[Event]HIMTI EXPO and COMPETITION[29 Nov - 03 Des 2011]
[ HIMTI Expo n Competition ]
HEXION adalah acara tahunan HIMTI yang berisikan Expo, Competition, dan Workshop n Discussion
dan pada kesempatan kali ini kami mengadakannya pada tanggal 29 november 2011 - 03 desember 2011
Untuk Lomba yang kami adakan adalah sebagai berikut:
Mobile Application Competition (MAC)
Mobile Application Competition ini merupakan salah satu bagian dari HEXION. Kompetisi ini sendiri bertujuan untuk memfasilitasi para mahasiswa Teknik Informatika dalam menyalurkan minat dan kreativitas mereka dalam aplikasi mobile yang sedang naik daun belakangan ini.
konsep dari MAC adalah sebagai berikut :
Kompetisi di buka untuk umum
Peserta maksimal tediri dari 2 orang dalam 1 tim
Aplikasi yang dilombakan mencakup semua kategori ( entertainment, business ,dll )
Karya peserta dikumpulkan dalam bentuk softcopy ( CD ), dan proposal dalam bentuk hardcopy.
Karya yang terpilih akan di presentasikan didepan juri.
Karya terpilih akan ditampilkan setiap hari acara EXPO
Keputusan juri tidak dapat di ganggu gugat.
Info Mobile Application Competition (MAC)
Biaya Pendaftaran : Rp.50.000,00
Tempat Pendaftaran : Stand HIMTI
Periode Pendaftaran : 10 Oktober 2011 – 7 November 2011
Batas Pengumpulan : 10 November 2011 – 12 November 2011
Cara Pengumpulan : Softcopy (CD),dan Hardcopy (Proposal)
Hadiah
Juara 1 : Rp.2.000.000
Juara 2 : Rp.1.300.000
Rules :
Spoiler untuk Rules Mob :
Lomba Mobile Application
General Rules
Persyaratan: Kompetisi mobile application dibuka untuk umum.
Peserta merupakan WNI, perorangan ataupun kelompok.
Satu kelompok maksimal terdiri dari 2 orang.
Satu kelompok hanya bisa mengirimkan satu aplikasi.
Anggota kelompok yang terdaftar tidak bisa digantikan dengan alasan apapun.
Karya yang dikumpulkan merupakan karya orisinil dari peserta dan belum pernah dipublikasikan atau memenangkan penghargaan apapun.
Juri berhak mendiskualifikasi peserta apabila terbukti ada indikasi kecurangan.
Pada seleksi tahap pertama, Aplikasi yang dikumpulkan dalam bentuk tulisan, berupa Proposal Mobile Application.
Peserta yang lolos tahap pertama harus mempunyai prototype aplikasi untuk didemokan.
Keputusan juri HEXION bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Pendaftaran Peserta: Mengisi formulir pendaftaran di stand HEXION. Di balkon lt.5 kampus anggrek
Platform yang di gunakan adalah OS Android bebas.
Proposal
Pengumpulan Proposal Mobile Application: Proposal konsep inovasi paling lambat dikumpulkan pada tanggal 7 November 2011 – 12 November 2011
Proposal dikumpulkan di Stand HIMTI
Proposal Mobile Application Mobile Application yang dibuat sedikit banyak harus sesuai dengan tema utama HEXION “Explore IT”.
Proposal inovasi disusun dengan format sebagai berikut: Isi proposal maksimal 5 halaman.
Ukuran kertas A4.
Font Times New Roman, dengan ukuran 12 dan spasi 1.5 lines.
Margin Atas, Bawah, Kiri, Kanan : 3 cm.
Proposal inovasi bisa dibuat sekreatif mungkin.
Isi proposal yang wajib dicantumkan adalah :
Judul Proposal, yang unik dan bisa menggambarkan isi dari proposal yang dibuat.
Abstraksi, berisi gambaran isi proposal secara keseluruhan.
Latar Belakang, latar belakang peserta memunculkan ide (Perkembangan IT di Indonesia).
Maksud dan Tujuan, merupakan maksud dan tujuan peserta dengan adanya realisasi ide peserta.
Deskripsi, gambaran rinci dari aplikasi yang dibuat dan disertai dengan design tampilan yang akan dibuat. Jika dalam tahap pembuatan proposal, peserta belum menyelesaikan aplikasi, tetap harus mencantumkan tampilan aplikasi dalam proposal (dapat menggunakan software lain).
Penutup, berisi harapan dari peserta terhadap karya peserta.
Peserta wajib mencantumkan data diri pada proposal, berupa Nomor Pendaftaran, Nama Peserta, Alamat Peserta, Nomor Telepon Peserta, Pekerjaan (Jika masih pelajar atau mahasiswa harap pencantumkan Nama Sekolah atau Universitas dan Tingkatan/Kelas atau Jurusan).
Penggunaan ide hasil karya peserta untuk hal apapun diluar lomba, bukan menjadi tanggung jawab panitia melainkan merupakan kesepakatan peserta dengan pihak luar
Penilaian
Konsep inovatif
Sesuai dengan android library
High user experience
High commercial
Stickiness
Keunikan
Web Design and Proramming Competition
Web Design and Proramming Competition merupakan wadah bagi para mahasiswa Bina Nusantara yang memiliki jiwa kreatif dalam pengembangan web dan dapat menumbuhkan bibit berkualitas dalam pengembangan web yang di mana pada jaman sekarang hampir seluruh manusia mengakses internet dan menggunakan web
Konsep dari Web Design and Proramming Competition :
Kompetisi ini terbuka untuk umum
1 tim terdiri dari maksimal 2 orang
Keputusan juri tidak dapat di ganggu gugat
Beberapa info untuk Web Design and Proramming Competition :
Harga Pendaftaran : Rp.75.000,00
Tempat Pendaftaran : Stand HIMTI
Periode Pendaftaran : 10 Oktober 2011 – 7 November 2011
Batas Pengumpulan : 10 November 2011 – 12 November 2011
Cara Pengumpulan : Softcopy (CD),dan Hardcopy (Proposal)
Hadiah :
Juara 1 : Rp. 1.500.000
Juara 2 : Rp. 1.000.000
Spoiler untuk Rules Web :
Web Design Competition
Kriteria Penilaian Umum
Konsep :
Tingkat kegunaan dan manfaat dari website.
Tema : Techno Web
Originalitas / Kreativitas :
Jika menggunakan Content Management System, maka CMS yang digunakan harus merupakan karya sendiri, tidak diperkenankan menggunakan Joomla, WordPress, Mambo, dan sejenisnya.
Jika menggunakan logo atau grafik, maka grafik atau logo yang digunakan tidak boleh melanggar hak cipta, usahakan membuat grafik sendiri untuk digunakan.
Desain harus merupakan rancangan sendiri.
Design Interface
Kemudahan menggunakan website.
Standard compliant (W3C).
Memperhatikan cross-browser compatibility.
Kompleksitas :
Penggunaan PHP
Penggunaan animasi (animated gif atau flash)
Penggunaan database, baik menggunakan database management system(DBMS) atau menggunakan flat (text-based).
Penggunaan Cascading Style Sheet (CSS)
Penggunaan JavaScript
Penggunaan AJAX ( ga tau ini apaan )
Kriteria Penilaian Bobot Penilaian
Konsep 35%
Design Interface 25%
Creativity 20%
Kompleksitas 20%
Prosedur Web Design
Peserta diminta untuk membuat suatu website sesuai dengan tema
Waktu pengerjaan dan waktu pengumpulan hasil telah ditentukan dan tidak ada penambahan waktu bagi peserta yang terlambat mengumpulkan hasil karyanya.
Prosedur Pelaksanaan Lomba
Hasil karya untuk babak penyisihan berupa dokumentasi dikumpulkan secara online ATAU secara langsung ke panitia di HIMTI Bina Nusantara University
Hasil karya akan sepenuhnya menjadi hak milik HIMTI Bina Nusantara University.
Format dokumentasi:
Pendahuluan
Isi
Penutup / Kesimpulan
Daftar Pustaka
Isi dokumentasi berisi:
Penjabaran konsep menurut masing-masing kelompok.
Penjelasan konsep website yang akan dibangun
Keunggulan-keunggulan (added-value) dari website.
Garis besar cara penggunaan website.
Rencana atau spesifikasi teknis pembangunan website.
Jika menggunakan PHP/ASP, cantumkan.
Design Interface
Site map
Syarat peserta Web Design 2011:
Lomba bersifat tim dengan jumlah minimal 1 orang dan maksimum 2 orang per tim.
Peserta harus terdaftar secara resmi di salah satu Universitas di Indonesia.
Setiap anggota dari masing-masing tim peserta berasal dari Universitas yang sama.
Perseta bersedia mengikuti rangkaian acara dan prosedur kompetisi.
Peserta wajib mengikuti semua prosedur dan peraturan yang telah ditetapkan panitia.
Spoiler untuk Ketentuan Web :
Ketentuan Web Design and Programming Competition
Dilarang menggunakan CMS (seperti Joomla, Maboo, Wordpress, dsb). Jika peserta menggunakan CMS, maka akan langsung di diskualifikasi.
Desain web harus merupakan buatan sendiri, bukan sebuah template yang sudah jadi, dan belum pernah di publish
Web harus dinamis dan mempunyai minimal 1 database
Web tidak boleh Hardcode dan harus memiliki back-end
Web yang dibuat harus memiliki fitur-fitur yang sama atau lebih dengan Web HIMTI (www.himti.org)*
Softcopy hasil pembuatan web dikirimkan kepada panitia dalam bentuk CD , pada lambat pada tanggal:
12 November 2011
• Hasil karya pemenang Web Making Competition akan menjadi hak milik sepenuhnya HIMTI BINUS UNIVERSITY
Kriteria Penilaian
Konsep & Ide sesuai Tema: “Technology”
Inovasi, Originalitas, Kreatifitas
Struktur & Navigation interface, mencakup rancangan sitemap dan alur sistem website
Komplektivitas
Penggunaan PHP, JavaScript, Ajax, Database (MySQL), dan CSS
Aksesbilitas
Fitur-Fitur yang sesuai dengan website HIMTI: www.himti.org
8 Golden Rule Of Interface Design
Nilai Tambah:
Fitur-Fitur lainnya yang mendukung organisasi HIMTI & Jurusan TI
Adanya Animasi, Video, dan Audio
Fitur-Fitur Web HIMTI:
Slide Headline News
YM Contact
Comment di setiap artikel
Real-Time Date&Clock
Statistik User
Zoom-In untuk Foto
Banner Space
Photo Galery
Guest Book
Download
Search
Milis HIMTI Subscribe
Article
Viewer Counter
Photo/Picture Attach
Kalender Agenda
GuestBook / ShoutBox
Slide “Sekilas Info”
Link ke HIMTI Forum
Konten-Konten Web HIMTI:
[LIST][*]Artikel
event
Non-Event
LifeStyle
Hardware
Software
History of HIMTI
Struktur Organisasi
Mars & Logo
Komisi & Divisi
Jadwal Responsi & Tryout
Galeri Foto
Hari Raya / Event
Birthday
Pro Evolution Soccer (PES) Competition
konsep dari Pro Evolution Soccer Competition
Kompetisi ini di buka umum
Sistem kompetisi merupakan sistem gugur
Beberapa info untuk ]Pro Evolution Soccer (PES) Competition :
Harga Pendaftaran : Rp.25.000,00
Tempat Pendaftaran : Stand HIMTI
Periode Pendaftaran : 10 Oktober 2011 – 12 November 2011
Hadiah
Juara 1 : Rp. 500.000
Juara 2 : Rp. 250.000
Juara 3 : Rp. 100.000
Rules:
Spoiler untuk Rules PES :
Pro Evolution Soccer Competition
Rules:
Konsole yang digunakan adalah PS 3
Pertandingan system gugur dengan waktu game:
babak penyisihan @10 menit + adu penalti
semifinal dan final @15 menit + perpanjangan waktu (golden goal) + adu penalti
Dilarang memakai JOKI ( memainkan nick orang lain etc ) Pemain akan langsung didiskualifikasi jika melakukan pelanggaran ini.
Setiap peserta diharapkan sudah standby 15 menit sebelum pertandingan untuk menghindari WO
Peserta akan di panggil 3x apabila tidak ada respon maka akan kami anggap WO
Peserta dilarang meninggalkan tempat saat permainan sedang berlangsung
Peserta harus menentukan 1 TEAM utama dan tidak boleh diganti selama pertandingan berlangsung
Peserta dilarang melakukan intimidasi dalam bentuk lisan maupun fisik,peserta yang melakukan intimidasi akan diberi peringatan oleh wasit,maksimal 2(dua) kali, jika ketentuan tersebut dilanggar, maka peserta akan didiskualifikasi.
3 Kali Peringatan yang diberikan ke peserta maka dinyatakan diskualifikasi
Rules in Game :
Disediakan waktu 5 menit untuk perancangan FORMATION
Disarankan membawa Stick sendiri ( panitia menyedia kan stick standart ).
GAME LEVEL : TOP Player
waktu 10 Menit
Stadion yang digunakan KONAMI STADIUM
Time: Day
Season : Summer
Weather : Fine
Condition random
Injuries : Yes
Ball type Random
Rule Setting:
EX : no
PK : Yes
Substitutions : 3 Cadangan
Pergantian pemain hanya bisa digunakan pada:
Pemain cedera
Kartu merah
Di-babak kedua/ Half time & menit 30 / 75
Perancangan formation hanya boleh dilakukan di awal game setelah game bermain tidak boleh ada pergantian FORMATION
Tidak boleh tekan tombol START dengan sengaja bila melakukannya akan kena Diskualifikasi (tanpa alasan yang jelas dan masuk akal)
Peserta di anggap WO ketika di panggil sebanyak 3 kali tidak ada jawaban.
Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
Tidak boleh mengganti penandang saat bola mati.
Dibolehkan mengganti pemain dan formasi pada menit 30 dan menit 75.
Peserta yang melakukan tindakan kekerasan atau merusak peralatan lomba akan di minta pergantian kerugian dan diskualifikasi
dilarang melihat replay tendangan bebas / saat mencetak goal berulang – ulang apabila terjadi akan di beri peringatan oleh pihak panitia
[Rookie]Defense of the Ancients Competition
konsep dari Defense of the Ancients Competition
Kompetisi ini di buka umum
Sistem kompetisi merupakan sistem gugur
Beberapa info untuk Defense of the Ancients Competition :
Harga Pendaftaran : Rp.150.000,00/team
Tempat Pendaftaran : Stand HIMTI
Periode Pendaftaran : 10 Oktober 2011 – 12 November 2011
Hadiah :
Juara 1 : Rp. 2.000.000
Juara 2 : Rp. 1.000.000
Juara 3 : Rp. 750.000
Spoiler untuk Rules DotA :
Poster Competition
[Rookie] DotA Tournament Rules
Registration fee
Biaya Pendaftaran Rp. 150.000,-
Billing OFF
Price
I: IDR 2.000.000
II: IDR 1.000.000
III: IDR 750.000
General game rules
Kompetisi 5 vs 5
Game Format Best of 1 Elimination Round.
Waktu pertandingan 60 menit ( tidak berlaku untuk semi final dan final )
Multi Slot Allowed.
No Multiclan.
Jika terjadi seri in game(waktu habis), akan diadakan perhitungan score.
Game settings
Map 6.72f / stable map update.
Mode Captains Mode Observer Info(-cmoi)
No Restricted Item.
Item dropable seperti gem / divine rapier boleh diambil sapa saja, boleh dipindahtangankan.
Item seperti Observer, Sentry, Dust boleh dipindahtangankan
No banned hero
Backdoor allowed for Tower I and II
No Polling
No Blocking Creep
Share Courier allowed
Save Game every First Blood and 15 minutes
Penggunaan semua jenis bug dan cheat segera di DISKUALIFIKASI
Team Killing allowed
Pause game hanya dapat dilakukan kalau ada masalah teknis.
Game Point
Hero Kill 1 point
Tower level 1 = 2 point
Tower level 2 = 3 point
Tower level 3 = 4 point
Tower level 4 = 5 point
Barrack = 5 point
Technical Problem
Jika terjadi disconnect player, maka game akan diulang dari save game terakhir, kecuali ada kesepakatan apakah dilanjutkan atau diulang antara kedua belah pihak (team leader yang berhak menentukan).
Jika terjadi fatal error, hang atau masalah teknis lain nya yang menyebabkan pertandingan terhenti dan tidak bisa dilanjutkan, maka game akan diulang dari save game terakhir.
Save game akan dilakukan pada waktu first blood dan 15 menit sekali
Dilarang merokok pada waktu pertandingan.
Toleransi keterlambatan 5 menit.
Jika ada personil yang terlambat di atas 5 menit, tim harus mengganti pengganti nya.
Jika tidak ada, maka game akan dimainkan dengan jumlah anggota tim yang ada.
Hanya manager team dan cadangan yang boleh masuk ke area pertandingan.
Keputusan juri dan panitia adalah mutlak dan benar.
Supporter dan team harap membedakan antara taunting dan cheering.
Warning akan diberikan kepada personil atau team dalam keadaan apa pun yang dianggap merugikan pihak penyelenggara, juri, panitia dengan pemberitahuan terlebih dahulu.
Share This Thread