ESWC 2008 Semarang Qualifier: 4-6 April 2008 (DOTA)
ESWC rules :
GAME VERSION
kompetisi ini menggunakan Mod "Defense of The Ancients" dalam video game "Warcraft III - the Frozen Throne".
Kompetisi ini menggunakan map terbaru yang stabil yaitu 6.48b
FORMAT PERTANDINGAN
Bagian ini menjelaskan sejumlah format/bentuk yang akan digunakan dalam pertandingan. Pilihan dari format pertandingan adalah sepenuhnya ditentukan oleh tournament organizer berdasarkan struktur tournament nya.
Contoh di Indonesia mungkin waktu tidak mencukupi jika tiap match ditandingkan sampe beres, organizernya boleh set match format dengan time limit contoh 90 menit dan point system.
Tetapi harus diingatkan lagi ketika team champion ESWC 2008 Indonesia bertanding di America nanti tidak akan ada time limit.
GAME SETTING
Game setting yang akan digunakan secara default:
Game Mode: Extended League Mode (-Ap mode yang harus di ketik in-game)
ITEMS DAN LARANGAN HEROES
Hero hero berikut ini tidak diizinkan untuk digunakan dalam turnament:
• Pit Lord / Azgalor
• Undiying / Dirge
• Dark Seer / Ish'kafel
• Templar Assassin / Lanaya
• Sacred Warrior / Huskar
• Storm Spirit / Raijin Thunderkeg
• Faerie Dragon / Puck
Setiap tim, total hanya boleh memiliki:
• Dua Necronomicon
• Satu Refresher Orb
• Satu Arcane Ring
Setiap tim, total hanya boleh memiliki antara:
• Dua Eul’s Scepter of Divinity ATAU
• Dua Guinsoo’s Scythe of Vyse ATAU
• Satu Eul’s Scepter and one Guinsoo’s Scythe of Vyse
Tidak diizinkan untuk membeli item untuk pemain lain dalam team kamu dengan pengecualian item2 berikut ini, yang tidak boleh dijual jika di transfer:
• Aegis
• Clarity Potion
• Tango of Essifation
• Observer Wards
• Sentry Wards
• Scroll of Twon Portal
• Flask of Sapphire Water
• Gem of Truesight
• Cheese
• Chickens / Animal Courier
Item2 dibawah ini dapat di share, tetapi harus dikembalikan ke si pemiliknya dalam waktu yang sesuai (maksdnya gak boleh ampe item nya permanen jadi milik yang minjem)
• Ring of Health
• Ring of Regeneration
• Void Stone
• Sobi Mask
• Perseverance
• Ring of Basilius
• Headress of Rejuvenation
• Bottle
Diizinkan untuk share unit control untuk membeli item, selama item tersebut diberikan secepatnya ke player yang membayar untuk item tsb.
Item musuh adalah item yang drop dari Kill atau Chicken. Item musuh boleh di embat oleh:
•Semua pemain musuh, dan item tersebut dianggap menjadi miliknya. Hero musuh yang memungut item drop diizinkan untuk memberikan item tersebut ke temannya, atau menggunakan nya sendiri atau menjual nya. Jika ia memiliah untuk memberi item drop tersebut ke temannya, maka item tersebut secara permanen menjadi milik temannya, tidak boleh ditransfer (lagi), tapi boleh dipakai atau dijual
• Semua pemain teman, yang harus mengembalikan item tersebut ke pemilikinya tanpa menggunakan atau mengambil keuntungan dari item tersebut, atau dapat diletakkan di dekat fountain sehingga pemiliknya bisa mengambilnya lagi. Hal ini akan di perhatikan dan dipertimbangkan dengan seksama oleh admin jika terjadi serangan secara tidak sengaja
Item Divine Rapier tidak pernah terhitung sebagai Item musuh.
Tidak diizinkan untuk dengan sengaja bunuh diri untuk mendrop item dan diberikan ke pemain lain.
Tidak diizinkan block creep menggunakan jurus. Creep blocking hanya diizinkan dengan menggunakan tubuh hero. (jah, padahal gua demen ngeblock pake fissure )
Tidak diizinkan menjebak musuh di dalam pepohonan secara sengaja
Membunuh teman sendiri diizinkan dalam kondisi teman tersebut terkena jurus Doom, atau racun
Backdooring diizinkan. Namun, pemain tidak dapat menggunakan bentuk apapun teleport (furion skill, ignis fatuus or boots of travel) untuk memasuki base musuh jika creep nya tidak ada disana.
SEBELUM PERTANDINGAN
Pertandingan akan dimainkan berdasarkan struktur turnament dan jadwal yang telah ditetapkan oleh turnamen officials. Peserta disarankan untuk tetap menyadari jadwalnya masing2 untuk menghindari delay or diskualifikasi
Sebelum mulainya pertandingan, setiap team harus memperkenalkan Captain team kepada Tournament officials. Captain team bisa adalah salah satu dari 5 peserta. Captain team harus tetap hingga turnamen berakhir. Captain team adalah orang yang bertanggung jawab terhadap team nya. Dia yang akan mengumumkan hero yang akan dipilih dan dihapus oleh team nya.
Untuk format pertandingan "single-game match" pilihan sisi antara sentinel dan scourge dapat diputuskan oleh kedua team (secara diskusi) atau lempar koin jika mereka tidak mencapai kesepakan bersama.
Untuk format pertandingan "best-of-two" setiap team bermain bergilir sebagai sentinel dan scourge. Untuk game pertama, pilihan sisi antara sentinel dan scourge dapat diputuskan dengan kesepakatan bersama kedua team atau lempar koin jika kesepakatan tidak tercapai.
Untuk format pertandingan "best-of-three" setiap team bermain bergilir sebagai sentinel dan scourge. Untuk game pertama, pilihan sisi antara sentinel dan scourge dapat diputuskan dengan kesepakatan bersama kedua team atau lempar koin jika kesepakatan tidak tercapai. Jika game ketiga harus dimainkan, peraturan memilih sisi antara sentinel atau scourge sama dengan peraturan pemilihan game pertama.
Sebelum game dimulai, setiap team akan menghapus 3 heroes dengan langkah2 berikut:
• Team Sentinel menghapus 1 hero
• Team Scourge menghapus 1 hero
• Team Sentinel menghapus 1 hero
• Team Scourge menghapus 1 hero
• Team Sentinel menghapus 1 hero
• Team Scourge menghapus 1 hero
Lalu setiap team akan memilih 5 hero dengan langkah2 berikut:
• Team Sentinel memilih 1 hero
• Team Scourge memilih 2 hero
• Team Sentinel memilih 2 hero
• Team Scourge memilih 2 hero
• Team Sentinel memilih 2 hero
• Team Scourge memilih 1 hero
Untuk setiap langkah2 diatas, Captain Team punya waktu 1 menit untuk mengumumkan pilihannya.
Dilarang untuk memilih hero yang berbeda dari apa yang telah diputuskan sebelumnya.
DALAM PERTANDINGAN
Pertandingan resmi hanya dapat dimulai dan dimainkan ketika wasit/juri telah memberi signal untuk memulai nya. Setiap pertandingan yang dimulai tanpa persetujuan oleh wasit/juri akan di anggap sebagai pertandingan tidak official. Ketika pertandingan memerlukan pemain untuk siap, pemain punya 1 menit setelah signal untuk siap dan memulai pertandingan.
Selama pertandingan official, pemain tidak diizinkan berkomunikasi dengan orang2 yang tidak bersangkutan dengan game tersebut (contoh: penonton) atau bahkan ketika game sedang di pause. Orang2 yang bersangkutan dalam pertandingan hanya Pemain dan Tournament Official.
Pemain tidak diperbolehkan untuk meninggalkan Game Official yang masih berjalan jika tidak diizinkan oleh format pertandingannya sendiri atau telah diizinkan oleh tournament official.
Ketik pertandingan official, pemain harus save game setiap 10 menit atau setelah hal2 penting terjadi, jika tidak ada tournament official atau host di game tersebut. Pemain tidak diizinkan men-save game ketika hal2 penting terjadi (jangan save game pas lagi di gang-bank)
Jika pertandingan secara tidak disengaja terputus/terhambat (player crash, server crash, network putus..)
Peraturan peraturan dibawah ini berlaku:
Jika pertandingan terputus sebelum "first blood" atau 10 menit awal pertandingan, maka pertandingan tersebut harus diulang dari awal. Sebelum pertandingan ulang dimulai, pemain harus memilih hero dan item yang sama dengan sebelumnya dan harus pergi ke lane yang sama. Ketika creep pertama keluar, pemain boleh berpindah lane.
Jika pemain terputus/DC setelah "first blood" atau 11 menit awal pertandingan:
• Jika Team A telah membunuh 5 hero lebih banyak dari team B dalam period dari savegame yang terakhir dan disconnection, maka team A dapat memilih untuk melanjutkan permainan tanpa pemain yang terputus atau memulai dari savegame yang terakhir. Untuk menghitung jumlah kill, setiap team harus mempertimbangkan bahwa Tower terhitung 3 kill, Aegis terhitung ½ dan Rax terhitung 5 kill.
• Jika kedua team punya jumlah kill yang sama atau lebih kecil dari 5 lebihnya dibanding team lawan, pertandingan akan diulang dari savegame terakhir
• Jika pemain yang sama terputus/DC lebih dari 3 kali, maka team musuh dapat memilih untuk melanjutkan permainan tanpa pemain yang terputus atau bermain ulang dari savegame terakhir
• Jika pertandingan berlanjut tanpa pemain tersebut, maka temannya dapat:
• menggunakan hero nya dan menjual semua Itemnya. Item tersebut tidak dapat di berikan ke pemain lain.
• Membawa hero nya ke base, dan menjual semua Itemnya
SETELAH PERTANDINGAN
Setiap team harus save replay pertandingan.
Ketika team mengaku menjadi korban dari pelanggaran peraturan yang dilakukan team musuh selama pertandingan, pemain tidak diizinkan untuk memberhentikan pertandingan dalam bentuk apapun dan menyelesaikan pertandingan sebagaimana mestinya. Ketika pertandingan erakhir, Captain Team diizinkan untuk secara offical meminta investigasi mengenai pertandingan tersebut kepada Tournament Officials. Sangat disarankan untuk memberikan informasi/bukti penting yang dapat membantu Tournament Director dalam investigasinya. Pemain yang menyalahgunakan hak ini dapat dikenakan sangsi
Untuk sebuah pertandingan, kedua Captain Team harus melaporkan score pertandingan ke tournament offical and menandatangani berkas laporan pertandingan. Setelah menandatangani laporan berkas pertandingan, team tidak dapat kembali komplain mengenai hasil pertandingan tersebut.
SANGSI DAN PERINGATAN
Team dapat diberi teguran dan peringatan jika salah satu pemainnya melakukan kesalah berikut ini:
• menolak untuk mengikuti perintah Tournament Official
• Datang terlambat berdasarkan jadwalnya sendiri
• Menunjukkan ketidaklayakan dengan kata2 atau tindakan
• Menggunakan kata2/tindakan yang sifatnya menghina.
• bersalah karena tindakan2 yang sifatnya tidak mensupport.
Team dapat diberi teguran atau didiskualifikasi jika salah satu pemainnya melakukan pelanggaran dibawah ini:
• Menerima lebih dari satu peringatan
• bersalah dengan melakukan kekerasan fisik
• menggunakan cara2 lain yang tidak semestinya/fair
• Menyalahgunakan atau menggandakan tournament official
• Tidak hadir ketika jadwal pertandingan
• Melanggar salah satu peraturan2 ini
Team dikeluarkan secepatnya dari pertandingan yang berjalan, atau selanjutnya jika sedang tidak bermain.
Setelah perhitungan dan penilaian yang matang oleh Competition manager dan tournament director, team yang dikeluarkan dapat dikenai sangsi tambahan seperti diskualifikasi di banyak pertandingan berikutnya, team didiskualifikasi dari tournament, dan tidak diizinkan mengikuti tournament berikutnya.
Team yang didiskualifikasi secara otomatis dianggap kalah di semua pertandingan berikutnya dan kehilangan semua hak dan hadiah yang seharusnya didapat. Dalam konteks group, hasil2 dari pertandingan sebelumnya dalam group tersebut dibatalkan dan dianggap kalah secara default. maka Semua point kemenangan atau kekalahan akan di distribusi ulang
Share This Thread