Banyak yang menjadi concern saya seputar istilah "blizzl1ke" tapi terutama yg bakal jadi perhatian komunitas sepertinya hal2 berikut:
- Experience rate
- Drop rate (item, quest item dan money)
Dua tersebut yang primer dan relatif mudah untuk penyesuaiannya. Tapi coba ini:
- Tingkat kesulitan dalam instance2 tertentu
- Tingkat kesulitan melawan boss2 tertentu
Sepertinya menurut pendapat saya kita mesti turut campur agak lebih jauh ke dalam mekanisme mangos kalau ingin PS ini masih "nyaman" untuk dimainkan. Seperti pernah saya bicarakan, seluruh team dev mangos/dev/script bekerja dengan bagus... malah bisa saya bilang "terlalu bagus" untuk kondisi realita server kita yang:
- maksimum player 200, ini pun bakal lag pada beban network puncak dan ancaman disconnect menghantui...
- masih banyak talent, skill dan feature yang belum diimplementasikan sehingga para player tidak dapat menggunakan seluruh kapabilitas dari masing-masing class karakter pilihannya
Ini bukan masalah baru dan sudah ada beberapa thread yang mempersoalkannya.
Sebagai gambaran ini saya quote dari forum mangoscript (meskipun bukan dari scriptdev2, tapi hanya soal waktu saja sebelum mereka melakukan yang sama), mengenai AI Sapphiron yang sedang dikerjakan.
Bagi yang kesulitan dengan bahasa Inggris saya mohon maaf sebesar-besarnya...Sapphiron's behaviors:
Berserker enrage after 15 mins, making his Frost Aura do 600% damage.
Sapphiron will first take to the air 45 secs after engaging, then fire 5 Icebolts and 1 Frost Breath and land. After that, it will stay on the ground for 67 secs before flying up again and repeating the process.
Ice Bolt - Deals 2625-3375 frost damage, 10 yard splash radius, 25 second duration, stuns chosen target for 3 sec. Only occurs when Sapphiron is in the air. Appears to induce an iceblock-like effect with the functionality of the Mage's Ice Block spell; ie. you cannot take any action but are immune to attacks for the duration. Ice Block last for 22 secs.
Frost Breath - Slow-moving, wide-range "ice bomb" AoE attack. Sapphiron will "take a deep breath" after 5 Icebolts in the air. It can be resisted. Only happens when Sapphiron is in the air - he breathes a cloud of frost which floats slowly to the ground and explodes when it touches the ground, doing 75000-125000 damage in a 70 yard radius. Sapphiron will land after Frost Breath. It takes about 5-6 seconds to land. Its target is the middle of the room, not a specific person. Anyone who has been frozen by Icebolt will be immune to this. This attack cancels the Ice Block. Raid members can stand behind the Iceblocked individuals and will be considered out of LoS of the Frost Breath.
Frost Aura - Frost-damage DoT-type attack. 100 yard radius, damages afflicted targets for 600 frost damage every two seconds. Keeps applying. (Can be partially resisted)
Life Drain - 12 second duration, 100 yard range, curse-type. Drains 1750 to 2250 health and heals Sapphiron for 3500 to 4500 every 3 sec. Used every 24 secs as well.
Blizzard - Much denser and larger than normal Blizzard. Deals 3063 to 3937 damage every 2 sec. Slows movement speed by 65%, 15 sec duration. Drifts in directions very much like green outdoor dragon sleep cloud. (Binary spell - the damage can be resisted completely or not at all)
Saya sungguh bertanya-tanya apakah raid 40 orang player terbaik dari AMPM mampu menyelesaikan tantangan ini di server kita dengan segala keterbatasan yang sudah saya kemukakan sebelumnya? Sungguh menarik untuk dicoba tentunya, akan tetapi saya membayangkan hal yang lebih realistis...
Kemudian juga mengenai boss2 di Outland (bila saya sebut "Outland" itu maksudnya semua yang baru dari ekspansion TBC, berarti juga termasuk Kharazan, CoT dll.) yang damage dan atau HP nya menurut saya agak di luar kewajaran, saya pernah mendapati suatu isu berupa artikel di forum wow eropa (saya lupa link page tepat nya) yang kurang lebih intinya seperti ini:
"Boss-boss Outland sengaja dibuat seperti itu oleh Bl1zz4rd dengan tujuan mengurangi ketertinggalan guild-guild kecil dalam petualangan baru di Outland. Boss-boss itu akan dibuat lebih wajar pada patch berikut 2.1.0"Maksudnya begini, karena Boss-boss yang dimaksud itu di atas kertas menjadi tidak mungkin dikalahkan oleh siapapun, guild-guild besar diharapkan sementara waktu bisa tertahan perkembangan koleksi ekuipmentnya, sementara itu guild-guild kecil diproyeksikan sudah memiliki kemajuan pesat pada saat patch 2.1.0 dirilis sehingga semuanya bisa sama2 menikmati petualangan di Outland dengan relatif berimbang.
(Tapi pada kenyataannya, beberapa guild besar toh tetap bisa mengalahkan Boss2 Outland di patch 2.0.12, karena memang dasar mereka punya skill dan kerjasama yang superior)
Yang segera tampak menjadi masalah di cakrawala adalah, kita tidak dapat memprediksi kapan team mangos dapat menyiapkan versi yang kompatibel dengan patch 2.1.0. Sementara mangos masih berkutat di patch 2.0.12, apakah kita harus terus "menikmati" kedigjayaan Boss2 Outland itu?
Nah, kembali ke dunia nyata kita, private server kita... tolong berbagi pandangannya dari rekan-rekan sekalian, apakah:
a. Ingin WoW AMPM sedekat dan semirip mungkin dengan versi aseli official bl1zz4rd dalam seluruh aspeknya
b. Ingin lebih condong kepada "Funserver"
c. Kustomisasi di antara kedua pilihan tersebut, sehingga lebih cocok dengan kondisi keterbatasan kita
Ayo diskusi![]()
Share This Thread