Pengetahuan Dasar


Sarapan pagi merupakan salah satu aktivitas penting yang akan menunjang kesehatan tubuh selama sehari penuh. Tapi sayangnya, sebagian besar masyarakat indonesia masih tidak menyadari betapa pentingnya sarapan dalam memberikan energi untuk aktvitas yang lebih bugar dan sehat.

Sarapan sangat bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah sebagai sumber energi, mengontrol berat badan & diet, mengembalikan metabolisme tubuh, meningkatkan konsentrasi otak, menjaga mood, kesehatan jangka panjang, serta baik untuk anda yang mempunyai aktivitas yang sangat aktif sepanjang hari.

Lalu apa saja makanan yang paling baik disantap saat sarapan? Yang bisa memberikan manfaat yang paling baik untuk tubuh kita? Berikut daftar nya

Spoiler untuk 1. Oatmeal :

Oatmeal adalah jenis gandum dengan serat tinggi yang membantu menjaga kadar kolestrol dan gula darah tetap normal. Mungkin banyak orang yang menyukai manfaat oatmeal ini, bagaimana tidak sungguh banyak khasiat yang bisa kita dapatkan dari Oatmeal ini, seperti untuk mengecilkan perut (diet), menurunkan kolestrol, dan masih banyak lagi. Jika dikombinasikan dengan buah-buahan dan susu serta madu, Oatmeal akan memberikan energi yang sangat besar selama sehari penuh! Selain itu oatmeal mengandung karbo komplex yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. sehingga anda tidak kebablasan saat makan siang.


Spoiler untuk 2. Yogurt :

Yogurt juga salah satu makanan terbaik untuk sarapan. Makanan ini mengandung calcium dan meningkatkan kebutuhan protein harian anda untuk tetap aktif. Rasanya memang hambar maka dari itu disarankan untuk menggunakan susu rendah lemak, buah-buah an yang mendangun gula alami sehingga memberikan rasa manis untuk dimakan. Yogurt mengandung protein yang cukup tinggi cocok bagi anda yang sedang diet atau membentuk tubuh ideal.


Spoiler untuk 3. Jeruk bali :

Loh kok jeruk bali? Jangan salah menurut penelitian, makan jeruk bali sbelum menyantap sarapan bisa membantu mengurangi berat badan secara cepat berkat kandungan pembakar lemak dari sifat buah tersebut dan efek menguntungkan pada gula darah dan tingkat insulin. Jeruk bali juga baik untuk meningkatkan kekebalan antioksidan.



Spoiler untuk 4. Pisang :

Tidak ada buah yang memberikan efek yang paling baik saat sarapan selain pisang. Buah warna kuning ini mengandung karbohidrat yang sangat menyehatkan yang menjaga anda tetap kenyang lebih lama. Tambahkan pisang kedalam sereal atau oatmeal. Pisang tersebut akan memberikan rasa manis alami yang amda butuhkan sehingga anda tidak perlu lagi menambahkan gula. Pisang mengandung potasium dalam dosis yang sehat yang membantu menjaga tekanan darah secara alami.



Spoiler untuk 5. Telur :

Salah satu makanan terbaik yang masuk kedalam daftar santapan sarapan. Telor terbukti memberikan sumber protein sehat dan nutrisi seperti vitamin D. Telor sangat pas buat anda juga yang sedang diet, kenapa? Jika kamu memilih untuk konsumsi protein murni dengan tidak memakan jenis makanan dalam jumlah besar yang membuat perut penuh, telor adalah jawabannya. tentunya untuk mengkonsumsi harus direbus, jika tetap memilih digoreng, gunakan minyak yang sehat.



Spoiler untuk 6. Kopi :

Siapa bilang kopi berguna untuk membuat kamu tetap terjaga dari tidur? Studi kesehatan membuktikan bahwa kandungan kopi memberikan efek yang baik untuk kesehatan diantaranya bisa mengurangi penyebab dari penyakit diabetes dan kanker yang akan memberikan kita umur panjang.

Para peneliti membuktikan gabungan dari kafein dan antioksidan akan memberikan efek yang sangat baik bagi tubuh dan pas untuk mengurangi berat badan. Tetapi jangan minum kopi menggunakan krim dan gula berlebih karena akan menghilangkan banyak efek sehatnya. Dianjurkan konsumsi kopi hitam 2 kali sehari



Spoiler untuk 7. Roti gandum :

Karbohidrat memang sangat penting dalam sarapan, tapi tipe karbohidrat yang anda makanan bisa membuat perbedaan masalah kesehatan dalam sarapan anda. Aturan sederhana untuk diingat adalah bahwa gandum dan biji-apakah lain yang ditemukan dalam roti gandum, atau mufin Inggris mengandung lebih banyak serat dan nutrisi.



Spoiler untuk 8. Kiwi :

Buah kiwi merupakan buah sehat yang wajib dikonsumsi saat sarapan. Buah hijau ini mengandung 65mg Vitamin C loh, hampir setara dengan jeruk. Buah ini juga kaya akan kalium dan zat besi dan juga mengandung lebih banyak serat per ons dari pisang, yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan.



Spoiler untuk 9. Selai kacang almond :

Tidak suka makan telur dan susu saat sarapan? selai kacang almond merupakan sumber alternatif protein yang sangat baik, Selain almond mengandung lemak tak jenuh tunggal (salah satu lemak baik). Plus, jika dioles pada roti gandum dan pisang atau apel, itu akan menjadi sarapan sempurna.



Spoiler untuk 10. Teh :

Tidak suka kopi? Jangan khawatir karena teh juga terbukti memberikan efek kesehatan yang sangat baik. Karena teh tidak mengandung kafein, teh menyerap tubuh lebih efektif dari pada kopi dan teh juga kaya akan sumber kekebalan tubuh antioksidan.

semua teh (hitam, hijau dan putih) mengandung antioksidan, tapi teh hijau adalah yang paling sehat diantara semuanya. Penelitian membuktikan, minum teh hijau 5 cangkir sehari bisa meningkatkan metabolisme dan membantu menghilangkan berat
Masih sering meninggalkan kebiasaan baik sarapan? Gimana mau kerja seger gan? Pasti bawaannya ngantuk dan lemes aja :capedes
Yuk mulai hidup sehat gan. Kalau kerja seger dan aktif, yang dipuji bos kan kita juga :ngakaks

Sumber
Facebook
Twitter