[Game developemnt] Cate West - The Vanishing Files
Intro
Cate West adalah game ber-genre Hidden Object yang kami kerjakan selama kurang lebih 9 bulan terakhir (buat yg heran & bertanya2, heres the answer: "Yes! It takes that long to create even a simple casual game . And yes! this is totally an offline game and not a MMORPG."). Game ini kami kerjakan mulai bulan Mei 2007, dan akhir produksi dicapai kurang lebih bulan January 2008. Game ini adalah proyek outsource kami yg ke-2, bekerja sama dengan Gamenauts Inc, dan dipublish oleh Real Arcade.
Semua programming ditangani oleh Menara Games, game dibuat dengan menggunakan framework yang sama yg digunakan pada game-game sebelumnya (Balloon Express & Burger Rush) walaupun untuk project ini digunakan renderer Direct3D 7 untuk hardware acceleration. Walaupun tidak terlalu banyak hal yg spesial dalam proses pembuatan Cate West, tapi mengingat belum adanya postmortem di GDI ini maka ditulislah postmortem ini, semoga berguna.
What went right
* In game scene editor
Dengan jumlah scene yang mencapai 75 scenes dan total jumlah benda2 dalam game yang mencapai 3000 items, mutlak dibutuhkan editor khusus untuk level designing dan clue database management. Keputusan untuk membuat in game scene editor cukup pas rasanya, semua scene bisa diedit pada saat bermain lalu langsung ditest, juga berguna pada saat bug hunting, item2 yang salah penempatan / drawing order dengan mudah dapat diperbaiki dan di export ulang pada saat kesalahan itu ditemukan pada fase beta testing.
* Using hardware accelerated API
Berbeda dengan game kami sebelumnya, Cate West membutuhkan 3d hardware accelerated video card, dan walaupun tidak mempergunakan visual efek yang terlalu intensif namun efek alpha blending seluruh layar dan fade in / fade out gui, color modulation, scale dan rotation, blurring sungguh menunjang dalam game ini untuk memperkaya "movie feel" dalam game.
* Image compression
Jumlah bitmap font & image files yang dipergunakan dalam game ini cukup besar, total 63 MB image data (total kurang lebih 450-500 MB decompressed surface) dalam bentuk terkompresi jpg & png. Karena memory requirement untuk game2 kasual umumnya harus rendah (128MB / 256MB) maka tidak mungkin menyimpan semua image2 ini dalam bentuk decompressed di memory. Kesulitan lain, dalam industri kasual game ini ada suatu "common practice" dimana biasanya loading hanya dilakukan 1x saja di awal game. Solusinya, digunakan reference counting untuk semua sprites dan dekompresi image hanya dilakukan untuk sprites2 yang akan digambar saja. Tradeoff nya adalah butuh waktu untuk dekompresi image, namun untuk game ini dapat diabaikan karena gamenya cukup statis jarang terjadi perubahan scene.
* Using a GUI Framework
Untuk game ini (dan game2 lain sebelumnya) kami menggunakan Internal Menaragames GUI Programming Framework yang sama, dan keuntungannya terasa pada saat ada programmer lain (ace & heru) yang join-in di tengah-tengah proyek, proses pembelajaran dan adaptasi code cukup mudah dan cepat, dan juga mudah untuk membantu membantu masalah2 coding bagi programmer yg baru gabung, cukup mudah untuk pin pointing bugs-bugs yang umum dalam penggunaan framework.
* A clear path on art direction
Mystery Case Files Series, dan game2 hidden object lain yg sukses menjadi standar kami dalam mengerjakan art, dan karena itu arah art direction cukup jelas untuk game ini. "Equalling the best hidden object game is a minimum... "
What went wrong
* Memory usage
Pada awalnya minimum memory requirement yang direncanakan adalah 128 MB, namun ternyata seiring berjalannya proyek, jumlah resources yang makin banyak akhirnya membuat 128 MB tidak memungkinkan, sehingga kami terpaksa menaikkan minimum memory requirement menjadi 256 MB. Dan walaupun dengan dekompresi sprite selektif, pada akhirnya kami tetap harus melakukan extra loading screen di dalam game karena kebutuhan memory yg terlalu besar. Karena selain sprite masih banyak resource lain seperti musik dan sound effect, penggunaan voice acting yang cukup intensif sangat memakan memory.
* Story & conversation
Sistem percakapan dan cerita dalam Cate West adalah suatu hal yang baru dan bisa dibilang experimental untuk suatu hidden object game. Pada versi-versi awal, cerita dan percakapan dalam game ini jumlahnya jauh lebih banyak daripada versi final. Setelah melalui tahap testing tingkat penerimaan pasar terhadap game ini, Gamenauts terpaksa memotong hampir 50% dari percakapan-percakapan yang ada. Ternyata ada kecenderungan para pemain kasual game tidak terlalu memperdulikan storylines dan lebih tertarik untuk segera terjun dalam gamenya.
Conclusion
Cukup banyak hal yang kami dapatkan dari project cate west, ini adalah suatu medium-size project yang merupakan pengalaman berharga untuk team kami yang masih baru dibentuk ini. Gw cukup bersyukur karena proyek ini berjalan cukup lancar tanpa hambatan yg cukup berarti, semoga game ini memberikan "as much fun as we had while making this game".
Share This Thread