Cabang renang bukanlah cabang yang akan menjadi andalan bagi Indonesia untuk mendulang medali pada Olimpiade London.

Namun harapan muncul jika melihat tim renang Indonesia kali ini, memang masih belum untuk mencapai medali olimpiade.

Tapi dengan materi perenang yang masih sangat muda, cabang renang telah berhasil membuat sejumlah kejutan, seperti yang terjadi di SEA Games Palembang lalu.

Saat ini sudah ada empat perenang Indonesia yang akan tampil dalam pentas olahraga Olimpiade 2012: Glenn Victor (100 meter gaya kupu), Triadi Fauzi (200 meter gaya kupu), I Gede Siman Sudartawa (100 dan 200 meter gaya punggung), serta Indra Gunawan (100 meter gaya dada).

Keempat perenang ini lolos lewat sejumlah pertandingan kualifikasi dan tidak ada yang lolos karena kemudahan atau wild card.

"Ini yang membedakan dengan Olimpiade Beijing, saat itu ada dua perenang Indonesia yang lolos tapi satu lewat kualifikasi dan satu melalui wild card," kata salah anggota tim pelatih renang Indonesia, Albert C Sutanto.

Albert juga mengatakan tim renang Indonesia saat ini tengah berupaya meloloskan tambahan tiga perenang lain untuk bisa tampil pada Olimpiade London.

"Kalau bisa meloloskan perenang lagi ini juga merupakan sebuah prestasi."

Meski bermaterikan perenang muda namun prestasi mereka setidaknya untuk kawasan Asia Tenggara sudah bisa dibanggakan.

I Gede Siman Sudartawa, misalnya, mampu memperoleh empat medali emas dan berhasil memecahkan rekor SEA Games saat tampil dalam nomor 100 meter gaya punggung.



http://www.bbc.co.uk/indonesia/olahr...limpiade.shtml