Civilization IV

Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Langsung ke: navigasi, cari
Sid Meier's Civilization IV
Sid Meier's Civilization IV
Dikembangkan Oleh Firaxis Games
Diedarkan oleh 2K Games & Aspyr
Perancang Soren Johnson
Enjin Gamebryo
Versi terbaru 1.74 (July 20, 2007)
Tanggal rilis Versi Windows :
Amerika Utara 25 Oktober 2005
Jerman, Swiss 26 Oktober 2005
Region PAL 4 November 2005
Versi Mac: 30 Juni 2006
Genre Turn-based strategy game
Mode Single player, Multiplayer
Rating ESRB: Everyone (10+) PEGI: 12+
Platform Windows, Mac
Media CD (2), DVD (1)
Persyaratan 1.2 GHz Processor, 256 MB RAM, 64 MB video card w/ Hardware T&L, sound card, 1.7 GB HDD
Input Mouse, Keyboard
Sid Meier's Civilization IV (Civilization IV atau Civ4) adalah permainan komputer turn-based strategy yang dirilis tahun 2005 dan dikembangkan oleh Soren Johnson dibawah arahan Sid Meier dan studio Firaxis Games. Permainan ini adalah bagian dari seri permainan Civilization. Civilization IV dirilis antara tanggal 25 Oktober dan 4 November 2005 di Amerika Utara, Eropa dan Australia. Perluasan permainan ini, Warlords, dirilis pada tanggal 24 Juli 2006 di Amerika Serikat dan tanggal 28 Juli 2006 di Uni Eropa. Ekspansi kedua, Beyond the Sword, dirilis ke seluruh dunia tanggal 18 Juli dan 30 Juli 2007. Civilization IV telah menjual lebih dari 1.5 million kopi.[1]
Pada permainan Civilization IV, pemain dapat membangun sebuah kekaisaran. Permainan dimulai pada tahun 4000 SM dengan penetap yang membangun kota. Dari situlah pemain dapat memperluas kekaisaran sementara bersaing dengan negara musuh, mengeksplorasi geografi, mengembangkan infrastruktur dan melakukan penelitian kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Pemain dapat memainkan permainan ini dengan menyelesaikan satu dari lima yang harus diselesaikan: mengalahkan semua musuh, menguasai mayoritas populasi dan tanah dunia, menjadi yang pertama membangun pesawat luar angkasa yang dapat mengkolonisasi Alpha Centauri, meningkatkan kebudayaan tiga kota menjadi "kota legendaris", atau dengan menjadi "pemimpin dunia" setelah menjadi sekjen PBB. Jika waktu permainan habis (tahun 2050), dengan tidak ada dari 5 hal tersebut yang dipenuhi oleh satu negarapun, negara dengan skor tertinggi akan menjadi pemenang.
Civilization IV dirilis dalam versi bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Perancis, bahasa Spanyol, bahasa Italia, bahasa Jepang, bahasa Tionghoa dan bahasa Polandia. Fans permainan ini juga membuat versi bahasa Rusia, bahasa Finlandia, bahasa Ceko dan bahasa Hungaria.[2][3]
Daftar isi
[sembunyikan]
* 1 Gameplay
o 1.1 Diplomasi
o 1.2 Produksi dan perdagangan
o 1.3 Peradaban dan pemimpinnya
* 2 Catatan kaki
* 3 Daftar pustaka
* 4 Pranala luar
[sunting] Gameplay
[sunting] Diplomasi
Sebagian besar fungsi layar diplomasi dalam Civilization IV digunakan untuk melakukan perdagangan. Pemain dapat saling bertukar sumber daya (termasuk luxuries seperti wine) dan emas dalam layar ini. Opsi diplomasi dapat berkembang seiring ditemukannya teknologi baru, misalnya pertukaran peta dapat dilakukan bila pemain telah menemukan teknologi kertas, begitu pula dengan opsi pertukaran teknologi, perjanjian embargo perdagangan, bantuan militer, dan permintaan agar peradaban lain menganut suatu ajaran atau agama yang baru muncul ketika pemain menguasai teknologi tertentu.
Layar diplomasi juga dibuat lebih lengkap dari game pendahulunya, Civilization III (Civ3). Layar pada Civ4 ini tidak hanya menampilkan "perasaan" pemimpin lain (mulai dari friendly hingga furious) terhadap pemain, tetapi juga kenapa mereka memiliki perasaan seperti itu (misalnya "-2: You refused to stop trading with our worst enemies!"). Biasanya, seorang pemimpin mudah menerima transaksi apabila ia memiliki rasa simpatik terhadap lawan transaksinya.
[sunting] Produksi dan perdagangan
Game Civ4 menyediakan lebih dari 32 tipe sumber daya alam yang dapat digunakan atau diperdagangkan. Beberapa sumber daya membutuhkan bangunan-bangunan tertentu sebelum dapat digunakan (misalnya, pemain perlu membangun sumur minyak sebelum dapat menggunakan oil). Sumber daya alam juga dibutuhkan untuk membangun unit-unit tertentu (misalnya, untuk membangun unit knight, pemain harus memiliki sumber daya horses dan iron), mempercepat proses konstruksi (kecematan membangun Piramid bertambah dua kali lipat bila pemain menguasai stone), atau hanya menambahkan tingkat produksi, makanan, dan kebahagiaan dan/atau emas pada output sebuah kota.
Pemimpin yang dikontrol oleh AI cenderung mengelompokkan sumber daya ke dalam dua kelompok, yaitu sumber daya kunci yang diperlukan untuk memproduksi senjata atau bangunan, seperti stone, iron, uranium; dan sumber daya luxuries, yaitu sumber daya yang tidak dibutuhkan untuk keperluan produksi tersebut. AI biasanya hanya mau menukarkan sumber daya kunci dengan sumber daya kunci yang lain (misalnya menukarkan uranium dengan iron). Namun sayangnya, AI menanggap setiap sumber daya kunci memiliki nilai yang sama. Kelemahan ini terkadang diakali oleh pemain dengan cara menukarkan sumber daya yang kurang berharga (misalnya stone) dengan sumber daya lainnya yang sangat langka (misalnya uranium).
[sunting] Peradaban dan pemimpinnya
Deskripsi Singkat Civilization Teknologi Awal Unit Khusus Pemimpin Traits Pemimpin Civic Favorite Kota pertama
America American Empire Fishing, Agriculture Navy SEAL (menggantikan Marine) George Washington Financial, Organized Universal Suffrage Washington
Roosevelt Industrious, Organized
Arabia Arabian Empire Mysticism, The Wheel Camel Archer (menggantikan Knight) Saladin Philosophical, Spiritual Theocracy Mecca
Aztec Aztec Empire Mysticism, Hunting Jaguar (menggantikan Swordsman) Montezuma Aggressive, Spiritual Police State Tenochtitlan
China Chinese Empire Agriculture, Mining Cho-Ko-Nu (menggantikan Crossbow) Mao Zedong Philosophical, Organized State Property Beijing
Qin Shi Huang Industrious, Financial Police State
Egypt Egyptian Empire Agriculture, The Wheel War Chariot (menggantikan Chariot) Hatshepsut Spiritual, Creative Hereditary Rule Thebes
England English Empire Fishing, Mining Redcoat (menggantikan Rifleman) Victoria Expansive, Financial Representation London
Elizabeth Philosophical, Financial Free Religion
France French Empire Agriculture, The Wheel Musketeer (menggantikan Musketman) Louis XIV Creative, Industrious Hereditary Rule Paris
Napoleon Aggressive, Industrious Representation
Germany German Empire Hunting, Mining Panzer (menggantikan Tank) Frederick Creative, Philosophical Universal Suffrage Berlin
Bismarck Expansive, Industrious Representation
Greece Greek Empire Fishing, Hunting Phalanx (menggantikan Spearman) Alexander Aggressive, Philosophical Hereditary Rule Athens
Inca Incan Empire Agriculture, Mysticism Quechua (menggantikan Warrior) Huayna Capac Aggressive, Financial Hereditary Rule Cuzco
India Indian Empire Mysticism, Mining Fast Worker (menggantikan Worker) Gandhi Industrious, Spiritual Universal Suffrage Delhi
Asoka Organized, Spiritual
Japan Japanese Empire Fishing, The Wheel Samurai (menggantikan Maceman) Tokugawa Aggressive, Organized Mercantilism Kyoto
Mali Malinese Empire Mining, The Wheel Skirmisher (menggantikan Archer) Mansa Musa Financial, Spiritual Free Market Timbuktu
Mongolia Mongolian Empire Hunting, The Wheel Keshik (menggantikan Horse Archer) Genghis Khan Aggressive, Expansive Police State Karakorum
Kublai Khan Aggressive, Creative Hereditary Rule
Persia Persian Empire Agriculture, Hunting Immortals (menggantikan Chariot) Cyrus Expansive, Creative Representation Persepolis
Rome Roman Empire Fishing, Mining Praetorian (menggantikan Swordsman) Julius Caesar Organized, Expansive Representation Rome
Russia Russian Empire Hunting, Mining Cossack (menggantikan Cavalry) Catherine Creative, Financial Hereditary Rule Moscow
Peter Expansive, Philosophical Police State
Spain Spanish Empire Fishing, Mysticism Conquistador (menggantikan Knight) Isabella Expansive, Spiritual Police State Madrid
Civilization IV - Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia
Share This Thread