-_-a
Tes2 123 @_@
KaLo 1 hero boleh kan :P
Liat aja
http://www.epicwar.com/maps/38038/
gw upload SS buat ultinya aja @_@
yg lain bisa dilihat sendiri, mapnya kecil ini @_@ ga rugi DL
::
BuayaJingkrak : ***, jgn dipuji2, blum tentu yg gw blg bisa...
Thanatos : spell bagus, knp ga ikut kompetisi spell kemaren?
Waktu itu kebetuLan Lagi sibuk jadi Host Contest di Forum Luar @_@ jarang buka forum Idgs
jago kk, pake jass, gw ga ngerti malah, hahahah, klo bacanya ngerti, tpi bkinnya ga bisa.
sip2 keren skillnya.
zZzzzZzzzz
nda susa kok JASS kk @_@
JASS ya...
...
ya gitu de -_-
ga susah ko :P
Want to learn JASS?
http://jass.sourceforge.net/
Tutorial complete dengan IDE tools dan PJASS.
Jangan pikir JASS susah... apapun perlu dipelajari walaupun susah atau tidak. Anggap saja sebagai tantangan seperti tangga yang menuju keatas sangat tinggi. Jangan liat seluruh tangga nya, just take the first step.
Kalo bisa JASS pasti lebih seger percaya, karena banyak map2 yang maju menggunakan JASS.
betuL @_@
ga susah kok JASS...
JASS itu apaan yak?
http://forum.indogamers.us/showthread.php?t=13940
-- Introduksi --
A. Pengenalan
1. Apa itu JASS, sejenis bahasa setankah ??
JASS merupakan bahasa pemrograman yg digunakan dalam map warcraft dan script AI ( referensi lain; LUA homuncullus ragnarok jg menggunakan JASS ).
2. GUI ( Graphic User Interface ) dan JASS
GUI pada "Hakikatnya" merupakan JASS, namun blizzard membuat GUI di map editor agar lebih mudah dipahami oleh orang-orang ( Mapper ). ketika kamu memasukan Trigger; Add Action, Add Condition, atau Add Event, GUI "membuat" script jass otomatis untuk anda.
Anda bisa mencoba dengan "Convert to custom Text" ketika berada di Trigger Module. Edit > Convert To Custom Text. nah dari sana bisa dilihat JASS yg dibuat melalui GUI yg anda masukan.
2.1 Manakah yg lebih baik ??.. GUI atau JASS ???
Mitos Tentang JASS: ( Hal ini SALAH )
GUI lebih bagus karena lebih mudah
JASS lebih bagus karena lebih sulit
GUI lebih mudah dibandingkan dengan JASS: Mungkin bila anda hanya membuat hal kecil, namun untuk hal besar seperti sistem game JASS memiliki keuntungan
Kamu bisa Melakukan semua di GUI untuk apa JASS ?: Ini mungkin benar, Tapi karena kamu bisa membuat fungsi sendiri di JASS, hal ini jauh mempermudah pekerjaan kamu
Kamu Harus Mengetahui GUI Sebelum Belajar JASS: Menurut Vexorian ( gw kurang setuju ... ) lebih baik apabila belajar JASS sebelum belajar GUI
Kamu harus mengetahui bahasa pemrograma untuk mengerti JASS: GUI sebenarnya juga merupakan bahasa pemrogaman secara simple. Kamu bisa mempelajari JASS sendiri dan bahasa pemrogamannya akan secara "magis" muncul ketika kamu belajar JASS
Kamu harus mengetahui Pemrograman bahasa XYZ untuk belajar JASS: INI sama sekali TIDAK BENAR
Map itu bagus karena dibuat dari JASS
Map itu bagus karena tidak dibuat dari JASS
Map itu bagus karena dibuat dalam GUI
Map itu bagus karena tidak dibuat dalam GUI
imo map itu bagus karena usaha pembuatnya
-Vexorian Courtesy, taken from wc3campaigns - translated
secara mendasar yang membedakan GUI dan jass adalah keuntungannya
Keuntungan JASS
Functions: Kamu bisa membuat Function sendiri ( akan dijelaskan nanti )
Effisiensi: Mengetik Lebih cepat daripada mengklik mouse
Kemampuan Meng"coding" Lebih Optimal: Otomatisasi GUI tidak selalu baik, kadang eksekusi trigger bisa lebih lambat melalui GUI
Local variables dan MUI ( multi instancibility ) : Trigger GUI sulit untuk bisa di-eksekusi secara simultan ( ch: 10 player menggunakan skill yg ditrigger secara bersama2x )
Akses ke fungsi 'tersembunyi' : Untuk hal yang entah mengapa GUI tidak mempunyai akses ke fungsi ini.
Permasalahan JASS
Case Sensitive : Jass Case sensitive apabila kamu menulis Player itu tidak sama dengan player
MissType : Permasalahan Tipikal pemrograman bahasa ...
B. Awal ( ga ada ide buat judul )
* Disarankan WE ada di sebelah anda beserta JASSCraft; link disediakan ( optional )
1. Langkah Awal menuju Jati diri
Ok ... untuk langkah awal buatlah map 32x32 .... 94x94 juga tidak mengapa itu semua terserah kamu ....
Buka Trigger Module .... Pilih Map Initialization ... hapus semua isinya .... kemudian rename ke Tes JASS. Langkah selanjutnya
Add Event - Player - Player skip a cinematic sequence
Add Actions - Game - Display Text ( All Players ) Text : Saya Mr.X
Ok ... semua sudah .... sekarang ke Edit>Convert To Custom Text
harusnya sekarang terliahat seperti
Code:
function Trig_Tes_JASS_Actions takes nothing returns nothing
call DisplayTextToForce( GetPlayersAll(), "TRIGSTR_003" )
endfunction
//================================================== =========================
function InitTrig_Tes_JASS takes nothing returns nothing
set gg_trg_Tes_JASS = CreateTrigger( )
call TriggerRegisterPlayerEventEndCinematic( gg_trg_Tes_JASS, Player(0) )
call TriggerAddAction( gg_trg_Tes_JASS, function Trig_Tes_JASS_Actions )
endfunction
I quote u on that, mi...
jika km memakai anggapan ini so km salah besar!
Maksud dari Vexorian kita harus menguasai GUI terlebih dahulu sebelum JASS adalah karena GUI merupakan Bentuk Bahasa Logika. Kita harus benar2 mengerti dan memahami logika dari sebuah fungsi terlebih dahulu baru lah kita bisa membuat nya. GUI merupakan implementasi dari Bahasa Logika. Maka dengan mempelajari GUI terlebih dahulu otomatis kita mengasah logika kita.
Jika km sudah ahli dalam logika, maka km sudah menguasai hal paling penting dalam membuat suatu syntax fungsi dan kamu dapat membuat nya dalam bahasa apapun tidak terkecuali JASS.
I quote you on that again...
Mungkin bagi seseorang yang sudah menguasai bahasa pemrograman seperti C++, delphi atau vB maka dengan mudah kita akan dapat mempelajari bahasa dari JASS.
Bahasa JASS merupakan bahasa yang setingkat dengan C++ tetapi mempunyai bahasa yang lebih kompleks. Dengan bahasa yang lebih kompleks ini menjadikan JASS lebih sulit daripada C++.
Bayangkan saja sekarang orang tidak mengerti bahasa pemrograman apapun malah tiba2 mau belajar JASS?
Hal ini bisa dilakukan tetapi bakalan butuh usaha yang sangat keras..
sekarang saya ingin bertanya :
adakah orang disini yang belajar JASS tanpa mengetahui bahasa pemrograman lain dan tanpa melalui tools ? (JASS Craft, Convert to Custom Text, atau tools JASS lain.)
atau dengan kata lain benar2 mempelajari dan mengerti betul fungsi syntax per syntax dari JASS tanpa bantuan tools2 seperti yang saya sebutkan dan tanpa mempunyai "dasar" sama sekali...
Klo anda mempelajari tanpa tools2 diatas anda pasti akan mengerti bagaimana susah nya mempelajari JASS...
oleh karena itu disarankan untuk lebih mempermudah memahami JASS, hendaknya mengerti bahasa pemrograman lain terlebih dahulu...
Dan saya garis bawahi bahwa bahasa GUI pada wc3 ini pada dasarnya merupakan bahasa JASS yang disusun menjadi graphical user (seperti pada vB) dan bukan merupakan bahasa pemrograman yang berdiri sendiri.
Jangan terikat di pemahaman GUI. GUI itu dasar yang sangat cetek. Sebetulnya saya ingin semua orang bisa JASS, tolong dipelajari lewat website http://jass.sourceforge.net
Trust me, kalo kamu bisa programming kamu bisa bikin map yang lebih advance, dimana2 map yang populer itu pada pake JASS smua. Contoh: Pudge Wars, Dota, NOTD, Tree Tag, Mafa, Elemental TD, Elimination Tournament.
Ya...
GUI (Graphical User Interface) hanya sesuatu yang muncul kalo ngebuat2 di Trigger Editor, dan aslinya yang di balik semuanya ada JASS...
BTW
gw ga pake apa2 -_- kecuaLi Notepad,
dan gw belum punya ilmu apa2 tentang bahasa program C++ dll
awalnya mungkin agak susah belajarnya
tapi kalo sering2 liat Syntax Error tar juga ngerti sendiri
karena gw pake JassNewGen Syntax Errornya akurat...
Share This Thread