http://idgs.in/445081

Default GLOOMY SUNDAY - a Suicide Song

Btw, ada yang sudah pernah mendengar lagu Gloomy Sunday belom ? Sebuah lagu yang sangat terkenal sebagai lagu bunuh diri, karena banyak kasus bunuh diri terjadi setelah mendengarkan lagu ini.

Awal seja...rahnya lagu ini diciptakan oleh seorang pianis sekaligus komposer asal Hungaria yaitu Rezső Seress yang dia beri judul Szomorú Vasárnap yg juga berarti Gloomy Sunday pada tahun 1933. Lagu tersebut ditulis berdasarkan puisi yang di tulis oleh László Jávor yg menceritakan tentang seorang penyanyi yang depresi akibat kematian kekasihnya dan ingin bunuh diri. Dan kenyataannya, sesaat setelah lagu itu dirilis ... László Jávor mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Semenjak awal diciptakannya lagu itu, banyak peristiwa bunuh diri terjadi bagi mereka yang mendengarkan dan juga menyanyikan lagu itu. Dan pada puncaknya yaitu sekitar tahun 1941, seorang musisi asal Inggris yaitu Billie Holiday menyanyikan lagu itu dan menjadi hits di putar di radio2. Tapi akibat yang terjadi banyak ratusan kasus bunuh diri terjadi setelah lagu itu diputar di radio2 Inggris, Amerika maupun Hungaria. Hal ini yang menyebabkan kegelisahan stasiun radio saat itu dan mereka depresi untuk mengudara kembali pasca kejadian itu. Lalu mulai mem-banned lagu tersebut untuk di putar lagi di radio-radio. Dan statiun radio Inggris BBC pun memasukan lagu tersebut sebagai lagu terlarang untuk diputar di radio mereka. Dari Inggris lalu ke Amerika untuk mem-banned lagu tersebut serta di Hungaria sendiri sebagai tanah kelahiran dari lagu tersebut.

Lagu itu kemudian menjadi sebuah legenda, dimana pendegarnya pasti berinisiatif untuk mengakhiri hidupnya. Termasuk penciptanya sendiri yaitu Rezső Seress yang mengakhiri hidupnya dengan melompat dari jendela apartemennya pada tahun 1968. Disaat yang sama surat kabar terkenal di Amerika yaitu New York Times menulis artikel tentang itu, dan berikut cuplikannya :

“ Budapest, January 13. Rezsoe Seres, whose dirge-like song hit, "Gloomy Sunday" was blamed for touching off a wave of suicides during the nineteen-thirties, has ended his own life as a suicide it was learned today.

Authorities disclosed today that Mr. Seres jumped from a window of his small apartment here last Sunday, shortly after his 69th birthday.

The decade of the nineteen-thirties was marked by severe economic depression and the political upheaval that was to lead to World War II. The melancholy song written by Mr. Seres, with words by his friend, Ladislas Javor, a poet, declares at its climax, "My heart and I have decided to end it all." It was blamed for a sharp increase in suicides, and Hungarian officials finally prohibited it. In America, where Paul Robeson introduced an English version, some radio stations and nightclubs forbade its performance.

Mr. Seres complained that the success of "Gloomy Sunday" actually increased his unhappiness, because he knew he would never be able to write a second hit. "

Hit lagu Gloomy Sunday juga mengakhiri hidupnya, karena setelah menciptakan lagu tersebut ia sendiri tidak bisa membuat lagu lagi yang bisa menjadi hit karena dari lagu itu sudah menambah keputusasaan dia tentang hidup. Selain itu ada juga kasus bunuh diri yang dilakukan oleh Biliy Mackenzie, vokalis band The Associates pada tahun 1997 yang meng-cover lagu Gloomy Sunday versi Billie Holiday di tahun 1982). Dia mengakhiri hidupnya di rumah ayahnya di Dundee.

Nah pada tahun 1941, Billie Holiday menyanyikan Gloomy Sunday yang liriknya ditulis oleh Sam Lewis ... dan begini liriknya :

Gloomy Sunday

Sunday is gloomy, my hours are slumberless
    Dearest the shadows I live with are numberless
    Little white flowers will never awaken you
    Not where the black coach of sorrow has taken you
    Angels have no thought of ever returning you
    Would they be angry if I thought of joining you?

Gloomy Sunday

Gloomy is Sunday, with shadows I spend it all
    My heart and I have decided to end it all
    Soon there'll be candles and prayers that are sad I know
    Let them not weep let them know that I'm glad to go
    Death is no dream for in death I'm caressing you
    With the last breath of my soul I'll be blessing you

Gloomy Sunday

Dreaming, I was only dreaming
    I wake and I find you asleep in the deep of my heart, here
    Darling, I hope that my dream never haunted you
    My heart is telling you how much I wanted you

Gloomy Sunday

Please, don't kill yourself after listening this song !

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Karena penasaran saya lalu mencari lagu ini. Lagunya lumayan bagus ga rugi deh udah download
    Buat yang lagi melan sangat saya sarankan untuk mendengarkan ini. Tapi buat yang habis di tinggal "pergi" orang terdekat lebih baik hindari dulu lagu ini (_'_)v

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daftar Musisi
    yg pernah membawakan Gloomy Sunday

1935: Pal Kalmar (this is by many considered the original and "the granddaddy of them all")
    1935: (UK): Paul Robeson (released in the US in 1936; Desmond Carter lyrics)
    1935: Pyotr Leschenko (in Russian, under title "Mratschnoje Woskresenje")
    1936: Damia (in French, under the title "Sombre Dimanche", recorded on February 28, lyrics by Jean Marčze and François-Eugčne Gonda, music by Rezső Seress)
    1936: Hal Kemp
    1936: Paul Whiteman
    1936: Noriko Awaya (in Japanese, under title "Kurai Nichiyōbi")
    1936: Taro Shoji (in Japanese, under title "Kurai Nichiyōbi")
    1940: Artie Shaw, 3 March. Pauline Byrne vocal.
    1941: Billie Holiday
    1957: Josh White
    1958: Mel Tormé
    1958: Ricky Nelson (released posthumously)
    1959: Eila Pellinen (in Finnish as "Surullinen sunnuntai")
    1961: Sarah Vaughan
    1962: Lou Rawls
    1967: Carmen McRae
    1968: Genesis (U.S. band unrelated to the well-known British band)
    1969: Ray Charles
    1979: Lydia Lunch
    1981: Elvis Costello & the Attractions (Trust)
    1982: Associates (Sulk)
    1983: Marc and the Mambas
    1983: Swans Way
    1983: Jacques Calonne (Ténor Mondain) (in French, under the title "Sombre Dimanche", lyrics credited to László Jávor, but probably the ones by Jean Marčze and François-Eugčne Gonda)
    1984: Peter Wolf (Lights Out)
    1985: Harri Marstio (in Finnish under title "Surullinen sunnuntai")
    1986: Christian Death
    1988: Serge Gainsbourg (Le Zénith de Gainsbourg) (in French)
    1991: Vlado Kreslin (Bela nedelja, in Slovene)
    1991: The Singing Loins (Songs For The Organ)
    1992: Diamanda Galás (The Singer) (Desmond Carter lyrics)
    1992: Sinéad O'Connor (Am I Not Your Girl?)
    1995: Gitane Demone
    1996: Sarah McLachlan (Rarities, B-Sides and Other Stuff)
    1996: Mystic (The Funeral soundtrack)
    1998: Marianne Faithfull
    1998: Satan's Sadists (On the compilation Their Sympathetic Majesties Request)
    1999: The Smithereens (God Save the Smithereens)
    1999: Björk
    2000: Kronos Quartet
    2000: Sarah Brightman
    2001: Iva Bittová (The Man Who Cried)
    2001: Heather Nova (South)
    2002: Rob Coffinshaker (Live at the Cemetery) 7" EP
    2003: Edvin Marton
    2003: Hot Jazz Band
    2003: Priscilla Chan (with changed lyrics, pop, Cantonese, titled "Gloomy Sunday")
    2004: Branford Marsalis (Eternal)
    2005: Yellow Spots (Psychobilly)
    2005: Eminemmylou featuring Legs MC (raps added, turned into anti-suicide anthem)
    2005: Venetian Snares (Rossz csillag alatt született - a remix of Billie Holiday's version)
    2006: Emilie Autumn
    2006: Tsukimono (on Famousfor15mb.com)
    2006: Angéla Póka (live) (performing Szomorú Vasárnap live during Megasztár)
    2006: Red Sky Mourning
    2006: Lucía Jiménez (for the movie the Kovak Box inspired by the song)
    2006: Zaorany kytky (band from Czech republic)
    2007: Candie Payne
    2007: The Unbending Trees (live)
    2008: Ivana Wong
    2008: The Unbending Trees UK only bonus track on their album.
    2008: Paris Jones Canadian Singer
    2008: Saori Yano Tokyo saxophonist, Billie Holiday tribute CD.
    2009: Aliyah Hussain

klo bagus, bagi thank's / GRPnya dong gan (^^)

2. Hot Ad

nice share,

gw udah pernah baca ini info

yang gw heran gloomy sundah itu pas gw cari digoogle ada lirik

pas youtube cuma musik dan ga ada orang nyanyinya.

ini lagu udah merenggut nyawa orang banya ksekali

iyeee bner tu kata kk se_sukez
    sama minta link yg ada orangny nongol dong
    dari utube susah nyarinya

nice share kk

maksudnya?
    yang ada videonya? --"
    entah dibikin videonya atau nggak, saya kurang tahu..

http://www.youtube.com/watch?v=48cTUnUtzx4

http://www.youtube.com/watch?v=4WBZwLkvpFI

http://www.youtube.com/watch?v=TCEJtUNe90A

Videonya banyak gan, ga jelas emang, rata˛ Unofficial video, jadi bingung mana yg aslinya

"The weak lose their freedom to the strong. Such is the way of the strong. And it is the providence of nature that only the strong survive. That is why I needed strength." - Kuja