Tidak. Keduanya sama - sama dipengaruhi client side dan server side. Yang paling membedakan adalah besarnya packet data yang dikirim. Latency itu tergantung dari server, sedangkan standar ping itu 32Bytes.
Dari pengalaman gw, mungkin bisa butuh bandwidth hampir 200kbps = 25KBps untuk WOW dalam keadaan sibuk.
coba jalankan
ping www.indogamers.com -t -l 25000
ganti aja www.indogamers.com dengan tujuan, -l 25000 artinya packetnya sebesar 25000 bytes.
Yah bro...percuma gue nulis and cariin sumber buat elu tentang apa itu ping dan latency =.=a
Lha wong dibaca dulu kek dan dipahami, apa itu ping, apa itu latency, tujuan nya untuk apa dan bagaimana cara kerjanya.
Terus coba analisa dari fakta di lapangan berdasarkan teori2 tsb.
Last edited by jc fanz; 09-12-09 at 19:45.
Nah.. sekarang gw kasih pertanyaan yang sangat simple ama floopz... gan, situ make speedy bukan gan?
Dari yang gw baca dari link jc fanz, malah gw berpendapat
ping = latency tanpa packet.
Jadi, latency itu menurut gw
ping 122.144.2.11 -t -l xxxx
xxx = besarnya packet data.
Iye, bukan melulu soal client side ato server side.
Latency itu ada sangkut paut nya dengan bandwidth,
ping itu cuma buat nge-tes network aja,
packet yang dikirim sebesar xxx itu nyampe kaga.
Kalo gak nyampe, gak nyampe nya karena apa ?
Error message ping kan ada 4 macem, sepengetahuan gue :
1. Request Time Out
2. Destinantion Unreachable
3. Hardware Error
4. Ping request could not find host www.indogamers.com. Please check the name and try again.
Apa itu penjelasan error nya, googling aje.
Kalo kira2 cuma mau cari kesalahan ada di sisi client side ato server side sih caranya gampang, gak perlu liat2 hasil ping ato latency.
Tanya aja sebanyak2nya temen lu yang gak pake 1 ISP/LAN sama elu pake, mengalami masalah yang sama atau tidak.
Kalau iya, bisa diambil kesimpulan server side masalah nya (semakin banyak temen yang lu tanya, semakin besar persentase nya)
Kalau kaga, bisa diambil kesimpulan client/Lan/ISP side elu masalahnya.
gw dah nyoba test paket paling gede ke rlwow2indogamersus tu 1472 byte (-l 1472) diatas itu RTO. RTO sbnernya balik cman waktunya klamaan, klo Destination unreachable paket data gak nyampe + gak balik lg, Hardware error gak pernah nemu, couldnot find host itu biasanya klo KITA (client side) lagi DC (entah ke router / ISP).
gw make speedy, rata2 jg pd triak2 speedy lg fucked up bner blakangan ini (seminggu kblakang).
gw jg mo saranin ke admin2 klo mo update / fix2 jgn sambil run server, klo bisa DCin aja server sehari, modif/fix sampe puas, baru OLin lagi besoknya... drpd fix sambil jalan takutnya gw malah sering freeze2 hang gara2 client mesti nerima DATA BARU BUAT UPDATE dari server, entah brapa sizenya. jd kek ngepatch, tapi sambil jalan gamenya, entah ini yg dilakukan atau bukan. CMIIW.
^ Atas gue, jangan sebutin brand aslinyawsst: nti lu jadi prita kedua lagi
Berarti speedol yang biang masalah nya
Share This Thread