seseorang menulis surat lamaran kerja karena ada suatu peluang pekerjaan yang ditawarkan dari suatu perusahaan atau suatu instansi.
Surat lamaran itu sendiri pada dasarnya sama dengan surat penjualan, yaitu surat yang memperdagangkan jasa, pengetahuan, keahlian dan pengalaman kerja si pelamar itu sendiri. Oleh karena itu surat lamaran kerja harus dapat membuat simpati dan perhatian sehingga menimbulkan prospective employer yang dengan cepat dapat menarik kesimpulan (yang membutuhkan tenagakerja] dalam hal ini perusahaan atau suatu instansi untuk memperoleh seorang calon tenaga kerja atau pegawai yang cakap dan tepat sesuai dengan yang dibutuhkan.
Biasanya peluang yang ditawarkan itu membutuhkan tiga hal pokok yaitu
antara lain riwayat pekerjaan, pengalaman kerja, umur dan gaji yang diinginkan. Tapi terkadang ada juga yang meminta pendidikan terakhir.
Untuk itu pelamar akan mengirimkan surat yang menunjukkan keinginannya menjadi karyawannya dalam salah satu bidang yang ditawarkannya, pas foto dan daftar riwayat hidup.
Karena merupakan suatu surat pribadi yang bersifat resmi, maka bahasa yang digunakan haruslah bahasa Indonesia yang baik dan benar, kalaupun anda menggunakan bahasa Inggris, gunakanlah bahasa Inggris yang sesuai dengan aturan yang ada.
Kertas yang biasa digunakan dalam menulis surat lamaran adalah kertas bergaris, karena dengan kertas bergaris akan membantu si penulis agar dapat menulis dengan rapi dan bersih. Tetapi sekarang sering juga ditulis dengan kertas HVS polos putih dengan diketik (dapat menggunakan komputer atau dengan mesin ketik biasa).
Penulisan surat lamaran tidak selamanya kita kirimkan berdasarkan lowongan kerja yang dicantumkan dalam surat kabar atau iklan, tapi dapat juga dikirimkan berdasarkan keinginan sendiri untuk menjajaki kemungkinan adanya lowongan pekerjaan pada bagian tertentu yang diinginkan itu, atau dapat juga berdasarkan satu informasi, misalnya dari anggota keluarga, saudara atau teman dan dapat juga karena informasi dari perguruan tinggi, tempat kursus dan dapat juga melalui Dinas Tenaga Kerja atau salah satu Biro Jasa yang memang menyediakan informasi tentang lowongan kerja.
Hal-hal yang perlu dilampirkan dalam mengirim surat lamaran antara lain:
Kartu Tanda Penduduk, Daftar Riwayat Hidup, Surat Keterangan Berkelakuan Baik (dari kepolisin), Surat Keterangan Sehat (dari dokter atau puskesmas), ijasah-ijasah dari pendidikan formal, sertifikat-sertifikat dari pendidikan non formal, piagam-piagam penghargaan dan yang paling utama juga adalah surat pengalaman kerja atau referensi dari tempat si pelamar kerja sebelumnya.
Sumber : http://kerja.in/blog/tips-menulis-la...erja-bagian-1/
Share This Thread