
Originally Posted by
flo0pz
1. setau saya time diff, atau yg lebih dikenal UTD alias user time difference (CMIIS)
itu perbedaan waktu update data yg ada di server
dengan perubahan data yg ada di layar monitor player
anggap si Kampret the Immortal bunuh boss di naxx
di layar dia, dia dapet achievement the immortal
tapi di server belon masuk itu data gara2 time diff yg besar
nah jika saat itu terjadi system restart / DC
berhubung data belon masuk ke server
begitu user / player ***** lagi ke server
data yg di loading adalah yang terakhir kali terupdate sejak terakhir kali update data di server
oleh karena itu terjadi yg katanya "ROLLBACK"
aslinya bukan rollback, tapi emang datanya blon masuk ke server gara2 "perbedaan waktu" update tadi (datanya emg blon masuk)
2. yg mempengaruhi time diff?
beban server yg ringan / berat
makin banyak player otomatis data yg perlu di update semakin besar, apalagi ketika terjadi kejadian2 yg perlu constant data stream. contohnya? tempat2 dmn skill2 banyak dipake, alias BG / lagi encounter. kadang sering kan kerasa "kenapa lag pas lagi engage doank sih ? pas jalan2 di ICC lancar2 aja". ya itu dia, pas lagi engage ada 10/25 orang ngespam skill gila2an. skr bayangin dalam kurun waktu 1 jam kira2 yg ngeraid ada brp group? anggap ada 10 group raid barengan, 250 orang ngespam skill barengan....
tau lah ye skali skill itu kalkulasi dari attack tablenya masing2... tinggal kali2in aja
koneksi butuh bandwidth...
anggap bandwidth tu sebuah jalan tol dengan 4 jalur. bisa lewat 4 mobil barengan. skr 8 mobil mau lewat. antri toh ?
cheater
nah sekarang perihal cheater. ngechit tu intinya gitu2 aja, maenin paket data yg dikirim ke server dari data yg ada di player.
kalo si player lagi jalan, trus status nya di edit sama "mesin chit" jadi itu orang jadi terbang, trus BARU DIKIRIM... nah terjadilah tu player lagi terbang....
anggap tiap char tu punya koordinat. X, Y, Z. Z = ketinggian. kalo Z nya kita edit jadi 10 (anggap ground level 0) jadi tu orang terbang kan? nah tapi kan di server ada konfigurasi gravitasi, sehingga yg asalnya 10, itu lambat laun jadi 0. tapi sebelon dari 10 itu berubah, di kirim lagi paket "fresh" dari mesin chit, sehingga yg mestinya ketinggian (Z) itu jadi 9, balik lagi ke 10.
kenapa chit bikin ngelag ? karena pengiriman datanya balapan sama update server, intinya disambit data lebih banyak dari biasanya... nah jadi sebelon si server mikir "ini bener ne ketinggian nya segini? tar gw cek dulu" nah sebelon dia mau ngecek, dah masuk lagi data baru "neh si X ketinggiannya segini"... trus si server konfirm lagi "bner ne ? tar gw cek dulu"... dst.
kenapa lagi maen lancar tiba2 ngelag abis2an ? yha itu dia kembali ke analogi jalan tol tadi... yg mestinya lewat cman 4 mobil, gara2 ada cheat jadi 50 mobil maksa lewat... ya lu bayangin ndiri aja.
koneksi sendiri
mungkin servernya sih kuat2 aja... tapi klo sp***y ato fast**t lagi down... ya otomatis macet juga. Anggap pacar ngirim surat pos, nah tapi suratnya kagak nyampe rumah gara2 ada gangguan di kantor pos... mau si pacar ngirim surat 50 biji klo tukang posnya lagi ngopi di warteg ya kagak bakal nyampe lah... ya gak masbro?
3. cara memperbaikinya ?
~ kasih bandwidth yg lebih gede ke server, ibaratnya "perluas jalur jalan tol".
~ cek koneksi anda sendiri, apakah sedang ada gangguan ?
~ soal cheater... no komen
tapi sekali lagi, CMIIS
Share This Thread