Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 22
http://idgs.in/327946
  1. #1

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    follow @JoyNathanK
    Posts
    6,023
    Points
    915.90
    Thanks: 529 / 464 / 322

    Default Tragedi Pemalang, Musibah KA Terburuk 2010



    Tak kurang dari 36 nyawa melayang akibat kecelakaan ini.
    Tragedi kecelakaan kereta api (KA) kembali terulang. KA Argo Bromo Anggrek menabrak KA Senja Utama di Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu, 2 Oktober 2010 pukul 03.05 WIB.

    Insiden ini adalah kecelakaan kereta yang terbesar selama tahun 2010. Korbannya tak sedikit. Data menyebutkan 36 orang tewas saat KA Argo Bromo Anggrek tabrakan dengan KA Senja Utama yang tengah langsir atau berhenti.

    Lantas, bagaimana sesungguhnya peristiwa maut ini bisa terjadi?

    Kepala Humas Daops IV Semarang, Sapto Hartoyo, menceritakan kronologinya. Menurut dia, menjelang pukul 03.05 WIB, KA Senja Utama, berhenti di Petarukan. Kereta ini sedianya menunggu KA Argo Anggrek yang datang dari arah sama melintas.

    Seperti biasanya, Argo Bromo Anggrek yang merupakan kereta eksekutif memang mendapat prioritas jalur dibandingkan Senja Utama yang kelas bisnis. "Jadi, rencananya kereta Senja Utama akan disusul dan didahului oleh Argo Bromo Anggrek di Petarukan," ujarnya.

    Saat hendak mendahului Senja Utama di Petarukan, Argo Bromo Anggrek seharusnya berada di lintasan rel yang berbeda. Tapi, saat itu Argo Bromo yang melaju dalam kecepatan tinggi berada di jalur yang sama sehingga tabrakan tak terelakkan.

    "Belum diketahui pasti kenapa dua kereta itu bisa berada di jalur yang sama," ujar Sapto.

    Atas kejadian ini, Polda Jawa Tengah sudah memeriksa sejumlah orang. Mereka yang diperiksa adalah Kepala Stasiun Petarukan, dua masinis, operator dan petugas yang piket saat kejadian tersebut.

    Namun polisi belum dapat menyebutkan siapa yang akan menjadi tersangka atas kecelakaan ini. Meski belum menemukan tersangka, tapi Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Iskandar Hasan memastikan penyebab tabrakan maut ini akibat kesalahan manusia atau human error.

    KA Argo Bromo Anggrek menghantam KA Senja Utama yang tengah berhenti di jalur 3. Semestinya, Argo Bromo menyalip KA Senja Utama melalui jalur 2. "Yang menabrak harusnya melintas di jalur 2 tapi malah masuk ke jalur 3, makanya terjadi tabrakan," ujar Iskandar.

    Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) juga ikut menyelidiki kejadian ini. Namun penyelidikan oleh lembaga di bawah Kementerian Perhubungan ini tidak bisa cepat. "Ini bisa rampung 3-6 bulan lagi. Kecelakaan ini sangat kompleks," kata Juru Bicara KNKT JA Barata kepada VIVAnews.

    Kesimpulan atas penyebab kecelakaan, kata Barata, memang tidak bisa secepat kilat. Ada proses yang harus dilakukan KNKT sehingga didapat kesimpulan yang tepat.

    "Penyelidikan KNKT itu tidak untuk mencari tahu siapa yang salah. Tapi apa penyebabnya, disimpulkan, kemudian direkomendasikan. Nah rekomendasi ini nantinya harus dilaksanakan supaya tidak terulang lagi kecelakaan serupa," kata Barata.

    KNKT menerjunkan enam orang untuk melakukan penyelidikan kecelakaan tersebut. Barata menjamin hasil penyelidikan akan proporsional karena KNKT terdiri dari orang-orang independen yang hasil rekomendasinya tidak bisa dipaksakan pemerintah atau dipatahkan.

    ******

    Kecelakaan kereta pada Sabtu dini hari itu, sejatinya tidak cuma satu. Satu jam sebelum kecelakaan di Pemalang, tabrakan juga terjadi di Stasiun Purwosari Solo pada pukul 02.35 WIB. Kereta Api Bima jurusan Jakarta-Surabaya menabrak Kerea Api Gaya Baru yang sedang berhenti. Tabrakan ini menyebabkan satu orang tewas.

    Satu hari dua musibah dalam tempo hampir bersamaan membuat politisi Senayan resah. Karena itu, Komisi Bidang Perhubungan Dewan Perwakilan Rakyat akan memanggil Menteri Perhubungan Freddy Numberi pada Senin 4 Oktober 2010 besok.

    Untuk kasus Solo misalnya. Menurut Anggota DPR Agus Bastian, berdasarkan data yang diperolehnya, kecelakaan ini kemungkinan akibat faktor kelalaian petugas PT Kereta Api.

    Kata dia, di Stasiun Purwosari tidak dilengkapi rambu pemberhentian lokomotif. Ketika KA Gaya Baru masuk ke perlintasan pemberhentian stasiun, petugas PT KA tidak mengetahui jika gerbong paling belakang masih berhenti di persimpangan jalur.

    Biasanya rambu batas pemberhentian kereta itu di pasang di depan dan belakang perlintasan, dengan panjang lintasan sampai 12 loko. "Tapi di depan sana tidak ada rambu sehingga terjadi tabrakan," katanya.

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah memerintahkan para menteri, Menteri Perhubungan, Menteri Kesehatan, dan Menneg BUMN untuk menangani kecelakaan ini. Presiden menginstruksikan agar siapapun yang lalai diberikan sanksi yang setimpal sesuai dengan kesalahannya. (hs)

    http://fokus.vivanews.com/news/read/...aterparah-2010

    waduh klo gw jadi direktur kereta api da mundur x gara2 malu, kesalahan anak buah merupakan kesalahan atasan juga

  2. Hot Ad
  3. #2
    vin_nto's Avatar
    Join Date
    Aug 2010
    Posts
    2,269
    Points
    2,264.10
    Thanks: 0 / 118 / 81

    Default

    dah di post ya.. aku baru mau post..

    mengerikan... tabrakan di pagi buta

    gw baca di koran ada 1 bapak yg selamat karena dgr bisikan gaib.. katanya dia di bisikin seorang pria untuk segera keluar dari kereta api.. trus dia mengikuti kata2 tsb saat masih setengah sadar dari tidur.. makanya dia selamat..


    gw turut berduka buat para korban... sungguh malang nya nasib mereka..


    semoga kejadian ini bisa jadi pelajaran kepada yg lain untuk tetap waspada dan lebih disiplin lagi dalam menjalan kan tugas nya
    Jika ingin berlari, belajarlah berjalan dahulu,
    Jika ingin berenang, belajarlah mengapung dahulu,
    Jika ingin dicintai, belajarlah mencintai dahulu

    Perlu kau ketahui bahwa Bunga tidak mekar dalam waktu semalam,
    Kota Roma tidak dibangun dalam sehari.


  4. #3
    -topan-'s Avatar
    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Semarang
    Posts
    280
    Points
    50.45
    Thanks: 0 / 2 / 2

    Default

    gw turut berduka cita jg dah ini deket ma semarang...
    itu korban yg parah dirujuk ke RS kariadi bah ngeri sendiri gw ngeliatnya... ada sodara pas kebetulan di rawat di sana...
    pkoknya turut berduka cita bgt

  5. #4
    Kaixa's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    di pelukan Tae Yeon SNSD & Jessica SNSD
    Posts
    6,719
    Points
    1,549.12
    Thanks: 274 / 205 / 173

    Default

    turut berduka cita atas kecelakaan ini.

    tp gw heran jg ya, bisa2nya 2 tabrakan KA dlm 1 hari. kalo menurut gw sih, ini krn kesalahan manusianya. mungkin dari pihak masinis atau operator sinyal rel yg berada di stasiun di dekat TKP
    Ten no michi o iki, Subete o Tsukasadoru otoko



    Kono machi wa boku no uchi. Boku wa dareka mo naite ga hoshikunai



    Prinsip berteman ala gw : Lo baek, gue lebih baek. Lo jahat, gue lebih kejam 10x lipat


    "It's... It's Lu Bu !!!"



  6. #5

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    follow @JoyNathanK
    Posts
    6,023
    Points
    915.90
    Thanks: 529 / 464 / 322

    Default

    sebenarnya neh berita da dari kmrn siang jam 12an lagi hot, gw lagi mau liat bibit2 baru eh, nunggu seharian ga ada yg post lasudah gw hajar, ini katanya kepala pada pada putus dimana2, yg selamat kaki ma tangan pada patah, ditunggu pidatonya pak es be ye

  7. #6

    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    117
    Points
    164.40
    Thanks: 2 / 30 / 24

    Default

    [QUOTE=Anbu-LoCk~rBN;4706379]sebenarnya neh berita da dari kmrn siang jam 12an lagi hot, gw lagi mau liat bibit2 baru eh, nunggu seharian ga ada yg post lasudah gw hajar, ini katanya kepala pada pada putus dimana2, yg selamat kaki ma tangan pada patah, ditunggu pidatonya pak es be ye..

    wahh korbannya lumayan bnyk nih! msk kategori kecelakaan maut deh!
    sbnrnya salah siapa yah bs kejadian kyk gni??
    ini ada video nya ga yah yg serem2nya??
    klo ada bs mnta gan...

  8. #7

    Join Date
    Jun 2010
    Location
    semarang
    Posts
    177
    Points
    109.60
    Thanks: 8 / 2 / 2

    Default

    ia bro..kmren juga d berita isinya ini smua
    gua juga bngung ini salahnya sepenuhnya d masinis ato yang bagian yang ngasi tau kereta2 yang bakal dateng and lewat...
    kpla putus dmana? wleh mpe sgtunya serem amat..
    moga ntar gk bakal trjadi lagi ginian

  9. #8
    LunarCrusade's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Unseen Horizon
    Posts
    8,965
    Points
    30,120.80
    Thanks: 298 / 586 / 409

    Default

    human error ini sih,

    kemungkinan antara operator sinyalnya yang salah ngasih tau jalur, atau masinisnya yang salah denger omongan operator sinyal /"

    anyway, turut berduka cita


    +Personal Corner | Lunatic Moe Anime Review
    +My Story INDEX
    +GRP/BRP Formula | IDGS Newbie Guide


    The moment you say a word of parting, you've already parted.
    So long as you and I are both somewhere in this world, we haven't parted.
    So long as you don't say it, you haven't parted.
    That is the way of the world:
    The Law of Linkage.

    Shichimiya Satone - Sophia Ring S.P. Saturn VII

  10. #9
    4nGeL's Avatar
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    276
    Points
    64.60
    Thanks: 13 / 4 / 3

    Default

    Turut berduka cita buat keluarga yang ditinggalkan..

  11. #10
    -topan-'s Avatar
    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Semarang
    Posts
    280
    Points
    50.45
    Thanks: 0 / 2 / 2

    Default

    uman error ini sih,

    kemungkinan antara operator sinyalnya yang salah ngasih tau jalur, atau masinisnya yang salah denger omongan operator sinyal /"

    anyway, turut berduka cita
    klo berita yg beredar di semarang si gara2 op sinyalnya.... itu ada yg salah ktnya.....
    ampir psti dipastikan human error ini

  12. #11

    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    117
    Points
    164.40
    Thanks: 2 / 30 / 24

    Default

    Quote Originally Posted by -topan- View Post
    klo berita yg beredar di semarang si gara2 op sinyalnya.... itu ada yg salah ktnya.....
    ampir psti dipastikan human error ini
    sinyal kyk gmn mksdnya??
    bknya ada rambu2 jg yah di rel kereta...

  13. #12
    -topan-'s Avatar
    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Semarang
    Posts
    280
    Points
    50.45
    Thanks: 0 / 2 / 2

    Default

    sebelum masuk kereta dikasih sinyal ama op sinyal.... itu orang kekna salh...
    mungkin dia kira jalur 3 kosong ato apa lah... pdhl si jalur 3 ada kereta gitu

  14. #13

    Join Date
    Sep 2009
    Posts
    92
    Points
    101.40
    Thanks: 1 / 2 / 2

    Default

    harusnya kan emang masuk jalur 2 tapi malah masuk di jalur 3 yang ada keretanya
    yang perlu dicek rasanya yg ubah jalur itu(apa tu sebutannya)

    jalur kereta ditentukan ama relnya aja kan?masinis cuma bagian jalanin ama berhentiin bukan?

  15. #14
    -topan-'s Avatar
    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Semarang
    Posts
    280
    Points
    50.45
    Thanks: 0 / 2 / 2

    Default

    ia makanya itu aneh semua hukuman dan tuduhan ke masinisnya...
    kalo aq ga setuju sie... bukan kesalahan masinis >.<

  16. #15

    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    117
    Points
    164.40
    Thanks: 2 / 30 / 24

    Default

    ya kesimpulan gw sih emg Human Error !
    ga setuju gw klo kesalahan bnyk di masinis.. dia kan cma jalanin kereta dan mengikuti peraturan2 & sinyal2 yg hrs di patuhi =D

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •