I. Introduction
Sebuah postingan yang ditujukan untuk berbagi info mengenai raid yang sudah mulai membosankan. Guide ini berguna jika anda menaruh concern kepada raid yang dilakukan. Guide ini tidak berguna untuk anda yang sudah dewa seperti menggunakan spell penetration gem di raid, ga ada gunanya baca ini. Ini sampah dan ampas dari seluruh ampas.
Btw, guide ini akan memberikan berbagai SS yang kontroversial dari berbagai PoV-ku ketika ikut raid. Semoga dapat dilihat dari sudut pandang yang sebaik-baiknya dan ingat, ini hanya saran dan ide, diikuti bagus, nggak diikuti juga gapapa asal kasih ide lain, mungkin lebih bagus.
II. Basic Information
So far, basic information mengenai raid seperti tentang hit cap, dll itu udah di cover di guide sebelah. Mungkin ada beberapa info yang perlu diberitahu disini seperti mechanic boss.
Boss Mechanic & Raid Awareness
Contoh aja incinerate flesh ama Curse dari jaraxus. 2 skill itu ngebug, incinerate flesh di heal ampe brapa juta ga akan pernah hilang. Begitu juga dengan curse, didispel, hampir 100% next tick dia akan ada lagi. Intinya, dimana suatu spell merugikan kita tp ga bisa dilawan, yaudah terima aja mentah-mentah. Ga usah aneh-aneh. Decurse ga ngeheal, tapi heal itu bisa nutup decurse itu. (hanya berlaku kalo ngebug). Trik ini didapatkan saat lo nyobain instance baru dan belon ada panduan guide resmi versi suatu server. Ada gitu panduan mengignore incinerate flesh di retail? no. ada gitu panduan decurse ampe 4x di retail? no. dimana2 namanya decurse pasti sekali cast ilang, kalo ampe ga skali ilang brarti mechanic scriptnya dah beda dan dianggap bug.
GCD
Saat kita ngedispel, kita membuang 1 GCD kita, GCD itu tergantung haste. Misal pas jadi druid, haste kita cuma 300, GCD kita brarti skitar 1.3 - 1.4. Untuk skali decurse kita buang waktu sekitar segitu. Lebih baik kita gunain buat heal kan? (kalo ngebug, jadi buang 3-4x GCD, temen lain dah matek duluan demi ngilangin curse yang baka diapply berikut2nya)
mekanik mengenai GCD ini juga penting. Sebisa mungkin kita mengejar namanya HASTE CAP. Namun di berbagai class, haste cap tidak diberitahukan seperti mage dan warlock. Lain hal di PoV healer seperti paladin holy dan druid resto. Druid resto punya haste cap 505 dan paladin holy di 732-ish (sekitar segitu).
Untuk apa haste cap?. Alasan pertama untuk kurangin GCD. Buat druid, semua skil itu instant kcuali nourish dan regrowth (kita ga akan pake healing touch, kcuali pas nature swiftness). Kita ingin menurunkan GCD dari nourish menjadi 1 detik karena kita pengen nourish ama regrowth itu seperti lifebloom ama rejuvenation. Begitu di cast, bisa cast lagi dalam waktu yang relatif cepet.
kalo haste 0, begitu kita cast nourish, kita castnya 1.5 detik, 1.5 detik kemudian kita baru bisa cast itu nourish, total 3 detik Coba dibuat haste cap, (asumsi trigger itu talent druid yang increase haste pas crit, tapi hampir pasti sih, dalam 2x cast nourish, 1 pasti crit kalo gua), nourish pertama 1 detik, nourish ke 2 1 detik, nourish ke-3 1 detik, dalam 3 detik bisa cast 3 skill. kita dapet HPS lebih banyak. Begitu juga dengan lifebloom, kita bisa rolling lifebloom di raid lebih banyak, biasa cuma mampu ngeroll 5, sekarang bisa roll 8 lifebloom di 8 target (lebih baik 4 untuk incer 5 second mana rule). Begitu juga holy paladin, kita mau cast flash light cepet karena ini main spell kita (untuk paladin build FoL).
Keybinding
Kalo bisa keybinding yang enak ngapa, masa paladin tank avenger shield aja mesti nyari2 dulu?consecration mesti nyari2 dulu?..
III. Advanced Gearing & Gemming
Sebagai dps melee, pasti rata2 gemming AP atau STR atau ARP yang dah mulai marak gear - gearnya. buat dps caster, gearing SP dan haste dan tanpa melupakan hit cap. healer gearing SP mp5 dan haste dan beberapa butuh spirit. hal - hal itu udah dasar banget mungkin hampir semua mengerti. Tapi ada 1 part yang sering orang salah persepsi. GEMMING!
Gemming ditujukan untuk menambah stats atau membuat stats kita jadi balance. Gemming ArP misalnya, buat ngejer hardcap. Gemming haste juga, biar ngejer GCD. Disarankan Gemming itu jgn pernah ke spirit atau ke crit. 2 stats itu prioritas terbawah sekarang. Hindari juga sebisa mungkin gemming mp5 terlalu banyak, kalo bisa cari mp5 dari gear (sesuaikan statsnya misal SP Haste MP5). Jgn pernah GEMMING spirit selain class druid dan clothier.
Jangan pernah juga gemming gear PvE dengan gem PvP (spell penetration). Kalo di guide luar, gemming itu ngeliat bonus stats. Misal bonus jelek, tabrak pake gem yang lo mau, kalo bonus bagus, cocokin. Terkadang kita juga perlu mikirin meta gem requirement. Misal chaotic skyflare, kita butuh 2 gem biru. 1 gem biru pasti 10 to all stats, 1 lagi disesuaikan favorite stats + mp5/stamina.
Sebagai contoh misal suatu eq kalo bonus socket match : +12 stamina. Misal kita tabrak slot merah dengan 30 stamina. ga match kan, total kita cuma dapet 30 stamina. nah coba kita ganti slot ama 10 str + 15 stamina / 10 dodge + 15 stamina atau lainya. total kita dapet 10 ??? dan 27 stamina (15 dari gem, 12 dari bonus). Kita mereplace 3 stamina dengan 10 ??? yang kita mau. coba bandingin ama kasus begini, biasa di belt, warna socket biru, bonus socket 5 spell power. kalo dicolok 12 spellpower 10 spirit -> 10 spirit itu ga sampe ke 5 spellpower (karena kita mau dapetin total mendekati 23 spellpower atau lebih, sayangnya kita cuma dapet 12 spellpower + 5 spellpower dari socket bonus + 10 spirit yang sampah), spirit juga stats terendah yang dibutuhkan oleh caster, maka dari itu tabrak aja 23 spellpower. kasus lainya dapat di judge sendiri gem apa yang tepat. dan ingat, slalu usahakan balance stats. overpowered di 1 stats ga selalu bagus.
Berikut hal2 yang menurut gua (silakan argue kalo menurutmu bener atau point2nya) agak kurang bener :
Stacking Defense Rating Gem
Defense rating sebelon 540 itu merupakan stats yang paling penting, def rating juga naekin dodge parry block. Tapi Def rating setelah 540 itu kena dminish return yang gede banget, jadi misal sebelon 540 1 def rating gem = 1 dodge 1 block 1 parry sekarang mkgn perlu 10 def rating untuk 1 block dodge parry. Disarankan TB mengejar EH (Effective Health). Bisa lo cari2 gem apa yang effective healthnya paling bagus, tapi mostly gem berbau 30 stamina dan gem2 stamina lainya (kcuali resi). Hal yang sama juga berlaku kalo ngestacking agi dodge parry, bonus profitnya dikit. Contoh talent tb, dia support talent +block brapa banyak?bandingin ama support stamina. Jadi misal ada talent stamina increase by 10%, kenapa lo mesti gemming defense rating ama dodge?emg scalenya gede?Gear lo makin bagus, defense rating lo ama dodge rating lo ngangkatnya ga sesignifikan stamina. That's the point of gemming stamina. Beberapa skill dan talent seperti ardent defender juga scalenya ama stamina. Btw sering juga liat tank non druid pake gem AGI, lol EPIC FAIL GAN.
Stacking Spirit Priest Holy & Resto Druid
Druid jgn karena ada improved tree of life lo langsung colok smua spirit ke gear. Maksud itu talent adalah ngasih tambahan bonus, bukan brarti lo harus total ngegemming itu. Spirit dan mp5 itu stats yang kalo bisa dihindarin. Priest holy jg meski 25% spirit goes to bonus healing, bukan brarti kita harus stacking spirit. Spirit itu dari gear juga dah cukup. Kenapa kita harus ngambil bonus dari spirit kalo kita bisa ambil bonus dari spellpower langsung?kenapa lo harus gemming 12 spellpower + 10 spirit kalo lo bisa gemming 23 spellpower di slot merah? kalo di slot biru dan socketnya bagus itu fine, dilluar itu, non sense gemming for spirit, apalagi 20 spirit dan apalagi 20 mp5..Blue is the worst socket dan everyone should ignore socket bonus except it provide > 7 SP or any other nice stat.
Expertise Rating
Penting sih tapi sebisa mungkin jangan di gem kecuali emang itu gear ga support expertise misal shaman enhancement, jarang banget mail ada stat expertise soalnya mail kan share hunter ama shaman, shaman butuh expertise, hunter?mana butuh orang dia pake ranged. Meleenya juga jarang. Tapi ini stat penting buat DPS melee, silakan research di link yang ada di bagian reference. Jangan malas baca.
Spell Penetration
Spoiler untuk wowwiki :
Spell penetration reduces the target's resistance to your spells; it is a different mechanic from spell hit rating. Spell penetration only works against targets with resistances, and will not reduce resistances below zero.
Spell penetration typically is a PvP stat, intended to help casters against players who wear resistance gear or are buffed with extra resistance, such as Mark of the Wild. In PvE, targets of a higher level than the caster have a base resistance (2% of mitigation per level difference) which cannot be overcome by spell penetration nor by any other stat. Otherwise, very few mobs and raid-level bosses have a substantial amount of resistance to overcome.
Baca Diatas, Spell Penetration untuk target resistance, bukan untuk boss yang kenyataanya bos apaan pake resistance magic? kasian melee dong. Ngehit bos itu pake HIT bukan pake PENETRATION. Jangan ketuker2 ah mentang2 melee pada pake ArP terus caster ikut2an pake SPr, jangan males baca. Lagian Warlock pake CoE gitu di raid, jangan berautis PvE pake gem spell penet.
IV. Priority Heal (edited & copied from paragon-wow.com)
intinya adalah class yang punya survivability kecil, dialah 1st priority kita sebagai healer untuk di heal. sebagai class dps yang skill survive kecil juga, kita perlu jaga jarak dengan healer, jangan sampe dia ngejer2 kita buat heal doang eh malah dia yang mati (sering terjadi)
V. Equip PvP dibuat PvE?
As you know la, equip PvP didesain dengan resilience, spellpower/Attack power, dan 1 stats tambahan biasanya crit untuk set (kcuali set wg), dan haste/mp5/spirit/hit untuk offset. Pada dasarnya sebenarnya equip PvP bisa2 aja dibawa raid, khusus untuk beberapa equip, terutama off set, gua masih prefer PvP kalo ga ada equip lagi, misal sepatu. Sebelum masuk ToC, nyari sepatu terbilang susah apalagi yang setara lvl 219, kalopun ada mesti rajin2 Trial champion 5 heroic setiap hari atau panen PoS dan FoS (yang tidak sebagaimana mestinya bisa di farm).
Sebenernya kekurangan EQ PvP yang terbesar itu lack of hit rating, apalagi yang set. Jarang banget EQ PvP pada ngambil yang hit rating (kcuali yang emg bener2 butuh pas PvP, tapi rata2 haste kalo caster ambilnya). Sekarang pada pake EQ PvP set, itu set crit semua, offsetnya dia ambil haste, sementara caster itu minimal aja 200an ++ (11% keatas rata2) untuk hit rating. Gemming semua hit rating juga ga nutup itu (kalopun nutup ga maksimal dps lo) dan emg lo mau eq PvP lo hit rating semua?serba salah kan?
Saran gua, kalo mau pake PvP buat PvE, incer offset dulu, yang bagian set mah masih bisa ktutup ntar pake T9 incer yang ada hit (atau lack stats lainya).
Satu lagi, kalo diperhatikan, bedanya eq PvP ama PvE itu kan cuma resilience (dan stats stamina yang lebai). Liat, resilience itu cuma ngeganti stat spirit, atau stat haste, atau stat crit. Jadi untuk tiap eq PvP yang lo pake, lo kehilangan stat yang lo inginkan (apakah itu haste atau hit) sebesar jumlah resilience yang lo pake. Resilience lo 500, lo kehilangan haste 500?omg. Resi lo 400, mayan kan seandainya 200 itu convert jadi hit rating?
Jadi, pikirkan lagi sebelum memakai EQ PvP, seandainya DPS emang tetep bagus, ya bolehlah, toh bentar lagi juga keganti kan ama eq PvE. Tapi kebanyakan kasus nggak seperti itu, yang ngebuat orang ngecap “DILARANG PAKE EQ PVP”.
And btw sekarang eranya kek TBC hampir balik dimana dulu pas jaman TBC gear PvP itu overpowered banget, gear2 raidnya ampe kalah ama gear Arena dan PvP, (sekarang gara2 wrathful ada yang ga kena arena rating), ya jadi gitu, mungkin sedikit banyak berefek terhadap kasus ini.
VI. Addon & UI
Pertama2 gua cuma mau curhat dikit aja, kenapa orang bisa main ya dengan layar isinya orang doang?Terutama kalo dia RL? gua cuma ga habis pikir, darimana dia tau personilnya off?atau personilnya mati?atau healernya mati?atau dia tau personilnya baru jadi?personilnya ngmg spec X taunya dia spec Y?
gua dari semacam hal kecil kek gini, vital banget. jadi gua memutuskan untuk tiap raid (terutama ToC apalagi yang 25) masih ga pake raid table untuk liat status membernya, gua ga menaruh harapan banyak, semoga bisa belajar bnyk deh. Gua jadi wajar banyak orang yang sering teriak2 di /rw masuk woi ga pake lama” jangan2 dia ga tau semua membernya itu masuk terus mati lagi gr2 AoE misal pas jaraxus? LOL? deh.
Pasalnya adalah, blizzard memberikan kita begitu banyak kebebasan mengatur UI, blizzard bahkan memberi kita Tools secara default yang dulu cuma dikasih ama 3rd party.
Contoh : Dulu ga ada quest helper, sekarang blizzard integrated itu ama map yang default. Blizzard dulu ga ada threat meter, pas WotLK threat meter itu lgsg ada (apa pas TBC akhir2 ya?). Tapi kenapa masih banyak orang yang ga pake ini?gua bener2 ga habis pikir. Contoh orang masih aja pake Crb -> Carbonite. Orang masih aja bisa lepas threat-> antara emg TB ga liat meteran oren, ama dps ga liat meteran dah mau 100%. (kcuali kasus bug 100% tp dia ngehit orang lain, aneh banget)
Ok cukup bacotnya. Mungkin udah ada yang pernah liat secara kasar UI yang gua pake, sederhana sih ga heboh2, yang penting clean, simple, dan memadai buat pvp dan pve. Gua bukan tipe orang yang demen bnyk profile terus ribet sana sini. Nanti gua upload kalo ada yang mau pake ya pake aja, toh gua jg nyolong dari orang, andai gua inget siapa sumber utamanya selain poptisse dan munken dari Ensidia pasti gua tulis (bukan ga mau tulis tp lupa). Btw jangan lupa, jangan sampai Addon yang lo pake itu saling overlap dalam arti kata, saling tutup satu sama lain, misal lo pake dominos, lo pake juga bartender, buat apa?lo da pake skada ngapain pake recount?lo da pake prat tp pake chatter?lo pake carto tp pake mapster?lo pake gathermate tp pake gatherer?lo pake cooldown timer tapi pake forte?. Assign 1 tugas untuk 1 addon.
Spoiler untuk UI-ku :
Spoiler untuk about UI :
Download my UI here : http://www.mediafire.com/download.php?mvzyjynzjej
Cara gunain : ganti nama profile di folder WTF,sebelumnya backup folder addon ama wtf lo kali2 aja mau diganti2 atau ga suka. Begitu dah didalem WoW, tulis /reflux switch new. Langsung deh jeger jadi.
Ok seperti yang tadi gua bilang, part pertama yang paling penting dari UI adalah memadai tapi keep clean. Seandainya lo adalah orang yang bermain di net dan ga mau bawa2 FD (atau ga bs colok FD karena di lock), ada mode sederhananya.
Untuk Threat : Liat di gambar ini petunjuknya, ini default, ini penting buat TB. Kalo lo punya addon, gua saranin Omen threat meter atau Pake Skada dia ada modul threat. Di UI pack gua modul itu ada.
Spoiler untuk threat meter :
Untuk Raid Tabel : Liat di SS aja. Drag and Drop ini.
Spoiler untuk Raid Table :
Spoiler untuk raidtable2 :
Sementara ini list addon yang gua pake :
CD Tracker & Hotkey Replacement : Forte, Dominos, & OmniCC
Di UI Pack yang gua punya, ada addon Forte untuk nunjukin CD skill. Ada addon dominos bufftimer ama omniCC buat nunjukin di hotkey lo misal dot corruption tinggal brapa detik, jadi lo lebih aware untuk ngecast haunt buat refresh dan skill2 lainya.
Unit Frame & Buff Debuff Tracker : Stuf & Satrina Buff Frame
ada juga Unit frame yang dah gua taruh susunan debuff dan buffnya (pake satrina buff frame) biar jelas, buff dan debuff yang lo punya apa aja, tapi bagian buffnya ga bisa banyak2, soalnya buff kan pre-raid, blessing dll ya peratiiin aja udah merasa dibuff belon. Ngebuff kan kewajiban mereka bukan kewajiban kita.
Design & Art : Kgpanels
buat bikin panel dan nambahin art ke layar2 kita. Yah hanya untuk mempercantik tampilan sih, tapi siapa yang mau main ama layar yang penuh addon awut2an?mau main wow apa mau main addon mas?
Tiptac & Tiptop : Tooltip Viewer & Spec Viewer
Modal mouseover doang kita bisa liat spec dia dan darah dia apa, tanpa perlu di klik. Jadi bisa tau gear orang kek apa dari mouseover apa. DAN INI BUKAN GEARSCORE. Masih jaman /inspect?gua sih biasa dengan preview talent, total darah total mana, gua dah bisa judge ini orang gear kek apa.
Casting Bar : Quartz
Castbar replacement. Sengaja gua taruh atas bawah antara cast bar musuh dengan kita. Biar bisa ngeliat, sempet ga kita ngecast heal sebelon musuh ngecast spell. Biasa guna pas lawan ignis, gua cast spell, dia flame jets, kalo sempet gua hajar, kalo gak gua cancel biar ga kena interupt
Raid Enhancer Unit Frame : Grid
Ini addon paling bermanfaat ama paling guna. Tadinya gua sempet cobain healbot dan ternyata autis banget, kek orang pincang gua main cuma pake mouse. Vuhdo juga ga bagus2 amat. Gua lebih suka pake ini addon. Raid table blizzard bisa diganti ama ini, mirip kek raid table tapi lebih bagus, dia ngasih tau incoming heal ke target jadi mengurangi overheal. Grid juga bagus karena sinergi ama macro mouseover lazy healer yang gua punya.
Threat Meter, Damage Meter, Healing Meter : Skada
Ada yang bilang ini ga tepat, ga penting sih, yang pasti ini yang gua pinjem Cuma threat meternya doang, soalnya threat meter di unit frame Stuf ga begitu kliatan. Dimana recount sering error, semua fungsi ga jalan. Skada kalo eror meteran damage dan healing,, threat meternya ga akan error. Addon wajib gua bawa ama grid, modal 2 ini aja gua dah bisa raid jadi healer. Dan addon ini ga memory consume kek Recount yang amat elitist ampe % detil dikasih tau. Kalo lo analyzer, lo pake recount, tapi kalo ga bisa nganalyze itu dan ga butuh itu ampas recount, mending skada. Lebih ringan. (recount skrg ga bole dipake lagian, pake skada aja lebih enak)
VII. Macro
Replace earth shield with your healing spell. Lo ngarahin mouse lo ke char, dia ngecast spell ke char itu, lo ngarahin ke diri lo sendiri juga dia ngecast spell itu, lo ga point siapa2 dan ga mouseover siapa2? Ya dia ngecast ke diri lo sendiri. macro ini pure ide gua sendiri jaman dulu pas TBC, gua pengen target musuh berubah jadi mind flay, gua pengen target diri sendiri jadi heal, eh taunya malah ketemu ini macro yang defaultnya dari luar pake mouseover dan modifier alt shift ctrl dll.
Macro yang mempermudah para healer ngeheal di AoE fight jaraxus, ngecleanse dengan modal gerakin mouse ke grid, kurang nyampah apalagi kita di raid? Selamat bekerja dps dengan fokus ke rotasi, kita liat aja layar grid kita. Lo mau itu jadi blessing bisa, lo mau jadi lesser healing, chain heal, holy light whatsoever bisa. Itu udah macro paling enak buat gua di raid. Daripada klik 1-1, atau ngeheal di party kita aja ngeliat kiri (cara gua yang lama gitu, gua ga tau raid lagi butuh heal gua Cuma liat party doang).
Code:
#show Hammer of Justice(Rank 4)
/equip Furious Gladiator's Libram of Justice
/cast [harm] Hammer of justice;[target=mouseover,exists,help,nodead] Flash of Light, [help,nodead] Flash of Light; [target=player] Flash of Light
Macro kalo target/mouseover kita musuh kita ngecast HoJ, kalo temen kita cast FoL + tiap tombol ini dipencet gua equip libram furious buat lebih bnyk SP di FoL. Kalo dah biasa enak pake macro ini, ofensif dan defensif di 1 tombol. Bisa juga lo ganti shackle undead kalo priest, atau hex buat shaman atau frost shock atau wind shear dan interupt2 lainya. Guna buat hybrid class.
VIII. Penutup
Guide ini sebenernya pelampiasan kekesalan gua. Cuma gua lebih baik konstruktif, gua dah kapok kalo emosi ngancurin atau destruktif (ok gua talent destro). Gua cuma ga habis pikir, gua mau bantu orang2 ngasih tau raid table aja, malah "ga suka ya leave aja". cara main mana itu?. sementara orang baru main, gua kata2in dia mau nerima, gua kasih tau dia nanya blabla, addon ini itu, macro ini itu, pdhl dia eqnya baru jadi, dia gua kata2in terima. Man look at this people, orang yang bisa nerima komentar, gak kek orang2 yang dah senior tapi lo batu ga pernah mau dengar komentar orang lain. Beberapa orang nganggep gua ga mau denger komen dia, tapi hampir kebanyakan gua diem pas dikata2in, gua cari sendiri, gua research sendiri stats, addon, best gear buat gua, apa yang gua butuhin, raid yang gua perluin.
Gua cuma mau orang main WoW itu bukan cuma main, lo harus dapet sesuatu yang profit. Kalo mau tau, dalem WoW (bahkan dalam warcraft) lo belajar prinsip pigeonhole (pasti pada tau ini rumus), pigeonhole itu basic dari Diminishing return. Apa yang lo pelajarin dari mathcraft banyak berbasis ini cuma ga sadar aja. Lo juga belajar ngejudge sesuatu secara cepat, belajar raid awareness, apa yang lo perlu lakuin saat ini, saat itu. WoW bukan mainan anak kecil, banyak yang bilang WoW itu memusingkan, ribet. Alhasil yang main WoW kebanyakan ga mau ribet dan ga mau denger orang ngmg apa, apalagi yang kita ga kenal.
Satu lagi, harga TRUST di AMPM mahal banget, hampir orang ga mau dengerin orang lain ngmg apa. Gua jadi males rasanya mau ngmg ama siapa2, banyakan komentarnya ga jelas atau apa. Beda ama yang gua tau (baik di forum dan ingame) yang masih bisa gua ngerti dan at least dia bersifat netral.
Terakhir, gua kek gini gara2 gua kesel aja, orang2 retail banyak juga yang cacat kek AMPM. Gila mereka bayar mahal2 tapi cacatnya sama kek kita di PS. Gua ga mau lah, gua maunya yang gratis ini, berkembang lebih pesat daripada yang retail. Jadi seandainya lo dapet kesempatan main itu retail, lo ga malu kalo ga tau raid table, threat meter. Sekian dari gua, biar orang memandang gua idealis dan perfeksionis, nyatanya gua ga kek gitu kok. Lo cuma perlu cara pandang yang beda aja.
(Khusus yang simulation craft gua belon pernah coba)
Semua sudah di list, tinggal lo mau baca ama mau gunain apa nggak. So far, itu yang terbaik dan yang bisa gua percaya situs2nya. Secara kasar untuk tank lo mesti kejer Effective Heatlh (setelah defense cap) dengan stam gem sebanyak mungkin. DPS rata2 pake ArP (feral druid, Hunter spec tertentu, Rogue Combat), beberapa mesti di tes dengan tools SIM (enhance shaman), caster selalu stacking spellpower dan haste atau crit whatsoever setelah hit cap, begitu juga dengan healer dan tambahan embel2 lainya.
Apa sih yang susah dari main WoW?guide banyak diluar tapi pada ga mau baca. Kalo lo ga mau memaksimalkan kemampuan char lo, mending lo ga usah raid karena orang lain banyak yang mau jadiin char mereka dan temen – temen seperjuangan raid lo maksimalin char mereka untuk raid. Kecuali lo bangga dengan hanya down aja. Tujuan ini guide, gua berharap lo punya view yang sama ama gua, Buat gua apapun harus maksimal, itulah gunanya OS buat tes DPS ama tes environment raid (dulu).
Orang punya char banyak tapi Cuma nge-epic doang itemnya. Main kagak ngerti. So what’s the point from that?Cuma jadi ampas doang itu char?gemming spell penet hah di PvE? LOL?, dah gitu dikasih tau malah mau ngekick?..semoga baca deh ini dan semoga berguna untuk orang seperti dia dia yang begini. Last but not least, ada yang ngmg DR itu eror disini makanya gemming for parry. Semoga sukses deh, buat gua, gua akan memainkan permainan ini seperti apa yang diharapkan oleh developer baik Trinity maupun Blizzard. Well, again this guide is just my opinion. Gua Cuma berharap ada poin positif yang bisa diambil, sisanya omelan gua anggap aja nuansa ama essence saat gua kerjain ini karena motivasi gua dateng dari berbagai keadaan.
X. Hiburan (LOL Screenshot)
Disclaimer : kalo lo marah karena SS ini, marahlah kepada diri sendiri kenapa pake item gituan ga sadar jeleknya dari kemarin2. Beruntung gua melihat dirimu memakai item yang salah dan mencoba memberitahukanya, sayang aja, dah disuruh leave, jadi dah males ngomongnya hehe. Hebat bener shaman jaman sekarang, rela pake epic ring ber-spirit, blizzard aja buat gear shaman ga ada spirit, shamannya bersemangat sekali pake spirit
Spoiler untuk LOL? :
Last edited by tyo07; 14-07-10 at 13:53.
Resto Druid : We don't need regen, we need SPELL POWER
lebih diutamakan untuk talent blood dps. since blood gorged +10% arpen, tp gw rasa arpen DK itu 2nd stat, soalnya ad rune fallen crusader, +15% str.
jd lebih worth socket str drpd ArP, CMIIW.
boss aware? gw penasaran sama si R*******ly di http://www.indogamers.com/showthread.php?t=298298, dia bilang gw pake talent pvp, kalo emang talent aware, itu talent PVE arcane mage gw emg sengaja gw desain buat benefit sedemikian rupa thdp AoE dmg boss, sehingga gw bisa dpt incanter absorbtion, and sorry, i'm not a fail arcane mage. tp ya.. gt deh.. emang ndeso ato apa.. terlalu stick sama 1 talent, ffb ffb ffb.. n00b spec QQ
The only question is are you a fail 2-button arcane mage, or do you know when to use frost/fire ward and even mana shield in a pinch.
gemming.. dan eq pvp.. gw termasuk sih salah satu yang pake eq pvp (Wrathful Wrist, 12sp 13spenet di MH buat nutupin spenet pas PVP) coz kalo gw pake wrist pve, gw jadi overhit 1,55% - and then, gw blom dapet main hand yang bagus alhasil gw pake main hand yg buat pvp.. tapi terbukti equip gw gitu2 bisa ngalahin dps arcane mage nick L*tt*eg**m* yg dah punya IMBARB tarrasque yang sok2 menggurui gw, padahal DPS beda 2k.. lawl
untuk adu2 dps sama caster sperti shaman ele dan destrolock, lepas tangan gw, just faceroll and win the game. mage arcane yang baik ga cm stick ama 3 tombol, perlu defensif jg kyk frost/fire ward/mana shield, utk gain moar spower, blom lg evocation. shaman ele ama destrolock, rotasinya gitu2 aja, easy to gain mana everytime (thunderstorm, clearcast bikin irit mana | life tap ga abis2 soalny diheal trs). orang yang bilang mage arcane PVE faceroll = salah besar.
bicara UI.. gw ga ngerti orang2 ada yang bangga pake polos.. tapi nyatanya dpsnya AMPAS PAS PAS pdhl equip dah memadai.. here's my UI
ampas kiw dps lo di twin lo pake addon kebalik sih
stau gua smua plate kalo ga sala baca kcuali PALADIN mainya emang ArP. makanya hindarin dah tu paladin pake gear ArP, soalnya di referensi yang gua link, ada tulisan 'Paladin only receive 30% of his total ArP' atau mendekati itu lah..
kalo ada yang donlod UI gua, coba dibersihin dulu .lua yang ga dipake di saved variable, keknya masih ada yang nyangkut, berat2in loading aja.
Last edited by tyo07; 14-07-10 at 16:02.
Resto Druid : We don't need regen, we need SPELL POWER
Sebelumnya saya setuju dengan banyak Point2 anda dan menurut saya ini guide yang bagus tapi ada beberapa poin yang saya tidak setuju dengan anda
Sebagai contoh misal suatu eq kalo bonus socket match : +12 stamina. Misal kita tabrak slot merah dengan 30 stamina. ga match kan, total kita cuma dapet 30 stamina. nah coba kita ganti slot ama 10 str + 15 stamina / 10 dodge + 15 stamina atau lainya. total kita dapet 10 ??? dan 27 stamina (15 dari gem, 12 dari bonus). Kita mereplace 3 stamina dengan 10 ??? yang kita mau.
Setuju dengan point diatas...klo di hitung emang dapet nya paling banyak...why not?
Stacking Defense Rating Gem
Defense rating sebelon 540 itu merupakan stats yang paling penting, def rating juga naekin dodge parry block. Tapi Def rating setelah 540 itu kena dminish return yang gede banget, jadi misal sebelon 540 1 def rating gem = 1 dodge 1 block 1 parry sekarang mkgn perlu 10 def rating untuk 1 block dodge parry. Disarankan TB mengejar EH (Effective Health). Bisa lo cari2 gem apa yang effective healthnya paling bagus, tapi mostly gem berbau 30 stamina dan gem2 stamina lainya (kcuali resi). Hal yang sama juga berlaku kalo ngestacking agi dodge parry, bonus profitnya dikit. Contoh talent tb, dia support talent +block brapa banyak?bandingin ama support stamina. Jadi misal ada talent stamina increase by 10%, kenapa lo mesti gemming defense rating ama dodge?emg scalenya gede?Gear lo makin bagus, defense rating lo ama dodge rating lo ngangkatnya ga sesignifikan stamina. That's the point of gemming stamina. Beberapa skill dan talent seperti ardent defender juga scalenya ama stamina. Btw sering juga liat tank non druid pake gem AGI, lol EPIC FAIL GAN.
Setuju juga dengan point ini tetapi ada yang saya sangat tidak setuju...
Btw sering juga liat tank non druid pake gem AGI, lol EPIC FAIL GAN.
Epic Fail? http://maintankadin.failsafedesign.c...l-out-of-dodge
Silakan dibaca artikel diatas...Inti nya adalah bagi Paladin Tank ( saya tidak tahu sama ato tidak dengan Warior Tank) klo mau isi gem merah dengan warna yang cocok ( tidak asal tabrak Stam) maka gem yang paling bagus itu bukan Dodge+stam, bukan pula Parry + stam, bukan Strength + stam tetapi Agi + Stam.
Kenapa AGI?
1. 10 poin agi hampir sama dengan 8,31 dodge rating untuk Avoidance ( asumsi DR berjalan, klo tidak berjalan, 10 agi dengan 10 dodge berbeda hanya 0,03% -tested)
2. 1 poin AGI menambahkan 2 armor sehingga meningkatkan EH (Effective Health)
3. 1 poin AGI bagi paladin hampir sama dengan 1 crit rating ( kurang pasti berapa perbandingannya)
4. AGI dapat bonus dari bless of king (10%)
Kesimpulannya : AGI menambahkan Avoidance, EH dan Threat
NB ini tidak berarti bahwa Paladin Tank harus stacking AGI...tetap Stat terbaik adalah Stamina untuk mengejar EH
stau gua smua plate kalo ga sala baca kcuali PALADIN mainya emang ArP. makanya hindarin dah tu paladin pake gear ArP, soalnya di referensi yang gua link, ada tulisan 'Paladin only receive 30% of his total ArP' atau mendekati itu lah..
sedikit koreksi...bukan Paladin hanya mendapatkan 30% dari ArP nya....tetapi hanya 30% damagenya yang di pengaruhi oleh ArP..
Skill Paladin yang ketambahan dari ArP
1. Melee Attack
2. Crusader Strike
3. Divine Storm
biasanya 3 skill diatas klo ditotal damage nya dengan recount hanya 30% dari overall damage nya Paladin Retri
Kalo ada kesalahan silakan di koreksi
Last edited by Matoc; 14-07-10 at 17:44.
Reason: tambahan
wah boljug jg koreksinya tuh. tp biasa juga nabrak stamina sih kalo gua, entah kenapa, mungkin karena stamina itu nyata terlihat, sementara agi nambahin yang ga kliatan dan ga scale ama talent, dodge sangat rng dan cukup tidak terasa karena total avoidance kita dah hampir mendekati 80%++ skarang pake gear ToC + HS. Hm..preference jg, tp untuk slot merah iseng nyobain str stam, threat
Resto Druid : We don't need regen, we need SPELL POWER
gua browsing2 haste diluar 1000 nyampe kali ya?tapi ga usa heboh gemming haste, nyobaiin sendiri sih shaman ele haste baru 600an di twin (beruntung bs hit 2x pake CL) dps cuma 5500an. itu gear masih campur aduk, tp dps ele shaman emang ga terlalu tinggi, kala saing ama caster lainya..kcuali pas AoE tm..
Resto Druid : We don't need regen, we need SPELL POWER
[*]Boss Mechanic & Raid Awareness
Contoh aja incinerate flesh ama Curse dari jaraxus. 2 skill itu ngebug, incinerate flesh di heal ampe brapa juta ga akan pernah hilang. Begitu juga dengan curse, didispel, hampir 100% next tick dia akan ada lagi. Intinya, dimana suatu spell merugikan kita tp ga bisa dilawan, yaudah terima aja mentah-mentah. Ga usah aneh-aneh. Decurse ga ngeheal, tapi heal itu bisa nutup decurse itu. (hanya berlaku kalo ngebug). Trik ini didapatkan saat lo nyobain instance baru dan belon ada panduan guide resmi versi suatu server. Ada gitu panduan mengignore incinerate flesh di retail? no. ada gitu panduan decurse ampe 4x di retail? no. dimana2 namanya decurse pasti sekali cast ilang, kalo ampe ga skali ilang brarti mechanic scriptnya dah beda dan dianggap bug.
untuk yg di bold.. itu coba nyalain dispelabble buff deh, tar liat di samping orang yang kena 1st Debuff curse jaraxxus, bakal ada kotak Merah dengan nama Touch of jaraxxus selama 6s, selama 6s itu kotak ada... gq perlu decurse sih, soalnya tiap x di decurse dan kotak Debuff merah itu masi ada, itu bakal apply curse terus ke orang yang dapet debuff kotak merah itu dan Sekitarnya
gua browsing2 haste diluar 1000 nyampe kali ya?tapi ga usa heboh gemming haste, nyobaiin sendiri sih shaman ele haste baru 600an di twin (beruntung bs hit 2x pake CL) dps cuma 5500an. itu gear masih campur aduk, tp dps ele shaman emang ga terlalu tinggi, kala saing ama caster lainya..kcuali pas AoE tm..
kayaknya klo di AMPM ini mending stacking Spellpower buat Shaman Ele karena Flame shocknya masih bug, tidak scaling dengan spell haste.
Share This Thread