rada bingung jelasinnya, buat resist magic bukan alasan utama kenapa EH lebih bagus (meskipun ini nambah nilai EH juga)
coba buka ini
http://www.tankspot.com/showthread.p...ing-mechanics)
ta jelasin dikit dah (skip ke TL;DR klo bingung)
pertama apa itu Effective Health Point (EHP atau EH aja), EH adalah nilai raw damage yg bisa di terima oleh TB. EH dipengarhui oleh HP (dinaekin lewat stamina) dan Damage Reduction (selain yg dari armor nilainya ga berubah), korelasinya:
EH = HP/(1-%reduce)
Pendapat yg mengatakan klo avoidance lebih bagus dari EH biasanya :
1) Klo kebanyakan EH, km jadi mana sponge, makan mana nya healer bnyk
2) Avoiding attack jauh lebih bagus di banding kena hit
3) Klo udah sampe EH minimum dan bisa bertahan dari 3 serangan boss berturut2, ga butuh tambahan EH lagi jadi konsen ke avoidance
kelihatanna masuk akal, cmn counter argument-nya
1) Hal ini cmn ngefek klo ada mana issue di healer, seperti yg kita tau di ICC hampir ga mungkin healer kehabisan mana. Lagipula healernya tank pasti bnyk overhealnya, (contoh HL heal bisa 20k lebih sedangkan damage boss dikisaran 10-15k). Selain itu, biasanya healer spam heal ga peduli udah kena damage apa blm TB nya, jadi gmna pun juga healer tetap keluarin heal terus. Klo healermu baru heal setelah TB kena damage, kadang2 ga nyampe healnya, alias keburu mati, suruh ganti cara maen. Dan sekali lagi, regen mana udah gila2an skrng
2) Emang menghindari attack jauh lebih baik dari kena, tapi masalahnya km menyerahkan hidupmu pada RNG (Random Number Generator), disuatu waktu pasti ada kejadian dimana beberapa serangan berturut2 masuk semua.
3) Balik ke no1, karena mana bukan masalah, healer biasanya ga da yg nganggur, selalu ada heal yg jalan ke TB (entah itu shield, HoT, splash heal, dst) jadi ga da kejadian TB nerima damage 3x (atau brp deh) berturut2 tanpa kena heal.
Sekarang kenapa EH lebih bagus dari avoidance
Dari perhitungan, Avoidance merubah Damage over time (artinya tambah tinggi avoidance tambah sedikit total damage) dan Damage Taken per second (rata2 damage yg diterima semakin kecil klo avoidance ditambah). Tetapi avoidance tidak merubah sama sekali max damage taken per second (maxDTPS, Jumlah damage yg bisa diterima perdetik tanpa mati), minimum time to die (minTTD, waktu yg dibutuhkan boss buat bunuh km), atau minimum time to die with heals (minTTDwHeals, minTTD tapi masih ada heal). Sudah jelas klo HPS > maxDTPS dan HP mu cukup untuk bertahan 1 atau 2 serangan boss dan healnya konsisten, maka ga peduli hal laen km ga bakalan mati. Tapi, jika HPS < maxDTPS, baru mulai pikirkan minTTD dan minTTDwHeals. maxDTPS terjadi hanya jika sial berturut2 ga da attack yg di hindari. Jadi meskipun avoidance ke merubah minTTD atau minTTDwHeals, tapi merubh frekuensi terjadinya minTTD dan minTTDwHeals.
Klo bingung, minTTD dan minTTDwHeals kerjanya seperti buffer, 2 hal ini merupakan time period dimana klo dalam waktu itu ga da perubahan damage atau heal (misal km pake def cooldown, atau healer yg pake) km akan mati. Semakin besar nilai buffer ini, semakin besar waktu yg ada buat balikin keadaan. minTTD rata2 end-tank biasanya 5 hit, klo kena 5 hit berturut2 mati.
Terus kenapa avoidance lebih jelek? Kan semakin tinggi berarti semakin jarang maxDTPS! Hal ini benar sih, meskipun chance terjadi 5x hit berturut2 kecil klo durasi battle bentar(contoh avoidancemu di ICC 40%, berarti chance kena hit 60%, artinya kemungkinan kena hit 5x berturut2 adalah 0.6^5 ~= 8.95%), tetapi semakin lama waktu battle hampir bisa dipastikan klo akan terjadi 5x hit berturut2 dan kejadian maxDTPS semakin sering yg kemungkinan besar menyebabkan km mati. Semakin tinggi EH semakin besar nilai maxDTPS, minTTD, dan minTTDwHeals sehingga memperkecil kemungkinan km mati.
Grafik berikut ini menunjukkan besarnya kemungkinan terjadi 5x hit berturut2 tiap nilai avoidance dengan total percobaan hit adalah 100
Bisa dilihat mulai avoidance 40%an (avoidance total rata2 TB di ICC) kemungkinan streak hit mulai turun, di 60% avoidance kemungkinan terjadi 50%.
Meskipun km bisa naekin 10% avoidance (yg sangat susah karena adanya Diminsihing Return), klo terjadi hit 5x masih tetap mati (yg kemungkiian terjadi 80% berdasarkan grafik).
Jangan lupa klo km korbanin EH buat naekin avoidance minTTD mu bisa turun, yg tadinya butuh 5 hit buat bunuh km malah jadi cmn butuh 4 hit buat bunuh.
TL;DR
Avoidance sendiri sebenarnya ga buruk. Masalahnya cmn klo kita naekin avoidance berarti korbanin EH potensial. Klo lagi sial ga da yg di hindarin jadi lebih cepet mati dibandingkan klo EH-nya gede. So, di worst case scenario, TB yg stacking avoidance punya kemungkinan mati lebih besar dari TB yg stacking EH. And face it, klo ga terjadi worst case scenario, 2 TB itu sama2 ga mati.
Share This Thread