajak temen lo yang sopan dan sabar, tp begitu ngeliat sikap lo, gua kecewa gue enek, gua ga ragu2 keluar dari party raid manapun, dari BT SWP OS NAXX H gua jg pernah keluar kalo sok kuasa. Dan boleh tanya orang yg pernah raid ama gua dari jaman tbc dulu, kapan gua biarin orang di aggro kalo gua yang ngepull?itu lo yang narik kan dan itu lagi disuruh summon jadi gua nurut aja, sepertinya partynya ga berkomunikasi dengan baik.
Lesson to Learn :
1. Raid itu perlu berkomunikasi dengan baik, sebagaimana halnya dengan party 5-man.
2. Instance2 kek UP HOS HOL ga usah lebai lah, gampang banget gitu, eq naxx malu2 penakut pengecut masuk heroic 5-man, sesuatu yang gampang di WoW ga usah dilebih2in, males gua mainya.
3. Ada masalah ngpn teriak2 ke channel?kalo dah gitu bukanya yang dianggep negatif orang2 yang teriak2 ya CAPS dan berkali2?ktauan anak kecilnya ga bs ngatur emosi?
Spoiler untuk tambahan untuk hit rate dkk thanks Mankrinks Wife :
Expertise vs Hit
Boss itu punya 14% Parry dan 6,5% dodge
Tank itu punya 8% miss, 24% Glancing, dan xx % crit, Jadi
Tank vs Boss
Crit = 25% ( misalnya ).
Dodge = 6,5%
Parry = 14%
Miss = 8%
Glancing = 24%
Hit = 100 - ( 25 + 6,5 + 14 + 8 + 24) = 22,5%
Tank vs Boss ( +164 hit rating = +5% hit )
Crit = 25%
Dodge = 6,5%
Parry = 14%
Miss = 8% - 5% = 3%
Glancing = 24%
Hit = 100 - ( 25 + 6,5 + 14 + 3 + 24) = 27,5%
Kena= Hit + Glancing + Crit = 76,5%
Tidak Kena = Dodge + Parry + Miss = 23,5%
Tank vs Boss ( +164 expertise rating )
Crit = 25%
Dodge = 6,5% - 5% = 1,5%
Parry = 14% - 5% = 9%
Miss = 8%
Glancing = 24%
Hit = 100 - ( 25 + 1,5 + 9 + 3 + 24) = 37,5%
Kena= Hit + Glancing + Crit = 81,5%
Tidak Kena = Dodge + Parry + Miss = 18,5%.
CMIIW
Sekiranya ini dulu, kalo ada yang kurang enak dikoreksi ya thx.
-Thanks to Kazoo a.k.a Kumis di instance UP untuk ilham menulis note ini, kalo gak ada anda pasti ga akan saya nulis note ini.
-Thanks to Aras dan teman2 guild-ku![]()
Share This Thread