Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 15 of 32
http://idgs.in/36601
  1. #1
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,242
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default Pembangunan jembatan jawa-sumatera

    haiya.. disini buat bahas pembangunan jembatan antar jawa-sumatera, tadinya tunnel, tapi mahal jadinya jembatan.. terus jembatan jawa-bali juga direncanakan, tapi mahal karena kedalaman selat bali, jadinya jawa-sumatera dulu soalnya lebih dangkal jd lebih murah

    Berita terkait:

    Tommy Winata Danai Jembatan Jawa-Sumatera 29 km, Senilai $10M


    SERANG - Mimpi untuk menyatukan Jawa dan Sumatera bisa menjadi kenyataan. Rencana pembangunan jembatan yang melintasi selat terpadat di Indonesia itu kemarin diteken oleh Pemda Lampung, Pemda Banten, dan konsorsium yang akan membiayainya.

    Proyek raksasa itu akan menelan biaya USD 10 miliar atau sekitar Rp 90 triliun. Dana itu untuk membangun jembatan yang panjangnya diperkirakan 29 kilometer, melintasi Selat Sunda tempat Gunung Krakatau berdiri.

    Memorandum of Agreement (MoA) atau nota perjanjian rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) diteken di Kapal Tunas Wisesa 03 yang berlayar di perairan tempat bakal jembatan itu berdiri. Konsorsium itu terdiri atas Pemprov Banten, Pemprov Lampung, Wiratman & Associates, dan Artha Graha Network. Artha Graha Network yang dipimpin pengusaha Tommy Winata bertindak sebagai penyandang dana.

    Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Hatta Radjasa, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Paskah Suzeta, dan Ketua KPK Taufiequrahman Ruki turut hadir dan memberikan dukungan. Demikian halnya puluhan gubernur se-Jawa dan se-Sumatera. Mereka secara tegas meminta pembangunan JSS segera terlaksana untuk mendukung percepatan pembangunan wilayah, terutama di Sumatera.

    Dalam MoA tersebut, para pihak yang terdiri atas Gubernur Banten Rt Atut Chosiyah, Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, Ketua DPRD Banten Ady Surya Dharma, Ketua DPRD Lampung Iman Karyadi, Wali Kota Cilegon Tb Aat Syafa’at yang diwakili Wakil Wali Kota Rusli Ridwan, Direktur Wiratman & Associates Prof Wiratman Wangsadinata, serta Direktur Artha Graha Network Tommy Winata, bersama-sama bersepakat membentuk konsorsium yang akan bertanggung jawab dalam pelaksanaan pre-feasibility study (studi awal kelayakan).

    Studi tersebut akan melibatkan banyak kalangan, baik perguruan tinggi, lembaga penelitian, konsultan dalam negeri maupun luar negeri, dan masyarakat secara umum. Kajian itu dilakukan tahun ini hingga akhir 2009. "Pendanaan pre-feasibility study ini akan ditanggung konsorsium," tutur Prof Wiratman.

    Kajian yang akan dilakukan, lanjutnya, terdiri atas kajian seismologi, vulkanologi, serta hidrologi. Begitu juga kajian terhadap gangguan jika ada tsunami. "Semuanya akan dikaji sehingga data-data lengkap. Untuk kali pertama kami akan melakukan data sekunder, kajian lingkungan, serta analisis dampak lingkungan atau amdal," tuturnya.

    "Dari aspek ekonomi, saya meyakini akan lebih murah. Harapannya modal pembangunan kembali dalam jangka waktu 25 tahun. Dan, kami meyakini jembatan lebih aman dibanding terowongan," tegas Wiratman.

    Studi kelayakan dilakukan dua hingga tiga tahun. Kemudian dilanjutkan pembangunan fisik jembatan yang dimulai sekitar 2009. Pembangunan fisik diperkirakan memakan waktu 8 tahun.

    Dengan panjang sekitar 29 kilometer, jembatan itu akan melintasi tiga pulau kecil di selat tersebut. Dua di antaranya Pulau Sanghyang dan Pulau Ular.

    Tommy Winata yang akan memimpin konsorsium pembiyaan mengaku optimistis dengan jembatan itu. Menurut dia, studi jembatan akan memperhitungkan kemungkinan potensi gempa yang sangat rawan di wilayah itu. "Jembatan akan dirancang antigempa dan tsunami," katanya.

    Soal pembiayaan, Tommy belum banyak berkomentar. Hanya, disebutkan dalam pembangunan jembatan itu, Tommy bertindak sebagai otot (dana), sementara Wiratman sebagi otak.

    Taufiequrahman Ruki, yang turut menghadiri dan mendukung MoA JSS itu meminta pelaku pembangunan tidak main-main dalam pelaksanaan megaproyek tersebut. Sebab, jika berhasil, JSS bisa menjadi simbol kebangkitan Indonesia. "Tapi, saya berharap pembangunannya tidak main-main. Masjid di Aceh aman dari tsunami karena uang pembangunannya tidak dikorupsi. Saya yakin, JSS ini jika tidak dikorupsi juga akan aman," tegasnya yang disambut tepuk tangan.
    http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail&id=9346

  2. Hot Ad
  3. #2
    kodokbuntingz's Avatar
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Padang City
    Posts
    4,245
    Points
    1,281.78
    Thanks: 173 / 137 / 90

    Default

    wah kalo bener2 jadi tuh pembangunannya bakal keren dah .. serba cpt dah transportasi sumatra-jawa..

  4. #3
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,242
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    Quote Originally Posted by kodokbuntingz View Post
    wah kalo bener2 jadi tuh pembangunannya bakal keren dah .. serba cpt dah transportasi sumatra-jawa..
    yup.. terus abis itu proyek selse, bikin jembatan jawa madura sama jawa bali, sama di jembatannya kalo perlu pasang papan iklan super banyak buat duid, kalo perlu semua pulau gede di nusa etnggara terhubung.. cuma dananya dari mana ya?

  5. #4
    gaptekbet's Avatar
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Anywhere near Computer & Internet
    Posts
    2,892
    Points
    549.96
    Thanks: 80 / 394 / 108

    Default

    Dari pengusutan dana Soeharto :P dari pengumpulan pajak rakyat indonesia (dengan target 90% rakyat membayar pajak)

  6. #5
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,242
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    Quote Originally Posted by gaptekbet View Post
    Dari pengusutan dana Soeharto :P dari pengumpulan pajak rakyat indonesia (dengan target 90% rakyat membayar pajak)
    yg penting harta suharto tuh keruk, malah bisa bikin tunnel banyak2 wakakaka.. wong semua hartanya suharto bisa buat bikin 20 menara jakarta lebih

  7. #6
    sheling_ford's Avatar
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    333 [gw cuma setengah iblis koq...]
    Posts
    472
    Points
    564.30
    Thanks: 0 / 1 / 1

    Default

    Ga usah2 bangun2 dulu deh.......

    Semua dana kalo di alihkan ke sektor pendidikan, gw yakin Indonesia bakalan maju....sekalian buat tabungan jangka panjang.

  8. #7
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,242
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    Quote Originally Posted by sheling_ford View Post
    Ga usah2 bangun2 dulu deh.......

    Semua dana kalo di alihkan ke sektor pendidikan, gw yakin Indonesia bakalan maju....sekalian buat tabungan jangka panjang.
    infrastruktur juga penting buat ekonomi

  9. #8
    kodokbuntingz's Avatar
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Padang City
    Posts
    4,245
    Points
    1,281.78
    Thanks: 173 / 137 / 90

    Default

    betolll ... transportasi juga punya peranan yg ga kalah pentingnya bro2

  10. #9
    NoMe's Avatar
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    7,275
    Points
    8,492.60
    Thanks: 3 / 7 / 7

    Default

    tapi yg susah itu kalo rusak di tengah2 bro
    ampun dah kalo kyk gitu


    Quote Originally Posted by Alexander Suvorov
    "Win with ability, not with numbers"

  11. #10

    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Juppon~gatana xD~
    Posts
    1,291
    Points
    1,528.70
    Thanks: 2 / 3

    Default

    bagus bagus ...........
    kalo mau ke lampung pake mobil bisa....::

  12. #11
    sheling_ford's Avatar
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    333 [gw cuma setengah iblis koq...]
    Posts
    472
    Points
    564.30
    Thanks: 0 / 1 / 1

    Default

    Tapi dgn kondisi Indonesia yg rawan bencana begini bro, infrastruktur2 mewah kaya gitu ibarat pedang bermata 2.

    Bukannya gw kontra, tapi kan lebih banyak cara buat investasi. Bayangkan klo baru bikin, trus kena gempa / *** / apalah. Fear Factor kan? Apalagi biasanya di Indonesia dana pembangunan itu disunat sana sini.

    Ga jadi untung malah buntung.

  13. #12
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,242
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    Quote Originally Posted by sheling_ford View Post
    Tapi dgn kondisi Indonesia yg rawan bencana begini bro, infrastruktur2 mewah kaya gitu ibarat pedang bermata 2.

    Bukannya gw kontra, tapi kan lebih banyak cara buat investasi. Bayangkan klo baru bikin, trus kena gempa / *** / apalah. Fear Factor kan? Apalagi biasanya di Indonesia dana pembangunan itu disunat sana sini.

    Ga jadi untung malah buntung.
    makanya pembangunannya arus bener2 dgn baik, gua sih jujur lebih suka tunnel daripada jembatan.. tunnel lebih aman

  14. #13
    ekspresi's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    Jakarta - Lampung - Jogja - Kediri
    Posts
    2,178
    Points
    3,169.30
    Thanks: 5 / 3

    Default

    yang danai TOMY Winata? hmm didanai bandar judi No.1 ASIA.

  15. #14
    MimiHitam's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    9,242
    Points
    16,524.95
    Thanks: 14 / 58 / 42

    Default

    gapapa kl pemerintah kalo ga usah mendanai dan yg danai swasta

  16. #15
    AcanthaZ.'s Avatar
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Makassar - Jakarta - Bandung - Bekasi - Toraja
    Posts
    794
    Points
    930.40
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    tapi...
    kan lagi banyak gempa gitu...
    tidak takut apa??
    deket gunung Krakatau lagi...

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •