knapa ya? nih mau nanya ke user2 im2 nih..apa memang klo maen dota gt g bisa stabil ya? dari sinyal penuh..biasany maen 20menit 30menit lancar..stelah itu koneksi bisa turunnnn sampe tinggal 1/2 gt..ya ngelag2..lebih parahnya lagi klo lg heng pula...jadinya 0bps gitu..kan aneh..harus di reconnect lg..T_T jd g pernah maen bnet lg sejak pake im2 ini..bisa create sih bisa..tp kok parah..ping nya jg skitar 100-150 an..g pernah dibwh itu..
padahal klo diliat speednya cpt bgt..
Top speed ny bisa tinggi..tp rata2 gw dapet 40-50 kbps la..tp klo lg download ato ngap gt bisa sampe 200kbps..received nya..klo sent nya ya top rate 41kbps gt..plg dpt 30kbps
apa yang terjadi ya? ad yang tahu? tq banget..pengin maen dota lg nih..tp betein nih gara2 pake im2..T_T
buat browsing mantap..buat playing online games..T_T
ow tamabhan lagi..klo misalnya maen dota..sinyal kan turun jadi 1 gt..ngelag2 ga bisa maen lah..terus gw browse2 eh naek lg jadi penuh..WHAT?? gmn caranya biar nahanin speednya ya biar bisa maen dota gt?biar ga turun...T_T
bandwidth/speed itu tidak sama dengan ping/latency ...
2 Faktor menentukan di koneksi internet itu yah bandwidth/speed dan ping/latency ...
Bandwidth/speed = Jumlah maksimum data yang bisa dilewati setiap detiknya.. satuannya kbps ( kilobitpersecond ) atau kBps ( kilobytepersecond ) ...
ping/latency = waktu yang diperlukan agar suatu packet data sampai ke tempat tujuan .. satuannya ms ( milisecond )
analogi gampangnya tuh :
Di jalan raya, bandwidth itu sama dengan lebar jalan itu sendiri yang bisa memuat berapa mobil setiap waktunya.. sementara latency/ping itu kecepatan dari mobil itu sendiri..
Bandwidth besar bukan berarti ping bakal kecil... ping/latency lebih tergantung ke medium pembawa , jarak antara pengirim dan penerima, serta settingan dan jalur dari data itu sendiri ...
Wireless pada dasarnya memiliki latency lebih tinggi dibanding kabel atau fiber optic.. karena mediumnya itu gelombang... semakin dekat antara antena pemancar dengan penerima maka latency semakin kecil... nah di kasus seperti IM2 dan GPRS lain, jarak bisa jadi cukup jauh ... makanya latency bakal cukup tinggi...
Selain itu juga, jalur data untuk sampai ke tujuan akhir menentukan... dari pc kita data di transmit ke receiver di base station terdekat, lalu masuk router di ISP dan baru nanti ke router ip tujuan ... semakin banyak jalur yg dilewati waktu akan semakin lama dan latency semakin tinggi...
Saat kita browsing/download, bandwidth yang lebih pengaruh ... karena yang terjadi adalah interaksi 1 arah secara bergantian, dimana saat kita mulai download itu kita tidak perlu tahu sebenarnya sudah berapa lama server kirimkan data ke kita .. bisa saja sebenarnya server sudah mulai kirimkan data dari 100-200ms lalu sebelum akhirnya kita mulai download...
Lain halnya dengan game online... interaksi yang terjadi itu cenderung 2 arah secara aktif... disini ping yang lebih pengaruh karena rata2 game online sebenarnya cukup dengan bandwidth dibawah 50kbps... setiap aksi orang yg terkoneksi di dalam 1 game itu data akan dikirimkan ke server game ( di dota host/yang create ) lalu dikirim ke semua orang yang ada ... ini berarti membutuhkan waktu transfer data dari dan ke server yang tinggi di setiap yang terkoneksi... karena server tidak akan mengirimkan paket data lain bila paket data yg harusnya diterima dari salah satu client belum diterima , ini untuk menjamin data yang dikirim ke setiap client itu sama dan dalam waktu yg sama...
selain itu teknologi yang dipakai di penyelenggara GPRS itu rata-rata shared medium dan bandwidth bukan dedicated... jadi bisa aja kalau pada saat kosong, data dari kita akan lancar dan cepat.. namun saat penuh ( yang kirim data ke base station yg sama itu banyak ) maka akan terjadi antrian yang bisa berakibat bandwidth/speed turun, latency naik dsb....
buat cek latency buat sampai ke suatu ip bisa digunakan command TRACERT dari command prompt windows ....
Share This Thread