
Originally Posted by
anan4art
Ehehehe... ternyata banyak yang belum tahu, yah... database itu simpennya bentuk string (text 256 karakter aja), misal:
ID | Nama | Langganan Expansion TBC? | Langganan Expansion WotLK? | Jumlah Character | GM Level? | Slot Kepala | Slot tangan | dst...
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1 | Katrin | YA | YA | 2 | 0 | #4448928 | #6989983 |
2 | Sunlounge | YA | YA | 4 | 3 | #8789499 | #8773468 |
3 | Siti | YA | YA | 1 | 0 | dst..
dst... Jadi database 1 ID mungkin bisa "hanya" makan 50 MB termasuk Item bank, item di inventory, surat yang di mailbox, AH.
Kalau misalnya Ada 50.000 ID, total habis 2,5 GB aja...
Sisanya ditangani prosessor dan RAM yang harus stabil dan tahan banting. Hdisk seperti milik server Facebook, jaman sekarang pake SSD yang lebih awet dan cepat.
Client boleh 16 juta-mega-tera-byte... di sisi server harus seringan mungkin agar irit sumberdaya.
Core Mangos/Trinity biasanya cuma 100 -500 MB tergantung script/item/spell yang diaktifkan. Ada tambahan 1-2GB buat vmaps. Total bahkan nggak sampe 20GB
Beberapa hal yang nggak ditangani server adalah kecepatan/letak pemain, jenis chat! Makanya bisa ada SH, rossetta-stone, dsj
Share This Thread